Bumbu Oles dan Resep Ikan Bakar Beneran Nikmat

gambar resep ikan bakar

Anda tidak perlu menjadi koki kelas dunia untuk bisa memasak dan cara membuat resep ikan bakardengan sempurna. Karena faktanya, menu ikan bakar bisa dengan mudah dimasak oleh siapapun, termasuk Anda.

Jika Anda salah satu dari orang-orang yang suka mencoba memasak ikan bakar, Anda datang di tempat yang tepat karena artikel berikut akan memberikan info mengenai cara dasar membuat ikan bakar hingga aneka resep dari berbagai daerah di nusantara.

Daftar ISI

4 Alasan Mengapa Membakar Lebih Baik daripada Menggoreng dalam Memasak

Sebenarnya mana yang lebih baik? Makanan yang dipanggang atau digoreng? Meskipun sangat sulit untuk menentukan jawaban berdasarkan rasanya, membakar memiliki keunggulan dibandingkan menggoreng karena manfaat kesehatan yang dihasilkan.

Berikut adalah empat alasan mengapa membakar lebih baik daripada menggoreng dalam memasak makanan:

 

1. TidakAda Penyerapan Minyak

Makanan menyerap banyak minyak saat digoreng. Hal tersebut tetap berlaku meskipun dengan makanan rendah lemak sekalipun. Memakan banyak makanan hasil penggorengan bisa menyebabkan pertambahan berat badan dengan cepat.

Makanan yang digoreng juga bisa mencegah kelancaran aliran darah karena banyaknya lemak yang dikandung dalam makanan menyumbat pembuluh darah Anda.

 

2. Mempertahankan Lebih Banyak Vitamin

Makanan bisa lebih banyak mempertahankan vitamin saat dibakar. Baik itu daging, ikan maupun sayur-sayuran. Sebagai contoh, Riboflavin dan tiamin adalah dua vitamin penting yang dapat ditemukan dalam daging.

Daging dapat mempertahankan kedua vitamin tersebut dalam keadaan dibakar, bukan digoreng.

 

3.Mengandung Lebih Sedikit Lemak

Makanan yang dipanggang mengandung lebih sedikit lemak. Hal tersebut bisa terjadi karena dalam proses pembakaran, daging atau ikan bisa mengeluarkan kandungan minyak mereka dengan cara terdistraksi.

Jika Anda tidak ingin mengkonsumsi banyak lemak, sangat disarankan untuk memilih makanan yang dimasak dengan cara dibakar.

 

4. Membuat Makanan Lebih Cepat Empuk

Membakar dapat membantu membuat daging atau ikan menjadi cepat empuk. Anda bisa mencapai tingkat kelembutan yang tinggi dengan membakar daging atau ikan Anda.

 

Kesalahan dalam Membakar Makanan

Setelah membaca kelebihan membakar dibanding menggoreng, Anda pasti sudah tidak sabar untuk segera membakar ikan Anda. Tapi tunggu dulu.

Membakar makanan memang bisa menjadi pilihan pola makan sehat lebih-lebih saat Anda memperhatikan ukuran porsi dan menambahkan sayuran dalam hal ini ikan bakar Anda. Tetapi terdapat beberapa bahaya kesehatan serius yang terkait dengan metode memasak luar ruangan ini.

Simak kesalahan membakar makanan yang paling umum di bawah ini:

 

~ Tidak Menyediakan Cukup Waktu untuk Marinasi

Bumbu marinasi seringkali dibuat dari rempah-rempah yang penuh dengan senyawa polifenol (antioksidan). Marinasi dapat bertindak sebagai penghalang agar bahan makanan tidak terkena panggangan secara langsung.

Studi menunjukkan, memarinasi daging, unggas dan ikan setidaknya selama 10 menit dapat mengurangi pembentukan heterosiklik amina (HCA) atau senyawa penyebab kanker yang terbentuk saat daging dimasak pada suhu tinggi.

Satu studi menunjukkan, terdapat campuran bumbu-bumbu tertentu yang lebih efektif menurunkan senyawa HCA daripada campuran yang lain. Seperti Campuran Karibia (menurunkan hingga 88%) dan Southwest (menurunkan hingga 72%).

Studi terbaru lainnya menemukan bahwa memarinasi daging dalam bir mengurangi polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs)—karsinogenik yang dihasilkan dari daging yang dibakar di atas api terbuka.

Varietas bir hitam alias dark larger adalah varietas bir yang paling bisa mengurangi pembentukan PAH. Apapun yang melapisi daging dan melindunginya dari pembakaran-seperti minyak misalnya-adalah kunci untuk menjauhkan karsinogen yang dapat terbentuk saat daging dibakar menurut Julie Lanford, MPH-penulis blog cancerdietitian.com.

“Saya selalu menyarankan untuk membuat bumbu marinasi sendiri, untuk menghindari aditif yang tidak Anda butuhkan”, kata Lanford. Siapkan bumbu marinasi dengan herbal-herbal segar, minyak sehat dan perasan jeruk.

“Jika bumbu marinasi yang digunakan bukan buatan Anda, pastikan untuk membaca daftar bahan dan pilih bumbu yang tidak mengandung banyak gula, garam dan pengawet di dalamnya”, kata Lanford.

 

~ Tidak Cukup Lama Memanaskan Alas Bakar

Panaskan alas bakar selama 20 hingga 30 menit sebelum membakar untuk membunuh bakteri dan patogen lain yang tersisa dari sesi pembakaran sebelumnya.

Selain itu, dengan memanaskan alas bakar dengan waktu yang cukup, dapat mengurangi kemungkinan penyakit bawaan dari makanan. Sebuah penelitian di Inggris menemukan, rata-rata alas bakar atau pemanggang mengandung kuman dua kali lebih banyak daripada dudukan toilet. Mengerikan bukan?

 

~ Hanya Menggunakan Satu Metode Memasak

Terdapat cara cepat dan sederhana lainnya untuk mengurangi senyawa kimia yang disebabkan pemanggang (seperti yang telah disebutkan sebelumnya). Para peneliti telah menemukan bahwa protein yang dimasak sebentar dalam microwave sebelum dibakar dapat mengurangi kadar HCA.

Microwave daging atau ikan selama satu hingga tiga menit dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk memasak daging atau ikan di atas api terbuka, tetapi Anda masih akan mendapatkan rasa khas pembakaran yang diinginkan.

 

~ Terlalu Banyak Flare-up

Untuk mengurangi flare-up (api yang membumbung tinggi hingga melebihi makanan yang dibakar), yang dapat membuat udara dan makanan Anda terpapar karsinogen, mulailah dengan mengurangi lemak pada makanan lebih-lebih pada daging.

Cara mudah untuk mengurangi lemak pada makanan saat berada di atas alat bakar adalah dengan memilih potongan daging yang lebih ramping, seperti bagian pinggang, panggul, daging tanpa tulang dan kulit dan membuang semua lemak yang terlihat.

Jangan lupa untuk membuang lebihan bumbu yang masih menempel pada daging atau ikan. Tetesan bumbu yang masih menempel pada daging atau ikan dapat menyebabkan api membesar.

Jika nyala api telah mencapai daging dan berhasil membuat beberapa bagian menjadi hangus, rapikan dan buang potongan-potongan tersebut sebelum dimakan.

 

~ TIdak Mengukur Suhu

Berpikir bahwa membakar makanan di atas api terbuka akan membuat proses memasak siap dalam waktu singkat memang tidak salah.

Namun, meskipun membakar adalah metode memasak yang relatif cepat, penting untuk menilai makanan hanya dari bagian luarnya saja tetapi juga suhu di dalamnya. Warna daging atau ikan bukanlah indikator kematangan yang dapat diandalkan. Kecuali Anda menggunakan termometer.

Menggunakan termometer juga tidak mungkin. Departemen Pertanian AS merekomendasikan memasak ikan, unggas dan daging baik babi, sapi, dan domba dengan suhu 145 derajat. Daging kemudian dibiarkan istirahat selama tiga menit sebelum dipotong atau dimakan.

Waktu istirahat memungkinkan suhu di dalam daging untuk terus naik dan menghancurkan bakteri berbahaya yang tersisa. “Saat memeriksa suhu, penting untuk memeriksa bagian daging atau ikan yang paling tebal”, masih kata Lanford.

Sekali lagi, akan selalu lebih aman untuk mengandalkan termometer daripada hanya melihat makanan dengan mata telanjang.

 

~ Resiko Terkontaminasi Alat Bantu Bakar

Selalu periksa penjepit dan spatula Anda. Meskipun satu set alat bakar umumnya hanya mencakup satu dari setiap perkakas, ada dua cara yang mudah untuk mengurangi kontaminasi silang antara sari dari daging atau ikan mentah bersentuhan dengan daging atau ikan yang sudah matang.

Cuci peralatan pembakaran atau panggangan sampai bersih dengan air sabun sebelum menggunakannya kembali atau siapkan peralatan cadangan.

Dengan cara yang sama, gunakan dua piring terpisah-satu untuk makanan mentah dan satu untuk makanan matang-untuk mencegah penyakit bawaan yang dibawa makanan mentah.

Dan jika Anda masih memiliki sisa bumbu marinasi, pastikan untuk merebusnya terlebih dahulu jika Anda berencana menggunakannya kembali. Namun akan selalu lebih baik untuk membuat bumbu marinasi yang baru.

 

~ Tidak Membersihkan Alat Bakar

Membersihkan alat bakar atau panggangan sebelum dan sesudah digunakan dapat membantu memastikan makanan menjadi aman untuk dimakan.

Penting untuk mengikis kisi-kisi alat bakar untuk membersihkan residu yang berpotensi membahayakan yang telah menumpuk dari waktu ke waktu. Membersihkan alat bakar juga bisa mengurangi pertumbuhan bakteri. Anda bisa menambahkan kopi dalam air sabun Anda.

Kopi yang bersifat asam dapat membantu mengurangi lemak yang menempel di alat bakar. Alat pembersih non-kimiawi lain yang sudah terbukti dapat membersihkan alat bakar dengan baik adalah sikat dan penjepit pemanggang yang terbuat dari kawat.

Sikat alat bakar Anda dengan hati-hati saat masih panas. Lemak dan sisa-sisa partikel makanan yang menempel akan terlepas dengan mudah. Gumpalkan selembar handuk kertas yang sudah dibasahi dengan sedikit minyak sayur agar tidak gosong.

Gunakan penjepit untuk menggosok handuk di sepanjang kisi alas bakar untuk mengangkat partikel makanan yang sulit terkelupas.

 

Cara Membuat Ikan Bakar

Sebelumnya, di banyak belahan dunia, membakar makanan termasuk hal yang tabu. Makanan yang ‘gosong’ sering dianggap pahit, pucat dan dilarang untuk dimakan.

Banyak juga masyarakat yang tidak menyukai makanan yang dimasak dengan cara dibakar karena rasanya yang seperti memiliki asap dan sepat. Tapi justru makanan yang dibakar, dalam hal ini ikan dibakar, banyak diminati karena memiliki cita rasa tersendiri.

Berikut ini adalah info mengenai resep ikan bakarsecara umum:

 

  • Bahan-Bahan

  1. Satu siung bawang putih cincang
  2. Enam sendok makan minyak zaitun
  3. Satu sdt daun kemangi kering
  4. Satu sdt garam
  5. Satu sdt lada hitam bubuk
  6. Satu sendok makan jus lemon segar
  7. Satu sendok makan peterseli segar cincang
  8. Enam ons ikan patin atau bandeng

 

  • Cara Meracik ikan bakar

  1. Langkah pertama, campurkan bawang putih, minyak zaitun, kemangi, garam, merica, jus lemon dan peterseli ke dalam mangkuk alumunium atau kaca.
  2. Letakkan ikan patin atau bandeng di atas piring kaca atau plastik dan tuangkan bumbu yang telah disiapkan sebelumnya ke atas ikan. Tutup dan masukkan ikan ke dalam lemari es selama satu jam, sesekali balik.
  3. Panaskan panggangan di luar ruangan dan siapkan minyak. Atur pemanggang atau alas bakar setinggi sekitar empat inci dari bara api.
  4. Tiriskan lebihan bumbu yang menempel pada ikan. Panggang atau bakar ikan lima menit per sisi atau sampai ikan matang. Untuk mengetahui kematangan ikan, tusuk badan ikan dengan garpu. Bila warna daging sudah berubah menjadi putih bersih, ikan siap diangkat.

 

  • Kandungan Nutrisi

Data nutrisi untuk resep sebelumnya mencakup informasi untuk jumlah bahan bumbu rendaman (marinasi) secara lengkap. Secara umum, nutrisi bergantung pada waktu pengasinan, bahan yang digunakan, metode memasak dan sebagainya.

Untuk resep sebelumnya, per penyajian terdapat 554 kalori, 36,3 gram protein, 2,2 gram karbohidrat, 43,7 gram lemak, 62,5 mg kolesterol dan 1259,3 mg natrium.

 

  • Pendamping Ikan

Di resep sebelumnya, Anda dapat mengganti ikan dengan daging atau sosis. Anda juga bisa menambahkan bawang goreng ke campuran minyak dan saus tomat untuk saus cocol pendamping ikan bakar Anda.

Anda juga bisa mengawetkan ikan yang diasinkan dalam bubuk bawang kemudian dibakar dan disajikan dengan “dashi” yang juga mengandung minyak bawang sebelumnya.

 

Tips Bumbu Ikan Bakar

gambar resep dan bumbu ikan bakar

Ikan bakar termasuk jenis makanan olahan yang enak dengan proses yang mudah dan singkat. Ikan dicuci, kemudian diolesi bumbu, lalu dilakukan proses pembakaran. Variasi bumbu resep ikan bakar yang digunakan juga sangat beragam dengan menonjolkan cita rasanya masing-masing.

Sebelum diolah menjadi ikan bakar, bahan baku ikan sebaiknya dicuci dan dilumuri dengan air perasan jeruk terlebih dahulu, gunanya untuk menghilangkan aroma amisnya. Setelah itu, Anda bebas mengkreasikan bumbu pilihan untuk olahan ikan bakar ala Anda. Berikut kumpulan resepnya.

 

1.Resep Bumbu Ikan Bakar Kecap

Resep ikan bakar ini adalah yang paling sederhana untuk Anda. Resep ini dapat digunakan untuk memasak ikan bakar di berbagai acara besar hingga lauk nikmat untuk keluarga di rumah. Ingin memasak makanan enak dalam waktu singkat? Resep ini patut Anda coba.

Bahan yang diperlukan dari resep bumbu ikan bakar kecap yakni ikan dengan jenis dan jumlah sesuai selera serta bumbu olesnya. Bahan bumbu oles resep ini untuk 500 gram ikan antara lain:

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 cm jahe
  4. 2 buah cabai merah besar, atau sesuai tingkat kepedasan Anda
  5. ½ sendok teh ketumbar, sangrai terlebih dahulu
  6. 4 sendok makan kecap
  7. 1 sendok makan larutan asam jawa
  8. Garam secukupnya
  9. Minyak goreng secukupnya

Setelah bahan-bahan di atas selesai disiapkan, langkah pembuatan resep ikan bakar bumbu kecap ini prosesnya sangatlah cepat. Berikut ini merupakan tahapan dalam membuat resepnya:

  1. Cuci bahan-bahan sampai bersih.
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, cabai merah, dan ketumbar sangrai.
  3. Setelah halus, siapkan minyak panas lalu tumis bumbu halus tersebut.
  4. Tambahkan garam secukupnya, kemudian aduk sampai bumbu harum.
  5. Tuangkan air larutan asam jawa dan kecap manis pada tumisan bumbu.
  6. Masak sebentar, lalu angkat.
  7. Bumbu ikan bakar kecap siap dioleskan pada ikan sebelum dan selama dipanggang.

2.Resep Bumbu Ikan Bakar Padang

Masakan Padang dikenal dengan cita rasa yang kaya akan rempah, gurih dari santan, dan cenderung pedas. Menyantap ikan bakar dengan sentuhan rasa khas kuliner Padang sangat direkomendasikan untuk Anda cicipi. Berikut adalah resep ikan bakar khas bumbu Padang.

Bahan yang perlu Anda siapkan untuk diracik dibalurkan pada ikan nila atau jenis lainnya yang mempunyai bobot sekitar 800 gram, yakni meliputi:

  1. 50 ml santan kelapa kental
  2. 2 lembar daun salam
  3. 2 lembar daun kunyit (opsional)
  4. 1 buah batang serai, memarkan
  5. 5 buah cabai merah besar, atau sesuaikan dengan selera pedas Anda
  6. 4 cm jahe
  7. 4 cm lengkuas
  8. 3 cm kunyit
  9. 3 siung bawang putih
  10. 4 siung bawang merah
  11. 3 buah cabai rawit, atau sesuaikan dengan selera pedas Anda
  12. 2 buah kemiri
  13. Garam secukupnya
  14. Gula pasir secukupnya
  15. 1-2 sendok makan minyak goreng

 

Langkah pengolahan bahan-bahan untuk bumbu resep ikan bakar Padang antara lain:

  1. Cuci bahan sampai bersih.
  2. Haluskan cabai merah besar, cabai rawit, jahe, kunyit, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan kemiri.
  3. Baluri setengah dari bumbu halus tersebut pada ikan yang sudah dicuci sebelumnya.
  4. Diamkan bumbu sampai meresap ke daging ikan selama kurang lebih 1 jam.
  5. Siapkan minyak panas, lalu tumis bumbu halus yang tersisa.
  6. Tambahkan daun salam, serai yang telah dimemarkan, dan daun kunyit.
  7. Masukkan ikan yang telah dilumuri sebelumnya ke dalam tumisan bumbu, kemudian tambahkan santan.
  8. Beri gula pasir dan garam secukupnya, masak sampai bumbu asat dan bumbu meresap.
  9. Bakar atau panggang ikan sambil dioles bumbu yang masih tersisa.

 

3.Resep Bumbu Ikan Bakar Madu

Selain dengan kecap, Anda dapat juga menggunakan madu sebagai pelengkap bumbu ikan. Cita rasanya pun tidak kalah lezat dengan bumbu ikan bakar kecap. Supaya tidak penasaran dengan rasanya, berikut resep ikan bakar bumbu madu yang mudah untuk dibuat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep 800 gram ikan gurame, atau jenis ikan lain sesuai selera, meliputi:

  1. 12 sendok makan madu
  2. 1 lembar daun salam
  3. 2 lembar daun jeruk
  4. 4 siung bawang putih
  5. 8 siung bawang merah
  6. 1 sendok teh ketumbar
  7. 1 ruas lengkuas
  8. ½ ruas jari kunyit
  9. 4 buah kemiri
  10. ½ sendok teh merica
  11. Garam secukupnya
  12. Gula pasir secukupnya
  13. 2 sendok makan minyak
  14. 2 sendok makan kecap

 

Cara mengolah bahan baku diatas menjadi bumbu resep ikan bakar madu antara lain:

  1. Cuci bahan tertentu hingga bersih.
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, ketumbar, kunyit, merica, dan kemiri.
  3. Setelah halus, tumis bumbu tersebut dalam minyak panas.
  4. Tambahkan daun jeruk dan daun salam, aduk merata.
  5. Bumbui dengan gula, garam, dan 8 sendok makan madu. Tumis hingga harum.
  6. Setelah bumbu harum dan matang, matikan api kompor.
  7. Masukkan ikan ke tumisan bumbu di atas, aduk sampai seluruh bagian ikan tercampur dengan bumbu.
  8. Siapkan 4 sendok makan madu, minyak, dan kecap. Lalu campur ketiga bahan sebagai bumbu oles.
  9. Panggang ikan dan olesi dengan bumbu sampai matang.

 

4.Resep Bumbu Kuning Ikan Bakar

Bumbu kuning dalam berbagai hidangan sudah pasti memanjakan mata dan menggugah nafsu makan. Begitupun olahan resep ikan bakar dengan bumbu kuning. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut uraian resepnya.

Resep bumbu kuning untuk 500 gram ikan nila (atau jenis lainnya) memerlukan bahan – bahan yang terdiri dari:

  1. 2 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 3 butir kemiri
  4. 1 batang serai
  5. 1 cm lengkuas
  6. 1 cm kunyit
  7. ½ sendok makan asam, larutkan dan ambil airnya
  8. Garam secukupnya
  9. Merica secukupnya
  10. Minyak goreng sedikit
  11. 2 sendok makan kecap manis

 

Langkah-langkah pembuatan bumbu kuning ikan bakar antara lain:

  1. Cuci bersih bahan baku.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, serai, lengkuas, kunyit, dan merica bersama minyak goreng. Tambahkan garam secukupnya.
  3. Lumurkan bumbu halus ke seluruh bagian ikan, tunggu beberapa saat sampai bumbu meresap.
  4. Panggang atau bakar ikan yang sudah dibumbui dan oles dengan kecap manis.

 

5.Resep Bumbu Ikan Bakar Pedas Manis

Pedas manis adalah perpaduan rasa yang fantastis. Sudah banyak jenis hidangan yang dibuat dengan resep bumbu pedas manis, tak ketinggalan juga dengan olahan ikan bakar. Simak resep ikan bakar pedas manis berikut.

Bahan yang diperlukan dalam membuat bumbu pedas manis untuk sekitar 1 kg ikan jenis apa saja, antara lain:

  1. 4 siung bawang putih
  2. 8 siung bawang merah
  3. 6 cabai rawit
  4. 3 butir kemiri
  5. 1 ruas jari jahe
  6. 1 cm kunyit
  7. 7 sendok makan kecap
  8. Minyak secukupnya
  9. Garam secukupnya
  10. Gula pasir secukupnya
  11. ¼ sendok teh lada bubuk
  12. ¼ sendok teh kaldu bubuk

 

Langkah-langkah pembuatannya bumbu resep ikan bakar ini terdiri dari:

  1. Cuci bahan-bahan sampai bersih.
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, kemiri, jahe, dan kunyit bersama minyak secukupnya.
  3. Setelah halus, tumis bumbu sampai harum.
  4. Tambahkan kecap, gula, garam, lada, dan kaldu bubuk. Aduk rata.
  5. Lumuri bumbu pada ikan dan biarkan 30 menit.
  6. Panggang atau bakar ikan dan olesi dengan bumbu yang tersisa.

 

Resep Ikan Bakar Cianjur

Gambar dan cara membuat Resep Ikan Bakar Cianjur

Ikan Bakar Cianjur atau lebih populer disebut dengan IBC. Khas ikan bakar dari Cianjur, Jawa Barat ini kerap menjadi santapan pilihan karena rasanya yang nikmat. Hidangan ini bisa Anda temui di banyak restoran ataupun juga tempat wisata seperti danau dan pantai.

Resep Ikan Bakar Cianjur bisa menggunakan berbagai jenis ikan yang menjadi pilihan favorit untuk dibakar seperti ikan laut, payau, atau air tawar. Ikan ini diolah dengan cara dibakar dan diolesi bumbu-bumbu yang menambah kelezatan dan cocok disajikan dengan nasi hangat. Berikut kumpulan resepnya:

 

1.Resep Ikan Bakar Sempurna

Resep ikan bakar yang satu ini bisa Anda coba jika ingin mendapatkan tampilan sajian hidangan ala restoran. Anda bisa mempraktekkan sendiri untuk membuat ikan bakar ini dengan menyiapkan berbagai bumbu pendukung.

Bahan resep bumbu ikan bakar tersebut cukup kompleks dan nantinya akan dioleskan pada permukaan ikan. Anda bisa menyiapkan 13 bahan untuk bumbu ikan bakar antara lain seperti:

  1. 1 kg ikan (boleh pakai ikan mas)
  2. 1 sendok makan kecap inggris
  3. 1 buah jeruk nipis
  4. Larutan asam jawa secukupnya
  5. Garam secukupnya
  6. 6 siung bawang merah
  7. 3 siung bawang putih
  8. 2 cabai rawit
  9. 1 ruas jahe
  10. 3 cabai rawit merah
  11. ½ sendok teh ketumbar bubuk
  12. Kecap manis secukupnya
  13. Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan sudah disiapkan, siapkan juga tempat untuk membakar ikan dan selanjutnya ikuti beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat Ikan Bakar Cianjur seperti berikut:

  1. Siapkan ikan, kemudian rendam dan beri perasan jeruk nipis dalam waktu 20 menit, beri sesendok makan kecap inggris.
  2. Haluskan bahan bumbu yang telah disiapkan.
  3. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan larutan asam jawa, tunggu hingga mendidih lalu tambahkan sedikit kecap.
  4. Oleskan bumbu halus pada ikan lalu biarkan meresap sampai 15 menit.
  5. Bakar ikan hingga matang atau kering dengan bara api.

Jika Anda suka pedas, Anda juga bisa membuat sambal yang cocok untuk ikan bakar ini. Sensasi sambal pedas manis akan serasi menemani hidangan Ikan Cianjur Anda. Berikut bahannya:

  1. 3 cabe rawit merah
  2. 2 cabe rawit hijau
  3. 2 siung bawang merah
  4. 1 buah tomat
  5. Kecap manis secukupnya

2.Resep Termudah

Jika Anda ingin membuat sajian Ikan Bakar Cianjur yang dapat menggugah selera dan sederhana, sebenarnya Anda hanya perlu mengetahui resep ikan bakar yang tepat untuk membuatnya. Anda bisa memulainya dengan bumbu-bumbu yang mudah didapat di dapur.

 

Bahan bumbu halus yang diperlukan untuk resep satu ekor ikan nila sedang, atau ikan lain sesuai selera meliputi:

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 7 cabe rawit merah
  4. 5 cabe merah keriting
  5. 2 cm kunyit
  6. 3 cm jahe
  7. 1 sendok teh ketumbar
  8. ½ iris jeruk nipis
  9. 2 lembar daun salam
  10. 2 lembar daun jeruk
  11. 1 batang sereh, geprek
  12. 1 sendok makan larutan asam jawa
  13. 4 sendok makan margarin
  14. Kecap manis sesuai selera

Cara mudah membuat Ikan Bakar Cianjur:

  1. Cucilah ikan nila sampai bersih.
  2. Agar tidak amis, beri perasan jeruk nipis di atas ikan.
  3. Haluskan bumbu menggunakan blender atau cobek.
  4. Panaskan penggorengan, beri 2 sendok teh margarin.
  5. Tuangkan bumbu halus, lalu tumis hingga layu dan harum.
  6. Tambahkan sedikit air, air asam jawa, daun jeruk, sereh, daun salam, garam secukupnya, dan kaldu bubuk. Tunggu hingga mendidih, tambahkan kecap dan cicipi.
  7. Selanjutnya, goreng ikan dengan minyak di wajan lainnya sampai matang lalu tiriskan.
  8. Panggang ikan nila di teflon, olesi dengan margarin dan sisa bumbu agar meresap.
  9. Panggang atau bakar selama 15-20 menit, jika sudah matang santap bersama nasi putih

3.Resep Ikan Cianjur Bumbu Rahasia

Ikan Bakar Cianjur menggunakan resep bumbu rahasia yang diolah sedemikian rupa sehingga mampu menghadirkan sajian ikan bakar yang nikmat. Kini, Anda bisa membuat resep ikan bakar sendiri dengan bahan bumbu dapur yang ada di rumah.

Penasaran bahan bumbu dapur apa saja yang bisa digunakan? Resep ikan bakar ini untuk 2 ekor nila dengan bahan bumbu rahasia untuk mudah Anda temukan di dapur Anda adalah sebagai berikut:

  1. 5 siung bawang putih
  2. 6 siung bawang merah
  3. 5 buah cabai rawit
  4. 4 buah cabai merah besar
  5. 2 sendok ketumbar halus
  6. 2 cm jahe
  7. 2 buah jeruk nipis
  8. 1 sendok teh merica halus
  9. Garam secukupnya

Adapun cara mengolah Ikan Bakar dengan resep bumbu rahasia ini adalah seperti berikut:

  1. Cuci ikan nila dan hilangkan sisik hingga isi perutnya sampai bersih.
  2. Jika memungkinkan, belah ikan menjadi dua bagian.
  3. Beri perasan jeruk nipis di atasnya untuk menghilangkan bau amis.
  4. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan, beri garam secukupnya dan kecap manis. Aduk rata sampai bumbu matang, lalu angkat.
  5. Lumuri ikan dengan bumbu selama 15 menit.
  6. Siapkan panggangan atau bakaran. Olesi dengan minyak supaya tidak lengket dan oleskan juga bumbu sesekali sambil membakar ikan.
  7. Jika semua permukaan ikan sudah diolesi sampai kering dan matang, lalu angkat.
  8. Ikan bakar siap disajikan bersama nasi putih beserta lalapan pelengkap.

4.Resep Gurame Bakar Cianjur

Dalam membuat Ikan Bakar Cianjur, Anda bisa menggunakan ikan jenis apa saja salah satunya ikan Gurame. Ikan Gurame juga banyak dijual di pasar tradisional. Ikan Gurame paling disukai karena rasanya yang gurih dan lezat apabila dibakar.

Resep ikan bakar Gurame khas Cianjur memerlukan beberapa bahan bumbu dalam proses pembuatannya. Bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan dapat Anda lihat di bawah ini:

  1. 2 ekor ikan Gurame
  2. 3 sendok makan minyak
  3. 2 sendok teh perasan jeruk nipis
  4. 1 sendok makan larutan asam jawa
  5. 5 sendok makan kecap manis
  6. 6 bawang merah
  7. 3 bawang putih
  8. 3 cabai rawit merah
  9. 4 cabai merah keriting
  10. 3 cabai merah besar
  11. 2 ruas jahe
  12. 1 sendok teh garam
  13. 2 sendok teh ketumbar

Langkah-langkah untuk mengolah Gurame Bakar Cianjur terdiri dari:

  1. Cuci ikan di air mengalir dan bersihkan isi perut.
  2. Taburi ikan dengan jeruk nipis dan garam, diamkan selama 15 menit.
  3. Siapkan sedikit minyak panas. Tuangkan bumbu lalu tumis, tambahkan air asam jawa dan kecap. Aduk merata hingga matang dan angkat.
  4. Bakar ikan di atas panggangan dan lumuri dengan bumbu tumis.
  5. Tunggu ikan bakar sampai kecoklatan dan matang

 

Resep Ikan Nila Bakar

gambar ikan nila bakar enak dan nikmat

Salah satu jenis ikan yang cocok untuk dijadikan sebagai makanan lezat adalah ikan nila. Ikan ini menjadi komoditas perikanan air tawar unggulan di Tanah Air karena rasanya yang gurih. Selain itu, resep ikan nila bakar ini juga sangat mudah.

Tidak hanya lezat, ikan nila juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Menurut para ahli, ikan nila dapat memenuhi kebutuhan kalsium dan menjaga kesehatan tulang Anda. Dengan mengonsumsi ikan nila, imunitas tubuh Anda juga akan meningkat.

Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata ikan nila mengandung asam lemak yang tinggi untuk menjaga kesehatan paru, jantung, dan pembuluh darah. Ikan nila juga menjadi sumber protein yang berguna untuk memperbaiki jaringan, pertumbuhan otot, dan menyeimbangkan hormon.

Saat ini, Anda dapat menemukan berbagai resep masakan dengan mudah di internet, termasuk olahan ikan nila. Ingin tahu apa saja resep ikan bakar nila yang paling mudah? Simak daftarnya dibawah ini:

– Ikan Nila Bakar Kecap

Menu makanan yang pertama adalah ikan bakar kecap. Seperti namanya, masakan ini menggunakan kecap sebagai saus pelengkapnya. Citarasa kecap yang manis sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia, loh!

Untuk membuat menu masakan ini, Anda harus menyiapkan beberapa bahan sebagai berikut:

  1. Ikan nila (3 ekor)
  2. Jeruk nipis (1 buah)
  3. Garam secukupnya

 

Selain ketiga bahan diatas, Anda juga perlu menyiapkan bumbu halus untuk ikan, seperti:

  1. Bawang putih (3 siung)
  2. Bawang merah (5 siung)
  3. Ketumbar bubuk (1 sdm)
  4. Jahe (2 cm)
  5. Kunyit (3 cm)
  6. Kaldu bubuk, garam, dan merica secukupnya

 

Jangan lupa untuk menyiapkan bumbu olesan yang terdiri dari:

  1. Gula merah sisir (2 sdm)
  2. Air asam jawa (1 sdt)
  3. Ketumbar bubuk (½ sdt)
  4. Merica bubuk (½ sdt)
  5. Kecap manis (5 sdm)
  6. Mentega secukupnya
  7. Air mineral secukupnya

 

Sebagai bahan pelengkap, Anda bisa menyiapkan lalapan dan sambal terasi. Jika semua bahan sudah siap, segera buat ikan nila bakar kecap dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pertama, cuci ikan nila hingga bersih, lalu lumuri dengan garam dan jeruk nipis.
  2. Campurkan semua bumbu halus, lalu rendam ikan selama 30 sampai 60 menit agar bumbu merasuk sempurna
  3. Goreng ikan sampai setengah matang
  4. Selanjutnya panaskan teflon, beri mentega secukupnya, dan panggang ikan sembari diolesi bumbu
  5. Tunggu hingga matang, angkat, lalu sajikan bersama lalapan dan sambal

 

– Cara Sederhana Nila Bakar Rica

Anda dapat menghadirkan menu olahan ikan ala restoran di rumah dengan menggunakan resep ikan bakar nila bumbu rica-rica sederhana. Meskipun dibuat dari bahan-bahan sederhana, tapi rasanya tak kalah enak dari yang di restoran, loh.

Kapan lagi Anda bisa menyantap ikan nila rica yang lezat dan ekonomis? Cara membuatnya juga tidak sulit. Untuk membuatnya, silahkan menyiapkan beberapa bahan, seperti:

  1. Ikan nila (600 gr)
  2. Garam secukupnya
  3. Jeruk nipis (1 buah)
  4. Kaldu jamur secukupnya
  5. Sedikit gula
  6. Jeruk lemon (1 buah)
  7. Minyak secukupnya

 

Jangan lupa untuk menyiapkan bumbu halus agar rasanya lebih mantap. Berikut daftarnya:

  1. Bawang merah (10 butir)
  2. Jahe secukupnya
  3. Cabai rawit dan cabai merah keriting sesuai selera

 

Bila segala bahan sudah dipersiapkan dengan baik, Anda dapat langsung mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Cuci ikan hingga bersih dengan menggunakan perasan jeruk nipis yang dicampur garam
  2. Setelah ikan bersih, masukkan sedikit minyak dan tumis bumbu halus hingga wangi
  3. Tambahkan garam, gula, dan kaldu jamur secukupnya
  4. Masak hingga matang dan mengeluarkan minyak
  5. Masukkan perasan jeruk lemon, kemudian cek rasanya. Jika sudah pas, matikan api dan sisihkan bumbu
  6. Bakar ikan dengan arang hingga warnanya agak kecoklatan atau setengah matang
  7. Setelah itu, olesi sekujur tubuh ikan dengan bumbu yang sudah ditumis tadi
  8. Bakar lagi sambil diolesi minyak dan bumbu hingga matang sempurna
  9. Angkat dan sajikan dengan siraman bumbu di atasnya

 

– Ikan Nila Bakar Pedas Manis

Pedas manis merupakan rasa yang paling banyak disukai semua orang. Perpaduan dua rasa yang bertolak belakang akan menghadirkan rasa baru yang unik dan lezat. Saus pedas manis ini memang umum digunakan untuk membuat aneka olahan seafood.

Selain resep ikan bakar nila, Anda juga dapat mengaplikasikan saus pedas manis pada resep udang, kepiting, cumi-cumi, dan hewan laut lainnya. Tak perlu berlama-lama lagi, mari simak bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya:

  1. Ikan nila (3 ekor)
  2. Ketumbar (1 sdm)
  3. Garam (1 sdm)
  4. Kaldu jamur (1 sdm)
  5. Bawang putih (3 siung)
  6. Jeruk nipis (1 buah)
  7. Air secukupnya
  8. Minyak goreng secukupnya

 

Selain bahan-bahan tersebut, Anda juga harus menyediakan bumbu oles berupa:

  1. Jahe (2 ruas)
  2. Ketumbar (1 sdt)
  3. Bawang putih (3 siung)
  4. Garam (1 sdm)
  5. Kaldu jamur (1 sdt)
  6. Kecap (3 sdm)
  7. Bawang merah (2 siung)
  8. Merica (1 sdm)
  9. Air secukupnya

 

Kini, Anda dapat langsung membuatnya dengan mengikuti beberapa tahapan dibawah:

  1. Bersihkan ikan nila dengan perasan jeruk nipis agar bau amisnya benar-benar hilang
  2. Campurkan bawang putih, kaldu jamur, ketumbar, garam, dan sedikit air
  3. Rendam ikan di dalamnya dan tunggu sejenak hingga bumbu meresap
  4. Sambil menunggu, Anda dapat menyiapkan bumbu oles dengan mencampurkan semua bahan hingga sedikit berminyak
  5. Goreng ikan sampai setengah matang, lalu bakar diatas arang
  6. Angkat sebentar dan tambahkan bumbu oles di sekujur badan ikan, lalu bakar lagi
  7. Bolak-balik ikan sambil dioles bumbu terus-menerus hingga tingkat kematangan yang diinginkan
  8. Angkat dan sajikan bersama sambal atau lalapan

 

– Ikan Nila Bakar Bumbu Jimbaran

Berbeda dari olahan ikan nila lainnya, ikan nila bakar bumbu jimbaran ini rasanya sangat unik dan lezat. Anda harus memastikan bumbu khas jimbaran merasuk sempurna agar rasanya lebih mantap.

Sesuai resep ikan bakar nila bumbu jimbaran, Anda diminta untuk menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut:

  1. Ikan nila merah (½ kg)
  2. Margarin (2 sdm)
  3. Kecap manis (3 sdm)
  4. Saus tiram (1 sdm)
  5. Air asam jawa (1 sdm)
  6. Garam (1 sdt)
  7. Gula pasir (½ sdt)
  8. Minyak (4 sdm)
  9. Air (150 ml)

 

Siapkan pula beberapa bumbu halus, seperti:

  1. Bawang merah (4 siung)
  2. Bawang putih (4 siung)
  3. Ketumbar (1 sdt)
  4. Cabai rawit (4 buah)
  5. Cabai merah keriting (4 buah)
  6. Kemiri (4 butir)

 

Bila semuanya sudah siap, segera eksekusi bahan dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Cuci ikan nila dengan rendaman air jeruk nipis dan garam hingga bau amisnya hilang
  2. Sambil menunggu ikan yang sedang direndam, Anda dapat menumis seluruh bumbu halus hingga wangi
  3. Tambahkan saus tiram, garam, asam jawa, kecap manis, dan gula halus, kemudian masak dan tuang air hingga sedikit mengental. Setelah itu, sisihkan
  4. Goreng ikan hingga setengah matang
  5. Lumuri ikan dengan margarin dan bumbu halus, lalu bakar hingga matang
  6. Lakukan pengolesan beberapa kali agar bumbu lebih meresap
  7. Jika sudah mencapai tingkat kematangan yang diinginkan, angkat dan sajikan

 

– Ikan Nila Bakar Madu

Madu merupakan salah satu topping tambahan yang banyak digunakan untuk camilan atau makanan ringan. Namun, tahukah Anda bahwa madu juga dapat dijadikan sebagai bumbu oles ikan nila bakar? Masakan apa saja yang diolesi madu pasti memiliki citarasa yang unik.

Selain lezat, masakan ini juga sangat mudah dibuat. Pertama-tama, kumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yakni:

  1. Ikan nila (2 ekor)
  2. Daun jeruk (2 lembar)
  3. Garam dan gula secukupnya
  4. Kaldu jamur (1 sdt)
  5. Madu (2 sdm)
  6. Kecap manis (2 sdm)

 

Jika sudah, siapkan bahan untuk bumbu halus yang sangat berpengaruh pada rasa masakan. Berikut daftarnya:

  1. Ketumbar (1 sdt)
  2. Kemiri (3 butir)
  3. Bawang merah (5 siung)
  4. Bawang putih (3 siung)Jahe (2 cm)

 

Kemudian, buatlah ikan nila bakar madu dengan mengikuti resep ini:

  1. Tumis bumbu halus sampai baunya harum
  2. Tambahkan garam, kaldu, gula, kecap manis, dan daun jeruk, serta beri sedikit air. Kemudian, aduk sampai rata
  3. Masukkan ikan nila dan tunggu hingga bumbu meresap
  4. Ambil sisa bumbu, lalu tambahkan kecap dan madu. Setelah itu, Anda bisa mengoleskannya ke ikan nila
  5. Panggang di atas teflon hingga mencapai tingkat kematangan yang diinginkan
  6. Angkat dan sajikan bersama sambal dan lalapan

 

– Ikan Nila Bakar Khas Padang

Padang memang menjadi pusatnya kuliner di Indonesia. Berbagai makanan lezat, mulai dari rendang, sate, hingga nila bakar dapat Anda buat. Entah bagaimana, masakan khas Padang selalu memiliki citarasa yang unik dan memanjakan lidah.

Ternyata, ada bahan rahasianya, loh. Agar ikan nila bakar khas Padang Anda lebih enak, silahkan siapkan beberapa bahan dibawah ini:

  1. Ikan nila yang sudah dibersihkan (500 gr)
  2. Serai (1 batang)
  3. Santan kental (250 ml)
  4. Arang secukupnya

 

Jangan lupa untuk menyiapkan bahan bumbu halus, seperti:

  1. Bawang merah (5 siung)
  2. Bawang putih (3 siung)
  3. Cabai merah keriting (50 gr)
  4. Jahe (1½ cm)
  5. Lengkuas (1 cm)
  6. Kunyit (½ cm)
  7. Garam secukupnya

 

Jika sudah, segera eksekusi bahan dengan mengikuti resep ikan bakar nila khas Padang sebagai berikut:

  1. Cuci ikan nila hingga bersih, lalu sisihkan
  2. Tumis semua bumbu halus, lalu tambahkan air hingga sedikit mengental
  3. Goreng ikan hingga setengah matang, lalu angkat dan tiriskan
  4. Bakar ikan di atas bara api sebentar saja, kemudian olesi dengan bumbu yang sudah ditumis tadi
  5. Lakukan hal tersebut berulang kali dengan membolak-balik ikan hingga tingkat kematangannya dirasa cukup
  6. Angkat dan ikan nila bakar khas Padang sudah siap. Agar lebih lezat, Anda dapat menyajikannya bersama dengan sambal, lalapan, tempe, dan tahu

Ternyata, ada banyak sekali gambar ikan bakar png yang dapat Anda coba di rumah. Berbagai resep tersebut sudah terpercaya dan dapat menghasilkan masakan yang lezat. Selain lezat, keenam resep diatas juga sehat dan ekonomis.

 

Resep Ikan Gurame Bakar

gambar ikan gurame bakar terbaru 2022

Gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ikan gurame merupakan ikan yang kaya akan nutrisi, cocok dimakan oleh semua kalangan. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam menu, misalnya ikan gurame bakar.

Jenis olahan yang satu ini selalu jadi menu spesial yang disukai semua orang. Daging gurame yang tebal dengan aroma asap khas pembakaran, tak pernah gagal membuat orang ngiler. Tapi, ikan gurame bakar ternyata bisa diolah dengan bumbu yang beragam, loh! Apa saja? Simak pemaparan resep berikut ini.

 

– Gurame Bakar Manis

Ikan gurame menjadi ikan yang paling laris dijadikan olahan ikan bakar. Di Indonesia sendiri, rasanya kurang lengkap jika olahan makanan yang dibakar tidak menambahkan kecap pada daftar bumbunya. Berikut ini merupakan resep ikan gurame bakar klasik dengan citarasa dominan manis.

Bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat gurame bakar manis ini di antaranya:

  1. 2 ekor ikan gurame berukuran sedang. Bersihkan dari isi perut dan sisiknya, lalu kerat pada kedua sisi tubuhnya.
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. 2 sdt garam dapur
  4. 5 sdm kecap manis
  5. 3 sdm minyak

 

Setelah menyiapkan bahan utama, selanjutnya siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu halus, di antaranya:

  1. 6 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 4 cabai keriting merah
  4. 2 cabai rawit
  5. 1 ruas jahe
  6. 2sdt ketumbar utuh

 

Setelah menyiapkan bahan-bahan utama dan bumbu halus, selanjutnya siapkan bahan untuk membuat sambal kecapnya, berikut bahan-bahannya:

  1. 6 sdm kecap manis
  2. 1 buah tomat tanpa biji, potong dadu
  3. 3 cabai rawit merah, iris
  4. 5 cabai rawit hijau, iris
  5. 2 siung bawang merah, iris tipis
  6. Setengah sdt air perasan jeruk nipis

 

Jika semua bahan sudah disiapkan, sekarang kita berlanjut pada cara membuatnya. Hal-hal yang perlu dilakukan, yaitu:

  1. Lumuri ikan gurame dengan perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Marinasi selama minimal 15 menit
  2. Siapkan wajan, panaskan 3 sdm minyak. Tumis bumbu halus tadi sampai harum
  3. Tambahkan kecap manis, aduk sampai rata
  4. Sisihkan bumbu
  5. Olesi ikan gurame dengan bumbu yang sudah ditumis
  6. Siapkan pembakaran
  7. Bakar ikan di kedua sisi sambil dioles dengan sisa bumbu
  8. Jika sudah matang, angkat
  9. Sajikan selagi hangat dengan sambal kecap

– Gurame Bakar Bumbu Jimbaran

Jimbaran merupakan salah satu daerah di Bali penghasil berbagai macam kuliner khas yang lezat. Salah satunya bumbu jimbaran. Bumbu jimbaran ini juga bisa diolah untuk dikombinasikan dengan ikan gurame bakar, loh. Berikut resep gurame bakar jimbaran yang cocok jadi santapan siang Anda.

 

Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan, di antaranya:

  1. 2 ekor gurame berukuran sedang
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. 1 sdm garam

 

Setelah menyiapkan ikan dan bahan marinasinya, sekarang siapkan bahan-bahan untuk membuat bumbu halus, berikut di antaranya:

  1. 5 cabai merah besar
  2. 3 siung bawang putih
  3. 6 siung bawang merah
  4. 4 kemiri sangrai
  5. Saus tiram secukupnya
  6. Air asam jawa secukupnya
  7. 3 sdm kecap manis
  8. ½ sdt ketumbar bubuk
  9. Garam secukupnya
  10. Gula secukupnya
  11. Air secukupnya
  12. Margarin untuk membakar ikan

 

Setelah semua bahan sudah siap, selanjutnya adalah mulai memasak. Langkah-langkah yang perlu dilakukan di antaranya:

  1. Marinasi ikan dengan perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Diamkan selama minimal 15 menit
  2. Panaskan wajan dan tambahkan minyak. Tumis bumbu yang sudah disiapkan sampai matang, tambahkan air. Masak terus sampai airnya menyusut dan bumbunya mengental
  3. Tambahkan air asam jawa secukupnya, tunggu lagi sampai mengental. Koreksi rasa.
  4. Panaskan pembakaran
  5. Oles ikan dengan bumbu halus sampai merata
  6. Bakar ikan dengan api sedang sambil dioles sisa bumbu halus
  7. Jika sudah matang, angkat lalu sajikan
  8. Anda bisa menyajikannya dengan tambahan kecap dan lalapan

– Gurame Bakar Sederhana

Bumbu sederhana tidak hanya cocok diolah dengan ikan laut, ternyata diolah menjadi ikan gurame bakar juga cocok, loh. Berikut adalah resep gurame bakar sederhana yang bisa menjadi inspirasi santapan makan malam keluarga Anda.

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan di antaranya:

  1. 1 ekor ikan gurame sedang
  2. Jeruk nipis
  3. Garam secukupnya
  4. 200 ml santan kental instan
  5. 1 sdm gula merah halus
  6. 3 sdm minyak sayur untuk menumis

Sekarang siapkan bahan untuk membuat bumbu halusnya, berikut di antaranya:

  1. 7 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 5 cabai merah keriting
  4. 2 cabai rawit
  5. 4 kemiri sangrai
  6. ½ sdm terasi

Bahan pelengkap (optional):

  1. Irisan mentimun
  2. Daun kemangi
  3. Kol
  4. Kacang panjang
  5. Sambal tomat

 

Setelah menyiapkan semua bahannya, sekarang mari mulai memasak. Langkah-langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

  1. Bersihkan ikan gurame, lalu kerat di kedua sisi tubuhnya. Beri perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Marinasi selama minimal 15 menit.
  2. Haluskan bumbu secara manual maupun menggunakan blender
  3. Panaskan wajan dan minyak secukupnya
  4. Tumis bumbu halus sampai matang dan harum, tambahkan garam, gula merah, dan santan. Masak sampai mengental
  5. Siapkan pembakaran
  6. Bakar ikan sampai setengah matang, lalu olesi dengan bumbu halus
  7. Bakar sampai matang merata di kedua sisi
  8. Jika sudah matang, angkat dan sajikan dengan bahan pelengkap

– Gurame Bakar Madu

Bagi Anda penyuka makanan manis, resep yang satu ini tentu akan cocok di lidah Anda. Berikut resep ikan gurame bakar madu yang bisa Anda jadikan referensi memasak.

Bahan-bahan yang diperlukan di antaranya:

  1. 1 ekor gurame sedang
  2. Perasan jeruk nipis
  3. ½ sdt ketumbar bubuk
  4. 1 sdm kunyit bubuk
  5. 2 sdm kecap asin (menyesuaikan)
  6. 3 sdm madu murni
  7. 1 sdm margarin

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan, yaitu:

  1. Bersihkan gurame
  2. Siapkan wadah, campurkan semua bumbu bubuk dan kecap asin
  3. Marinasi dengan bumbu tadi dan air jeruk nipis selama 15 menit
  4. Siapkan wadah, campur margarin dan madu sampai rata
  5. Siapkan panggangan, bakar ikan dengan api kecil
  6. Jika ikan sudah ¾ matang, olesi dengan madu tadi sampai merata
  7. Masak sampai matang merata sambil dibolak balik
  8. Jika sudah matang, angkat dan sajikan

 

Jika Anda bosan dengan menu masakan yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba berbagai macam resep ikan bakar gurame di atas. Beragam bumbu khas nusantara tentunya akan memanjakan lidah anggota keluarga Anda.

 

Bumbu Oles Ikan Bakar

Gambar dan menu Bumbu Oles Ikan Bakar

Sebagai salah satu menu favorit, resep ikan bakar tersedia dalam berbagai jenis sehingga anda dapat memilih resep yang sesuai dengan selera anda. Umumnya, setiap daerah memiliki resep ikan bakar khas masing-masing dengan menggunakan bahan-bahan khas daerah tersebut.

Terlepas dari apa resep ikan bakar yang menjadi favorit anda, hal yang terpenting dalam pembuatannya adalah bumbu oles yang digunakan. Untuk membuat ikan bakar yang nikmat, dibutuhkan perpaduan bumbu-bumbu yang akan menciptakan cita rasa yang lebih nikmat:

 

1.Bumbu Kuning

Resep ikan bakar dengan menggunakan bumbu oles kuning merupakan resep yang paling umum ditemui di rumah makan, resto, bahkan ketika diolah sendiri. Cita rasa perpaduan rempah-rempah yang khas memang ampuh dalam menambah cita rasa ikan bakar.

Untuk membuat ikan bakar dengan bumbu kuning, anda dapat menyiapkan bahan sebagai berikut:

  1. 1 ekor ikan nila
  2. 1 jeruk nipis
  3. 100 ml minyak sayur
  4. 2 siung bawang putih
  5. ½ cm jahe
  6. 2 butir kemiri
  7. ½ cm kunyit
  8. ½ sdt merica
  9. Garam secukupnya

Cara pembuatan:

  1. Haluskan semua bumbu
  2. Bersihkan ikan, lalu belah menjadi dua bagian yang lebar
  3. Oleskan ikan dengan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis
  4. Campurkan bumbu yang telah dihaluskan dengan minyak sayur
  5. Oleskan bumbu yang telah dihaluskan ke seluruh bagian ikan secara merata
  6. Bakar ikan diatas arang hingga matang

2.Bumbu Kecap

Bumbu kecap merupakan bumbu ikan bakar yang tak kalah popular dibandingkan bumbu kuning. Selain rasanya yang dijamin sedap dan gurih, proses pembuatannya pun terbilang sederhana.

 

Untuk membuat resep ikan bakar bumbu kecap, anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan sebagai berikut:

  1. 1 ikan nila
  2. 2 sdm minyak goreng
  3. Kecap manis secukupnya
  4. 1 jeruk nipis
  5. 1 batang serai

 

Selain bahan-bahan tersebut, anda juga perlu menyiapkan bumbu-bumbu halus sebagai berikut:

  1. 5 siung bawang putih
  2. 5 siung bawang merah
  3. 5 butir kemiri
  4. ½ sdm ketumbar bubuk
  5. 1 ruas kunyit
  6. Cabe rawit secukupnya
  7. Garam secukupnya

 

Cara membuat bumbu kecap ikan bakar:

  1. Bersihkan ikan secara merata
  2. Haluskan bumbu-bumbu yang telah disiapkan
  3. Tambahkan cabe rawit dan garam sesuai selera ke dalam bumbu
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum
  5. Angkat bumbu halus, tuangkan kecap manis sesuai selera
  6. Tambahkan sedikit air perasan jeruk nipis
  7. Aduk hingga merata
  8. Bumbu siap dioleskan dengan menggunakan 1 batang serai
  9. Panggang ikan hingga kering dan matang

3.Bumbu Jimbaran

Sebagai daerah yang terkenal dengan cita rasa bumbu-bumbunya, Bali juga mempunyai resep ikan bakar bumbu oles tersendiri yang patut untuk dicoba yakni bumbu jimbaran.

 

Untuk membuat bumbu oles ini, anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan umum yang tentunya mudah ditemui di pasaran. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 1 ekor ikan nila
  2. 2 sdm margarine
  3. 3 sdm kecap manis
  4. 1 sdm asam jawa
  5. 1 sdm saus tiram
  6. 140 ml air
  7. ½ sdt gula pasir
  8. 1 sdt garam

 

Bahan-bahan halus yang dibutuhkan:

  1. 5 siung bawang putih
  2. 5 siung bawang merah
  3. 3 buah cabai merah
  4. Cabe rawit secukupnya
  5. 3 butir kemiri

 

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Bersihkan ikan, lalu tuangkan sedikit garam dan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan amis
  2. Haluskan semua bumbu,lalu tumis
  3. Tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, gula, serta asam jawa ke dalam bumbu
  4. Tuangkan air
  5. Aduk hingga harum, lalu angkat
  6. Goreng ikan yang telah dibersihkan dengan api kecil, setengah matang agar ikan tidak mudah hancur
  7. angkat dan tiriskan ikan
  8. setelah ikan dingin, oleskan margarin dan bumbu yang telah ditumis pada ikan secara merata
  9. panggang ikan menggunakan bara api hingga matang

untuk menambah cita rasa bali yang khas, anda dapat menyantap ikan bakar bumbu oles jimbaran dengan tambahan sambal matah.

4.Bumbu Rica-rica

Ikan bakar dengan bumbu oles rica-rica bisa menjadi pilihan santapan keluarga jika anda bosan dengan menu yang itu-itu saja. Resep ikan bakar yang satu ini datang dari daerah Manado. Biasanya, bumbu oles ini disajikan dengan ikan baronang, ikan khas Manado.

Walaupun resep ikan bakar bumbu oles ini biasanya menggunakan ikan khas Manado, tetapi anda juga dapat menggunakan ikan jenis lain yang mudah untuk ditemui. Tenang saja, hal tersebut tidak akan mengubah cita rasa dari bumbu oles satu ini.

Berikut rangkuman bahan-bahan dan cara pembuatan bumbu oles rica-rica yang patut untuk dicoba:

  1. 1 ikan baronang segar atau ikan nila
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. Minyak goreng secukupnya

 

Bumbu-bumbu halus yang dibutuhkan:

  1. 4 siung bawang merah
  2. 1 siung bawang putih
  3. 1 butir kemiri disangrai
  4. ½ cm jahe
  5. ½ cm kunyit
  6. ½ sdt merica bubuk
  7. 1 cm gula merah
  8. Cabe rawit sesuai selera
  9. Cabe keriting sesuai selera

 

Bumbu-bumbu geprek:

  1. 1/2 cm lengkuas
  2. 1 buah serai
  3. 1 lembar daun salam
  4. Gula dan garam secukupnya
  5. Kecap manis secukupnya

 

Cara pembuatannya:

  1. Bersihkan ikan secara merata
  2. Campurkan ikan dengan garam dan 1 buah jeruk nipis
  3. Diamkan kurang lebih 15 menit
  4. Panggang ikan dengan api kecil
  5. Olesi ikan dengan minyak goreng
  6. Sementara itu, tumis bumbu-bumbu halus dengan menggunakan api kecil
  7. Tambahkan gula dan garam secukupnya pada bumbu
  8. Tambahkan 1 lembar daun salam
  9. Aduk hingga mengeluarkan aroma yang khas
  10. Angkat bumbu, lalu tambahkan kecap manis secukupnya
  11. Geprek 1 batang serai untuk mengolesi bumbu pada badan ikan
  12. Oleskan secara merat
  13. Setelah matang, ikan bakar bumbu oles rica-rica siap disantap

5.Bumbu Pedas Manis

Resep ikan bakar bumbu oles pedas manis ini sekilas memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan bumbu oles kecap. Namun, perbedaan keduanya terletak pada perpaduan pedas dan manis yang diciptakan oleh bumbu oles ini.

 

Dalam proses pembuatannya, resep ikan bakar ini terbilang cukup mudah. Berikut merupakan bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 1 ekor ikan kuwe
  2. 1 sdm jeruk nipis, peras airnya
  3. 2 sdm minyak sayur
  4. 2 sdm kecap manis

 

Bumbu-bumbu halus:

  1. 5 buah cabai keriting atau sesuai selera
  2. 4 buah cabai rawit atau sesuai selera
  3. 3 siung bawang putih
  4. 2 siung bawang merah
  5. ½ sdt gula pasir atau sesuai selera
  6. Garam secukupnya

 

Cara pembuatan ikan bakar bumbu oles pedas-manis:

  1. Bersihkan ikan, lalu belah ikan menjadi dua bagian yang lebar
  2. Teteskan perasan air jeruk nipis, lalu diamkan selama 10 – 15 menit
  3. Haluskan bumbu, lalu campurkan dengan kecap manis dan minyak sayur hingga rata
  4. Oleskan bumbu pada badan ikan hingga merata
  5. Panggang ikan di atas bara api hingga kering dan matang secara merata
  6. Ikan bakar bumbu oles pedas manis siap untuk disantap.

 

Resep Ikan Bakar Kecap

Gambar Resep Ikan Bakar Kecap Terbaru

Ikan bakar adalah sajian kuliner yang prosesnya dengan cara dibakar/ dipanggang di atas bara api dengan tambahan bumbu kecap manis, sehingga terciptalah resep ikan bakar kecap dengan perpaduan rasa manis dan gurih yang begitu lezat, serta mengandung banyak vitamin.

Berdasarkan penelitian ahli gizi, ikan mengandung protein tinggi berupa asamamino esensial yang baik untuk tubuh. Selain itu, terdapat kandungan asam lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kolesterol, asam omega 3, mineral zat besi, yodium, vitamin B6, B12, Niacin dll.

1. Resep Ikan Bakar Kecap Bumbu

Salah satu resep ikan bakar yang lezat dapat dibuat dengan tambahan bumbu yang mudah diperoleh, yaitu kecap dan beberapa rempah yang ada di dapur. Anda hanya perlu memanggang ikan di teflon apabila tidak memiliki pemanggang arang.

 

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan selain menggunakan kecap untuk mengolah dua ekor ikan baronang segar sekitar 600 gram, meliputi:

  1. 1 butir perasan jeruk nipis
  2. 4 siung bawang merah
  3. 4 cabai merah besar
  4. 1 ruas jahe
  5. ½ ruas kunyit
  6. 2 lembar daun jeruk purut
  7. ½ sendok teh merica bubuk
  8. 2 sendok makan minyak goreng
  9. Garam secukupnya
  10. 3 sendok makan kecap manis

Setelah semua bahan dan bumbu selesai disiapkan, langkah untuk membuat ikan bakar kecap ini sangatlah sederhana, yakni seperti berikut:

  1. Cuci ikan baronang hingga bersih, setelah itu beri perasan jeruk nipis dan garam.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, daun jeruk,, dan merica.
  3. Tuangkan minyak goreng dan kecap manis untuk melumuri ikan secara menyeluruh.
  4. Siapkan pemanggang dengan kondisi api sedang dan mulai memanggang ikan.
  5. Lumuri ikan dengan bumbu halus dan bumbu kecap menggunakan batang serai sambil bolak-balik hingga kering dan matang di kedua sisinya.
  6. Setelah matang, sajikan dengan nasi putih plus lalapan.

2. Resep Ikan Bakar Kecap Manis

Jika Anda ingin membuat sajian bergizi dan mudah, bisa mencoba untuk membuat ikan bakar kecap manis ini. Selain rasanya yang lezat dan gurih, kandungan gizinya juga sangat bermanfaat untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Resep ikan bakar kecap manis untuk seekor gurame besar terdiri atas beberapa bumbu yang mudah sekali ditemui di dapur Anda, meliputi:

  1. 1 buah jeruk nipis, peras airnya
  2. 3 siung bawang putih
  3. 6 siung bawang merah
  4. 1 sendok teh ketumbar
  5. 1 sendok teh merica bubuk
  6. 2 sendok makan margarin
  7. Gula merah secukupnya
  8. Garam secukupnya
  9. 2 sachet kecil kecap manis

Langkah membuat ikan bakar kecap manis antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Ikan dicuci hingga bersih dan belah bagian punggung hingga ke perutnya. Iris ikan menjadi beberapa bagian agar bumbu mudah meresap dan matang merata ketika digoreng.
  2. Taburi air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica bubuk, ketumbar, dan gula merah.
  4. Panaskan minyak goreng sedikit di wajan, tumis bumbu halus.
  5. Setelah bumbu harum, tambahkan margarin dan kecap manis.
  6. Oleskan bumbu tersebut ke seluruh bagian ikan dan diamkan selama 1 jam supaya meresap.
  7. Bakar ikan dan olesi dengan sisa bumbu ke semua sisi secara bolak-balik.
  8. Setelah kering dan matang, sajikan di atas piring.

3. Resep Gurame Bakar Sambal Kecap

Gurame menjadi pilihan favorit untuk digoreng maupun dibakar karena dagingnya yang lembut serta gurih. Olahan ikan gurame bakar dengan tambahan sambal kecap akan memberikan rasa pedas manis yang semakin memperkaya cita rasa.

 

Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk mengolah resep ikan bakar Gurame sambal kecap terdiri dari:

  1. 2 ekor ikan gurame (800 gram)
  2. 2 sendok teh perasan jeruk nipis
  3. 1 sendok makan larutan asam jawa
  4. 1 sendok teh garam
  5. 3 sendok makan minyak
  1. 5 sachet kecil kecap manis

Adapun bahan bumbu yang harus dihaluskan antara lain:

  1. 6 butir bawang merah
  2. 3 butir bawang putih
  3. 3 cabai merah besar
  4. 4 cabai merah keriting
  5. 2 cabai rawit merah
  6. 2 cm jahe
  7. 1 sendok teh ketumbar
  8. 1 sendok teh garam

Selain itu, campurkan bahan-bahan di bawah ini lalu haluskan dengan menggunakan cobek:

  1. 5 sendok makan kecap manis
  2. 1 buah tomat, potong kecil
  3. 5 cabai rawit merah
  4. 5 cabai rawit hijau
  5. 2 siung bawang merah, iris halus
  6. ½ sendok teh perasan jeruk nipis

Cara memasak yang tepat semua bahan di atas adalah:

  1. Taburi ikan gurame dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit.
  2. Siapkan minyak panas, tuangkan bumbu halus lalu tumis sampai harum.
  3. Tambahkan larutan asam jawa dan kecap manis. Angkat dan tiriskan.
  4. Oles gurame dengan bumbu tumis.
  5. Panggang ikan di atas panggang panas sambil oleskan bumbu.
  6. Panggang sampai matang merata di kedua sisi ikan gurame.
  7. Hidangkan bersama sambal kecap.

4. Resep Ikan Bakar Kecap Rumahan

Kuliner ikan bakar kecap kerap kali dipilih sebagai santapan untuk merayakan pesta barbeque bersama keluarga di rumah. Kualitas waktu bersama keluarga bisa dilakukan sambil mengolah ikan menggunakan resep ikan bakar kecap ala rumahan ini.

 

Resep olahan ikan bakar ini untuk dua ekor ikan nila yang telah dibersihkan dan diberi perasan jeruk serta garam. Adapun bumbu halus yang harus disiapkan adalah:

  1. 3 siung bawang putih
  2. 5 siung bawang merah
  3. Cabai sesuai selera
  4. Kecap manis secukupnya
  5. Garam secukupnya
  6. 1,5 cm kunyit

Cara mengolahnya pun cukup mudah, antara lain:

  1. Tumis bumbu halus.
  2. Setelah harum, beri kecap, garam secukupnya.
  3. Nyalakan api kompor kecil saja, masukkan ikan, aduk rata dengan bumbu, tutup ikan dalam waktu 5 menit agar meresap.
  4. Setelah itu angkat dan panggang sampai ikan matang.
  5. Ikan siap disajikan.

5. Resep Ikan Bakar Kecap Praktis

Jika Anda tak punya pemanggang tradisional di rumah, cukup gunakan teflon agar lebih praktis. Hanya bermodalkan teflon saja, ikan bakar kecap tetap memiliki cita rasa gurih dan lezat dengan beberapa bumbu pendukung.

 

Bumbu dapur yang harus disiapkan adalah:

  1. 4 ekor ikan kembung sedang
  2. 1 sendok teh jeruk nipis dan garam
  3. 4 sendok makan kecap manis
  4. 1 sendok teh kecap asin
  5. ½ sendok makan saus tiram
  6. 2 sendok makan margarin

Cara membuatnya cukup praktis, yaitu:

  1. Siapkan ikan yang sudah bersih dan dikucuri jeruk nipis serta garam.
  2. Lelehkan margarin di wajan.
  3. Siapkan bumbu olesan.
  4. Panggang ikan dan lumuri bumbu merata sampai matang.

 

Ikan Bawal Bakar

gambar ikan bawal bakar

Resep ikan bakar bawal merupakan salah satu resep yang paling banyak dicari. Pasalnya, ikan bawal merupakan salah satu bahan pangan yang mengandung banyak yodium. Zat ini dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam proses pembentukan hormon tiroksin.

Dalam 100 gram ikan, terkandung 83 mikrogram yodium. Dengan mengonsumsi ikan bawal, Anda dapat meminimalisir resiko terserang penyakit GAKY atau gangguan akibat kurang yodium. Selain yodium, ikan bawal juga mengandung lemak tak jenuh sebesar 70%.

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ikan diyakini baik untuk perkembangan otak manusia. Selain itu, pangan ini juga memiliki protein yang lebih tinggi dibandingkan jenis daging lainnya, seperti daging ayam atau sapi.

Sebenarnya, ikan bawal dapat diolah dengan metode apa saja, salah satunya adalah dipanggang atau dibakar. Ingin tahu apa saja resep ikan bakar bawal yang wajib Anda coba? Simak daftarnya dibawah ini:

 

~ Ikan Bawal Bakar Manis

Rasa manis memang banyak digemari dan sangat cocok di lidah orang Indonesia. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba resep ikan bawal bakar manis. Hanya dengan menggunakan bahan-bahan sederhana, Anda sudah bisa mendapatkan masakan lezat ala restoran bintang lima.

 

Sebelum mengetahui cara membuatnya, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berupa:

  1. Ikan bawal (4 ekor)
  2. Jeruk nipis (1 buah)
  3. Garam (1 sdt)

 

Siapkan pula bahan untuk bumbu halus, seperti:

  1. Bawang putih (8 siung)
  2. Kemiri (6 buah)
  3. Kunyit (4 cm)
  4. Garam secukupnya
  5. Kecap manis (1 sachet)
  6. Minyak goreng (6 sdm)

 

Bila semua bahan sudah siap, segera ikuti beberapa langkah membuat dibawah ini:

  1. Bersihkan ikan bawal hingga bersih, lalu lumuri dengan garam dan perasan jeruk nipis
  2. Simpan ikan di kulkas selama ½ jam agar bau amisnya memudar
  3. Campurkan semua bumbu halus dan tumis hingga mengeluarkan bau harum
  4. Keluarkan ikan dari kulkas, lalu cuci bersih dan lumuri dengan bumbu halus
  5. Bakar ikan bawal hingga matang sambil sesekali diolesi bumbu
  6. Jika sudah, segera angkat dan sajikan bersama sambal atau lalapan

 

~ Ikan Bawal Bakar Bumbu Jimbaran

Ikan bawal bakar dapat dijadikan sebagai santapan untuk perayaan malam tahun baru, acara keagamaan, atau hanya sekedar menu sehari-hari. Agar cita rasanya lebih unik dan lezat, Anda bisa menambahkan bumbu Jimbaran khas Bali.

 

Dalam resep ikan bakar bawal bumbu Jimbaran, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan, yakni:

  1. Ikan bawal (½ kg)
  2. Kecap manis (3 sdm)
  3. Saus tiram (1 sdm)
  4. Air (150 ml)
  5. Garam (1 sdt)
  6. Air asam jawa (1 sdm)
  7. Gula pasir (½ sdt)
  8. Minyak (4 sdm)

 

Setelah semua bahan siap, ambil bumbu halus berupa:

  1. Bawang merah (5 siung)
  2. Bawang putih (4 siung)
  3. Ketumbar (1 sdt)
  4. Cabai merah keriting (4 buah)
  5. Cabai rawit (4 buah)
  6. Kemiri (4 butir)

 

Sekarang, Anda dapat langsung mengikuti resep dibawah ini:

  1. Bersihkan ikan sampai bau amisnya menghilang
  2. Ulek semua bumbu halus, kemudian tumis sampai mengeluarkan bau harum
  3. Tambahkan saus tiram, kecap manis, asam jawa, garam, air, dan gula pasir hingga teksturnya sedikit mengental
  4. Goreng ikan hingga setengah matang, lalu lumuri dengan bumbu halus tadi
  5. Jika dirasa sudah merata, panggang ikan di atas arang. Anda juga bisa menggunakan teflon bila tidak memiliki alat pemanggang
  6. Tunggu hingga mencapai tingkat kematangan yang diinginkan, lalu angkat dan sajikan

 

~ Ikan Bawal Bakar Kecap Pedas

Rasa pedas dan manis memang sangat bertolak belakang. Namun, jika disatukan, kedua rasa ini akan sangat enak di lidah. Untuk itu, kami menyajikan resep ikan bakar bawal kecap pedas.

Selain mudah dan ekonomis, masakan ini juga tidak membutuhkan waktu lama untuk proses pembuatannya. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja, Anda sudah bisa mendapatkan masakan yang lezat dan sehat.

 

Jika Anda ingin membuatnya, silahkan siapkan bahan-bahan ini terlebih dahulu.

  1. Ikan nila (2 buah)
  2. Air jeruk nipis (1 sdm)
  3. Garam (½ sdt)
  4. Jahe parut (1 cm)

 

Untuk bumbu halus, Anda perlu menyiapkan:

  1. Bawang putih (3 siung)
  2. Bawang merah (6 butir)
  3. Cabai rawit (2 buah)
  4. Cabai merah keriting (4 buah)
  5. Cabai merah besar (3 buah)
  6. Air asam jawa (10 gr)
  7. Ketumbar bubuk (2 sdt)
  8. Kecap manis (3 sdm)
  9. Kaldu ayam (7 gr)

 

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan bahan-bahan untuk membuat sambal kecap pedas, yakni:

  1. Kecap manis pedas (5 sdm)
  2. Bawang merah (6 butir)
  3. Tomat (1 buah)
  4. Cabai rawit hijau (8 buah)
  5. Cabai merah (3 buah)

 

Bila semua bahan sudah siap, Anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Bersihkan ikan, kemudian buat sayatan di semua sisi ikan
  2. Lalu, lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis dan garam hingga meresap. Diamkan selama 5 sampai 7 menit
  3. Sambil menunggu, buat sambal kecap pedas dengan mencampurkan semua bahan-bahannya
  4. Panaskan wajan, lalu beri minyak secukupnya. Tumis semua bahan bumbu halus selama 2 menit sampai baunya wangi
  5. Tambahkan kecap manis dan air asam jawa, lalu aduk rata
  6. Lumuri seluruh bagian ikan dengan bumbu halus tersebut
  7. Bakar ikan di atas panggangan, kemudian lumuri sisa bumbu saat ikan sedang dipanggang
  8. Tunggu hingga tingkat kematangannya dirasa pas, lalu angkat
  9. Sajikan bersama dengan sambal kecap pedas

 

~ Ikan Bawal Bakar Khas Padang

Sudah bukan rahasia lagi jika masakan Padang memang memiliki ciri khas yang kuat. Mulai dari nasi padang, rendang, hingga sate padang dapat dijadikan sebagai santapan yang cocok di lidah orang Indonesia.

Jika Anda ingin menyantap masakan khas Padang yang out of the box, Anda bisa mencoba resep ikan bakar bawal dibawah ini. Bumbu Padang yang sangat khas akan melengkapi cita rasa ikan bawal bakar.

 

Dalam cara membuatnya, Anda harus menyiapkan bahan-bahan utama berupa:

  1. Ikan bawal (1 ekor)
  2. Jeruk nipis (1 buah)
  3. Santan kental (150 ml)

 

Setelah itu, siapkan bahan untuk membuat bumbu halus, seperti:

  1. Cabai merah (3 buah)
  2. Bawang merah (4 siung)
  3. Bawang putih (3 siung)
  4. Kunyit (1 ruas)
  5. Jahe (2 ruas)
  6. Lengkuas (2 ruas)
  7. Serai (1 batang)
  8. Daun kunyit (1 lembar)
  9. Gula dan garam secukupnya

 

Ketika semua bahan sudah siap, segera eksekusi dengan melakukan beberapa langkah dibawah ini:

  1. Cuci bersih ikan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan campuran air jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan bau amisnya
  2. Ulek seluruh bahan bumbu halus hingga rata. Jangan lupa tambahkan gula dan garam
  3. Tambahkan santan kental, daun kunyit, dan serai ke dalam ulekan
  4. Masukkan ikan ke dalam bumbu tersebut dan diamkan selama kurang lebih 25 menit
  5. Bakar ikan di atas api sedang sambil dibolak-balik
  6. Jika sudah matang, segera angkat dan sajikan bersama lalapan agar lebih nikmat

 

~ Ikan Bawal Bakar Madu

Madu merupakan salah satu bahan pelengkap yang dapat meningkatkan nafsu makan. Selain itu, madu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk itu, tak ada salahnya jika Anda mencoba membuat ikan bawal bakar madu di rumah.

Menu masakan yang satu ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan sistem pencernaan, hingga menjaga kesehatan jantung. Daripada penasaran, lebih baik Anda langsung menyiapkan bahan-bahan ini:

  1. Ikan bawal (400 gr)
  2. Jeruk nipis (½ buah)
  3. Kecap manis (1 sdm)
  4. Madu (1 sdm)
  5. Minyak wijen (1 sdm)
  6. Saus tomat (1½ sdm)
  7. Minyak goreng (½ sdm)
  8. Garam secukupnya

 

Jangan lupa untuk menyiapkan bahan bumbu halus berupa:

  1. Bawang putih (4 siung)
  2. Kunyit (1 ruas)
  3. Jahe (1 ruas)

 

Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Cuci ikan sampai bersih, lalu buat guratan di sekujur tubuh ikan
  2. Campurkan semua bumbu halus, kemudian aduk rata. Jangan lupa untuk menambahkan garam, gula, kecap manis, minyak wijen, madu, saus tomat, dan kecap manis
  3. Baluri bumbu ke sekujur tubuh ikan hingga merata dan sisihkan sedikit untuk olesan. Diamkan sekitar 20 menit hingga bumbu meresap sempurna
  4. Olesi sedikit minyak pada teflon, kemudian bakar ikan bawal hingga matang. Anda bisa mengolesi bumbu sesekali sambil membalik ikan
  5. Jika sudah mencapai tingkat kematangan yang diinginkan, olesi bumbu sekali lagi dan sajikan bersama lalapan

Wah, ternyata ada banyak sekali resep ikan bakar bawal yang dapat Anda coba di rumah. Meskipun dibuat dari bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, Anda bisa merasakan sensasi hidangan mewah yang mengenyangkan. Disarankan, konsumsi ikan bawal bakar bersama dengan sambal dan lalapan agar lebih nikmat.

 

Ikan Bakar Padang

gambar ikan bakar padang

Jika biasanya ikan bakar disajikan dengan sambal kecap, Anda bisa mencoba resep ikan bakar padang yang khas dan lezat. Resep ikan bakarpadang yang satu ini sangat istimewa. Ikan yang digunakan dalam resep ini adalah ikan nila besar, namun Anda juga bisa mengganti dengan jenis ikan lain yang Anda sukai.

 

Resep Ikan Nila Bakar Padang

 

Bahan (disajikan untuk 3 porsi):

– 1 ekor ikan nila (ukuran besar: 800 gram)

– Santan kental (50 ml)

– Daun salam (2 lembar)

– Daun kunyit (1 lembar)

– Serai (1 batang)

– Jeruk nipis (1 buah)

– minyak gorong (1 Sdm)

– Gula dan garam secukupnya

 

Bumbu halus:

– Cabai merah besar (5 buah)

– Jahe (4 cm)

– Lengkuas (4 cm)

– Bawang merah (4 butir)

– Bawang putih (3 siung)

– Cabai rawit (3 buah)

– Kunyit (3 cm)

– Kemiri (2 butir)

 

Cara membuat:

  1. Bersihkan ikan dengan menggunakan pisau untuk menghilangkan kotoran dan sisik. Kemudian lumuri dengan campuran 1 sendok teh garam dan air jeruk nipis.
  2. Ambil bumbu halus dan lumuri badan ikan lau diamkan kurang lebih 1 jam.
  3. Panaskan minyak gorong dan tumis sisa bumbu halus, serai, kunyit, dan salam.
  4. Masukkan ikan dan tambahkan santan, gula, dan garam, tunggu hingga bumbu menyusut.
  5. Siapkan panggangan dan panaskan, bakar ikan dengan sesekali mengolesinya dengan bumbu, tunggu hingga matang.

Resep Ikan Kembung Bakar Padang

 

Bahan:

  • Ikan kembung (5 ekor)
  • Jeruk nipis (1 buah)
  • Santan kental (80 ml)
  • Rempah-rempah (serai 1 batang, daun kunyit 1 lembar, daun jeruk 5 lembar)
  • Garam gula secukupnya
  • Air (100 ml)
  • Minyak gorong secukupnya
  • Merica bubuk (1 sendok teh)

 

Cara membuat:

Siapkan 8 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 8 buah cabai merah, 1 ruas lengkuas, 1 cm jahe, dan 1 cm kunyit. Siapkan bahan-bahan ini secara lengkap dan tumbuk atau blender hingga menjadi bumbu halus.

Membersihkan ikan:
sebelum memberi bumbu dan membakar ikan, bersihkan ikan terlebih dahulu. Potong bagian ekor belakang, sisik, dan insang ikan. Agar lebih bersih, rendam ikan selama beberapa saat kemudian rendam dengan air garam dan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.

 

Memasak ikan:

Panaskan penggorengan diatas kompor dengan api sedang. Masukkan bumbu halus yang sudah dibuat dan tambahkan daun kunyit, serai, dan daun jeruk. Tumis hingga berbau harum. Tambahkan merica, gula, dan garam lalu aduk hingga mendidih. Masukkan ikan dan biarkan bumbu meresap secara merata. Tunggu hingga mengental lalu matikan api.

 

Membakar ikan:

Sembari menunggu bumbu meresap ke ikan, Anda bisa memanaskan Teflon atau panggangan arang batok kelapa untuk pembakaran. Gunakan margarin untuk mengolesi panggangan dan mulailah memanggang ikan. Atur nyala api agar tidak terlalu besar.

Sembari menunggu matang dan garing secara merata, bolak balik ikan agar matang secara merata dan oleskan bumbu padang secara merata. Ikan kembung bakar dapat disajikan dengan sepiring nasi putih hangat dan tambahan sambal sesuai selera agar semakin pedas. Tambahkan juga lalapan seperti kubis atau timun agar terasa segar dan semakin menambah selera makan.

 

Ikan Gurame Bakar Bumbu Padang

 

Bahan:

Bawang putih (3 siung)

Garam (1 sdt)

Kemiri (4 biji)

Santan kelapa (65 ml)

Lengkuas (3 ruas jari dimemarkan atau dipotong)

Ikan gurame (1 ekor)

Jahe (2 ruas jari)

Serai (1 batang dimemarkan)

Kaldu instan (1 sendok teh)

Bawang merah (5 siung)

Minyak goreng(1 sendok makan)

Asam jawa atau asam kandis (1 ruas jari)

Cabe merah keriting (15 buah)

 

Cara memasak:

Haluskan 5 siung bawang merah, jahe, lengkuas, kunyit, kemiri, bawang putih, dan 15 buah cabai keriting, dan tambahkan santan untuk bumbu halus. Bersihkan ikan dan lumuri dengan campuran air garam dan jeruk nipis kurang lebih 15 menit.

Baluri ikan dengan bumbu halus yang sudah dibuat lalu diamkan selama 30 menit agar meresap. Jangan buang sisa bumbu. Siapkan pemanggang dan mulailah panggang ikan. Gunakan api sedang agar ikan tidak gosong dan matang secara merata. Tambahkan sisa bumbu halus selama membolak balik ikan.

 

Ciri Khas Makanan Padang

Mayoritas masyarakat Indonesia menyukai makanan padang karena rasanya yang khas dan kaya akan bumbu serta rempah. Rasanya cenderung gurih, pedas, dan juga mengandung santan. Hamper semua makanan padang memiliki cita rasa yang unik termasuk resep ikan bakar padang.

 

~ Kaya bumbu dan rempah

berbeda dengan daerah Indonesia bagian Timur dengan ciri khas makanannya yang menggunakan rempah eksotik seperti kayu manis, cengkeh, dan pala, masakan Padang memiliki rempah khas tersendiri. Diantaranya seperti dedaunan aromatic (daun jeruk, daun kapulaga, daun kunyit).

Selain itu bumbu khas yang digunakan seperti jintan, cengkeh, lengkuas, serai, dan santan. Melimpahnya rempah-rempah tersebut di Padang adalah hasil dari persinggahan pedagang India dan Arab di wilayah Sumatera Barat pada masa lalu.

 

~ Rasa pedas yang khas

cita rasa yang dominan akan cabai adalah karakteristik masakan Padang. Hal ini dikarenakan suhu di Sumatera Barat cukup dingin karena berada pada dataran tinggi dan mengkonsumsi makanan pedas dapat menghangatkan tubuh.

Akan tetapi, beberapa daerah lain di Indonesia seperti Jawa Timur, Gorontalo, atau Sulawesi Utara masih memiliki cita rasa pedas yang lebih tinggi. Masakan Padang pada umumnya menggunakan cabai merah keriting, cabai hijau, dan cabai merah besar yang memiliki level pedas dibawah cabai rawit.

 

~ Mengolah cabai dengan diulek

cabai sangatlah berharga di masakan Minang. Hal tersebut menjadikan pengolahannya juga sangat diperhatikan. Baik dalam rending, dendeng batokok, asam padeh, dan lainnya. Masyarakat Minang tetap melestarikan proses pengolahan cabai dengan cara tradisional yaitu diulek.

Anda bisa mengunjungi restoran padang dan melihat sambal hijau yang cabenya masih dalam bentuk kasar. Di Sumatera Barat ada sangat banyak ibu rumah tangga di pasar-pasar tradisional Sumatera Barat yang bekerja mengulek cabai. Bahkan mereka mampu menghaluskan sekilo cabai utuh hanya dalam waktu sekitar 15 menit.

 

~ Santan yang pekat

hampir di semua makanan padang menggunakan santan yang pekat seperti gulai, rendang, kalio, asam padeh, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, makanan manisnya seperti dadiah, kampium, dan juga bika. Santan berpengaruh besar terhadap rasa gurih dan sedap pada masakan.

 

~ Ayam tidak dimasak dengan kulitnya

jika Anda datang ke restoran Padang yang menggunakan prinsip masakan otentik Padang, maka Anda tidak akan menemukan masakan ayam dengan kulitnya. Dari sejak dipasarkan, ayam-ayam tersebut memang dijual tanpa kulit.

Kuliner khas dunia yang unik tergambarkan dalam masakan Padang. Sebagai masyarakat Indonesia, kita tentunya bangga dan mengapresiasi kuliner minang dengan terus melestarikan dan mencoba berbagai kulinernya yang lezat seperti ikan bakar khas padang.

 

Ikan Kembung Bakar

gambar ikan kembung bakar

Resep ikan bakar dengan jenis kembungmenjadi hidangan yang mempunyai cita rasa nikmat, akan tetapi kaya dengan gizi melimpah. Dilansir dari cnnindonesia yang mengutip pernyataan langsung dari situs BNPB menyatakan bahwa ikan kembung mengandung omega-3.

Dikutip dari situs halodoc, omega-3 mampu memberikan efek baik untuk tubuh, yakni meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi risiko terjadinya stroke. Jika ingin menikmati ikan kembung bakar, terdapat berbagai resep ikan bakar yang wajib!

 

~ Ikan Kembung BakarBumbu Terasi

Terasi merupakan olahan berbentuk pasta yang menggunakan bahan baku rebon (sejenis udang) dan sudah melalui proses fermentasi. Ciri khas rasanya yang gurih dan nikmat akan berpadu sempurna dengan lembutnya tekstur ikan kembung.

Sebelum Anda melakukan proses pembakaran pada ikan, persiapkan dahulu bahan-bahan utamanya, seperti:

  • 4 ekor ikan kembung
  • 1 sendok teh garam dapur
  • 1 buah jeruk lemon atau nipis

 

Untuk bumbu-bumbu halusnya terdiri dari:

  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • ½ sendok teh gula pasir
  • 2 cm kunyit
  • 10 cabai rawit merah (sesuai selera)
  • Garam dapur secukupnya
  • 2 sendok teh terasi yang telah dibakar

 

Setelah semua bahan utama dan bumbu halus telah disiapkan, saatnya mengolah ikan kembung Anda dengan cara berikut ini.

  1. Bersihkan ikan kembung dengan air mengalir, lalu sayat (kerat) badan ikan kembung dengan posisi miring.
  2. Lumuri keseluruhan sisi badan ikan kembung dengan menggunakan garam dapur dan jeruk lemon atau nipis untuk menghilangkan aroma amis.
  3. Sembari mendiamkan ikan kembung, Anda dapat langsung mengolah bahan baku untuk dijadikan bumbu halus. Tumis dengan ukuran api sedang dan aduk terus hingga warnanya pekat dan harum.
  4. Setelah itu, taburi garam dapur dan gula pasir. Cicipi rasanya.
  5. Balurkan bumbu halus yang telah ditumis pada badan ikan kembung. Supaya bumbu lebih meresap, diamkan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bakar ikan kembung hingga matang sempurna.

~ Ikan Kembung Bakar Balur Sambal Dabu-Dabu

Sambal dabu-dabu merupakan pelengkap hidangan laut yang berasal dari Sulawesi Utara, tepatnya dari kota Manado. Ciri khasnya yang segar dan pedas sangat cocok dipadukan dengan ikan kembung. Terlebih lagi jika disantap dengan nasi hangat, Anda tidak akan berhenti mencicipinya!

Jika Anda sudah tidak sabar untuk segera mengolah ikan kembung dengan sambal dabu-dabu, mari persiapkan dahulu bahan dasar pembuatannya. Untuk sambal dabu-dabu, Anda hanya perlu bahan-bahan di bawah ini, yaitu:

 

  • 7 buah cabai rawit hijau
  • 9 buah cabai rawit merah
  • 2 buah tomat merah segar
  • 1 buah jeruk nipis
  • 3 buah tomat hijau segar
  • 3 siung bawang merah
  • Garam dan gula dengan takaran secukupnya

 

Bahan lainnya yang tidak boleh terlewatkan untuk disiapkan adalah:

  • 3 ekor ikan kembung
  • 1 buah kunyit
  • 1 buah jahe
  • 2 buah jeruk nipis

 

Pengolahan ikan kembung dengan sambal dabu-dabu pun bisa dimulai. Perhatikan langkah-langkah di bawah ini supaya hasil hidangan Anda memuaskan.

  1. Racik terlebih dahulu bahan-bahan dasar sambal dabu-dabu. Untuk cabai dan bawang diiris tipis-tipis, sedangkan untuk tomat dipotong menjadi dadu. Campur semua bahan yang telah dipotong, lalu peras jeruk nipis dan beri taburan garam dan gula. Diamkan beberapa saat supaya cita rasanya keluar.
  2. Bersihkan ikan lalu balurkan dengan jeruk nipis, kunyit, dan jahe supaya aroma amis tidak tercium saat dibakar nantinya. Diamkan antara 15-30 menit.
  3. Siapkan alat bakaran Anda, lalu taruh ikan yang telah didiamkan hingga matang secara keseluruhan.
  4. Sajikan di atas piring dan beri sambal dabu-dabu yang telah dibuat sebelumnya. Balurkan pada badan ikan kembung dan siap untuk disantap.

~ Ikan Kembung Bakar Pedas Manis

Jika biasanya Anda menemukan olahan bumbu khas manis menggunakan daging ayam, kali ini menerapkannya pada ikan juga tidak kalah lezat. Menonjolkan kuliner khas kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menjadikan menu ini wajib untuk dicoba.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan mulai dari:

  • 6 ekor ikan kembung
  • 3 sendok teh air olahan asam jawa
  • 150 ml air
  • 3 sendok minyak goreng
  • 5 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 7 buah cabai rawit merah
  • 3 buah tomat merah
  • 3 cm kencur
  • Garam dan gula

 

Proses pengolahan ikan kembung dengan bumbu manis adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan ikan kembung untuk dilakukan proses marinasi. Campurkan garam dan air asam jawa, diamkan hingga 20 menit.
  2. Setelah dimarinasi, siapkan alat bakaran Anda mulai mengolah ikan kembung hingga matang. Jangan lupa untuk dibolak-balik supaya tidak ada sisi yang terlalu gosong atau mentah.
  3. Sisihkan ikan terlebih dahulu dan mulai meracik bumbu manis. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak goreng, masukkan bumbu halus (bawang, kemiri, cabai, kencur, tomat) dan tumis hingga harum.
  4. Masukkan ikan kembung ke dalam penggorengan dan lumuri keseluruhan badan ikan dari kepala hingga ekor.
  5. Jika sudah merata, tiriskan ikan kembung dan diamkan kembali untuk beberapa saat.
  6. Lakukan kembali proses pembakaran seperti pada tahap pertama. Setelah matang sempurna, angkat ikan kembung dan taruh di atas piring.

~ Ikan Kembung Bakar Sambal Matah Segar

Kesegaran otentik sambal matah memang memberikan sensasi kelezatan yang unik sekaligus nikmat. Sambal yang berasal dari Bali ini memang cocok dipadukan dengan berbagai macam bahan dasar, salah satunya adalah ikan kembung.

Untuk membuat sambal matah, Anda tidak perlu melakukan proses penumisan karena akan disajikan secara mentah dan tiap bahannya hanya dicacah halus saja.

 

Untuk bahan pembuatan sambal matah, Anda memerlukan:

  • 2 sendok makan minyak kelapa
  • 1 buah batang serai
  • 2 lembar daun jeruk
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 2 buah jeruk nipis
  • ½ sendok teh garam
  • 3 siung bawang merah

 

Bahan utama lainnya adalah:

  • 5 ekor ikan kembung
  • 1 ½ ruas lengkuas
  • 1 ½ ruas kunyit
  • 1 ½ ruas jahe
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih

 

Tahapan pengolahan ikan kembung bakar bumbu sambal matah yang dapat Anda terapkan:

  1. Pastikan Anda menggunakan ikan yang segar, lalu beri perasan jeruk nipis dan balurkan supaya tidak amis.
  2. Campurkan bumbu kuning (lengkuas, kunyit, jahe, dan bawang) hingga halus dan balurkan pada ikan kembung. Diamkan hingga bumbu meresap.
  3. Olah batang serai yang telah dicacah, lalu campurkan dengan minyak kelapa. Setelah sudah sedikit layu, masukan minyak dan serai ke dalam wadah yang sudah diisi dengan potongan bahan dasar sambal matah.
  4. Mulai bakar ikan kembung yang sudah dibalur bumbu hingga matang.
  5. Sajikan ikan kembung dengan sambal matah di atasnya.

Olahan resep ikan bakar ternyata sangat beragam dan pastinya mempunyai rasa yang sangat lezat untuk dicicipi. Terlebih lagi bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah ditemukan, sehingga bisa ciptakan menu masakan ikan kembung bakarversi terbaik Anda!

 

Ikan Mas Bakar

gambar ikan mas bakar

Ikan Mas dipelihara hampir 2000 tahun yang lalu dan lebih banyak digunakan sebagai ikan hias di kolam dan tangki. Di Cina, mereka dipandang sebagai simbol keberuntungan dan kekayaan dan hanya bisa dimiliki oleh anggota Dinasti Song. Ikan Mas saat ini bisa ditemukan di belahan bumi manapun.

Banyak orang sering menyamakan Ikan Mas dengan Ikan Koi. Terdapat kesalahpahaman umum yang mengatakan bahwa Ikan Koi adalah Ikan Mas dengan ukuran besar, padahal mereka adalah spesies yang berbeda. Ikan Mas tidak selalu berwarna emas.

Banyak varian resep masakan tradisional Ikan Mas yang dimiliki oleh suatu negara, termasuk Indonesia. Salah satunya adalah pepes Ikan Mas bakar. Pepes merupakan salah satu masakan tradisional Indonesia yang telah ada sejak zaman nenek moyang dan semakin populer belakangan ini.

Pada artikel kali ini akan disajikan resep pepes ikan mas bakar khas Sulawesi Utara. Bagi Anda yang memiliki hobi memasak dan ingin berkreasi dalam varian masakan yang berbeda dari yang pernah Anda coba, Anda bisa mencoba belajar memasak pepes ikan mas bakar khas daerah Sulawesi ini.

 

1. Bahan Utama Pepes Ikan Mas Bakar

  • ½ kg Ikan Mas
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 ½ ons daun kemangi, cuci bersih
  • 1 sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya

 

2. Bahan Marinasi Pepes Ikan Mas Bakar

  • 1 sendok teh gula pasir
  • 3 buah tomat, cincang kasar
  • 1 sendok teh garam
  • 5 cm kunyit
  • 5 cm jahe
  • 6 batang serai, geprek bagian putihnya
  • 6 batang daun bawang, cincang kasar
  • 10 buah cabai merah
  • 10 cm lengkuas
  • 10 siung bawang putih
  • ½ kg cabai rawit
  • 30 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

 

3. Cara Membuat Pepes Ikan Mas Bakar

  1. Siapkan semua bahan
  2. Bersihkan Ikan Mas, potong dan buang isi perutnya. Bilas dengan air hingga bersih
  3. Lapisi seluruh tubuh ikan dengan air jeruk nipis dan garam secukupnya, lalu diamkan beberapa menit
  4. Letakkan ikan di atas daun pisang, lalu lumuri dengan bumbu marinasi hingga merata
  5. Tambahkan kemangi dan lipat ikan dengan daun pisang hingga membentuk amplop atau hingga ikan tertutup sempurna lalu tempelkan kedua ujungnya dengan tusuk
  6. Kukus ikan kurang dari 8 menit atau sampai kira-kira bagian alas ikan telah matang
  7. Angkat dan bakar pepes ikan di atas api sampai ikan berubah warna menjadi kecoklatan
  8. Sajikan pepes ikan mas bakarselagi masih hangat

Resep pepes ikan mas bakar di atas dapat disajikan untuk empat sampai lima porsi. Resep ini biasa disajikan pada waktu makan siang.

 

4. Ikan Mas, Kuliner di Indonesia, Hama di Australia

Berbeda dengan Indonesia, di Australia, membuang Ikan Mas ke sungai adalah tindakan berbahaya karena Ikan Mas bisa menjadi besar dan merusak lingkungan tempat tinggalnya. Mengherankan bukan?

Peneliti dari Center of Fish and Fisheries University telah mencoba mengendalikan Ikan Mas selama 12 tahun di Sungai Vasse yang terletak di barat daya Australia Barat. Sebagai spesies invasif, Ikan Mas menyebabkan kerusakan bagi ikan penghuni asli sunga dan ekosistem di sekitarnya.

Itulah sebabnya Stephen Beatty (peneliti) dan rekan penelitinya sampai harus menghabiskan waktu satu tahun untuk mempelajari pola pergerakan Ikan Mas yang tidak banyak diketahui di alam liar sebelumnya.

 

Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam makalah di jurnal Ecology of Freshwater Fish.

Beatty mengatakan kepada media Mashable Australia bahwa penelitian tersebut dilakukan karena peningkatan tajam spesies akuarium, seperti Ikan Mas, yang terdeteksi di Sungai Vasse dalam 15 tahun terakhir.

Hal tersebut karena banyak masyarakat yang membiarkan mereka masuk ke saluran air setempat. “Dikarenakan masyarakat membiarkan spesies ini pergi dari akuarium mereka adalah faktor utamanya. Ikan Mas sejenis hewan peliharaan yang tidak diinginkan—

-Namun sayangnya di alam liar, Ikan Mas juga bisa melakukan banyak kerusakan”, kata Beatty. Ikan Mas adalah omnivora di alam liar dan mereka memiliki kebiasaan makan yang destruktif.

Mereka memperburuk kualitas air dengan mengaduk sedimen di dasar sungai, mencabut tumbuh-tumbuhan dan mengonsumsi apapun yang dapat dikonsumsi termasuk telur milik ikan lain. Wah sayang sekali, padahal di Indonesia bisa menjadi makanan yang lezat ya?

 

5. Tiga Alasan Mengapa Ikan Bakar Lebih Baik daripada Ikan Goreng

Anda mungkin telah mengetahui bahwa ikan adalah makanan sehat. Ikan memiliki banyak kesehatan karena kandungan omega 3-nya yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung, stroke bahkan depresi.

Tetapi apakah Anda telah mengolah ikan dengan tepat untuk bisa menikmati manfaat ikan dengan sepenuhnya?

Untuk bisa mendapatkan manfaat secara sempurna, hal tersebut bergantung pada bagaimana ikan akan dimasak sehingga Anda bisa mengonsumsi asam lemak omega 3 dengan lebih sehat.

 

– Menghitung Kalori

Kalori adalah unit energi yang digunakan tubuh Anda untuk membantu Anda melakukan semua kegiatan sehari-hari Anda.

Tubuh Anda membutuhkan kalori, tetapi jika Anda memasukkan kalori lebih banyak daripada kalori yang Anda bakar, hal tersebut dapat menyebabkan penambahkan berat badan.

Jika berbicara mengenai ikan goreng, minyak yang digunakan untuk menggoreng bagian luar ikan menjadi renyah dan gurih menambah cukup banyak kalori ekstra.

Karena ikan bakar tidak dimasak dengan banyak minyak, jumlah kalori yang terkandung dalam ikan menjadi lebih rendah.

 

– Memaksimalkan Asupan Omega 3 Anda

Ikan bakar cenderung memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sedikit lebih tinggi dibanding ikan goreng. Hal ini dikarenakan suhu yang dibutuhkan untuk mendapatkan golden crunch dalam proses menggoreng ikan sebenarnya dapat merusak omega 3 itu sendiri.

Meski begitu, rasa ikan bakar tetap enak walaupun memiliki lebih sedikit asam lemak di dalam kandungannya. Jadi, lain kali jika Anda ingin memaksimalkan asupan omega 3 Anda, cukup pilih hidangan ikan apa saja untuk kemudian diolah dengan cara dibakar dan bukan digoreng.

 

– Lebih Lembut dan Juicy

Secara umum, membakar adalah metode yang disukai ketika memasak potongan daging untuk membuat daging menjadi empuk (seperti steak dan sebagainya). Hal ini dikarenakan proses pembakaran akan mempertahankan dan mengunci cairan alami daging.

Sama halnya dengan ikan bakar. Bagian luar daging ikan yang dibakar akan mengunci lebih banyak kelembapan di bagian dalam ikan, sehingga menghasilkan ikan yang lebih empuk dan juicy.

 

6. Jenis-Jenis Ikan Terbaik untuk dibakar

Selain Ikan Mas, terdapat beberapa ikan yang lebih baik diolah dengan cara dibakar daripada dimasak dengan metode yang lain. Situs makanan populer seperti Tablespoon dan The Kitchen bersepakat bahwa lima jenis ikan berikut adalah jenis-jenis ikan terbaik untuk dibakar.

 

~ Ikan Todak (Sword Fish)

Ikan Todak adalah jenis ikan yang tidak akan mudah hancur ketika dibakar. Jika Anda masih pemula dalam hal membakar ikan, Ikan Todak adalah pilihan yang tepat. Ikan ini memiliki rasa yang sedikit manis dan cocok dengan hampir semua bumbu.

 

~ Ikan Mahi-Mahi

Ikan Mahi-Mahi memiliki rasa yang lembut dan manis serta rasa efek pembakaran yang enak. Namun, sangat mudah membuat ikan ini menjadi matang.

Dilansir dari keterangan Dewan Makanan Laut Hawai (karena ikan ini banyak ditemukan di laut Hawai), bakar ikan sampai kulit mulai mengelupas kemudian langsung keluarkan dari tempat pembakaran.

 

~ Ikan Kakap (Snapper Fish)

Kakap adalah ikan populer yang, jika dimasak utuh, dapat bertahan dengan baik di atas pembakaran. Memakan Ikan Kakap tanpa membuang kulitnya dapat membantu mencegah Ikan Kakap terlalu matang saat dibakar.

 

Ikan Kakap memiliki rasa sedikit manis dengan tekstur daging yang tebal.

 

~ Ikan Salmon

Jangan sampai Anda melewatkan mencicipi masakan Salmon bakar. Ikan yang terkenal sehat ini memiliki rasa yang enak dan cocok dengan berbagai bumbu.

 

~ Ikan Tuna

Selain Tuna kalengan, steak Tuna akan menjadi pilihan terbaik makanan di musim panas.

 

Rasanya enak saat dibakar dan Anda bisa meletakkannya langsung di atas panggangan (bahkan tanpa alas apapun seperti daun sekalipun) tanpa khawatir karena Tuna tidak akan mudah hancur saat dibakar.

 

7. Teknik-Teknik dalam Membakar Makanan

Sudah pasti hal yang pertama yang perlu Anda lakukan adalah membeli bahan baku dengan kualitas terbaik. Menurut banyak chef kelas dunia, rahasia membakar makanan cukup sederhana: tahu metode memasak mana yang harus digunakan.

Hampir semua proses membakar dengan gas atau arang dapat dibagi menjadi tiga metode: langsung, tidak langsung dan kombinasi keduanya (combo). Dilihat dari namanya, perbedaan antara ketiga metode tersebut ditentukan oleh di mana makanan akan ditempatkan di atas panggangan.

Metode langsung berarti memasak makanan dengan panas api secara langsung. Metode tidak langsung menggunakan panas yang dipantulkan untuk memasak atau makanan ditempatkan jauh dari sumber nyala api. Metode combo adalah kombinasi dari keduanya.

 

~ Metode Langsung

Metode langsung digunakan untuk membakar makanan yang membutuhkan waktu kurang dari 20 menit hingga matang sempurna seperti ikan, udang, daging dan sebagian besar sayuran.

Makanan ditempatkan tepat di atas sumber panas dan harus dibalik setelah setengah waktu memasak agar ke dua sisi makanan dapat terpapar panas. Metode langsung dapat dilakukan pada pemanggang apapun, tetapi paling baik dilakukan dengan tambahan penutup.

Ingat, semakin lama penutup terbuka, semakin lama juga masakan Anda akan matang.

 

~ Metode Tidak Langsung

Metode ini digunakan untuk potongan makanan seperti daging yang besar dan makanan lain yang membutuhkan waktu memasak lebih lama pada suhu yang lebih rendah seperti kalkun utuh, brisket ayam, iga dan sebagainya.

Makanan dimasak dengan panas yang dipantulkan seperti cara kerja oven konvensional. Proses ini memungkinkan proses memasak yang lebih cepat, membuat makanan lebih segar dan tanpa harus membolak-balik makanan yang dibakar.

Cara ini hanya bisa digunakan pada panggangan yang tertutup. Dalam metode tidak langsung, makanan diletakkan di antara sumber panas.

 

~ Metode Combo

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, metode ini merupakan kombinasi dari dua metode memasak sebelumnya. Metode ini digunakan untuk membakar makanan dengan api besar sebelum menyelesaikan proses memasak secara perlahan dengan panas tidak langsung.

Dilihat dari waktu memasak, resep pepes ikan mas bakaryang telah dibahas sebelumnya akan cocok dibakar dengan metode pembakaran langsung. Jangan lupa membalik Ikan Mas Anda saat setengah waktu pembakaran agar kedua sisi Ikan Mas Anda dapat terpapar panas dan matang sempurna.

 

Ikan Bakar Teflon

gambar ikan bakar teflon

Ikan merupakan hewan laut yang nikmat jika diolah dengan cara dibakar. Tidak heran jika banyak ragam resep ikan bakar yang rasanya begitu lezat serta kaya akan vitamin di dalamnya. Dilansir dari klikdokter, mengkonsumsi ikan dapat memperbaiki kesehatan tubuh.

Efek baik yang akan dirasakan oleh tubuh antara lain adalah menekan risiko penyakit jantung serta mampu menaikkan mood. Jika bosan mengkonsumsi ikan dengan cara digoreng atau dikukus, berikut ini terdapat daftar resep ikan bakar yang pastinya mudah untuk dipraktikan.

 

~ Ikan Bakar Teflon Simple

Resep ikan bakar Teflon yang pertama adalah resep yang paling sederhana dan praktis. Tidak hanya bahan-bahannya yang mudah didapat, teknik memasaknya pun cukup praktis. Berikut merupakan bahan-bahan serta cara pembuatannya:

Bahan-bahan:

  1. 1 ekor ikan nila atau ikan lainnya
  2. Margarin

 

Siapkan bumbu halus sebagai berikut:

  1. 3-4 siung bawang putih
  2. 3-4 siung bawang merah
  3. ½ ketumbar
  4. ½ kunyit
  5. 1-2 buah kemiri
  6. Kecap manis secukupnya
  7. Garam secukupnya

 

Setelah semua bahan disiapkan, ikuti langkah-langkah pembuatan ikan bakar Teflon simple sebagai berikut:

  1. Bersihkan ikan.
  2. Tumis semua bumbu halus.
  3. Tambahkan kecap manis dan garam secukupnya pada bumbu halus.
  4. Aduk rata dan koreksi rasa.
  5. Oleskan bumbu halus pada ikan secara merata.
  6. Diamkan ikan yang telah diolesi bumbu selama kurang lebih 30 menit.
  7. Panaskan Teflon, lalu tuangkan margarin secukupnya.
  8. Masukkan ikan yang sudah diolesi bumbu halus ke dalam Teflon.
  9. Tunggu hingga matang dan ikan bakar Teflon simple siap dihidangkan.

~ Ikan Bawal Bakar Teflon

Jika Anda bosan dengan ikan bakar nila, gurame, dan ikan lainnya, maka ikan bawal merupakan pilihan yang tepat untuk dicoba. Selain memiliki cita rasa yang nikmat, ikan bawal merupakan ikan yang kaya manfaat, salah satunya mampu menjaga daya tahan tubuh,

Berikut resep ikan bakar bawal Teflon yang dapat anda praktekkan di rumah untuk disantap bersama keluarga dan anak-anak. Hal pertama yang harus dilakukan yakni menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu.

 

Adapun bahan-bahan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. 1 ekor ikan bawal
  2. Daun pisang secukupnya
  3. Daun salam secukupnya
  4. Daun jeruk secukupnya
  5. Perasan air jeruk nipis

 

Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan bumbu-bumbu halus, seperti:

  1. 6 siung bawang merah
  2. 3-4 siung bawang putih
  3. 3-4 butir kemiri, digoreng
  4. 1 ruas jahe
  5. 1 sdt ketumbar
  6. Cabai keriting secukupnya
  7. Saus tiram secukupnya
  8. Kecap manis secukupnya
  9. Garam secukupnya

 

Cara membuat ikan bawal bakar Teflon:

  1. Cuci ikan bawal, belah menjadi dua bagian yang lebar, akan tetapi jangan sampai putus.
  2. Marinasi ikan dengan garam dan perasan air jeruk nipis.
  3. Diamkan ikan sekitar 20 menit untuk menghilangkan bau amis.
  4. Setelah 20 menit, bersihkan ikan.
  5. Haluskan bumbu-bumbu yang telah disediakan.
  6. Tambahkan saus tiram, kecap manis, serta garam secukupnya.
  7. Selanjutnya tumis bumbu halus, tambahkan daun salam dan daun jeruk.
  8. Panaskan Teflon, lalu lapisi dengan daun pisang.
  9. Lalu olesi ikan dengan bumbu yang telah ditumis.
  10. Tunggu hingga matang dan siap dihidangkan.

~ Ikan Bakar Telfon Pedas Manis

Resep ikan bakar Teflon yang ketiga merupakan resep dengan cita rasa yang beragam. Jika Anda menyukai perpaduan pedas dan manis, maka resep ikan bakar yang satu ini patut untuk dicoba.

Dalam membuat ikan bakar Teflon pedas manis, Anda perlu memahami bahan serta cara pembuatannya agar menghasilkan perpaduan pedas dan manis yang pas.

 

Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  1. 1 ekor ikan nila/bawal
  2. Daun jeruk nipis
  3. Air secukupnya
  4. Margarin

 

Siapkan bumbu halus yang akan menghasilkan perpaduan pedas dan manis, seperti:

  1. 5 butir bawang merah
  2. 4 butir bawang putih
  3. 1 ruas kunyit
  4. 1 ruas jahe
  5. 1-2 butir kemiri
  6. Ketumbar bubuk secukupnya
  7. 5-6 butir cabai merah
  8. Kecap manis sesuai selera
  9. Saus tiram sesuai selera
  10. Garam secukupnya

 

Setelah semua bahan siap, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Bersihkan ikan, lalu marinasi dengan menggunakan perasan jeruk nipis dan sedikit garam.
  2. Tumis bumbu halus, lalu tambahkan kecap manis, saus tiram, serta garam sesuai selera.
  3. Koreksi rasa hingga menghasilkan perpaduan pedas manis yang pas.
  4. Tambahkan air dan tunggu hingga bumbu mengental.
  5. Olesi ikan dengan bumbu yang telah ditumis.
  6. Diamkan ikan selama 30 menit – 1 jam agar bumbu meresap.
  7. Setelah meresap, panaskan teflon.
  8. Tambahkan margarin pada teflon, masukkan ikan.
  9. Olesi ikan dengan sisa-sisa bumbu halus, lalu bolak-balik ikan hingga merata.
  10. Angkat dan hidangkan.

~ Ikan Bakar Teflon Bumbu Kuning

Ikan bakar Teflon bumbu kuning merupakan salah satu resep ikan bakar yang mudah Anda ditemui dimana-mana, salah satunya di rumah makan Padang. Balutan rempah-rempah khas pada resep ikan bakar ini menjadikannya sebagai ikan bakar yang banyak digemari.

 

Berikut bahan dan cara pembuatan ikan bakar teflon bumbu kuning dengan balutan rempah-rempah yang khas:

  1. 1 ekor ikan (boleh ikan apa saja, akan tetapi disarankan ikan kembung)
  2. Perasan jeruk nipis
  3. 65 ml santan
  4. Daun pisang

 

Selanjutnya siapkan bumbu halus yang terdiri dari perpaduan rempah-rempah sebagai berikut:

  1. 6 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. Cabai merah secukupnya
  4. Cabai rawit secukupnya
  5. 5 cm kunyit
  6. 1 ruas jahe
  7. Ketumbar secukupnya
  8. 5 buah kemiri

 

Cara pembuatan ikan bakar Teflon bumbu kuning:

  1. Tumis semua bumbu hingga harum, tambahkan santan.
  2. Olesi bumbu pada ikan yang telah dibersihkan dengan perasan jeruk nipis.
  3. Setelah mengolesi bumbu secara merata, diamkan ikan sekitar 30 menit.
  4. Siapkan teflon, lalu alasi dengan daun pisang agar ikan tidak mudah hancur.
  5. Tambahkan sedikit air.
  6. Tunggu hingga matang, lalu ikan siap disantap.

~ Ikan Bakar Teflon Khas Padang

Sebagai daerah yang terkenal dengan masakannya, ikan bakar khas Padang yang dimasak menggunakan teflon dapat menjadi solusi bagi Anda yang merindukan rumah makan Padang.

 

Berikut bahan dan langkah-langkah pembuatannya:

  1. 1 ekor ikan nila/kembung/gurame
  2. ½ gelas santan kental
  3. Perasan jeruk nipis
  4. Daun pisang secukupnya
  5. Margarin

 

Lalu siapkan bumbu halus, seperti:

  1. 7 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 1 cm kunyit
  4. 1 cm jahe
  5. 5 cabai merah atau sesuai selera
  6. 5 cabai rawit atau sesuai selera

 

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Bersihkan ikan.
  2. Belah ikan menjadi dua bagian, akan tetapi tidak sampai putus.
  3. Tambahkan ikan dengan garam dan perasan jeruk nipis.
  4. Diamkan sekitar 10 menit, lalu bersihkan ikan.
  5. Campurkan bumbu halus dengan santan kental.
  6. Panaskan teflon, lalu lapisi dengan daun pisang yang telah diolesi margarin.
  7. Olesi ikan dengan bumbu halus secara merata hingga matang.
  8. Ikan bakar teflon khas Padang siap dihidangkan.

 

Dengan menggunakan bahan sederhana serta cara pembuatan yang praktis, itulah beberapa resep ikan bakar yang dapat Anda coba di rumah.

 

Ikan Bakar Manado

gambar ikan bakar manado

Salah satu kuliner ikan bakar lainnya dari Nusantara yang tak kalah sedap, yakni ikan bakar Manado. Anda bisa menemui banyak rumah makan yang menawarkan olahan resep ikan bakar khas Manado. Ya, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara ini memiliki hasil laut yang melimpah.

Salah satunya, yakni ikan cakalang yang termasuk dalam jenis ikan tuna. Menurut informasi gizi, ikan cakalang memiliki sejumlah manfaat seperti menjaga kadar gula darah, kesehatan jantung,mencegah anemia dan lain-lain. Seperti apakah olahan ikan bakar khas Manado ini? Berikut kumpulan resepnya:

 

~ Resep Ikan Bakar Cakalang Enak

Seperti yang telah disebutkan di atas, cakalang yang termasuk dalam jenis tuna mengandung sejumlah manfaat. Ada beberapa cara mengolah cakalang, seperti dimasak, diasap hingga yang paling disukai yakni dibakar.

 

Sebelum menikmatinya, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dulu beberapa bahan untuk membuat ikan bakar cakalang yang enak seperti berikut ini:

  1. 1 butir jeruk nipis
  1. 5 siung bawang putih
  2. 1 sendok makan garam
  3. 1 sendok teh ketumbar
  4. 5 sendok makan saus sambal dan kecap manis

 

Adapun beberapa langkah untuk mengolah ikan cakalang bakar ini terbilang cukup mudah, berikut di antaranya:

  1. Bersihkan ikan menggunakan air mengalir, buang insang, bersihkan sisik dan isi perut. Taburi jeruk nipis di atasnya dan rendam hingga 15 menit
  2. Setelah bersih, rendam ikan bersama bumbu halus selama kurang lebih 1 jam
  3. Setelah bumbu meresap selama 1 jam, bakar ikan di atas panggangan atau teflon, kemudian olesi dengan bumbu ke semua sisi

 

~ Resep Rahang Tuna Bakar Manado

Seperti penjelasan sebelumnya, tuna memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Setelah mengkonsumsi ikan bakar tuna ini, maka nilai gizi Anda akan tercukupi. Dalam mengolah resep ikan bakar tuna Manado ini, diperlukan beberapa bumbu penambah cita rasa.

Cita rasa Rahang Tuna pedas dan gurih, diperoleh dari bumbu-bumbu yang terlebih dulu harus dihaluskan. Bumbu yang harus dipersiapkan untuk satu rahang tuna berukuran besar antara lain:

  1. 1 butir lemon cui
  2. Garam
  3. Margarin
  4. 50 gram bawang merah
  5. 100 gram cabai keriting merah
  6. 20 gram cabai rawit merah
  7. 20 gram jahe
  8. Gula secukupnya

 

Untuk melengkapi dan menambah rasa pedas dari ikan bakar rahang tuna khas Manado ini, Anda bisa membuat sambal dengan bahan bumbu sebagai berikut:

  1. 75 gram cabai rawit merah
  2. 100 gram bawang merah
  3. 120 gram tomat, potong kecil
  4. 30 gram lemon, peras
  5. Garam dan gula secukupnya
  6. 30 ml minyak kelapa

 

Adapun beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat sajian ikan bakar khas Manado ini adalah:

  1. Baluri rahang tuna dengan perasan jeruk lemon dan garam ke semua sisi, kemudian diamkan hingga 30 menit
  2. Tumbuk semua bumbu yang sudah disiapkan menggunakan cobek atau blender, lalu sisihkan
  3. Tumis semua bumbu sampai tercium aroma wangi dan mengeluarkan minyak
  4. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Aduk hingga rata kemudian sisihkan
  5. Oles panggang menggunakan minyak kelapa, bakar rahang ikan tuna di atasnya sambil diolesi bumbu tumis
  6. Untuk sambal, irislah semua bahan yang telah disiapkan tadi, kemudian sirami dengan minyak panas. Aduk secara merata dan tambahkan garam serta gula secukupnya
  7. Lumuri ikan bakar rahang tuna Manado dengan sambal yang telah dibuat. Sajikan

 

~ Resep Ikan Bakar Rica Manado

Bagi Anda yang sangat suka pedas, maka resep ikan bakar rica khas Manado ini boleh untuk dicoba. Seperti halnya masakan rica-rica yang lain, bumbu rica yang dibutuhkan untuk mengolah ikan bakar rica khas Manado ini pada umumnya sama.

 

Anda bisa menggunakan 3 ekor ikan kembung atau lainnya sesuai selera, kemudian terlebih dahulu siapkan beberapa bahan bumbu, di antaranya:

  1. 30 cabai rawit
  2. 4 siung bawang merah
  3. 1 siung bawang putih
  4. 3 butir kemiri
  5. 2 buah jeruk, pakai jeruk kunci
  6. Penyedap rasa secukupnya
  7. ½ sendok teh garam
  8. 6 sendok makan minyak goreng

 

Jika beberapa bumbu dan ikan sudah Anda siapkan, maka selanjutnya Anda tinggal mengolahnya dengan cara seperti berikut:

  1. Cuci ikan hingga bersih sambil sayat secara melintang bagian sisiknya
  2. Rendam ikan menggunakan air jeruk serta taburi garam
  3. Haluskan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, garam dan kemiri yang sudah digoreng. Tambahkan air jeruk kunci satu sendok makan
  4. Tuangkan minyak panas ke bumbu yang sudah dihaluskan tersebut
  5. Bakar sebuah tempurung kelapa hingga memerah
  6. Bakar juga ikan kembung sambil perciki dengan minyak sampai matang
  7. Ambil bara dari tempurung yang telah dibakar, lalu dicelupkan pada sambal yang telah disiram dengan minyak panas
  8. Tata ikan yang telah matang di atas piring. Sajikan

 

~ Resep Ikan Tongkol Bakar Manado

Tongkol juga merupakan salah satu ikan laut yang bisa dengan mudah Anda temui di pasar tradisional dan dijual murah. Anda bisa membuat hidangan istimewa dari resep ikan bakar khas Manado dengan bahan yang mudah dan cara sederhana.

 

Bahan bumbu yang harus disiapkan untuk 500 gram atau dua porsi ikan bakar tongkol ini, mudah sekali untuk Anda temui di dapur, antara lain:

  1. 2 lembar daun kunyit dan daun jeruk
  2. 1 sendok makan kecap manis
  3. ½ sendok teh garam
  4. 1 sendok makan perasan jeruk nipis
  5. 2 sendok makan minyak goreng
  6. 6 daun kemangi, ambil pucuknya
  7. Serai digeprek
  8. Merica dan pala secukupnya
  9. 50 ml air
  10. Garam secukupnya
  11. 3 butir bawang putih
  12. 6 butir bawang putih
  13. 3 cabai merah besar

 

Adapun cara membuat ikan tongkol bakar khas Manado ini yaitu:

  1. Cuci ikan hingga bersih sambil kerat-kerat dan lumuri garam serta perasan jeruk nipis, diamkan selama 15 menit
  2. Tumis semua bumbu hingga harum
  3. Tambahkan air dan tunggu sampai mendidih
  4. Masukkan tongkol pada bumbu, tunggu hingga air menyusut
  5. Panggang ikan pada bara api, sambil olesi merata sesekali ke seluruh sisi ikan
  6. Biarkan bumbu meresap hingga matang

 

~ Resep Ikan Bakar Dabu-dabu

Dabu-dabu merupakan sambal khas Manado. Selain pedas, sambal dabu-dabu juga segar karena mendapat tambahan perasan jeruk nipis. Sambal dabu-dabu ini biasanya diletakkan di atas ikan bakar Manado yang menambah rasa nikmat dan lezat.

 

Anda harus menyiapkan ikan air kuwe atau boleh apa saja sesuai keinginan Anda. Lalu, ada beberapa butir bahan bumbu penting untuk membuat sambal dabu-dabu khas Manado ini, antara lain:

  1. 2 sendok teh minyak sayur
  2. 1 sachet saus tiram
  3. 1 sendok teh air jeruk nipis
  4. 10 butir bawang merah
  5. 10 biji cabai merah
  6. 250 gram tomat kecil
  7. Garam secukupnya
  8. 10 pucuk daun kemangi
  9. 4 sendok makan perasan jeruk nipis

 

Selanjutnya, Anda perlu untuk melakukan proses membuat bahan bumbu resep ikan bakar dabu-dabu dan membakar ikan kuwe dengan langkah seperti berikut:

  1. Lumuri ikan dengan minyak sayur dan juga saus tiram secara merata, dan biarkan selama 15 menit
  2. Bakar ikan hingga kecoklatan dan matang, kemudian diolesi sisa bumbu
  3. Untuk sambal dabu-dabu, campur tomat, bawang merah, cabai dan bahan sambal lainnya hingga rata
  4. Jika sudah, tuang sambal dan letakkan di atas ikan bakar. Ikan bakar dabu-dabu siap disajikan.

 

Resep Ikan Bakar Jimbaran

gambar ikan bakar jimbaran png

Jimbaran merupakan salah satu pantai di Bali yang memiliki daya tarik tersendiri. Selain pesona pantainya yang memikat, terdapat juga sederet restoran yang menawarkan olahan resep ikan bakar Jimbaran khas Bali dengan rasa unik dan wajib untuk dinikmati.

Menyaksikan senja sambil menikmati hidangan laut yang tak hanya lezat namun menurut pakar gizi juga menyimpan kandungan protein, asam omega-3, vitamin, dan mineral. Ikan bakar apa saja yang ada di Jimbaran? Berikut kumpulan resepnya:

 

1.Resep Ikan Bakar Sambal Matah Jimbaran

Sajian ikan bakar yang mendapat tambahan sambal matah di atasnya memang selalu mampu menggoda nafsu makan, tak terkecuali ikan bakar sambal matah Jimbaran. Kini, Anda tak perlu berkunjung jauh ke Bali jika ingin menikmatinya karena bisa membuatnya sendiri.

Sebab, resep ikan bakar sambal matah ala Jimbaran ini cukup mudah untuk Anda buat sendiri di rumah. Bahan dan bumbu ikan bakar yang harus disiapkan antara lain:

  • 4 sendok makan margarin yang sudah dilelehkan
  • 4 ekor ikan segar sesuai selera ukuran sedang
  • 4 sendok makan minyak goreng
  • 8 sendok makan kecap manis
  • 6 sendok makan ketumbar
  • 10 siung bawang putih
  • 8 biji bawang merah
  • 6 mata asam jawa
  • 10 butir kemiri
  • 150 ml air

Setelah semua bahan bumbu siap, mari membuat ikan bakar sambal matah khas Jimbaran. Adapun langkah demi langkah yang harus diikuti adalah seperti berikut:

  1. Cuci 4 ekor ikan segar sampai bersih hingga ke bagian dalam untuk menghilangkan rasa pahit. Simpan dalam wadah.
  2. Selanjutnya, haluskan bumbu bawang putih dan merah, ketumbar, cabai, lengkuas, asam, dan kemiri. Kemudian beri garam secukupnya.
  3. Tuangkan sedikit minyak pada wajan panas untuk menumis bumbu halus. Setelah bumbu harum, tambahkan air sebanyak 150 ml. Tunggu hingga mendidih kemudian sisihkan pada wadah.
  4. Campur margarin, minyak goreng, dan kecap manis untuk mengoles ikan.
  5. Bakar ikan di atas bara api sambil beri olesan bumbu dan taburi dengan bumbu tumis.
  6. Tunggu hingga matang, jika sudah angkat dan sajikan.

Selanjutnya, untuk menambah kekhasan ikan bakar ala Jimbaran ini, buatlah sambal matah yang dituangkan di atas ikan bakar. Cara membuatnya yakni aduk jadi satu semua bahan-bahan berikut ini:

  • 100 gram cabai merah
  • 4 buah cabai besar merah
  • 400 gram bawang merah
  • 5 batang serai, iris bagian putihnya
  • 1 batang kecombrang
  • 150 lembar daun jeruk
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan garam
  • ½ sendok makan merica bubuk
  • 100 ml minyak goreng
  • 3 buah jeruk purut, ambil perasan dan dagingnya

2.Resep Gurame Bakar Khas Bumbu Bali

Bumbu khas Bali dikenal memiliki cita rasa kuat karena kaya akan rempah-rempah. Kunci kekuatan rasa bumbu adalah bahan inti yang disebut dengan basa genep. Basa genep tersebut terdiri atas isen (lengkuas), cekuh (kencur), jae (jahe), dan kunir (kunyit).

Selain bumbu inti tersebut, untuk membuat resep ikan bakar khas Bali, dibutuhkan bahan baku utama berupa ikan gurame dengan bobot 600 gram. Sedangkan bumbu Bali ini juga menggunakan bahan-bahan yang sering digunakan untuk masakan pada umumnya seperti:

  • Air jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • 2 batang serai, geprek
  • 2 helai daun salam
  • 1 sendok teh larutan asam jawa
  • 1 sendok makan gula merah
  • Minyak secukupnya
  • 4 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 7 biji cabai merah
  • 2 ruas jahe
  • 2 sendok teh ketumbar
  • ½ terasi bakar
  • 1 buah tomat

Sesudah semua bahan lengkap, selanjutnya Anda harus mengolah resep ikan bakar dengan bumbu khas Bali tersebut. Berikut ini beberapa langkahnya:

  1. Cuci dan bersihkan sisi luar dan bagian dalam ikan. Setelah itu, taburi garam dan perasan jeruk nipis. Sisihkan dan diamkan beberapa saat supaya aroma amisnya hilang.
  2. Tumis bumbu halus, daun salam, dan serai sampai beraroma harum.
  3. Sambil menumis, tambahkan larutan asam jawa, gula merah, dan garam. Tumis sampai matang dan sisihkan.
  4. Lumuri ikan di kedua sisi dengan tumisan bumbu hingga merata.
  5. Setelah dilumuri, diamkan selama 1 jam, bakar ikan sambil oleskan sisa bumbu hingga matang.

3.Resep Ikan Bakar Jimbaran Istimewa

Seperti pantai Jimbaran yang memiliki daya pikat, begitupun sajian ikan bakar khas Jimbaran yang tak kalah istimewa. Diolah menggunakan resep ikan bakar yang spesial mampu membuat menu yang satu ini begitu lezat.

Diperlukan beberapa bahan bumbu halus yang harus Anda siapkan untuk 1 ekor ikan kuwe, seperti berikut:

  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 2 lembar daun salam
  • Garam, lada, dan kecap manis secukupnya
  • Minyak secukupnya
  • ½ sendok teh jinten
  • ½ sendok teh biji ketumbar
  • ½ potong terasi
  • 1 batang serai, iris putihnya
  • 1 cm lengkuas
  • 1 cm jahe
  • 3 butir kemiri
  • 1 cm gula merah
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Adapun proses yang harus dilakukan untuk membuat ikan bakar Jimbaran istimewa ini sangat mudah dan tidak begitu rumit, yakni:

  1. Tuangkan bumbu halus, kecap, lada, garam, daun jeruk dan salam dalam sedikit minyak panas. Tumis sampai harum lalu sisihkan.
  2. Lumuri ikan ke segala sisi dan biarkan meresap selama 30 menit.
  3. Bakar ikan ke semua sisi. Tunggu hingga matang.

4.Resep Ikan Bakar Jimbaran Praktis

Jika Anda ingin menirukan cara membuat ikan bakar khas Bali, maka resep ikan bakar Jimbaran praktis ini terbilang cukup mudah untuk coba Anda ikuti. Bahan bumbunya pun juga terbilang cukup sederhana.

Bahan bumbu sederhana yang sudah pasti tersedia di dapur Anda, antara lain seperti:

  • 4 butir bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 8 cabai keriting
  • 8 biji cabai rawit
  • 2 butir kemiri
  • 1 ruas jahe
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 1 sendok makan kecap manis
  • Garam secukupnya

Cara membuat menu ikan bakar Jimbaran yang satu ini cukup praktis. Ikuti beberapa instruksi yang harus dilakukan berikut ini:

  1. Bersihkan ikan dengan air mengalir. Beri perasan jeruk nipis, garam seperlunya, dan lumuri bawang putih yang telah dihaluskan. Biarkan meresap minimal selama 15 menit.
  2. Siapkan minyak panas, kemudian goreng ikan terlebih dahulu supaya tidak hancur saat dibakar. Tiriskan.
  3. Tumis bumbu halus yang telah disiapkan sampai tercium aroma wangi.
  4. Tambahkan air asam jawa dan juga kecap manis. Masak sampai bumbu matang. Cicipi.
  5. Bakar ikan menggunakan teflon atau bara api. Olesi menggunakan bumbu tumis.

 

Ikan Bakar Madu

gambar png ikan bakar madu

Resep ikan bakar menggunakan bahan dasar madu menciptakan cita rasa manis yang berpadu sempurna dengan lembutnya tekstur daging ikan. Selain lezat, ternyata madu mempunyai banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Dilansir dari klikdokter, madu mengandung berbagai macam zat baik seperti asam pantotenat, askorbat, riboflavin, dan niacin. Manfaat mengkonsumsi madu secara rutin adalah mampu mencegah proses bertumbuhnya bakteri di dalam tubuh.

~ Ikan Nila Bakar Madu Teflon

Jika Anda ingin mencoba resep ikan bakar, akan tetapi tidak mempunyai alat pembakaran yang memadai, Anda dapat menggunakan teflon. Resep kali ini menggunakan dua bahan baku utama, yakni ikan nila dan madu.

 

Berikut ini bahan-bahan yang Anda butuhkan:

  • 4-6 ekor ikan nila berukuran 500 gram
  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 2 ruas kunyit
  • Ketumbar secukupnya
  • Garam secukupnya

 

Untuk bumbu olesannya, siapkan:

  • 5 sendok makan madu
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 3 siung bawang putih
  • Lada dan garam secukupnya

 

Setelah bahan-bahan dan bumbu oles sudah disiapkan, saatnya Anda melakukan proses pemasakan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

 

  1. Racik bumbu marinasi yang nantinya akan dibalurkan ke ikan nila. Pastikan seluruh bagian tubuh ikan terbalut oleh bumbu marinasi. Jika perlu, lakukan sayatan pada bagian sisi kiri dan kanan ikan nila, sehingga bumbu marinasi dapat terserap dengan sempurna.
  2. Sembari menunggu proses marinasi antara 15-20 menit, Anda dapat mempersiapkan bumbu olesannya. Jangan lupa untuk mencacah bawang putih supaya gampang dicampur dengan bahan baku bertekstur cair.
  3. Supaya ikan nila tidak rapuh dan hancur saat dibakar diatas Teflon, terlebih dahulu goreng ikan nila, akan tetapi jangan sampai benar-benar matang.
  4. Panaskan permukaan Teflon menggunakan api kompor berukuran sedang. Jika sudah panas, saatnya menaruh ikan nila yang sudah dimarinasi. Jangan lupa untuk mengoleskan bumbu oles yang sudah Anda persiapkan.
  5. Jika sudah matang, angkat ikan nila dari permukaan Teflon, lalu taruh di atas piring. Sajikan bersama nasi dan sambal kecap.

~ Ikan Gurame Bakar Madu

Ketika ikan gurame lebih sering diolah dengan cara digoreng, pada resep ikan bakarkali ini, Anda akan mengolah ikan gurame dengan cara dibakar dan tentunya dibalur dengan manisnya madu. Proses pembuatannya pun cenderung cepat. Bahan-bahan yang dibutuhkan seperti:

 

  • 2 ikan gurame (ukuran 600 gram)
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 2 buah jeruk nipis
  • 4 sendok makan madu
  • 1 sendok makan mentega
  • 5 sendok makan kecap
  • Garam secukupnya

 

Untuk racikan bumbu halusnya, persiapkan:

 

  • Lengkuas 2 cm
  • Bawang putih 3 siung
  • Jahe 2 cm
  • ½ sendok makan garam
  • ½ sendok makan merica
  • Kunyit 2 cm
  • 1 ½ sendok makan ketumbar

 

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

 

  1. Gunakan air mengalir untuk membersihkan ikan gurame. Setelah bersih, peras jeruk nipis supaya menghilangkan aroma amis pada ikan, disusul dengan membalurkan garam dan diamkan ikan gurame antara 10-15 menit.
  2. Racik bumbu halus hingga semuanya menyatu, lalu Anda panaskan wajan dan beri minyak goreng. Setelah panas, tumis bumbu halus tersebut hingga harum.
  3. Tiriskan bumbu halus dan langsung campurkan cairan madu dan kecap, aduk terus menerus hingga semuanya tercampur rata.
  4. Campurkan bumbu halus dengan ikan yang sudah diberi jeruk nipis dan garam. Taruh ikan gurame di dalam wadah dan diamkan selama 30-45 menit. Anda juga bisa memasukannya di dalam kulkas supaya kesegarannya tetap terjaga.
  5. Saatnya Anda mulai memanaskan media pembakaran ikan. Masing-masing sisi ikan gurame dibakar selama 15 menit, dan oles dengan mentega. Jika sudah 30 menit, angkat ikan gurame dari alat pembakaran.
  6. Ikan gurame bakar madu sudah matang dan siap untuk disantap.

~ Ikan Bawal Bakar Madu

 

Resep ikan bakar menggunakan jenis bawal menjadi favorit menu untuk hidangan laut. Namun, kini, Anda tidak perlu datang ke restoran untuk menikmati seporsi nikmat ikan bakar bawal madu, karena Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Siapkan bahan-bahannya seperti:

 

  • 4 ekor ikan bawal ukuran sedang
  • 3 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 ruas kunyit
  • 5 sendok makan madu
  • 3 daun jeruk
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 ½ sendok teh bubuk ketumbar
  • 3 sendok makan margarin

 

Jika semua bahan-bahan telah disiapkan, ikuti langkah pembuatan ikan bakar bawal madu di bawah ini:

 

  1. Pastikan jika ikan bawal sudah dibersihkan dengan baik. Karena akan dilapisi dengan bumbu saat proses pembakaran, buat tiga sayatan di masing-masing badan ikan bawal.
  2. Jika Anda mempunyai banyak waktu, sebaiknya menggunakan alat ulekan untuk mengolah bumbu halus. Selain teksturnya tidak begitu halus, cita rasa bumbu tersebut akan lebih nikmat. Jika alat telah disiapkan, campurkan bawang merah dan putih, kunyit serta ketumbar.
  3. Bumbu halus yang telah Anda buat bisa langsung ditumis di penggorengan dengan menggunakan api kecil. Sambil diaduk, tambahkan garam, kecap manis, kecap asin, dan madu. Aduk keseluruhan bumbu hingga merata hingga teksturnya mengental dan keluar aroma harum.
  4. Supaya tidak lengket, Anda bisa mengoleskan margarin pada permukaan alat bakaran ikan. Taruh perlahan ikan bawal dan oles menggunakan bumbu halus yang telah ada tumis sebelumnya.
  5. Jika keseluruhan badan ikan telah dilumuri bumbu dan matang sempurna, angkat ikan bawal dan sajikan dengan lalapan seperti selada, timun, dan tomat.

~ Ikan Mujair Bakar Madu

 

Ikan mujair juga tidak kalah nikmat saat diolah dengan cara dibakar. Dipadukan dengan kecap manis, perpaduan rasanya juga pasti akan menggugah selera. Anda hanya perlu mempersiapkan alat pembakaran dan bahan-bahan yang dibutuhkan, di antaranya adalah:

 

  • 2 ikan mujair (ukuran 650 gram)
  • 2 buah lemon
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 1 ½ sendok teh garam
  • 4 sendok makan minyak goreng
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 3 sendok makan madu

 

Jangan lupa untuk meracik bumbu halus sebagai penambah cita rasa ikan mujairnya, persiapkan bahan-bahan seperti:

 

  • Ketumbar yang telah disangrai
  • 7 cabe merah rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 ruas jahe
  • 2 sendok minyak goreng

 

Proses pemasakan ikan mujair sebelum dibakar menerapkan cara-cara di bawah ini:

  1. Berikan sayatan pada tubuh ikan mujair, lalu bersihkan dengan air. Pastikan menggunakan ikan mujair dalam kondisi yang segar.
  2. Setelah dibersihkan, berikan perasan lemon lumuri dengan garam. Ratakan ke seluruh badan ikan, lalu diamkan selama 15 menit dan masukan ke dalam kulkas.
  3. Tumis bumbu halus menggunakan minyak goreng hingga menjadi harum. Setelah selesai, matikan api kompor lalu campurkan kecap manis, aduk hingga merata.
  4. Oleskan bumbu halus tersebut pada badan ikan, lalu siapkan alat pembakaran dan proses pemasakan pun dimulai. Jangan lupa untuk sesekali mengoleskan bumbu halus pada ikan mujair supaya bumbunya lebih meresap.
  5. Angkat ikan mujair dari alat pembakaran, lalu taruh diatas piring dan siap untuk disantap.

Dengan ragam resep ikan bakar yang mudah untuk dipraktikkan, Anda dapat menyajikan hidangan lezat dengan bahan baku ikan. Bahan-bahan yang digunakan pun juga sangat mudah ditemukan, sehingga Anda dapat mengkreasikan resep ikan bakar sesuai dengan selera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *