Cara Membuat Pastel

Cara Membuat Pastel Gambar dan Resep Beserta Bumbu Enak

Cara membuat pastel cukup mudah untuk kita coba sendiri di rumah. Makanan berbentuk seperti roti yang dibuntel dengan isian rasa gurih manis ini cukup populer.

Adonan yang diberi isian lalu dilipat dan ditutup ini mudah untuk dibawa dan dilahap. Tidak memerlukan tempat yang luas dan ribet.

Tahukah anda jika pastel sendiri bisa dimasak dengan digoreng dan panggang? Sedikit mirip dengan pastry, hanya isinya yang berbeda.

Adonan pastel sendiri memiliki rasa yang gurih. Sedangkan isian berupa sayuran bercampur dengan telur dan bahan lain memiliki rasa sedikit manis yang pas.

 

Inilah Cara Membuat Pastel Secara Mudah

Nah, jika anda penasaran bagaimana membuat makanan pengganjal perut yang satu ini, maka simak langkah-langkah yang ada di bawah ini.

 

Menyiapkan Alat Membuat Pastel

Langkah pertama anda siapkan alat berupa mangkok, sendok, pisau. Alat penggoreng atau pemanggang, wadah untuk mencampur adonan.

Alat-alat yang akan kita gunakan bisa menyesuaikan sendiri. Anda bisa meringkas atau menambahkan sesuai kebiasaan masing-masing.

 

Bahan-Bahan Membuat Pastel

Bahan Membuat Pastel Tepung dan Telur Gambar Terbaru

Langkah kedua cara membuat pastel ini adalah mempersiapkan bahan. Nah, simak bahan membuat makanan renyah ini.

  • Tepung Terigu
  • Telur Ayam
  • Margarin
  • Air Matang
  • Minyak Goreng
  • Daging Ayam
  • Wortel
  • Udang
  • Daun Bawang
  • Merica
  • Garam
  • Bawang Putih dan Bawang Merah

Untuk membuat isiannya, anda bisa menyesuaikan sendiri. Dengan menambah bahan seperti sayuran lainnya, sesuaikan selera saja.

Namun biasanya pastel sendiri berisikan wortel, telur, dan ayam bisa juga diganti dengan ebi atau udang. Beberapa juga senang menggantinya dengan buncis sebagai sayuran atau daging sapi sebagai pengganti daging ayam.

 

Membuat Isian Pastel

  1. Pertama cincang ayam hingga sedikit kasar, lakukan serupa jika menggunakan udang atau daging lainnya.
  2. Setelah itu, anda mengupas wortel, memotongnya berbentuk dadu.
  3. Sedangkan untuk telur ayam, anda bisa merebusnya. Setelah matang anda memotongnya menjadi beberapa bagian untuk ikut masuk dalam isian pastel.
  4. Bawang putih dan merah kita cincang halus, sedangkan daunnya kita iris tipis-tipis. Lalu setelah bahan semua sudah siap mulai memasak isian.
  5. Membuat isiannya ini cukup mudah. Dengan memanaskan tiga sendok makan margarin, untuk menumis bawang putih dan merah yang sudah kita cincang tadi.
  6. Setelah aroma keluar, anda bisa masukan cincangan daging yang akan anda gunakan. Nah, masak hingga setengah matang, beri bumbu merica dan garam.
  7. Bisa tambahkan penyedap, lalu masukkan wortel tadi. Masak hingga hampir matang saja, karena nanti masih akan dimasak bersama kulitnya.

 

Membuat Kulit Pastel

Cara Membuat Kulit Pastel dan Resep Terbaru Renyah

Setelah anda selesai menyiapkan isian pastel, maka lanjut untuk membuat pastel bagian kulitnya. Langkah ini juga cukup mudah untuk anda coba.

  1. Pertama ambil tepung terigu, telur ayam, margarin, garam, dan air.
  2. Setelah itu, uleni bahan tersebut hingga menjadi adonan yang tidak lengket.
  3. Mendiamkan adonan yang sudah jadi selama kurang lebih 10 menit saja.
  4. Setelah itu, coba untuk menaburkan beberapa sendok tepung di alas untuk menguleni, lalu coba lebih dahulu.

 

Membuat Pastel dengan Isi dan Kulitnya

Pastel ini adalah menghubungkan kulit dan isiannya. Anda bisa membuatnya menggunakan cetakan, mengolesi dengan air, dan melipat setengah lingkaran.

Setelah itu, masukkan isi dan telur yang sudah anda potong tadi. Nah, untuk membuat pastel tampak menarik, cubit bagian atasnya ke arah yang sama.

Setelah itu, anda bisa melanjutkannya dengan bentuk yang sama. Tenang saja, percobaan pertama memang tidak akan selalu sempurna.

Namun nanti lama-kelamaan bentuk pastel buatan anda akan semakin membaik. Jadi terus lanjutkan hingga selesai.

 

Menggoreng Pastel

Nah, langkah terakhir membuat pastel adalah proses menggoreng. Pastel sebenarnya cukup mudah bukan, apalagi langkah menggoreng.

Dengan memanaskan wajan, masukkan minyak sayur hingga mengenang saat kita masukkan pastel tadi. Dengan minyak yang banyak, maka hasil akan semakin baik.

Nah, setelah minyak mendidih, anda bisa menggorengnya. Jangan lupa atur api agar tidak terlalu besar dan membuat gosong.

Setelah itu, pastikan untuk menggoreng hingga berwarna kuning keemasan. Maka pastel siap diangkat dan kita hidangkan.

 

Kandungan Nutrisi Pastel

Pastel sendiri mengandung energi hingga 208 kilo kalori, protein mencapai 5,2 gram, karbohidrat 31,4 gram, lemak hingga 15,4. Kalsium 0,02 miligram, sedangkan fosfor 0 miligram, zat besi 0,1 miligram. Kandungan pastel bisa bertambah dan berkurang karena beberapa faktor yang mempengaruhinya.

 

Manfaat Pastel Untuk Tubuh

Setelah mengetahui cara membuat pastel, kita tahu apa saja kandungan di dalamnya. Nah, manfaat mengkonsumsi pastel dengan porsi wajar juga baik untuk tubuh, simak ulasan berikut ini.

 

– Untuk Peredaran Darah

Manfaat pertama adalah menyeimbangkan keasaman darah, bahkan menurunkan risiko penyakitnya. Mencegah anemia, membantu tubuh pada proses membekukan darah.

Meminimalkan risiko gagal jantung kongestif, mengurangi risiko hipertensi, juga mendukung produksi hemoglobin dalam tubuh.

 

– Untuk Integumen pada Kulit, Kuku, dan Lainnya

Kedua adalah membantu tubuh menjaga kesehatan kulit kita. Bahkan bisa menurunkan terkena kulit kering pada kaki dan tangan.

 

– Untuk Sistem Saraf dan Otak

Nah, kandungan yang baik ini ternyata hingga pada titik terpenting tubuh. Untuk mengurangi rasa sakit, bisa membantu mengaktifkan saraf juga meminimalkan stress.

Apalagi akan berfungsi baik dalam menunjang dan meningkatkan fungsi kognitif atau kemampuan berpikir. Bisa mengembalikan mood atau suasana perasaan anda.

Bahkan untuk neurologis, pada fungsi otak. Pastel sendiri menjadi penenang alami sistem saraf.

 

– Untuk Kesehatan Tulang

jajanan pastel yang tepat dengan bahan yang sehat akan memberikan banyak manfaat. Mengurangi resiko kram, sakit pinggang, wasir bahkan rematik.

Pada osteoporosis akan baik, juga peradangan sendi lutut. Maka mengkonsumsi pastel akan baik untuk semua usia.

 

– Untuk Kelenjar, Hormon, dan Enzim

Bisa membantu memproduksi hormon. Lalu juga menjadi kofaktor membantu enzim dalam prosesnya. Anda bisa mencobanya sendiri untuk manfaat yang satu ini.

 

– Untuk Mulut dan Gigi

Dalam manfaat ini, meningkatkan pertumbuhan gigi dan menyehatkannya. Mineralisasi gigi dan mencegah adanya pendarahan pada akar gigi.

 

– Untuk Kesehatan Otot

Membantu pembentukan massa otot. Membantu dan memelihara pertumbuhan sel organ tubuh. Mengatur kontraksi otot juga detak jantung, bahkan menguatkan dan melenturkan otot.

 

Manfaat Secara Umum

Membantu menjaga retina mata tetap sehat. Pada sistem pencernaan, akan meminimalkan kanker, apalagi pada kanker usus besar.

Bahkan baik untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Menjadi pengangkut nutrisi dalam tubuh dan menghasilkan sumber energi. Menurunkan risiko terkena penyakit beri-beri. Bahkan obesitas atau kegemukan karena kandungan energi dalam pastel.

Nah, cara membuat pastel dengan bahan dan alat yang sehat akan mempengaruhi manfaatnya. Jadi, sebaiknya pilih bahan yang akan anda gunakan untuk memaksimalkan manfaat dalam tubuh kita.

 

~ Efek Memakan Pastel Berlebihan

Jika pastel memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, maka pastel juga memiliki dampak atau efek samping bagi tubuh bila berlebihan.

Dapat mengganggu pencernaan pada tubuh anda. Bahkan menaikkan asam lambung jika memakannya terlalu banyak.

Masuk dalam jenis gorengan juga minim akan serat. Bahkan bisa membuat tenggorokan gatal. Menyebabkan radang tenggorokan yang menyulitkan memakan makanan tertentu.

Nah, lemak pada minyaknya bisa menaikkan berat badan anda. Karena itu kalori yang masuk dalam tubuh semakin banyak.

 

~ Cara Mengontrol Efek Samping

Efek samping pada tubuh tadi bisa kita siasati. Dengan mengkonsumsi dalam batas yang wajar, anda bisa mengurangi efek buruk dari minyak pastel.

Gunakan minyak goreng yang sehat dalam proses cara membuat bumbu pastel. Anda bisa mengimbangi dengan memakan buah-buahan yang menyehatkan.

Buah delima dan melon akan membantu anda melancarkan peredaran darah. Para penderita hipertensi akan terbantu dengan buah ini.

Penyerapan kolesterol yang baik akan menjaga tubuh anda untuk tetap bugar. Jangan lupakan nutrisi seimbang dalam setiap harinya.

 

~ Sejarah Pastel

Makanan khas jajanan pasar ini sebenarnya memiliki sejarah yang cukup panjang. Tidak hanya sekedar makan dan menikmati rasa lezatnya.

Coba kita bahas bagaimana makanan ini sampai ke Indonesia. Makanan yang masuk dalam jenis kue ini merupakan adaptasi dari Spanyol dan Portugal.

Seperti dengan namanya, pastel berarti party. Awalnya merupakan dessert jika berada di Portugal, menggunakan bubuk kayu manis.

Namun ada juga yang menyebutkan makanan ringan pastel mirip ke empanada. Ciri khas asal Spanyol sejak 1520, Galicia. Memiliki isian daging tuna, sarden, atau bisa chorizo.

 

~ Kreasi Pastel

Gambar Kreasi Paster Terbaru

Seiring berkembangnya zaman, kreasi pastel semakin beragam. Isian dan bentuk dari pastel juga semakin bervariasi.

Seperti pastel, jalangkote memiliki kulit dan bentuk yang mirip. Hanya saja, memiliki tambahan pala dan jinten yang khas rempah-rempah Indonesia.

Beberapa juga membuat kreasi isian yang beragam bahkan tersedia bisa kita pilih. Seperti bihun, buah, dan sayuran lainnya.

Bentuknya juga semakin beragam, sudah tidak terlalu berbentuk seperti bulan sabit lagi. Lebih ke bentuk kotak atau lainnya.

Perkembangan ini sangat wajar sebenarnya. Pasalnya, dalam perjalanan sebuah jenis makanan pasti memiliki banyak sekali perubahan dan kreasi menjadi makanan baru.

Seperti sistem amati, tiru dan modifikasi. Tidak hanya dalam makanan, namun pada bidang apapun terjadi hal seperti ini.

 

Konsumsi Pastel

Jika kita sudah membahas bagaimana mempersiapkan pastel, kandungan, manfaat, efek samping, bahkan sejarahnya, maka kita sudah memiliki bekal yang cukup dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

Dalam konsumsi batas wajar dan cara membuat sendiri akan lebih sehat, kita akan menerima banyak manfaat dari pastel.

Namun jika kita hanya asal makan, tidak memperhatikan jika terlalu banyak atau bagaimana proses membuat bahkan memilih bahannya, kita sendiri yang akan merugi. Karena pasti akan mendapatkan kerugian dari efek samping gorengan.

Seringkali kita ceroboh dan tidak memperhatikan dengan benar. Namun pada akhirnya justru menyalahkan yang lainnya, seperti makanan atau siapa yang membuat.

Padahal kita yang tidak mengontrol jumlah konsumsi. Jumlah nutrisi seimbang lainnya, tips dan trik hidup sehat sebenarnya cukup mudah.

Tetapi kita yang sering mengabaikan dan bodo amat yang penting kenyang. Padahal itu yang paling penting dari kesehatan.

Nah, kue ini bisa menjadi makanan sehat jika anda benar dalam proses cara membuat pastel. Jadi, jangan lupakan keseimbangan nutrisinya ya, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.