Karedok Berasal Dari

Resep Karedok Sunda

Karedok Berasal Dari daerah Sunda informasi Resep Karedok Sunda jadi salah satu kunci dari makanan khas. Menu makanan yang satu ini berisikan berbagai sayuran mentah yang sangat beragam dan segar. Bercampur dengan bumbu kacang yang pedas dan manis.

Berbagai olahan asal tanah air memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Tanah Sunda menjadi surga bagi kuliner yang sangat sayang untuk kita lewatkan.

Pasalnya berbagai menu dengan ciri khas berbeda menjadi pilihan anti bosan. Salah satunya adalah karedok yang bervariasi.

Berkembangnya zaman membuat kita semakin memiliki banyak pilihan. Tidak terbatas bahan dan pilihannya, kini semakin banyak variasinya.

 

Resep Karedok Sunda yang Populer

Nah karedok asal Sunda memiliki jenis sangat beragam. Perbedaan ini biasanya berasal dari pemilihan bahan dan pengolahanya.

Kita pasti sudah sering melihat atau bahkan mengonsumsinya. Jenis yang satu ini mirip dengan pecel atau lotek yang ada di Jawa Tengah.

Mulai dari mentimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, terong, kemangi dan masih bisa kita gonta-ganti sayur kesukaan. Nah, nanti pada sambalnya menggunakan bumbu kacang dengan bumbu mirip.

Menggunakan kencur, bawang putih, cabai, kencur, gula merah, garam dan terasi. Keunikan makanan ini menambahkan oncom yang sudah dibakar.

Kali ini, kita akan membahas salah saru karedok yang populer di Sunda. Bahannya tidak hanya yang kita sebutkan diatas, namun memiliki keunikan tersendiri.

 

Resep Karedok Leunca

Berbeda dengan yang kita bahas sebelumnya. Jenis karedok yang satu ini menggunakan bahan utama yang tidak beragam, namun memiliki ciri khas.

Sayurnya hanya terbatas, namun memiliki cita rasa yang akan membuat siapapun ketagihan. Pada dasarnya tanaman ini tumbuh subur di Nusantara, maka masyarakat berinovasi untuk merumuskan berbagai resep makanan.

Mereka melakukan ini agar tidak mudah bosan dengan satu jenis makanan saja. Oleh karena itu jika Anda penasaran segera simak berikut ini langkah membuatnya.

 

Bahan Karedok Leunca

Beberapa bahan ini jelas mudah untuk kita dapatkan di berbagai warung sekitar atau pasar. Karena menu ini merupakan warisan nenekmoyang yang masih lestari hingga kini.

Leunca, bahan utama pembuatan karedok jenis ini sesuai namanya:

  1. Bawang putih
  2. Cabai rawit merah
  3. Kencur
  4. Gula merah
  5. Terasi dibakar
  6. Garam
  7. Air untuk membuat sambalnya.

Jangan lupa sayur utamanya yaitu kemangi yang masih segar. Siapkan beberapa bahan tersebut untuk membuat menu yang satu ini.

 

Cara Membuat Resep Karedok Leunca

Beberapa bahan tersebut kita siapkan dan jangan lupa bersihkan terlebih dahulu. Bahan utama pembuatan sambal tersebut kita haluskan dengan manual saja.

Tambahkan air sedikit agar tidak keras. Untuk cabai bisa disesuaikan dengan selera saja, tidak ada keharusan untuk membuatnya pedas. Bahkan bisa menggunakan cabai merah besar yang tidak terlalu membuat pedas hasilnya.

Berikan sedikit penyedap rasa agar rasanya karedok resep semakin mantap. Nah, barulah kita cuci leunca dan kemangi segar tersebut.

 

Mencampur Bahan

Setelah sambal siap kita bisa memasukkan bahan utama tersebut. Buah hijau segar dan kemangi tersebut ikut kita tumbuk bersama.

Pecahkan namun jangan sampai menjadi halus berlebihan. Karena nanti akan membuatnya tidak terlihat menggoda. Jadi haluskan secukupnya saja agar tetap bisa kita nikmati dengan segar.

Selanjutnya kita hidangkan dan bisa di konsumsi bersama. Rasanya khas dengan pedas namun segar memiliki bau wangi dari kemangi.

Menu ini menjadi favorit pada warga Sunda. Resep Karedok jenis ini mudah bukan? Anda bisa mencobanya sendiri meski tidak memiliki skill khusus masak-memasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.