Resep Ayam Bakar Taliwang

Cara Membuat Resep Ayam Bakar Taliwang Enak dan Sederhana

Resep Ayam Bakar Taliwang merupakan makanan asli dari Pulau Lombok yang menjadi semakin terkenal beberapa tahun belakangan ini. Orang-orang mulai mencari ayam bakar Taliwang agar bisa mencoba membuat hidangan ini sendiri di rumah.

Rasa dari ayam Taliwang sangatlah menarik. Cita rasanya cenderung pedas seperti halnya masakan khas Lombok yang lain.

Kandungan rempah-rempah di dalamnya juga membuatnya memiliki cita rasa yang khas. Apalagi, aroma ayam yang dipanggang juga menambah kekayaan rasanya.

 

Resep Ayam Taliwang yang Sedap

Sebenarnya, proses memasak menu ini tidak berbelit-belit, yang terpenting adalah mencari bahan-bahan yang tepat sehingga hasil akhirnya menjadi santapan lezat, seperti yang bisa ditemukan di restoran-restoran. Berikut merupakan deskripsi lengkap resep ayam bakar Taliwang:

 

1. Bahan Utama

Karakter utama dari masakan ini adalah ayamnya. Bumbu Taliwang digunakan bukan untuk menutupi rasa ayam, tetapi untuk membuatnya semakin jelas. Karena itu, Anda harus memilih potongan ayam yang digunakan di dalam masakan ini dengan baik.

Pada umumnya, ayam yang digunakan dalam resep ini adalah jenis ayam kampung. Ayam kampung rasanya cenderung lebih gurih. Selain itu, teksturnya juga lebih liat atau kenyal, tidak empuk. Karenanya, menu ini identik dimakan dengan menggunakan tangan.

Ayam kampung yang digunakan untuk dimasak dengan bumbu Taliwang adalah yang masih berusia muda. Karena itu, satu ayam umumnya disajikan untuk satu porsi karena ukurannya yang kecil. Daging ayam kampung muda pun biasanya tidak terlalu alot.

 

Cara untuk mempersiapkan ayam kampung utuh dalam resep ini adalah:

  1. Belah ayam kampung pada bagian tengah tapi jangan sampai putus. Gunakan pisau yang tajam untuk memudahkan tugas ini
  2. Tekan dada ayam hingga lebih pipih agar nanti saat dimasak dapat matang dengan lebih merata
  3. Sayap ayam dilipat sedikit ke arah belakang agar tidak gosong saat dibakar nanti
  4. Marinasi ayam dengan menggunakan jeruk limau dan garam selama kurang lebih lima belas menit. Diusahakan agar tidak terlalu lama karena air jeruk dapat mengubah tekstur ayam

 

2. Bumbu Halus

Bumbu halus merupakan komponen penting selanjutnya di dalam resep ayam bakar Taliwang ini. Di bawah ini adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk seporsi ayam Taliwang:

  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai merah, disarankan yang kering agar aromanya semakin kuat
  • 5 buah cabai rawit merah, boleh ditambahkan jika ingin lebih pedas
  • 5 butir bawang merah
  • 3 butir bawang putih
  • 1 buah tomat merah, potong dadu
  • 2 centimeter kencur
  • 1 sendok teh terasi, bisa dibakar atau digoreng
  • 1 sendok teh gula merah, disisir agar mudah larut
  • 1 sendok teh garam
  • Penyedap rasa (jika suka)
  • 4 sendok makan minyak (digunakan untuk menumis bumbu)

 

3. Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang

Diperkirakan, total waktu memasak resep ini dari awal hingga akhir adalah 45 menit, dengan alokasi waktu 15 menit untuk persiapan bahan dan 30 menit untuk memasak. Inilah tahapan-tahapan yang harus Anda lalui:

  1. Blender atau ulek bahan-bahan bumbu halus hingga ke konsistensi yang diinginkan (sebaiknya cukup halus). Untuk memudahkan menghaluskan bumbu, Anda bisa menambahkan satu sendok minyak dari yang digunakan untuk menggoreng
  2. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga mengeluarkan bau wangi
  3. Bakar ayam di atas bara api (atau bisa dipanggang dengan menggunakan alat lain) hingga kondisinya setengah matang. Penandanya adalah ayam terasa lebih kaku atau liat
  4. Balurkan bumbu halus pada ayam berulang sambil dibolak-balik secara terus-menerus di atas bara api hingga matang
  5. Sisa bumbu bisa dipanaskan lagi dan dituangkan ke atas ayam pada saat penyajian

 

Alternatif dari Membakar dengan Bara Api

Resep ayam bakar Taliwang yang otentik adalah yang dibakar di atas bara api. Terdapat aroma arang yang membuat rasanya semakin menggugah selera. Akan tetapi, ada orang yang mungkin kurang suka cara memasak ini. Argumen utamanya adalah karena metode ini kurang sehat.

Sebenarnya, terdapat alternatif cara yang bisa dipraktekkan jika Anda tidak ingin menggunakan bara api. Kedua cara di bawah ini bahkan bisa dibilang lebih sederhana dibandingkan dengan metode membakar:

 

1. Menggoreng

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah memasak ayam dengan cara digoreng. Dalam metode ini, ketika menumis bumbu halus, ayam akan dimasukkan ke dalam tumisan bumbu. Setelahnya, ayam dimasak di dalam bumbu hingga dalam keadaan setengah matang.

Idealnya, Anda tidak perlu menambahkan air ke dalam tumisan bumbu. Akan tetapi, terkadang bumbu bisa gosong apabila tidak ditambahkan air sehingga sedikit air tidak apa-apa. Metode ungkep ini akan membuat bumbu Taliwang meresap masuk hingga ke dalam daging ayam.

Setelah selesai diungkep, dalam keadaan setengah matang, ayam digoreng dengan menggunakan api yang besar. Hal ini akan memastikan bahwa bagian luar ayam terasa lebih kering saat diangkat. Sisa bumbu halus hasil ungkepan bisa disajikan di atas ayam yang sudah digoreng.

 

2. Memanggang

Karena metode menggoreng juga tidak terlalu sehat, alternatif lainnya dari resep ayam bakar Taliwang ini adalah memanggang. Memanggang ayam dapat memberikan hasil kering seperti jika dibakar meskipun tanpa aroma asap. Selain itu, Anda tidak memerlukan minyak dalam prosesnya.

Metode ungkep seperti dengan cara menggoreng yang telah dijelaskan juga digunakan di sini. Mengungkep ayam dengan menggunakan bumbu halus akan membuat bumbu meresap dengan lebih baik. Selain itu, hal ini juga memastikan daging matang dengan sempurna.

Setelah itu, panaskan oven hingga 200 derajat Celcius. Panggang ayam di dalamnya sehingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Kemungkinan, dibutuhkan waktu hingga 15 menit memanggang untuk mencapai tahapan tersebut.

 

Bagaimana Jika Memanggang Ayam di Wajan?

Terkadang, membakar atau mengoven ayam bukanlah alternatif yang memungkinkan karena Anda tidak memiliki peralatan yang memadai. Padahal, mungkin Anda tidak ingin menggunakan metode menggoreng. Alternatifnya adalah memanggang ayam dengan menggunakan wajan.

Jika menggunakan cara ini, sebaiknya ayam diungkep terlebih dahulu seperti halnya jika Anda menggoreng atau mengoven ayam Taliwang. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat diikuti agar hasil masakan sesuai dengan harapan:

 

1. Memilih Wajan dengan Benar

Idealnya Anda dapat menggunakan wajan dengan bahan cast iron agar pendistribusian panasnya lebih merata. Namun, wajan anti lengket berbahan teflon juga dapat digunakan karena lebih sering dijumpai di rumah. Pastikan saja bahwa wajan yang digunakan adalah yang heavy bottom.

 

2. Mengolesi Wajan dengan Sedikit Minyak

Wajan juga perlu sedikit dilapisi dengan minyak, tidak perlu banyak-banyak. Hal ini akan menjadikan permukaan ayam Taliwang yang dimasak menjadi lebih kering. Satu sendok makan minyak yang dioleskan ke seluruh permukaan wajan sudah cukup.

 

3. Menambahkan Pemberat di Atas Ayam

Tips lainnya adalah menambahkan pemberat di atas ayam. Pemberat bisa jadi berupa ulekan atau wajan lainnya. Alasannya adalah supaya permukaan ayam menjadi lebih garing. Aroma terpanggang pun bisa lebih keluar jika dimasak dengan cara seperti ini.

4. Tidak Tergesa-gesa dalam Membalik

Untuk memasak resep ayam bakar Taliwang dengan cara seperti ini, Anda tidak perlu tergesa-gesa dalam membalik ayam. Biarkan ayam matang pada satu sisi selama lima menit sebelum Anda balik. Hal ini akan memastikan bahwa permukaan ayam menjadi lebih kering dan enak.

 

5. Temperatur yang Pas

Anda juga wajib memperhatikan temperatur yang pas. Karena ayam sudah dalam keadaan hampir matang, maka api kompor bisa dinyalakan dengan besar. Hal ini juga akan memunculkan bekas-bekas panggangan pada permukaan ayam sehingga rasanya jauh lebih enak.

 

Pendamping Ayam Taliwang

Pendamping Ayam Taliwang Sayuran

Biasanya, sajian sedap ini tidak hanya dimakan sendirian dengan nasi. Agar segar, masyarakat Lombok menyantapnya bersamaan dengan sayur. Berikut dua menu sayur yang umum disajikan bersama dengan ayam Taliwang:

 

1. Beberuk Terong

Menu sayuran ini sangat segar karena dipadu dengan sambal dan diberi perasan jeruk limau. Bahan sayur utama yang digunakan adalah terong hijau dan kacang panjang yang dipotong-potong dalam keadaan mentah. Rasanya asam dan pedas.

 

2. Plecing Kangkung

Menu ini juga merupakan salah satu menu sayuran terpopuler dari Lombok. Bahan sayur utamanya adalah tauge dan kangkung yang direbus sebentar. Di atasnya, diberikan kelapa coklat dan sambal tomat terasi. Kemudian, ada taburan kacang goreng yang ditambahkan.

 

Tentunya menarik mencoba resep ayam bakar Taliwang ini. Bahannya sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menyajikannya. Selain itu, Anda dapat memasak dengan alat seadanya di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *