Cara Membuat Cincau Hijau

Cara Membuat Cincau Hijau

Cara Membuat Cincau Hijau – Cuaca terik dan panas yang menyengat, seolah membuat kita selalu ingin menikmati minum minuman yang dingin dan juga menyegarkan. Mengonsumsinya bisa menjadi pelepas dahaga dan juga sekaligus mendinginkan tubuh agar tetap semangat.

Ada banyak pilihan minuman yang bisa menghilangkan dahaga Anda, salah satunya adalah minuman dari cincau hijau. Mengenal daun cincau hijau, minuman ini sudah terkenal sejak dulu sebagai minuman tradisional maupun minuman kekinian.

Daftar ISI

Ditambah lagi, konsumsi cincau hijau juga begitu terkenal baik untuk kesehatan. Namun terkadang, untuk menemukan penjual es cincau di saat saat sekarang ini cenderung cukup sulit. Sehingga alternatif untuk mencicipi minuman ini, Anda bisa mencoba membuat cincau hijau tersebut sendiri di rumah.

Manfaat Daun Cincau Hijau Bila Dikonsumsi

1. Mencegah Risiko Kanker

Manfaat cincau yang pertama adalah mencegah risiko penyakit berbahaya yang bernama kanker. Karena kanker tidak hanya bisa merusak bagian tubuh yang diserang saja, melainkan juga bisa menghilangkan nyawa penderita yang terkena.

Untuk itu, Anda bisa meminimalisir risiko penyakit kanker tersebut dengan mengonsumsi makanan antioksidan tinggi seperti cincau hijau. Sistem kerjanya adalah dengan menangkal berbagai radikal bebas yang menyerang tubuh dan juga melemahkan pertahanan sel tubuh.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Cincau juga bisa membantu melancarkan peredaran darah yang terganggu. Sehingga nantinya berbagai gangguan yang menyerang kerja organ tubuh vital bisa teratasi. Hal ini karena cincau mengandung antioksidan alami dan juga senyawa klorofil yang berfungsi sebagai antibiotik alami dalam menangkal virus maupun polutan yang ada di tubuh.

3. Menurunkan Gejala Demam

Cincau hijau juga bermanfaat dalam menurunkan demam karena adanya kandungan saponin yang berfungsi untuk mengatasi masalah demam. Anda bisa mengonsumsinya secara teratur setiap hari hingga demam turun dan tubuh membaik.

4. Penstabil Kadar Gula Darah

Manfaat cincau lainnya adalah mampu mencegah kenaikan kadar gula darah dan juga turut menstabilkannya. Manfaat ini didapatkan karena adanya kandungan senyawa yang efektif bekerja untuk menstabilkan darah. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin, sekaligus tetap mengontrol pola makan yang sehat dengan membatasi konsumsi gula.

5. Penurun Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang meningkat, bisa Anda atasi dengan konsumsi cincau hijau. Jangan membiarkan begitu saja masalah ini, karena justru akan memperburuk kondisi tubuh dan memunculkan berbagai masalah kesehatan lain. Misalnya saja seperti risiko penyakit jantung, ginjal, dan juga risiko stroke. Mengingat cincau hijau mengandung senyawa S-S tetandrin yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah tubuh.

6. Mengatasi Gangguan Lambung

Cincau cukup efektif dalam mengatasi gangguan yang terjadi di lambung. Di mana gangguan ini biasa terjadi pada lapisan dalam organ pencernaan yang membuat Anda bisa merasakan rasa sakit atau nyeri perut. Manfaat ini didapatkan dari adanya kandungan antioksidan alami dan vitamin C yang berperan dalam membantu senyawa klorofil meringankan gejala gangguan lambung.

7. Menangani Gangguan Dalam Organ Cerna

Ada banyak manfaat cincau untuk mengatasi gangguan pencernaan, termasuk diare yang disebabkan adanya kontaminasi bakteri maupun hal yang lain. Cincau hijau mengandung vitamin B, vitamin C, dan juga alkaloid yang memiliki khasiat untuk meringankan dan mengatasi diare. Kandungan seratnya pun juga baik untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar.

8. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan membuat berbagai aktivitas sehari-hari dapat terganggu serta menimbulkan rasa ketidaknyamanan. Maka dari itu, Anda harus segera mengatasi rasa sakit tenggorokan tersebut dengan konsumsi cincau hijau. Bahan makanan ini mengandung senyawa penting yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, fosfor, karbohidrat, hingga kandungan vitamin A, vitamin B1 dan juga vitamin C.

9. Mencegah Osteoporosis

Risiko osteoporosis bisa saja terjadi di masa masa tua sehingga kita harus lebih waspada. Sebagai solusinya, Anda bisa konsumsi cincau hijau sehari-hari dapat yang mengandung tinggi senyawa kalsium fosfat dan terbentuk dari senyawa kalsium dan juga fosfor. Manfaat senyawa dalam cincau hijau ini efektif dan berguna dalam menguatkan dan juga memberikan nutrisi pada tulang.

10. Meningkatkan Imunitas

Manfaat lain dari cincau hijau ialah mampu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan antioksidan tinggi di dalamnya yang menjadikan tubuh lebih kuat. Anda bisa mengonsumsi cincau hijau yang berguna untuk melindungi seluruh tubuh dan menghindarkannya dari paparan radikal bebas.

Hal Penting Sebelum yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Cincau Hijau

Memilih Daun Cincau Hijau

Dalam cara membuat cincau hijau, bahan utama yan diperlukan tidak lain ialah daun cincau hijau secukupnya. Tetapi Anda tak boleh sembarangan memilih, karena ada kriteria tertentu atas kualitas daun yang baik untuk dijadikan sebagai bahan dasar cincau. Adapun dari kriteria yang dimaksud akan menandakan kualitas dari daun cincau hijau tersebut.

Apakah kualitas daunnya baik, layak, dan siap diolah untuk cincau hijau ataukah tidak. Untuk bisa memilih daun yang berkualitas baik, pilihlah daun dengan permukaan lebar. Pilih juga daun yang sudah siap dipetik alias daun yang sudah tua. Daun yang memiliki kriteria ini cenderung berwarna hijau kuat.

Jumlah Daun

Saat akan membuat, sebenarnya Anda tak perlu terlalu mengacu pada jumlah daun. Jumlah ini bisa dibilang dan bisa Anda sesuaikan dengan keinginan dan juga seberapa banyak Anda ingin membuat cincau hijau.

Bahan yang Digunakan dan Cara Membuat Cincau Hijau

Bahan Membuat Cincau Hijau

  1. 40 lembar daun cincau hijau
  2. 1 liter air atau secukupnya

Cara Membuat Cincau Hijau agar Tidak Bau Daun

  1. yang pertama adalah menyiapkan bahan yang akan digunakan untuk membuat cincau hijau dan jangan lupa cuci bersih. Anda bisa menggunakan ukuran atau jumlah daun di atas atau menggunakan jumlah secukupnya sesuai berapa banyak cincau yang ingin Anda buat.
  2. Remas remaslah daun menggunakan tangan, serta jangan lupa untuk menyiapkan wadah dengan ukuran besar terlebih dulu. Atau jika tidak ada, Anda bisa menggunakan baskom dan pastikan untuk menyiapkan 2 buah wadah. Setelahnya, maka Anda dapat memeras daun tersebut pada salah satu wadah atau baskom yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Saat meremas daun, sebaiknya gunakanlah sedikit air terlebih dulu hingga daun hancur. Sesudah daun tersebut hancur, Anda bisa menambahkan kembali air ke dalam cincau di wadah kurang lebih sebanyak 500 cc dengan takaran sedikit demi sedikit saat menuang.
  1. Apabila di rasa daun cincau sudah benar benar hancur, kemudian saringlah untuk memisahkan sari cincau dengan daunnya. Selanjutnya, Anda perlu memindahkan air sari cincau yang sudah tersaring ke wadah yang lain yang belum dipakai.
  2. Jika sudah, remaslah kembali daun yang sudah dipisahkan dengan saring tersebut menggunakan air sisa air yang belum dipakai dan tuang secara bertahap sedikit demi sedikit. Seperti sebelumnya, saringlah kembali dan Anda bisa mencampurkannya pada air sari cincau sebelumnya.
  3. Cara membuat cincau hijau selanjutnya, Anda perlu menyimpan dan mendinginkan sari cincau ke dalam kulkas supaya menjadi jelly. Supaya lebih cepat dalam proses mengerasnya air sari cincau tersebut, maka simpanlah di kulkas menggunakan wadah yang tertutup rapat. Biarkan hingga cincau tersebut berubah menjadi mengental dan padat menyerupai tekstur jelly.

Menggunakan wadah yang tertutup rapat menjadi cara tepat untuk menyimpan cincau hijau supaya lebih tahan lama dan bahan juga tidak mudah basi. Sehingga nantinya Anda tidak harus membuat cincau kembali dalam beberapa hari ke depan. Perlu diingat, pastikan Anda tidak menyimpan cincau hijau yang sudah jadi menggunakan air.

Hal ini justru akan membuat cincau menjadi mudah berair dan kualitasnya pun juga menurun. Sebaiknya, simpanlah cincau ke wadah yang tertutup secara rapat untuk menghindarkan cincau hijau agar tidak mengkerut dan menjadikan rasanya tidak enak. Sangat disarankan supaya Anda menyimpannya tidak lebih dari 1 minggu, demi menjaga cita rasa dan kualitasnya.

Terakhir, Anda sudah bisa mengolah cincau yang sudah jadi menggunakan berbagai resep atau variasi. Anda bisa mengolahnya menjadi olahan minuman segar es cincau hijau dengan menambahkan pelengkap. Misalnya saja seperti sirup, gula merah, santan kelapa atau tambahan pelengkap lain yang sesuai selera Anda.

Tips Membuat Cincau Hijau

Anda tak perlu khawatir mengenai info cincau hijau yang cenderung sedikit sulit, terutama bagi pemula yang belum pernah mencobanya. Karena tak jarang, kesalahan dalam pengolahan bisa menjadikan cincau hijau tidak berubah mengental dan justru mengeluarkan bau daun yang begitu menyengat. Untuk itu, Anda bisa perhatikan beberapa tips berikut ini.

Cara Supaya Cincau Hijau agar Tidak Memunculkan Bau Daun

Untuk cara membuat cincau hijau tidak menimbulkan bau daun, cobalah dengan mengangin anginkan daun tersebut selama beberapa jam supaya terlihat layu. Penyebabnya adalah karena terkena getah batang, sehingga Anda perlu membuang semua tulang daunnya sebelum mulai meremas.

Cara Buat Cincau Hijau Mengental

Cincau hijau yang sudah dibuat terkadang tidak bisa mengental dan mudah cair, lantaran dibuat dengan terlalu banyak air maupun daunnya terlalu sedikit. Untuk itu, pastikan Anda memastikan terlebih dulu air sari cincau yang sudah diremas apakah telah terlihat cukup kental. Perlu diketahui, bahwa cincau hijau perlu waktu kurang lebih 3 hingga 4 jam agar bisa mengental namun tidak terlalu padat atau keras.

Selain itu, Anda juga bisa dengan menambahkan air rendaman abu gosok sebanyak beberapa sendok makan pada jelly atau cincau hijau yang sudah jadi. Hal ini dikarenakan rendaman abu tersebut punya pH alkali yang dapat menjadikan cincau jadi kenyal dan lebih keras.

Adapun tips lainnya adalah dengan menambahkan jeruk nipis ketika Anda meremas daun cincau hijau di wadah. Anda bisa menggunakan kurang lebih 1 buah jeruk nipis berukuran kecil untuk 40 hingga 60 daun cincau hijau agar tidak menimbulkan rasa terlalu asam.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai bagaimana cara membuat cincau hijau sendiri di rumah untuk minuman sehari hari yang sehat dan menyegarkan. Kini Anda bisa membuat berbagai olahan minuman dengan cincau hijau tersebut di rumah dan sekaligus membuat stok untuk beberapa hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.