Es Sarang Burung

gambar dan harga es sangkar burung terbaru

Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin sudah familiar dengan minum segar, es sarang burung. Minuman yang satu ini juga sangat terkenal di Negeri Sakura. Ingin tahu lebih lanjut mengenai minuman segar ini? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

 

Kandungan Gizi Sarang Burung

Seperti namanya, bahan dasar minuman ini memang berupa sarang burung walet. Anda dapat menemukan sarang burung walet dengan mudah di wilayah Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Burung walet membuat sarang ini dengan menggunakan air liur. Prosesnya dilakukan secara bertahap hingga sarang burung mengeras dengan sendirinya. Bukan sekedar liur biasa, liur walet mengandung protein, kalsium, kalium, zat besi, dan magnesium yang tinggi.

Itulah sebabnya minuman yang satu ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berdasarkan data dari Komposisi Pangan Indonesia, 100 gr sarang burung mengandung komposisi sebagai berikut:

 

  1. Protein : 37,5 gr
  2. Energi : 281 kalori
  3. Lemak : 0,3 gr
  4. Kalsium : 485 mg
  5. Karbohidrat: 32,1 gr
  6. Besi : 3 mg
  7. Fosfor : 18 mg

 

Berdasarkan kandungan nutrisi di atas, sudah jelas bahwa cara membuat es sarang burung dapat menjadi sumber karbohidrat, protein, dan sedikit lemak baik. Selain itu, minuman ini juga mengandung zat glikoprotein yang mudah larut dan dilengkapi dengan antioksidan yang tinggi.

Tak cukup sampai disitu, sarang burung walet juga mengandung banyak sekali vitamin dan garam mineral untuk melengkapi nutrisi.

Es Sarang Burung

AvatarAuthorAr RasyidYields1 Serving

Bahan Utama :
 100gagar - agar polos / nutri jell (sesuai selera)
 2sendok makan biji selasih
 2sendok teh krimer / susu kental manis putih
 2sendok teh sirup
 es batu (kecil - kecil)
 gula pasir
 air panas

Cara Membuat :
1

Pertama siapkan bahan untuk membuat agar -agar.

2

Rebus air secukupnya, lalu buat agar - agar / nutri jell sampai matang.

3

Jika sudah matang, angkat dan dinginkan.

4

Panaskan sedikit air, tambahkan gula pasir secukup nya.

5

Larutan gula pasir lebih kita rekomendasikan, dari pada gula pasir yang masih utuh.

6

Rendam Biji Selasih dengan air panas.

7

Parut agar - agar yang sudah dingin tadi.

8

Siapkan 1 gelas besar.

9

Jika sudah taruh agar - agar yang sudah di parut ke dalam gelas.

10

Tambahkan Biji Selasih yang sudah mengembang.

11

Tambahkan Sirup dan Susu Kental Manis.

12

Masukkan larutan gula pasir dan Es batu secukupnya.

13

Masukkan Air putih sedikit saja.

14

Aduk sampai rata.

15

Selesai, selamat menikmati.

Total Time25 minsRating

Ingredients

Bahan Utama :
 100gagar - agar polos / nutri jell (sesuai selera)
 2sendok makan biji selasih
 2sendok teh krimer / susu kental manis putih
 2sendok teh sirup
 es batu (kecil - kecil)
 gula pasir
 air panas

Directions

Cara Membuat :
1

Pertama siapkan bahan untuk membuat agar -agar.

2

Rebus air secukupnya, lalu buat agar - agar / nutri jell sampai matang.

3

Jika sudah matang, angkat dan dinginkan.

4

Panaskan sedikit air, tambahkan gula pasir secukup nya.

5

Larutan gula pasir lebih kita rekomendasikan, dari pada gula pasir yang masih utuh.

6

Rendam Biji Selasih dengan air panas.

7

Parut agar - agar yang sudah dingin tadi.

8

Siapkan 1 gelas besar.

9

Jika sudah taruh agar - agar yang sudah di parut ke dalam gelas.

10

Tambahkan Biji Selasih yang sudah mengembang.

11

Tambahkan Sirup dan Susu Kental Manis.

12

Masukkan larutan gula pasir dan Es batu secukupnya.

13

Masukkan Air putih sedikit saja.

14

Aduk sampai rata.

15

Selesai, selamat menikmati.

Es Sarang Burung

 

Manfaat Sarang Burung

Dengan berbagai nutrisi, vitamin, dan garam mineral yang terkandung di dalamnya, tentu saja minuman ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan manusia. Maka, tak heran bila harganya relatif mahal. Adapun, beberapa manfaat sarang burung adalah sebagai berikut:

 

1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Pertama, sarang burung walet dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir resiko penyakit jantung. Diketahui, minuman yang satu ini mempunyai efek yang mirip dengan obat penurun kolesterol, misalnya simvastatin. Perbedaannya hanyalah sarang burung tidak mengganggu metabolisme tubuh.

Dengan adanya efek ini, sarang burung mampu membantu mencegah terjadinya hiperkoagulasi atah pengentalan darah, yang menjadi akibat dari kolesterol tinggi. Jika hiperkoagulasi tinggi, maka bisa jadi Anda akan terserang penyakit jantung.

 

2. Sumber Asam Amino Esensial

Air liur walet memang terbuat dari protein khusus dengan kandungan macam-macam asam amino, seperti:

  1. Fenilalanin dan sistein, untuk meningkatkan kinerja memori, penyerapan vitamin D, dan kerja impuls saraf
  2. Prolin dan asam aspartat, untuk proses regenerasi sel
  3. Glukosamin, untuk merawat pemulihan tulang rawan
  4. Tirosin, untuk membantu pemulihan pasca sakit

Beberapa kandungan asam amino ini tidak mampu diproduksi oleh tubuh manusia seorang diri. Maka, harus diperoleh dari sumber makanan atau minuman.

 

3. Mencegah Resistensi Insulin

Manfaat es sarang burung walet selanjutnya adalah untuk mencegah resistensi insulin. Seperti yang diketahui, resistensi insulin biasanya terjadi pada orang-orang yang gemar mengonsumsi makanan berlemak.

Jika resistensi insulin terjadi, maka resiko terserang penyakit diabetes akan semakin meningkat. Kandungan nutrisi yang ada dalam minuman ini mampu mencegah otak untuk melepaskan sinyal yang dapat memicu peningkatan produksi insulin.

Selain itu, sarang burung juga mampu memelihara metabolisme tubuh agar melakukan pemecahan lemak lebih aktif. Kendati demikian, penelitian tentang manfaat yang satu ini masih perlu dilanjutkan lebih jauh.

 

4. Mencegah Kanker

Pada penelitian yang dimuat di sebuah jurnal, dilaporkan bahwa sarang burung merupakan bahan pakan dan minum yang kaya akan antioksidan, sehingga mampu meminimalisir resiko penyakit kanker.

Diketahui, antioksidan merupakan suatu senyawa aktif yang sering digunakan untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah penyebab banyak penyakit kronis, termasuk kanker.

Tidak hanya itu, kehadiran senyawa antioksidan juga mampu memperbaiki berbagai kerusakan pada sel tubuh akibat adanya radikal bebas. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi es sarang burung dengan rutin.

 

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di tengah pandemi Covid-19 ini, menjaga daya tahan tubuh adalah hal terpenting dan termudah yang dapat kita lakukan. Sudah sejak lama, negara Tiongkok menganggap sarang burung sebagai bahan pangan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kemudian, penelitian ini dilanjutkan pada tahun 2016 dan dimuat dalam sebuah jurnal berjudul Drug Design, Development, and Therapy. Pada penelitian ini, ilmuwan berhasil menjelaskan secara spesifik mengenai manfaat sarang burung yang mampu meningkatkan imunitas tubuh, terutama selama kemoterapi.

Hasil penelitian menyebut bahwa mengkonsumsi sarang burung selama 30 hari berturut-turut dapat meningkatkan imunitas dalam usus yang mulai melemah sebagai dampak kemoterapi. Selain itu, senyawa dalam sarang burung juga mampu mengatasi cedera pada 7sus yang disebabkan oleh obat kemoterapi, seperti cyclophosphamide.

 

6. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Selanjutnya, minuman ini diyakini ampuh untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Penyakit ini biasanya menyerang sistem jantung dan pembuluh darah. Sebenarnya, hampir sama seperti penyakit jantung, hanya saja cakupannya jauh lebih luas.

Menurut sebuah jurnal yang dimuat pada tahun 2015, sarang burung mampu menurunkan pengentalan darah atau hiperkoagulasi. Adapun, penyebab penyakit kardiovaskular paling umum adalah masalah pembekuan darah.

Lebih lanjut, penelitian juga menyebut bahwa sarang burung walet memiliki efek serupa dengan simvastatin. Jika Anda mengonsumsi minuman ini secara rutin, maka Anda akan terhindar dari resiko penyakit kardiovaskuler.

 

7. Menyehatkan Kulit

Tidak hanya wanita, kini banyak pria yang mulai memperhatikan kesehatan kulit. Tentu saja semua orang pasti ingin memiliki kulit yang bersih, cerah, dan sehat.

Ternyata, mengkonsumsi sarang burung secara rutin dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Selain itu, sarang burung juga sering digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kosmetik atau skin care.

Hal ini dikarenakan minuman yang satu ini mengandung komponen anti penuaan yang membantu proses regenerasi sel di epidermis. Salah satu kandungan yang dimaksud adalah tembaga.

Tembaga mampu meningkatkan produksi kolagen serta mengoptimalkan fungsi imunitas tubuh. Kolagen sendiri bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini dan meningkatkan elastisitas kulit.

 

8. Meredakan Peradangan

Selanjutnya, mengkonsumsi es sarang burung juga dapat membantu meredakan peradangan. Seperti yang diketahui, gangguan autoimun seperti rematik, radang usus, dan diabetes kerap dikaitkan dengan peningkatan kadar tumor necrosis factor-alpha.

TNF-α merupakan suatu protein khusus yang mampu memicu peradangan sistemik di dalam tubuh manusia. Berdasarkan penelitian dari Malaysia tahun 2011, mengkonsumsi sarang burung secara rutin dapat mengurangi produksi TNF-α.

Hal ini dikarenakan sarang burung mengandung mangan yang mampu mengaktifkan serta memastikan enzim mampu meredakan peradangan dengan baik.

 

9. Menjaga Kesehatan Lansia

Tidak hanya anak-anak, remaja, dan orang dewasa, lansia juga dapat merasakan manfaat dari sarang burung. Para lansia yang mengkonsumsi minuman ini dipercaya lebih sehat dan vitalitasnya meningkat.

Hal ini dikarenakan sarang burung mengandung glikoprotein. Selain itu, sarang burung juga kaya akan mineral, seperti kalsium, magnesium, asam amino, kalium, dan natrium. Berbagai kandungan ini mampu membantu regenerasi sel dan meningkatkan sistem metabolisme.

Sebenarnya, masih ada banyak lagi manfaat es sarang burung walet yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsinya dengan rutin. Namun, hal ini sangat bergantung pada bagaimana cara Anda mengolahnya. Jika Anda mampu mengolahnya dengan baik, maka manfaat yang didapat akan lebih maksimal.

Pelajari Juga : Resep Sop Buah

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *