Cara Membuat Telur Balado

Gambar dan Harga cara membuat telur balad padang

Pecinta kuliner pedas, tentunya tidak asing dengan kuliner cara membuat telur balado bukan? Nah, Anda tidak perlu bingung ketika ingin merasakan lezatnya telur balado, karena bisa membuatnya sendiri di rumah.

Resep telur balado berikut bisa menjadi referensi Anda untuk membuat telur balado sesuai dengan selera. Telur balado sendiri merupakan masakan Indonesia yang berasal dari Minang. Masakan ini merupakan masakan dengan bahan utama telor dengan sambal cabai pedas yang akan membuat penikmatnya ketagihan.

Telur balado sendiri cocok disajikan dengan nasi putih hangat dan tumis kangkung yang akan membuat lidah Anda bergoyang.

Resep Telur Balado Nikmat Anti Ribet

Ketika Anda ingin menikmati pedasnya telur balado, membuat telur balado sendiri menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa memanfaatkan bahan yang ada di kulkas untuk bisa menciptakan sajian telur balado yang lezat.

Nah, sebelum membuat telur balado, tentunya Anda perlu menyiapkan bumbu telur balado. Selain itu, pastikan pula ada stok telur ayam ataupun telur puyuh yang cukup untuk dibuat menjadi sajian telur balado yang istimewa.

Untuk mempermudah Anda dalam membuat telur balado, berikut resep telur balado yang perlu dikerjakan. Cara membuat telur balado berikut bisa Anda sesuaikan sendiri dengan jumlah telur yang digunakan.

Bumbu dan Bahan Telur Balado

Bumbu dan Bahan Telur Balado dan Cara Memasak

  1. Telur ayam 10 butir
  2. Minyak goreng secukupnya
  3. Cabai merah keriting 15 buah
  4. Bawang merah 7 siung
  5. Bawang putih 10 siung
  6. Tomat 3 buah
  7. Garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya.

 

Cara membuat Telur Balado dirumah

  1. Rebus telur terlebih dahulu hingga matang. Kemudian, masukkan telur ke dalam air dingin, agar mudah untuk dikupas.
  2. Setelah telur dikupas, goreng telur dengan teknik deep frying.
  3. Untuk bumbunya, haluskan semua bumbu hingga benar-benar halus.
  4. Tumis bumbu hingga harum, kemudian tambahan garam, gula, dan penyedap sesuai selera.
  5. Masukkan telur yang sudah digoreng ke dalam wajan dan masak hingga bumbu meresap. Cara mudah untuk mengetahui bumbu sudah meresap adalah bumbu semakin berkurang dan telur terlihat lebih matang.
  6. Telur balado sudah matang dan siap disajikan.

Menariknya, cara memasak telur balado ini bisa Anda kreasikan sesuai dengan selera. Jika Anda tidak terlalu menyukai telur ayam bulat untuk dibuat menjadi telur balado, membuat telur ceplok juga bisa dikreasikan menjadi telur balado yang lezat.

Variasi Resep Telur Balado

Menariknya, cara membuat telur balado ini bisa dikreasikan sesuai dengan selera. Anda bisa mengganti telur ayam dengan telur puyuh ataupun dengan ceplok telur. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan ketersediaan telur dan bumbu yang ada di dapur.

Seperti daerah asalnya, resep telur balado Padang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda pecinta pedas. Cara membuatnya mudah seperti resep di atas. Hanya saja, banyak orang yang tidak menyadari jika kuliner pedas ini berasal dari Tanah Minang.

Selain itu, telur puyuh juga menjadi pilihan yang tepat untuk membuat variasi telur balado yang lain. Selain lebih cepat cara memasaknya, untuk membuat telur puyuh balado Anda juga tidak perlu menggoreng telur terlebih dahulu sebelum mencampurnya dengan bumbu pedas. Tentunya hal ini akan membuat waktu masak lebih efisien.

Tips Memasak Telur Balado

Meskipun terlihat mudah, ternyata memasak telur balado tidak bisa sembarang. Hal ini agar telur balado yang dihasilkan tetap utuh dan terlihat cantik ketika di-plating di piring saji. Dengan mengikuti resep telur balado di atas ditambah dengan memperhatikan tips memasak telur balado berikut akan membuat cita rasa telur balado semakin nikmat.

1. Hindari Menggunakan Telur Ayam yang Baru

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah telur ayam yang digunakan sebelum dimasak menjadi telur balado. Agar hasil telur utuh dan tidak rusak, ada baiknya untuk menggunakan telur yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas setidaknya selama 1 hari.

Penggunaan telur ayam yang masih baru saja dibeli akan membuat telur rusak dan susah untuk dikupas setelah direbus. Biasanya putih telur akan ikut terkupas dan bentuk telur tidak lagi bulat utuh.

2. Langsung Rendam Telur Menggunakan Air Dingin Setelah direbus

Untuk mempermudah mengupas cangkang telur, ada baiknya untuk langsung mengganti air rebusan dengan air yang lebih dingin. Selain agar telur lebih cepat dingin dan mudah untuk dikupas, waktu memasak telur balado juga menjadi lebih efektif.

3. Tumis Bumbu hingga Benar-benar Harum

Agar cita rasa telur balado menjadi lebih nikmat, cara memasak telur balado perlu untuk diperhatikan. Anda bisa menggunakan blender untuk menghaluskan bumbu, tetapi, ketika Anda menumis bumbu, pastikan bumbu benar-benar tercium harus sebelum Anda memasukkan telur.

Nah, saat menumis bumbu inilah gunakan api kecil agar bumbu yang ditumis tidak gosong. Bumbu balado yang gosong tentunya akan membuat telur balado akan terasa pahit. Untuk itulah perlu diperhatikan resep telur balado agar hasil masakan Anda terasa lebih nikmat.

4. Bisa ditambah Dengan Bumbu Lain

Untuk menambah cita rasa telur balado, Anda bisa menambahkan bumbu lain sesuai dengan selera. Meskipun dasar bumbu balado hanyalah cabai, tomat, garam, dan gula, Anda juga bisa menambahkan lengkuas, salam, ataupun kemiri agar cita rasa telur balado menjadi lebih nikmat.

5. Gunakan Minyak Goreng Baru Saat Memasak

Penggunaan tomat pada masakan telur balado ini akan membuat telur balado menjadi lebih cepat basi. Untuk itu, perlu dipertimbangkan dalam memasak telur balado. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah minyak goreng untuk menggoreng telur dan menumis bumbu.

Gunakan minyak goreng yang baru saat memasak. Selain agar rasa telur balado tetap original juga untuk membuat bumbu balado menjadi lebih tahan lama.

Biaya Membuat Telur Balado

Jika Anda terbiasa untuk membeli telur balado di rumah makan, tentunya harga yang harus dibeli jauh lebih besar dibandingkan dengan membuat telur balado sendiri. Untuk memangkas pengeluaran harian keluarga, tentunya Anda bisa membuat telur balado sendiri di rumah. Dengan adanya resep telur balado akan memudahkan Anda menikmati telur balado rumahan rasa restoran.

Sebagai perumpamaannya, jika Anda membeli 1 buah telur balado di rumah makan dengan harga 5 ribu rupiah. Tentunya membeli telur balado yang sudah matang jauh memerlukan biaya yang lebih besar dibanding dengan membuat telur balado sendiri.

Sebagai perhitungan membuat telur balado, misalkan jika Anda membuat 4 telur balado untuk makan 1 keluarga kecil. Harga telur 4 butir atau ΒΌ kg telur antara 7 ribu rupiah. Sedangkan untuk bumbu yang digunakan bisa menggunakan bumbu yang ada di dapur atau jika membeli dengan jumlah sedikit, paling mahal sekitar 5 ribu rupiah. Jadi, untuk mendapatkan 4 telur balado, Anda hanya mengeluarkan biaya paling mahal 12 ribu rupiah saja.

Tentunya, biaya yang dikeluarkan ini berbeda di setiap tempat. Anda juga bisa menyesuaikan dengan tingkat kepedasan telur balado. Semakin pedas telur balado, tentunya membutuhkan jumlah cabai yang lebih banyak. Nah, inilah yang kemudian bisa memperbesar biaya operasional dalam membuat telur balado.

Meskipun begitu, Anda juga bisa mensiasatinya dengan menggunakan cabai rawit merah. Anda juga tidak perlu bingung dalam mengolahnya, karena cara membuat telur balado ini sama seperti resep telur balado yang ada di atas.

 

Nutrisi yang Terkandung dalam Telur Balado

Ternyata telur balado yang dikonsumsi memiliki nutrisi lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Untuk 1 butir telur balado sendiri setidaknya mengandung 71 kkal dan 3.57g protein. Selain itu, telur balado juga mengandung 116mg kolesterol. Kandungan kalium dan sodium pada telur balado ini juga diperngaruhi oleh jumlah garam dan gula yang digunakan. Setidaknya, ada 125mg sodium dan 55mg kalium yang terdapat pada 1 butir telur balado.

Hanya saja, nutrisi yang terkandung pada telur puyuh balado berbeda dengan telur ayam yang digunakan pada telur balado. Meskipun telur puyuh memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan telur ayam, ternyata kandungan kolesterol pada telur puyuh jauh lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam.

Manfaat Mengonsumsi Telur Balado

Harga Telur Balado Padang Enak dan Terdekat

Tentunya dengan mengonsumsi telur balado, Anda tidak hanya terpuaskan dengan kenikmatannya. Telur balado juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Anda perlu mengetahui manfaat mengonsumsi telur balado yang kaya akan gizi untuk tubuh.

1. Sumber Protein

Seperti yang diketahui jika telur merupakan sumber protein hewani yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh. Terlebih, protein merupakan nutrien utama yang diperlukan untuk tubuh.

Mengonsumsi telur balado tentunya akan membantu mencukupi kebutuhan gizi. Meskipun memiliki rasa yang pedas, pada anak yang bisa memakan masakan pedas, tentunya sangat baik untuk pertumbuhannya. Apalagi telur juga mengandung omega 3 yang baik untuk perkembangan otak anak.

2. Kaya vitamin C

Ternyata telur balado merupakan salah satu masakan Indonesia yang kaya akan vitamin C. Nah, vitamin C pada telur balado ini bisa didapat dari cabai dan tomat yang digunakan.

Vitamin C yang terdapat pada cabai dan tomat ini tentunya kaya akan manfaat untuk tubuh. Vitamin C merupakan antioksidan alami yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga mampu menjaga imunitas tubuh.

Kandungan vitamin C pada cabai dan tomat ini tentunya tergantung dari jumlah cabai dan tomat yang digunakan dan cara memasaknya. Untuk itulah, penting bagi Anda memperhatikan kembali telur balado, agar vitamin C yang ada tidak hilang karena proses pemasakan yang terlalu lama.

3. Memenuhi Mikronutrien Dalam Tubuh

Tak hanya mengandung vitamin C saja, ternyata dalam masakan telur balado ini juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Pada telur sendiri terdapat terdapat kandungan protein, kolesterol, natrium, kalium, kalsium, magnesium, zat besi, vitamin A, D, B12, B6, dan vitamin C.

Sedangkan pada cabai terdapat kandungan natrium, kalium, vitamin C dan A, serta kalsium. Tomat yang dimasukkan pada masakan telur balado ini juga mengandung kalium dan vitamin A yang tinggi. Tak hanya enak, tentunya telur balado yang dimasak sesuai dengan resep telur balado mengandung banyak gizi untuk tubuh.

4. Mempertahankan Massa Otot Tubuh

Telur termasuk bahan makanan yang banyak mengandung protein. Nah, protein pada telur ini mampu mempertahankan massa otot tubuh. Jika tubuh memiliki massa otot yang padat, maka akan membantu tubuh untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini tentunya akan membantu Anda yang ingin menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal.

Meskipun telur mampu mempertahankan massa otot tubuh, ada baiknya pula untuk mengonsumsi telur sewajarnya. Selain itu, perlu juga diimbangi dengan aktivitas fisik dan olahraga, agar kesehatan tubuh bisa terjaga.

5. Sumber Kalori

Meskipun telur balado merupakan lauk yang dimakan bersama dengan nasi, ternyata telur balado juga mengandung kalori yang akan membantu Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Hanya saja, untuk diketahui jika kalori yang terdapat pada telur balado ini tidak sebanyak kalori pada nasi. Untuk itu, jika telur balado sudah dimasak sesuai dengan telur balado agar disantap bersamaan dengan nasi putih.

 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengonsumsi Telur Balado

Meskipun telur balado merupakan masakan khas Indonesia yang nikmat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda mengonsumsi telur balado. Terkait dengan resep telur balado di atas yang bisa disesuaikan dengan selera, ada beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

1. Batasi Konsumsi Makanan Pedas

Telur balado terkenal nikmat karena bumbu balado yang pedas dan gurih. Hanya saja, tidak semua orang bisa mengonsumsi makanan yang pedas. Meski begitu, ketika mengadopsi resep telur balado, ada baiknya untuk memperbanyak jumlah tomat dan menghindari menggunakan cabai rawit merah agar bumbu balado tidak terlalu pedas.

Selain itu, bagi penderita maag juga ada baiknya untuk memperhatikan kesehatannya ketika ingin mengonsumsi telur balado. Akan tetapi, jika Anda termasuk orang yang masih kuat makan makanan yang pedas, sebaiknya untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi telur balado.

2. Telur Puyuh Balado Tinggi Kolesterol

Mengonsumsi telur puyuh balado memang nikmat, apalagi jika dibuat sesuai dengan resep telur puyuh balado. Hanya saja, telur puyuh bukanlah pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi. Bahkan dalam 1 butir telur puyuh kandungan kolesterolnya setara dengan 3 butir telur ayam.

Meskipun begitu, ketika Anda ingin mengonsumsi telur balado, ada baiknya intuk memperhatikan tanda kolesterol darah sedang tinggi. Hal ini agar kesehatan jantung tetap terjaga dan Anda bisa lebih nikmat saat menyantap telur puyuj balado.

Selain itu, ada baiknya pula untuk tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat, terutama dengan tetap melakukan aktivitas fisik dan olahraga secara rutin. Hal ini agar kadar kolesterol darah tetap terjaga dan Anda bisa terbebas dari risiko darah tinggi dan penyakit jantung coroner.

3. Imbangi Dengan Minum Susu, jika Terlalu Pedas

Jika ternyata masakan telur balado terlalu pedas untuk Anda, ada baiknya untuk tidak menetralisirnya dengan minum air yang dingin. Agar rasa pedas cepat hilang dan tidak ada masalah pada kesehatan perut, sebaiknya untuk mengonsumsi susu murni untuk menetralisir rasa pedas dari telur balado.

Pada susu terdapat kandungan protein susu (casein) yang terbukti dapat menghilangkan rasa pedas akibat kandungan capsaicin pada cabai. Casein ini akan melarutkan capsaicin, sehingga rasa pedas di mulut bisa dinetralisir.

Dengan adanya resep telur balado, Anda bisa dengan mudah mengolah telur dengan cita rasa khas Indonesia. selain hemat, dengan memasak telur balado sendiri juga membutuhkan biaya yang jauh lebih hemat dibanding jika harus membeli telur balado yang sudah masak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *