Manfaat Santan

Inilah Beragam Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Air kelapa merupakan cairan atau air yang ada di dalam kelapa dengan warna putih bening cenderung sedikit keruh menyerupai air minum. Ada pula santan yang merupakan air dari daging kelapa yang berwarna putih, serta tidak bisa didapatkan secara langsung.

Karena untuk mendapatkan air kelapa ini haruslah melalui proses proses tertentu sebelum akhirnya bisa digunakan. Tekstur dari santan ini cenderung kental atau encer tergantung air yang dipakai untuk mencampurnya dengan parutan daging kelapa.

Berbicara tentang santan, ternyata ada banyak manfaat atau khasiat kesehatan maupun kecantikan dari bahan tersebut.

Mengetahui dan Memahami Manfaat Santan Kelapa yang Penting

Manfaat Santan untuk Meningkatkan Imun

Manfaat santan yang pertama adalah dapat membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas, dengan adanya kandungan vitamin C dan juga asam Laruat. Kandungan ini bisa dijumpai dalam santan murni atau berasal dari kelapa asli belum dilakukan pengolahan.

Selain asam laurat, kelapa murni juga mengandung senyawa asam kaprat dan juga antimikroba yang memiliki fungsi untuk menangkal bakteri maupun virus supaya terhalangi saat masuk ke tubuh.

Sehingga Anda bisa konsumsi santan murni untuk mendapatkan kekebalan dalam jumlah yang wajar. Dengan mengonsumsinya, tubuh Anda akan jadi lebih baik dalam memerangi gejala penyakit akibat menurunnya imunitas.

Menurunkan Kolesterol

Adapun manfaat lain dari santan murni, yakni efektif dalam menurunkan kolestrol dalam darah. Tapi perlu diingat bahwa Anda harus benar benar mengonsumsi santan murni dan bukanlah santan dari kelapa yang telah dilakukan pengolahan.

Dengan begitu, maka Anda dapat menurunkan kolesterol jahat dan justru meningkatkan kadar kolesterol baik yang diperlukan tubuh. Santan sebenarnya tidaklah mengandung kolesterol jahat dan aman bagi kesehatan tubuh. Karena konsumsinya akan menjaga kadar kolesterol baik /HDL dalam darah supaya mencukupi kebutuhan.

Selain itu, sangat disarankan bagi Anda untuk tidak konsumsi santan bersamaan dengan gula atau pun makanan yang tinggi kolesterol. Beberapa makanan tersebut contohnya seperti masakan dari jeroan atau daging yang berlemak tinggi.

Menurunkan Berat Badan

Banyak orang orang di masyarakat menganggap bahwa dengan mengkonsumsi santan, hal ini bisa mengakibatkan risiko kegemukan. Padahal, pendapat ini tidaklah benar dikarenakan konsumsi santan murni justru bisa membuat Anda menahan rasa lapar. Secara tidak langsung, Anda pun dapat mencegah rasa lapar terlalu sering dan keinginan untuk makan berlebih.

Mengonsumsi santan efektif untuk Anda yang ingin membuat berat badan lebih ideal dan sekaligus meningkatkan kesehatan. Santan murni mengandung Asam laurat yang bisa meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol buruk, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik hingga 18%.

Terdapat juga kandungan medium chain triglycerides atau biasa disebut dengan nama lemak sehat, yang justru efektif dalam mengurangi nafsu makan Anda saat ingin menurunkan berta badan.

Kesehatan Rambut

Bukan hanya kesehatan vital tubuh, nyatanya menggunakan santan murni juga efektif dalam menjaga kesehatan rambut. Manfaat untuk rambut yang pertama adalah menjadikan rambut lebih berkilau dan terhindar dari kusam. Manfaat yang didapat ini hampir sama seperti penggunaan minyak kelapa pada rambut.

Adapun manfaat santan lainnya adalah menjadikan rambut Anda terlihat semakin berkilau, halus dan terasa makin lembut. Rambut juga akan terhindar dari rontok, lantaran bantuan nutrisi yang terkandung di dalam santan.

Penggunaannya sangat baik untuk menjaga dan memperkuat akar rambut sekaligus mencegah terjadinya persoalan rambut rontok yang akhirnya menjadikan rambut patah.

Anda pun bisa menjadikannya sebagai bahan untuk mengatasi masalah rambut kusut. Selain itu, rambut juga akan lebih halus dan terasa mudah diatur.

Dari segi kesehatan, menggunakan santan akan membuat rambut jadi lebih subur karena adanya vitamin yang mampu memberikan nutrisi di kulit kepala maupun akar rambut Anda dengan sangat baik.

Alhasil, rambut akan tumbuh lebih subur, cepat, kuat serta lebih lebat. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu menggunakannya sebagai bahan luar. Pakai masker santan kurang lebih 2 – 3 hari sekali dan oleskan pada rambut, sehingga didapatkan hasil rambut yang lebih kuat tidak gampang rontok.

Melancarkan Pencernaan / BAB

Mungkin saja Anda pernah mendengar seseorang yang memiliki gangguan atau persoalan, lantaran mengalami kesulitan saat mencerna laktosa atau lactose intolerant.

Maka dari itu, konsumsinya bisa beralih ke bahan santan karena diklaim punya kemungkinan lebih kecil bisa mengganggu sistem pencernaan.

Ditambah lagi, santan juga diketahui dapat meningkatkan pertumbuhan mikrobiota dalam usus yang berperan dalam meningkatkan kesehatan organ usus manusia. Sehingga konsumsinya bisa buat kondisi organ cerna lebih sehat maupun sistem cerna menjadi aktif bekerja.

Menjaga Kesehatan Kulit

Bukan hal baru bila santan kerap digunakan untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari berbagai permasalahan kulit. Contohnya saja seperti mengandung berbagai vitamin yang penting bagi kesehatan tubuh yaitu vitamin C, vitamin E, vitamin B6, dan juga zat besi.

Adapun berbagai manfaat santan karena adanya bahan tersebut, di antaranya yaitu menjadi pelembap alami. Ada juga khasiat dalam membantu mencegah munculnya jerawat, dan mencegah terjadinya risiko penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan santan dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat lain dari santan murni ialah mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang. Manfaat ini didapatkan dengan adanya kandungan kalsium dan juga fosfor di dalamnya yang sangatlah baik bila dikonsumsi.

Anda bisa mengonsumsi santan supaya memperoleh manfaat seperti menurunkan risiko penyakit dan gangguan yang menyerang tulang. Contohnya saja seperti tulang rapuh atau osteoporosis, rematik, serta berbagai penyakit tulang lain yang mungkin terjadi.

Mengontrol Diabetes

Perlu Anda ketahui bahwa di dalam santan terdapat kandungan asam lemak yang bermanfaat baik dalam menjaga kesehatan. Beberapa santan tersebut di antaranya adalah mampu dalam memperlambat meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh.

Dengan begini, maka Anda bisa lebih melindungi tubuh dan mencegah risiko terjadinya kenaikan gula darah. Kondisi ini bisa membuat gula darah Anda lebih terkontrol dan bisa menurunkan resiko diabetes.

Demikianlah tadi manfaat dari santan murni yang berguna bagi kesehatan dan juga kecantikan. Kegunaan dari bahan santan bisa memberikan pengaruh untuk tubuh bila Anda mengimbanginya dengan makanan lain yang sama sama menyehatkan.

Apabila Anda sudah berusia sekitar 40 tahunan ke atas, memang sangat dianjurkan supaya tidak terlalu sering untuk mengonsumsi bahan makanan yang cenderung mengandung bahan santan. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya dengan alasan mengandung tinggi lemak.

Karena jenis lemak yang ada di dalam santan ialah jenis lemak nabati dari tumbuhan yang menyehatkan. Itu berarti, bahan santan tidaklah mengandung jenis lemak jahat atau LDL dan justru mengandung berbagai senyawa lain. Anda bisa memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang dialami.

Di antaranya seperti kandungan vitamin B dan juga senyawa antioksidan yang tinggi di dalamnya. Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat di atas, pastikan upaya Anda selalu mengkonsumsi jenis santan murni. Mengingat santan murni dari kelapa asli ini punya kandungan bahan yang masih asli dengan kandungan yang masih sama.

Dengan begini, mengkonsumsinya tidak akan merusak kandungan dari santan. Disarankan untuk membeli dan mengolah santan yang masih dalam bentuk kelapa asli dengan diparut supaya bisa memastikan keaslian dan manfaat santan. Selain itu, pastikan pula untuk memilih produk santan bernutrisi bila tidak menemukan kelapa asli.

Leave a Reply

Your email address will not be published.