Cara Membuat Es Krim

gambar cara membuat es krim

 

Kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat es krim yang mudah dan praktis ala rumahan. Siapa di sini yang tidak suka es krim? Hampir kebanyakan dari kita pasti menyukai hidangan penutup yang segar dan beraneka rasa ini. Es krim populer dikenal sebagai dessert. Penyajiannya pun sekarang bermacam-macam yang bisa dikombinasikan dengan berbagai macam kondimen seperti misalnya buah-buahan atau roti-rotian.

Banyak anak-anak yang menyukai makanan ini. Meski demikian, orang dewasa pun tetap menyukai es krim karena rasa dan teksturnya yang segar. Bahkan, banyak kedai atau outlet yang khusus menjual menu es krim saja karena memang banyak yang menggemari makanan yang satu ini.

Mulai dari rasa buah-buahan hingga coklat atau mint, es krim menawarkan cara yang berbeda untuk dikonsumsi. Kita bisa mencoba membuat es krim sendiri di rumah untuk lebih mengeksplorasi rasa-rasa yang bisa kita ciptakan sendiri. Bahan yang digunakan untuk membuat es krim pun sebenarnya terhitung praktis dan mudah.

Kita bisa mendapatkannya di toko-toko bahan kue sekalipun. Tentunya membuat es krim jaman sekarang tidaklah semerepotkan dahulu. Yang paling penting, kita juga memiliki lemari pendingin sebagai media penyimpanan es krim ini supaya tidak mencair dan tetap tahan lama. Mari simak beberapa hal terkait es krim dan cara pembuatannya berikut ini. Anda bisa mengikuti langkah-langkah membuat es krim dengan praktis nantinya.

 

Sejarah

Tak banyak catatan secara rinci mengenai kapan awal ditemukannya es krim. Namun santer dijelaskan bahwa eksistensi es krim ini sudah ada semenjak 200 tahun sebelum masehi di daratan Tiongkok. Dulu, es yang diambil dari pegunungan dicampur dengan berbagai macam buah-buahan sehingga menghasilkan rasa unik dan segar.

Penyajiannya pun biasanya ditambahkan dengan madu sehingga menghasilkan rasa manis yang lebih natural lagi. Pada abad ke-4 sebelum masehi, kekaisaran Romawi kemudian mengadopsi hal ini dimana Kaisar Nero Claudius Caesar mengimpor es dari pegunungan tersebut lalu mencampurnya bersama dengan madu dan buah-buahan.

Di abad ke-13, Marco Polo kemudian membawa temuan pengolahan es tersebut ke Eropa. Koki di Italia kemudian mengembangkannya lagi sehingga singkat cerita terbentuklah es krim yang cukup populer sebagai camilan penutup makan utama. Es krim tersebut kemudian memiliki banyak variasi rasa dan juga teknik dalam pengolahannya. Seiring perkembangannya, dikenal juga es krim dengan tekstur yang lebih liat seperti misalnya gelato.

Inilah yang menjadi cikal bakal es krim sering disangka bahwa berasal dari daratan Eropa. Padahal, es krim sebenarnya lebih dikenal dahulu di daratan China dimana kala itu pengolahannya lebih sederhana. Es krim umumnya terbuat dari paduan lemak mentega, pemanis, susu, perasa, gula dan krim. Bahan-bahan dasar ini diolah sedemikian rupa dengan tetap menggunakan suhu yang rendah sehingga menghasilkan camilan lezat yang segar dan dingin.

 

Manfaat

Walau dikenal sebagai camilan yang manis dan sering dituduh sebagai penyebab sakit tenggorokan atau amandel, es krim sebenarnya juga kaya akan manfaat. Es krim biasanya mengandung tambahan susu dimana ini baik untuk kesehatan anak-anak. Pada dasarnya, manfaat seperti tambahan vitamin dan mineral ini bisa didapatkan terutama jika es krim memiliki bahan dasar susu murni. Bahan lain yang juga berguna seperti misalnya coklat pekat. Kandungan antioksidan dapat menambah kekebalan tubuh dan juga kesegaran saat dikonsumsi. Es krim dengan bahan-bahan semacam ini tentu saja menyehatkan dan memiliki manfaat yang baik.

Mengonsumsi es krim juga terbukti mampu membuat kinerja otak lebih baik, terutama jika dimakan setelah sarapan. Penelitian dari Universitas Kyorin telah membuktikan bahwa es krim mampu meningkatkan kewaspadaan. Ini artinya, otak akan bekerja lebih baik dan mengembalikan konsentrasi pada saat mengonsumsinya.

Kandungan gula yang ada pada es krim juga bagus sebagai penambah kalori yang bisa diubah menjadi energi nantinya. Tentu manfaat-manfaat ini bisa semakin didapatkan jika kita bisa membuat es krim sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang menyehatkan. Alih-alih takut atau alergi untuk mengonsumsi es krim, kita bisa mulai mencoba menyelipkannya sebagai menu penutup di sesi makan sehari-hari. Selain memperkaya variasi makanan, ini juga mampu memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.

Es krim yang kaya akan manfaat ini sebenarnya bisa dibuat dengan mudah di rumah. Saat ini sudah banyak adonan instan dengan berbagai variasi rasa yang bisa didapatkan. Tugas kita hanya mengkombinasikannya dengan bahan-bahan yang lebih sehat seperti misalnya menggunakan buah-buahan asli atau susu murni dan madu. Camilan ini bisa memberikan manfaat tambahan vitamin dan juga mineral yang baik untuk tubuh.

Apalagi dengan teksturnya yang dingin, tentu saja kandungan vitamin tersebut akan tersimpan dengan lebih baik dan baru akan diproses nantinya. Es krim juga sering disarankan untuk dikonsumsi pada pasien-pasien setelah dilakukan tindakan seperti misalnya operasi amandel atau operasi cabut gigi. Hal ini karena es memiliki fungsi untuk mengerutkan pembuluh darah sehingga bisa menghentikan perdarahan pada gusi atau pun luka bekas operas yang ada di mulut atau tenggorokan.

 

Yang Perlu Diperhatikan

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat membuat es krim yaitu mengenai takaran yang pas pada saat melakukan pencampuran bahan-bahan. Hati-hati terhadap perbandingan yang ada. Jangan sampai terlalu banyak air saat mencampur dengan adonan. Hal ini bisa mengakibatkan tekstur es krim yang terlalu encer. Tingkat kepadatan atau keenceran es krim ini bisa disesuaikan dengan menggunakan takaran yang tepat. Selain itu, kita juga bisa menggunakan alat bantuan tambahan seperti misalnya timbangan penakar sehingga proses pembuatan es krim bisa lebih presisi.

Alat-alat yang digunakan untuk menggunakan es krim mudah untuk didapatkan. Tidak ada alat yang rumit untuk dipakai. Mixer dengan kecepatan tinggi bisa membantu untuk mempercepat proses pengadukan adonan es krim. Namun demikian, kita juga bisa menggunakan stir manual untuk mengocok adonan es krim supaya tetap mendapatkan hasil yang baik.

Pastikan saja tekstur dari es krim sesuai dengan apa yang kita inginkan. Hindari membuat es krim yang terlalu encer atau terlalu padat. Jika terlalu encer, es krim akan menjadi cair, sementara jika terlalu padat justru sulit untuk dikonsumsi.

Selain itu, lemari pendingin dengan suhu yang dingin optimal menjadi kunci keberhasilan dalam membuat es krim. Jika suhu pada lemari pendingin tidak optimal, walaupun adonan es krim sebenarnya sudah betul, tapi tetap saja ini bisa membuat gagal es krim kreasi rumahan yang akan kita buat. Pastikan lemari pendingin bekerja dengan baik sehingga kita bisa mendapatkan es krim yang lembut dan creamy sesuai dengan harapan.

Campuran bahan-bahan es krim juga penting untuk diperhatikan mengingat ada beberapa kandungan bahan yang mungkin tidak cocok jika digunakan sebagai es krim. Rasa yang paling umum untuk es krim adalah vanilla, coklat atau buah-buahan tertentu. Kita juga bisa membuat variasi lain seperti misalnya rasa mocca, kopi dan lain sebagainya. Ini semua bergantung dari kreasi yang kita inginkan.

 

Saran Penyajian

Es krim bisa disajikan melalui berbagai macam cara. Yang paling umum adalah dengan ditaruh pada cone atau contong es krim. Kita tidak perlu susah-susah membuat cone sendiri karena kita juga bisa membeli cone yang sudah siap dan jadi ini di toko bahan kue. Selain dengan menggunakan cone, kita juga bisa menangkupkan es krim pada waffle kering atau pun dengan menggunakan roti tawar.

Kedua cara ini cukup praktis dan unik sehingga membuat es krim seperti sandwich. Bicara soal sandwich, kita juga bisa membuat es krim sandwich dengan cara membekukannya setelah terbentuk sandwich yang diinginkan. Camilan ini juga cukup populer dan menarik untuk dimakan.

Selain sandwich dan juga cone, kita juga bisa menyajikan es krim langsung pada wadah seperti gelas es krim atau mangkuk. Tambahan kondimen seperti choco roll atau pun kue dan buah cerry bisa mempercantik penampilan dari es krim ini. Kita juga bisa mengkreasikan es krim buatan kita dengan menambahkan rasa-rasa unik lainnya. Tentu saja, ini akan memberikan penampilan yang menarik sekaligus berbeda dan bisa dinikmati oleh siapa saja yang menyukai es krim. Pada dasarnya, camilan ini adalah menu penutup yang menyegarkan. Hidangan es krim bisa menjadi pencuci mulut yang manis dan mengakhiri sesi makan dengan lebih nikmat.

 

Langkah Membuat

Berikut ini adalah beberapa langkah dalam membuat es krim. Mengingat cara ini adalah cara yang paling praktis untuk membuat es krim, maka disarankan untuk menggunakan bahan adonan instan yang sudah siap untuk membuat es krim. Ini bisa digunakan terutama untuk menghemat waktu dan juga tenaga.

Pada intinya, membuat es krim rumahan sendiri bisa dibilang lebih hemat pengeluaran karena bisa menyesuaikan jumlah porsi yang diinginkan. Seperti apa cara membuat es krim yang praktis ini? Mulai dari siapkan bahan dan lanjutkan untuk cara-cara membuatnya berikut ini.

 

Resep Es Krim

  • Bubuk es krim instan (ada berbagai macam merk, sesuaikan saja dengan kesukaan Anda)
  • Air es
  • Susu skim bubuk
  • Garam
  • Perasa cokelat
  • Pewarna makanan
  • Cokelat bubuk

 

Cara Membuat

  1. Mulai dengan mencampurkan bubuk es krim instan dengan menggunakan air es sebanyak kurang lebih 150 cc
  2. Jika ingin tekstur yang padat, gunakan susu segar dingin sebagai pengganti air es. Anda juga bisa menggunakan 2 sendok makan susu bubuk ke dalam150 cc air es.
  3. Diamkan sehingga adonan es krim terlihat mengental dan mengembang
  4. Jika ingin rasa yang lebih liat dan pekat, bisa ditambahkan juga cokelat bubuk
  5. Tambahkan garam untuk memberikan rasa gurih
  6. Kocok adonan yang ada selama 5-10 menit dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi. Bisa juga dengan menggunakan kocokan tangan selama 15 menit.
  7. Adonan yang sudah siap kemudian dituangkan ke dalam cetakan.
  8. Simpan di dalam lemari pendingin selama kurang lebih 3 – 5 jam.
  9. Es krim rasa coklat siap untuk dinikmati.

Bagaimana? Cukup praktis bukan untuk membuat es krim. Selain dengan menggunakan rasa coklat, kita juga bisa memadukan dengan menggunakan pilihan rasa lainnya. Ini tentu saja bergantung dari selera masing-masing orang. Kita juga bisa menggunakan bahan-bahan lain seperti misalnya perasa buah-buahan dengan bahan dasar adonan instan yang memiliki rasa lebih netral.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.