Resep Ayam Goreng Tepung Kremes

cara dan resep ayam goreng mentega

Sumber Gambar : pinterest.com

Pelajari resepayam goreng yang sempurna dengan bagian luar yang renyah dan beraroma, serta bagian daging yang lembab dan juicy di bagian dalam. Ketika berbicara tentang ayam, tidak ada yang lebih enak daripada sepotong daging yang juicy.

Mungkin menggoreng ayam ke tingkat sempurna terdengar mengintimidasi, tetapi sebenarnya hal itu cukup mudah dilakukan. Bahkan Anda bisa membuat semua pemilik toko ayam goreng cepat saji merasa malu dengan hasil gorengan Anda. Penasaran bagaimana caranya? Pastikan Anda menyimak artikel ini sampai habis.

 

Peraturan Dasar dalam Resep Ayam Goreng Renyah

Jika Anda memiliki termometer untuk minyak dan pengatur waktu, Anda dapat menghasilkan ayam goreng anti gagal. Jika Anda sedang ingin membuat ayam goreng paling renyah yang pernah ada, sekaranglah waktu yang tepat untuk mencobanya, tanpa perlu termometer dan pengatur waktu.

 

Penggunaan Tepung

Tepung maizena merupakan salah satu bahan rekomendasi untuk ayam goreng paling crispy. Tetapi, tepung jagung juga sering digunakan dalam resep ayam goreng di wilayah Asia. Perpaduan tepung jagung dengan tepung maizena menghasilkan hasil ayam goreng yang renyah.

Anda dapat mengganti semua tepung dengan tepung maizena, atau Anda dapat mencoba menggunakan tepung berbahan dasar non-gluten dengan campuran tepung terigu sebagai pengganti tepung serba guna.

 

Waktu Memasak

Potongan setiap ayam rata-rata perlu digoreng selama 14 menit. Karena setiap potongan ayam berbeda, pastikan Anda memasaknya masing-masing dengan suhu minimum 165 derajat Fahrenheit.

Hal tersebut dikarenakan, daging berwarna putih dalam ayam akan mencapai kematangan sempurna pada 165 derajat Fahrenheit. Daging ayam berwarna lebih gelap dapat dimasak hingga 170 sampai 175 Fahrenheit untuk tekstur terbaik.

 

Cara Menghindari Tepung yang Rontok Saat Menggoreng Ayam

Salah satu tantangan yang dihadapi orang saat membuat ayam goreng adalah lapisan renyahnya yang rontok. Biasanya terdapat beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi. Berikut beberapa tips untuk memastikan kulit renyah Anda tidak jatuh:

 

  1. Saat melapisi dan membumbui ayam, pastikan untuk membersihkan sisa buttermilk dan sisa tepung yang berlebih.
  2. Tepuk-tepuk ayam dengan lembut setelah dilapisi dengan campuran tepung untuk memastikan bahwa tepung menempel pada buttermilk.
  3. Pastikan Anda tidak membuat penggorengan Anda terlalu penuh.
  4. Pastikan ayam Anda tidak bertabrakan dengan potongan ayam lain yang dapat merusak breading.
  5. Balik ayam Anda hanya sekali saat menggoreng. Semakin sering Anda membalik ayam Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk melepaskan lapisan renyah milik ayam lain.

Beberapa orang menyarankan agar Anda mengeringkan ayam di rak sebelum dimasukkan ke penggorengan. Hal ini bukan hanya mencegah kulit renyah agar tidak rontok tapi juga membantu kenyamanan Anda saat membalik ayam.

 

Minyak Terbaik Untuk Menggoreng Ayam

Ada banyak pilihan minyak yang digunakan untuk menggoreng. Pemilihan umum termasuk minyak kacang tanah, minyak sayur, minyak canola, minyak bunga matahari, minyak jagung dan banyak lagi. Minyak sayur adalah minyak yang direkomendasikan untuk digunakan dalam menggoreng.

Minyak sayur memiliki titik asap yang tinggi dan setelah digunakan untuk menggoreng, minyak tersebut dapat digunakan kembali. Biarkan minyak sayur sampai benar-benar dingin kemudian saring dan masukkan ke dalam sebuah wadah penyimpanan untuk digunakan nanti.

Suhu terbaik untuk menggoreng ayam telah disebutkan sebelumnya. Meskipun demikian, suhu minyak berfluktuasi saat memasak adalah hal yang wajar. Selama minyak Anda berada di antara suhu 300 sampai 350 derajat Fahrenheit, ayam Anda akan keluar dengan sempurna.

 

Penyimpanan Ayam Goreng

Ayam goreng paling enak jika daging masih segar dan kulitnya masih renyah. Simpan sisa ayam goreng di lemari es selama dua sampai tiga hari. Kulit akan renyah jika dipanaskan kembali.

Untuk hasil terbaik, panaskan kembali sisa ayam goreng dalam oven bersuhu 350 derajat selama 15-20 menit.

 

Resep Ayam Goreng Renyah

Nama ResepPorsiEstimasi Waktu PersiapanEstimasi Waktu MemasakEstimasi Total Waktu Memasak
Ayam Goreng Renyah6-7 orang5 Menit30 Menit35 Menit

 

  • Bahan Utama
  1. 6 paha ayam
  2. 6 stik drum ayam
  3. Tiga cangkir buttermilk
  4. ½ cangkir saus pedas (opsional)
  5. Dua sendok teh garam
  6. Satu sendok teh merica
  7. Satu liter minyak sayur untuk menggoreng
  8. Tepung roti

 

  • Bahan Adonan Basah
  1. Tiga cangkir tepung serbaguna
  2. ½ cangkir tepung maizena
  3. Satu sendok makan garam
  4. Satu sendok makan paprika
  5. Dua sendok teh bubuk bawang bombay
  6. Dua sendok teh bubuk bawang putih
  7. Satu sendok teh oregano kering
  8. Satu sendok teh daun kemangi kering
  9. Satu sendok teh lada putih
  10. Satu sendok teh bubuk cabai rawit (opsional)
  11. Daun basil
  12. Lengkuas

 

  • Petunjuk Pembuatan
  1. Dalam sebuah mangkuk ukuran besar, kocok buttermilk, saus pedas (opsional untuk menambah rasa), garam dan merica.
  2. Tambahkan potongan ayam.
  3. Tutup mangkuk dengan bungkus plastik dan dinginkan selama empat jam atau ungkep empuk.
  4. Setelah empat jam, tuangkan minyak sayur kedalam wajan hingga kedalamannya sekitar ¾ inci.
  5. Panaskan minyak hingga bersuhu 350 derajat Fahrenheit.
  6. Siapkan breading dengan mencampurkan tepung terigu, tepung maizena, bubuk bawang putih, bubuk oregano, basil, lada putih, cabai rawit (opsional), paprika, lengkuas dan garam dalam mangkuk berukuran sedang. Aduk rata semua bahan.
  7. Celupkan dan angkat ayam satu per satu dari campuran buttermilk.
  8. Tepuk-tepuk perlahan setiap ayam untuk menghilangkan kelebihan adonan buttermilk yang masih menempel pada ayam.
  9. Masukkan ke dalam tepung roti dan lapisi hingga merata. Tepuk-tepuk kembali.
  10. Masukkan ayam yang telah dilapisi tepung roti ke dalam minyak bersuhu 350 derajat Fahrenheit.
  11. Goreng tiga sampai empat potong ayam sekaligus. Atur suhu minyak sampai sedekat mungkin dengan 350 derajat Fahrenheit.
  12. Goreng setiap ayam selama 14 menit. Balik ayam setiap 7 menit sekali.
  13. Angkat ayam dari minyak dan letakkan di atas rak kawat. Biarkan dingin setidaknya 10 menit sebelum disajikan. Cukup sederhana bukan?

 

Nutrisi
Kalori723 kkal
Karbohidrat66 g
Protein42 g
Lemak30 g
Lemak Jenuh9 g
Kolesterol193 mg
Natrium2847 mg
Kalium681 mg
Serat2 g
Gula6 g
Vitamin A1035 IU
Vitamin C0,4 mg
Kalsium178 mg
Zat Besi4,9 mg

 

Enam Tips Untuk Membuat Ayam Goreng Handmade Terbaik

Tidak semua ayam goreng dibuat dengan cara yang sama. Anda harus memiliki beberapa tips dan trik berikut yang faktanya kurang banyak diperhatikan oleh orang-orang saat membuat ayam goreng.

Ketika Anda sudah mempraktekkan tips dan trik berikut, Anda akan dapat membuat ayam goreng yang menggugah selera dan akan membuat semua orang ingin mencuri resep rahasia milik Anda.

Tips dan trik berikut cocok dipraktekkan untuk semua jenis ayam goreng, baik ayam makan malam rumahan hingga ayam goreng edisi tamasya. Langkah-langkah berikut ini akan membuat peningkatan besar dalam proses memasak ayam goreng Anda.

 

Potong Ayam dengan Benar

Anda mungkin bisa membedakan daging gelap dan daging putih ayam dengan baik. Namun tanpa keahlian memotong yang benar, pengetahuan Anda akan sia-sia.

Baik Anda memotong sendiri atau meminta tolong kepada orang lain, ada baiknya Anda mengambil langkah ekstra dengan memotong setiap dada ayam yang Anda miliki menjadi dua atau tiga bagian.

Potongan dada yang lebih kecil akan memiliki waktu memasak yang sama dengan bagian kaki dan paha. Bagian dada tidak terlalu mudah matang karena dada ayam yang besar.

Hal tersebut sering mengecoh Anda karena dada mudah berubah warna kuning keemasan dan memiliki tekstur renyah di bagian luar sebelum matang sepenuhnya di bagian dalam.

 

Buatlah Bumbu Marinasi

Rahasia ayam goreng kampung yang lezat dimulai dengan marinasi atau biasa disebut dengan air garam. Marinasi menjaga ayam tetap segar.

Di masa sekarang, para pemasak ayam goreng profesional lebih memilih bumbu buttermilk, sementara yang lain masih menggunakan campuran garam, gula dan rempah-rempah yang dilarutkan ke dalam air.

Untuk resep bumbu marinasi cukup masukkan ¼ gelas garam, ¼ gelas gula pasir dan paprika asap ke dalam segelas air hingga larut. Tambahkan tiga hingga empat cangkir buttermilk untuk penyelesaian.

Kemudian rendam ayam dan dinginkan dalam air marinasi semalaman sebelum mencampur ayam dengan bahan-bahan lain.

 

Jangan Terburu-buru

Ayam goreng terbaik membutuhkan waktu yang lama ketika direndam dalam air marinasi. Ayam utuh yang telah dipotong-potong setidaknya membutuhkan waktu 24 hingga maksimal 48 jam perendaman.

 

Bumbui dengan Pas

Anda mungkin sudah merendam ayam di dalam air marinasi, tetapi hal tersebut bukan alasan untuk menghemat lebih banyak bumbu dan garam dalam proses-proses memasak selanjutnya.

Menambahkan garam pada setiap langkah memasak ayam goreng adalah kunci untuk menghilangkan rasa tawar sekaligus memompa bumbu hingga masuk ke lapisan terdalam ayam.

Untuk proses breading, tambahkan item seperti bubuk cabai, bubuk bawang putih, bubuk cabai rawit, garam dan lada hitam ke dalam tepung seperti yang telah disebutkan dalam resep sebelumnya. Untuk adonan basah, selain saus pedas, Anda juga bisa memasukkan Sriracha.

 

Gunakan Minyak Goreng dengan Suhu yang Benar

Meskipun jenis penggorengan tidak terlalu penting dalam menggoreng ayam (wajan besi dengan beberapa inci minyak sudah cukup), jenis minyak yang digunakan sangat penting.

Pastikan untuk memilih minyak yang memiliki titik asap tinggi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya seperti minyak Canola atau minyak kacang. Termometer adalah cara terbaik untuk menentukan apakah minyak telah memiliki suhu yang tepat.

Selain termometer, cara mudah untuk menentukan suhu adalah dengan memasukkan sedikit tepung basah ke dalam minyak panas. Saat tepung mendesis ketika terkena minyak, itulah saat yang tepat untuk menggoreng.

Tip jenius lainnya yakni bumbui minyak goreng dengan beberapa potong jahe, beberapa siung bawang putih dan beberapa lembar daun salam. Goreng beberapa bahan tersebut sampai keluar aroma kemudian angkat dan tiriskan sebelum memasukkan ayam.

 

Singkirkan Kertas Roti

Jangan merusak semua kerja keras Anda dalam membuat ayam goreng keemasan dengan meletakkan produk jadi di atas lapisan kertas roti. Hal tersebut dapat menyebabkan ayam menguap dan membuat kerenyahan ayam menjadi basah.

Sebagai gantinya, tutupi loyang dengan rak kawat. Saat setiap potongan ayam selesai digoreng, pindahkan secara hati-hati ke atas rak kawat. Ayam akan mendingin dengan sisa minyak yang akan menetes ke arah loyang.

 

Bagaimana Jika Tidak Ada Buttermilk?

Jika Anda tidak memiliki buttermilk, gunakan susu dan tambahkan satu sendok teh jus lemon atau cuka untuk setiap cangkir susu. Campuran tersebut adalah pengganti yang baik untuk buttermilk.

 

Fungsi Marinasi Ayam dengan Buttermilk

Buttermilk adalah bahan yang populer saat membuat ayam goreng ala wilayah Inggris Selatan. Buttermilk yang sedikit asam membantu melunakkan ayam dengan memecah beberapa protein di dalam daging.

Karena buttermilk memiliki tekstur yang kental, buttermilk dapat dengan mudah menempel pada ayam sama seperti mentega. Artinya, Anda akan mendapatkan lapisan yang sangat bagus saat Anda mencelupkan ayam ke dalam adonan tepung buttermilk.

Anda bisa dengan mudah mendapatkan buttermilk di supermarket, tetapi jika tidak menemukan, selain susu, Anda juga bisa menggunakan yogurt tawar yang ditambah dengan perasan lemon dan didiamkan selama beberapa menit.

Yogurt memiliki kesamaan dengan buttermilk yakni efek asam enzim untuk melunakkan daging saat ayam direndam.

 

Alasan Mengapa Ayam Goreng Menjadi Makanan Favorit Banyak Orang

 

Kerenyahan

Bukti ilmiah telah menunjukkan bahwa renyahnya lapisan di bagian luar ayam goreng sebagai salah satu alasan utama mengapa rasa ayam menjadi enak dan lezat.

Dalam salah satu makalah di tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Ilmu Makanan ‘Flavor’ oleh psikolog eksperimental Charles Spence, kerenyahan suara ayam goreng diasosiasikan menjadi alasan tersembunyi mengapa ayam goreng begitu lezat.

Penulis tersebut juga menyatakan, suara desis soda membantu meningkatkan pengalaman multisensori pengalaman multisensori dalam meningkatkan cita rasa menyantap ayam goreng.

Cara seseorang menyuarakan makanan yang dimakan sebenarnya membantu otak dalam membedakan kualitas tekstur hingga rasa makanan yang dimakan. Itu berarti kerenyahan juga terbukti berkorelasi dengan seberapa lezat makanan dianggap lezat oleh pemakannya.

 

Pengalaman

Karena susunan anatomi manusia yang teratur, seseorang cenderung akan mendengar makanan yang mereka makan daripada suara-suara lain disekitarnya. Suara kerenyahan merupakan indikator bagi otak bahwa makanan jauh lebih segar daripada makanan tanpa kerenyahan.

Hal tersebut mungkin disebabkan sejak saat manusia menjadi pemburu dan pengumpul makanan-makanan di zaman purba.

Sebagai contoh, sayuran lembek saat dimakan merupakan indikasi bahwa sayuran tersebut sudah tidak lagi segar dan kurang enak daripada sayuran yang renyah saat dimakan.

Selain indikator kesegaran, faktanya semakin renya ayam goreng, semakin mudah juga ayam untuk dikunyah, ditelan hingga diproses dalam perut.

 

Kenyang dan Puas

Pertama-tama, lemak memang memiliki reputasi yang buruk. Tetapi, tubuh Anda sebenarnya membutuhkan sejumlah lemak dalam makanan Anda untuk kesehatan dan rasa kenyang.

Kombinasi lemak alami dalam ayam serta garam di dalamnya membantu tubuh Anda memahami bahwa ayam yang Anda makan adalah makanan yang memuaskan, mengenyangkan dan lezat.

Kulit ayam goreng saja telah membawa banyak faktor rasa dan tekstur yang kompleks sehingga menciptakan rasa kontras dan dinamis di dalam pengalaman konsumsi Anda. Hal tersebut menantang dan merangsang otak.

Selama proses memasak, zat kimiawi ayam goreng juga sebenarnya lebih diandalkan untuk menjaga konsistensi panas, mengurangi air dan memusatkan lemak. Yang menyebabkan ayam lebih mudah dimasak dibandingkan dengan bahan makanan lain.Sekarang Anda telah mengetahui alasan mengapa ayam goreng jelas lebih enak, memuaskan dan menyenangkan untuk dimakan. Dengan resep ayam goreng renyah, Anda bisa membuat ayam goreng dengan cita rasa restoran kapanpun dan dimanapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *