Manfaat Terong Hijau

Manfaat Gambar Terong Hijau bagi Kesehatan

Terdapat banyak jenis Manfaat Terong Hijau yang ada di dunia. Dua terong yang menjadi favorit di Indonesia adalah terong ungu dan terong hijau. Orang Indonesia mengonsumsi terong dengan cara dimasak, seperti lodeh dan tumis. Terong sendiri banyak mempunyai manfaat, termasuk yang berperan penting dalam kesehatan.

Banyak nutrisi yang terkandung di dalam terong hijau. Setiap 100 gram terong hijau terdapat sebanyak 90,2 gram vitamin A dan 24 mg vitamin C.

Selain kandungan utama tersebut, terong hijau juga mengandung nutrisi penting lainnya bagi tubuh. Yakni kandungan karbohidrat. Kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B3, dan juga protein.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam terong hijau tentu tidak lagi diragukan dalam memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh. Sehingga, dengan mengonsumsi terong hijau tubuh pun menjadi sehat. Adapun manfaat terong hijau jika dikonsumsi adalah sebagai berikut.

 

Kulit Menjadi Sehat Sebagai Terong Hijau

Mengonsumsi terong hijau disinyalir dapat membuat kulit menjadi sehat, halus, dan juga lembab. Hal ini karena kandungan vitamin c yang terdapat dalam terong. Selain itu, vitamin c pada terong dapat membantu mengatasi masalah kulit lainnya, seperti halnya masalah jerawat pada kulit.

 

Tubuh Menjadi Kebal

Selain baik untuk merawat kulit, kandungan vitamin c pada terong hijau juga dapat meingkatkan kekebalan tubuh. Ini berarti dengan mengonsumsi terong hijau, sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Sehingga, tubuh tidak akan mudah diserang penyakit.

 

Mengontrol Tekanan Darah

Terong hijau juga mempunyai manfaat yang baik dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Hal ini karena kandungan kalium yang terdapat dalam terong.

Kalium inilah yang berperan oenting dalam mengontrol tekanan darah, sehingga seseorang yang suka mengonsumsi terong hijau minim risiko stroke dan serangan jantung.

 

Mencegah Kolestrol Tinggi

Manfaat Terong Hijau bagi kesehatan lainnya adalah dapat mencegah kolestrol tinggi pda tubuh. Kandungan nutrisi dalam terong hijau dapat merangsang produksi cairan empedu sekaligus dapat menurunkan kolestrol.

 

Mendukung Kesehatan Jantung

Berbagai manfaat dari terong hijau, juga memberi manfaat yang baik bagi kesehatan jantung. Hal ini karena terong hijau yang mengandung sedikit kolestrol, sehingga berdampak baik pada kesehatan jantung. Dengan demikian, kondisi jantung yang sehat berdampak pula pada kesehatan organ tubuh lainnya.

 

Manfaat Terong Hijau Baik Untuk Pencernaan

Manfaat dari mengonsumsi terong hijau tentu tidak dapat lagi diragukan. Apalagi terong hijau dikonsumsi untuk pencernaan. Terong mengandung banyak serat yang dapat melindungi dan meningkatkan sistem pencernaan. Sehingga, nutrisi yang terkandung dalam makanan dapat dengan mudah untuk dicerna tubuh.

 

Menurunkan berat badan

Serat yang terkandung dalam terong hijau, selain bermanfaat bagi pancernaan juga dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena dengan mngonsumsi makanan yang mengandung banyak serat dapat membuat perut lebih lama kenyang.

 

Mengurangi Risiko Diabetes

Kandungan terong hijau dengan kadar gula yang rendah, ini menjadikan Manfaat Terong Hijau dalam menurunkan risiko diabetes. Selain itu, kandungan pada terong berupa insulin dapat menjaga kadar gula dalam aliran darah untuk tetap stabil.

 

Mengandung Senyawa Pencegah Kanker

Dalam terong terdapat kandungan berupa solasodine rhamnosyl glycosides (SRG) yang merupakan senyawa yang berpotensi melawan sel kanker. Senyawa SRG inilah yang bisa mematikan sel kanker dan juga dapat membantu mengurangu kekambuhan pada jenis kanker tertentu.

Oleh karenanya, mengonsumsi terong hijau dapat bermanfaat pada pencegahan kanker sejak dini. Tentunya hal ini juga harus dibarengi dengan pola hidup yang aman dan sehat. Sehingga, tubuh akan senantiasa fit dan terhindar dari penyakit.

 

Meningkatkan Kemampuan Otak

Teong hijau juga mengandung antosianin yang bermanfaat dalam menigngkatkan kemampuan otak. Kandungan ini akan berpadu dengan kandungan nasunin yang akan menjadi lipid yang letaknya berada di membran sel otak.

Senyawa antosianin ini berperan penting untuk melancarkan aliran darah ke otak. Sehingga otak tetap memiliki performa kinerja yang baik. Dengan begitu, maka kegunaan Terong Hijau akan membantu kinerja otak lancar apabila dikonsumsi dengan rutin dengan porsi yang tepat.

 

Baik Untuk Kesehatan Tulang

Terung hijau selain mempunyai segudang manfaat di atas, juga mempunyai manfaat lain yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kandungan pada terong hijau berupa mineral memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang.

Selain mineral yang baik untuk tulang, kandungan lain pada terong hijau seperti kalsium dan vitamin D tentunya dapat membuat tulang menjadi lebih kuat. Dengan demikian, mengonsumsi terong hijau sangat berperan penting pada kemampuan dan kealtifan gerak.

Itulah informasi mengenai terong hijau yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Utamanya dalam hal mencegah berbagai penyakit kronis.

Agar terong hijau dapat dikonsumsi dengan aman, tentunya Anda perlu memeperhatikan bagaimana cara mengonsumsi terong hijau. Agar lebih jelas, maka berikut ini penjelasan lengkapnya.

 

Cara Mengkonsumsi Terong Hijau

Anda tidak hanya bisa mendapatkan terong hijau dengan cara memakannya berupa terung yang direbus secara langsung. Anda bisa mengolahnya menjadi makanan yang lezat untuk dikonsumsi. Terong yang direbus dapat dijadikan lalap dengan menambahkan sambal.

Terong hijau juga bisa dijadikan campuran dalam makanan karedok. Olahan masakan lainnya, adalah dengan cara menumis terong hijau, membuat sayur lodeh, atau cukup digoreng dengan tepung sehinga menjadi terong goreng krispi. Agar lebih jelas, maka berikut ini adalah tips memilih dan memasak terong hijau dengan tepat.

 

Tips Memilih Terong Hijau

Pilih terong dengan kualitas terbaik. Hal ini ditandai dengan terong yang segar dan sehat. Terong yang sehat memiliki berat yang padat, warna yang segar, dan tekstur pada terong tidak terlalu lentur. Kemudian, untuk mngolahnya potong terong dengan menggunakan pisau baja anti karat.

Hindari untuk memotong terong hijau dengan besi karbon. Hal ini bisa berdampak pada reaksi kimia yang menyebabkan warna hitam pada terong.

Terong hijau memang tidak dapat dipungkiri memiliki rasa khasnya yang sedikit pahit. Sehingga, kebanyakan orang tidak menyukai terong hijau karena rasa pahitnya.

Maka, Anda dapat mengatasi hal ini dengan cara membuang bagian pahit pada terong hijau. Yakni dengan cara membuang bagian bijinya. Sehingga, rasa pahit pada terong saat dikonsumsi pun akan berkurang.

Saat mengonsumsi terong hijau dengan berbagai jenis masakan. Ada hal yang perlu perhatikan, yakni perihal takaran porsinya. Sebab, di antara banyaknya manfaat terong hijau, mengonsumsinya secara berlebihan tentunya juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari meidcal news today, berikut adalah risiko apabila mengonsumsi tering secara berlebihan melebihi porsinya.

 

Penyerapan Nasunin dan Zat Besi

Kandungan pada terong yang berupa nasunin dan fitokimia akan mengikat kandungan besi dan mengeluarkannya dari sel. Yang mana proses ini dikenal dengan khelasi besi.

Hal ini memang memiliki manfaat bagi mereka yang memiliki terlalu banyak zat besi dalam tubuhnya. Namun, apabila hal ini terjadi pada orang yang mengalami zat besi yang rendah akan berbahaya.

 

Keracunan Solanin

Kandungan solanin yang terdapat pada terong hijau jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan keracunan. Apabila hal ini terjadi, maka tubuh akan mengalami kondisi tenggorokan yang terasa terbakar.

Selain itu, tubuh akan merasa mual dan muntah. Zat solanin pada tering hijau ini bisa Anda kurangi dengan cara mencuci bersih terong hijau sebelum dimasak.

 

Risiko Batu Ginjal

Terong hijau juga mengandung oksalat yang apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa berdampak pada risiko batu ginjal. Jika konsumsi makanan yang mengandung oksalat berlebihan, maka hal ini bisa berdampak fatal pada risiko gagal jantun.

Sekian informasi mengenai manfaat terong hijau, cara mengolahnya, hingga risiko mengonsumsi terong hijau secara berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.