Tips Cara Membuat Jus Jambu Sederhana

harga dan cara membuat jus jambu enak dan sederhana terbaru

Tahukan Anda bagaimana cara membuat jus jambu yang simple namun tak kalah dengan jus yang di jual? Ternyata bisa gampang dan mudal loh. Yang namanya jus adalah minuman favorit sepanjang masa. Apalagi bulan puasa atau saat cuaca panas menyengat, minum jus adalah salah satu cara terbaik melepas haus. Salah satu jenis jus yang enak serta banyak manfaatnya adalah jus jambu.

Banyak orang yang memilih membeli jus jambu, terutama jus jambu merah ketimbang membuat sendiri. Padahal lebih sehat membuatnya sendiri di rumah, tentunya lebih bersih dan lebih sehat juga bahan yang dipakai. Pun demikian ternyata cara bikinnya juga sangat gampang.

Tak perlu minder banyak tutorial resep jus home made yang tak kalah nikmat. Resep jus jambu memang berbeda, tergantung masing-masing individu tentunya.

 

Ada banyak kreasi yang bisa ditambahkan agar mendapatkan rasa dan sesnsasi yang berbeda tentunya. Tak jarang kreasi tersebut malah booming dan banyak yang meniru, bahkan terkadang malah bisa mendatangkan bisnis baru.

Yang tak kalah penting adalah jus jambu biji ini selain enak juga mempunyai banyak manfaat yang bagus bagi tubuh. Jadi jangan pernah ragu untuk minum jus jambu, buah lokal murah dan kaya manfaat untuk tubuh maupun kulit. Jus jambu ini cocok diminum untuk semua kalangan, mulai dari bayi hingga orang lansia.

 

Manfaat Jus Jambu Yang Penting

Selain cara membuatnya mudah, jus jambu ini memiliki banyak manfat bagi kesehatan loh. Buah satu ini juga banyak dan gampang di dapat, karena harga jambu merah juga terbilang sangat terjangkau. Manfaat apa saja yang bisa di dapat dari rutin meminum jus jambu, berikut ringkasannya.

 

1. Cara Membuat Jus Jambu Yang BenarDapat Membantu Meningkatkan Imunitas

Sumber vitamin C yang tinggi banyak terkandung dalam jambu. Dengan kandungan vitamin C itulah maka buah satu ini bermanfaat sekali untuk membantu meningkatkan daya tahan (sistem imunitas) tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam jambu biji mampu membantu melindungi tubuh dari serangan kuman, virus dan bakteri, hingga tubuh terhindar dari berbagai infeksi.

Vitamin C yang terdapat pada jambu biji juga mempunyai khasiat turut serta membantu dalam menjaga kesehatan tulang. Tulang di sini meliputi tulang pada gigi dan gusi beserta pembuluh darah. Gigi dan gusi adalah organ yang membutuhkan banyak asupan vitamin C, karena mereka rentan terkena serangan kuman dan virus.

Semakin banyak asupan vitamin C, maka keduanya juga makin kuat dan terlindungi. Vitamin C pada jambu juga membantu dalam menyerap zat besi. Yang mana zat besi merupakan zat sangat penting dalam menyembuhkan sebuah luka dan dalam meningkatkan fungsi otak.

 

2. Mengontrol Tekanan Darah

Zat lain yang terkandung dalam jambu adalah kalium. Fungsi dari kalium ini untuk menjaga kestabilan dari tekanan darah. Tugas kalium di sini adalah untuk melindungi tekanan darah dari pengaruh luar. Jadi bagi Anda yang memiliki gangguan tekanan darah tinggi, harus tahu cara sederhana jus jambu agar bisa rutin mengkonsumsinya.

Nah, ternyata bukan hanya mengontrol tekanan darah saja. Minum jus jambu dengan rutin juga bisa membbantu menuruhkan LDH (lemak jahat).

Hal tersebut dikarenakan vitamin C serta serat yang terdapat dalam jambu biji. Jadi jangan ragu untuk mulai memasukkan menu jus jambu sebagai menu harian Anda.

 

3. Membantu Saluran Pencernaan

Serat pada jambu biji bukan hanya membantu mengotrol tekanan darah dan kolesterol, taoi turut serta melancarkan pencernaan. Kandungan serat tersebut dapat menghindari terjadinya sembelit, karena serat dapat membantu bakteri baik berkembang optimal di saluran pencernaan. Dengan cara membuat jus jambu, Anda bisa membuat obat pelancar BAB alami.

 

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A yang terkandung dalam jambu biji bukan hanya baik untuk kesehatan mata, namun juga sangat bagus untuk kesehatan kulit. Nah, bagi Anda yang ingin kulitnya cerah dan menghindari penuaan dini wajib sekali tahu bahwa jus jambu. Dengan demikian, Anda bisa minum jus jambu setiap hari.

Karena anti oksidan pada jambu biji ini sangat bagus sekali untuk menangkis serangan radikal bebas. Dengan rutin minum jus jambu, maka kulit segar tidak mungkin tidak Anda dapatkan.

Bisa dengan memakannya langsung, namun agar menjadi lebih mudah dan nikmat memakannya dengan cara dibuat jus.

 

5. Menjaga Kesehatan Mata DenganCara Membuat Jus Jambu

Selanjunnya, kandungan vitamin yang terdapat pada jambu adalah vitamin A. Yang mana vitamin A ini sangat bagus untuk kesehatan mata. Dengan asupan vitamin A yang cukup maka bermacam infeksi mata dapat dihindari. Vitamin A baik untuk pertumbuhan sel.

 

Langkap Membuat Jus Jambu Paling Simple Dan Enak

gambar manfaat jus jambu biji merah

Sumber gambar detik.com

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan di atas, ada yang perlu di garis bawahi yaitu jus jambu yang benar. Dengan demikian manfaat yang dihasilkan juga maksimal jadi bukan hanya berpatok pada rasa yang enak, namun malah menghilangkan khasiat dari si buah jambu.

 

Berikut beberapa resep yang bisa di coba dalam membuat olahan jus jambu.

1. Tips Jus Jambu Kombinasi Tomat Dan Apel

Aneka jus jambu agar mendapat manfaat yang maksimal bisa dipadu padankan dengan buah lainnya. Salah satu contohnya yaitu dengan menambahkan tomat dan apel. Diketahui bahwa tomat mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Sedangkan buah apel kaya akan kandungan vitamin A.

Dengan mencampukan cara membuat jus jambu ketiganya maka akan menghasilkan jus jambu kombinasi yang nikmat dan kaya vitamin C dan A. Caranya juga gampang, sediakan bahan seperti apel malang, jambu biji merah, tomat dan madu. Cuci dahulu semua bahan dengan bersih sebelum di blender ya.

Yang diblender pertama kali adalah jambu merah dengan air, jika sudah halus maka saring airnya. Kemudian blender buah apel dan tomat, campurkan dengan jus jambu yang sudah disaring. Campur hingga menyatu, pindahkan ke dalam gelas dan tambahkan campuran madu.

2. Jus Jambu Kombinasi Bengkoang, Buah Naga Dan Buah Semangka

Cara membuat jus jambu yang sehat berikutnya dengan mengkombinasikannya dengan bengkoang, buah naga dan buah semangka. Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan jambu biji, bengkoang, buah naga, semangka dan juga madu. Blender dulu jambu bijinya, saring sarinya.

Blender bengkoang, buah naga dan buah semangka, campur dengan saringan jus jambu hingga tercampur dan halus. Tambahkan madu sebagai pengganti gula agar rasanya semakin nikmat dan khasiatnya juga semakin bagus.

Kombinasi jus ini bagus sekali bagi kesehatan kulit. Karena tambahan dari bengkoang dan buah naga yang memang sangat bagus dalam menutrisi kulit.

 

3. Kombinasi Jus Jambu Dengan Madu Dan Chia Seed

Cara membuat jus jambu kombinasi madu dan chia seed. Madu dan chia seed ini merupakan dua bahan yang mempunyai kaya manfaat. Jadi Anda wajib coba, karena keduanya salah satu herbal juga. Chia seed merupakan bahan yang bagus bagi kesehatan jantung dan bagus mengontrol kolseterol serta dalam mengontrol berat badan.

Hal ini karena kandungan serat yang tinggi pada bahan tersebut. Ditambah dengan madu yang merupakan sumber vitamin dan minerak yang tinggi, menjadkan kombonasi keduanya semakin sempurna. Bahan yang perlu disiapkan adalah jambu biji merah, madu dan chia seed.

Membuatnya juga gampang sekali, tinggal blender jambu biji kemudian saring. Jangan lupa untuk menambahkan madu ke dalam cara membuat jus jambu tersebut, jika sudah cicip rasanya sudah sesuai apa belum. Jika sudah, sajikan jus jambu dalam gelas lalu taburi dengan chia seed.

Nikmati kesegaran jus jambu kombinasi kaya manfaat. Kombinasi jus ini ccok bagi Anda yang sedang diet atau sedang penyembuhan penyakit jantung. Masih banyak sekali cara membuat jus jambu kombinasi yang bisa dicoba dengan menambahkan buah atau bahan-bahan lainnya.

Namun yang terpenting dalam membuat jus adalah tidak perlu menambahkan gula. Karena sejatinya buah sudah mengandung manis alaimi dari sari buah tersebut. Justru gula membuat jus kaya akan glukosa yang justru malah dapat berdampak tidak sehat, bahkan bisa menimbulkan obesitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *