Cara Membuat Resep Ayam Kremes

Gambar Tutorial Cara Membuat Resep Ayam Kremes Enak

Mengolah ayam mengikuti resep ayam kremes dengan bumbu yang tepat bisa menghasilkan hidangan yang sangat lezat. Ayam memang bahan makanan yang sering diolah menjadi berbagai macam hidangan menarik.

Anda bisa membuat ayam goreng sederhana, ayam bakar ataupun berbagai cara penyajian sesuai dengan berbagai resep lainnya.

Bagi Anda yang menyukai ayam goreng namun bosan dengan cara lama, Anda bisa mencoba membuat ayam kremes yang gurihnya selalu menggugah selera makan.

 

Bahan-bahan untuk Resep Ayam Kremes Gurih

Cara bikin ayam kremes identik dengan adanya kremesan atau ada juga yang menyebutnya kriuk. Kremesan inilah yang menjadi ciri khas dari menu makanan yang banyak ditemui di Jawa Tengah dan sekitarnya ini.

Untuk membuatnya, tentu ada beberapa tahap yang perlu dilakukan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena proses pembuatan seluruh komponen menu ayam kremes ini cukup mudah. Berikut ini beberapa bahan yang Anda butuhkan saat ingin membuat ayam kremes:

 

1. Bahan Utama

  • 1 ekor ayam kampung atau ayam broiler yang dipotong menjadi 8 bagian
  • Minyak goreng

 

2. Bahan untuk Bumbu Ayam Kremes

  • 7 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 2 batang serai
  • 2 ruas jahe
  • 5 ruas lengkuas
  • 5 ruas kunyit
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 3 sendok teh garam
  • 3 butir kemiri
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam

 

3. Bahan untuk Kremesan

  • 125 gram tepung tapioka
  • 3 sendok makan tepung beras
  • 200 ml air ungkepan
  • 65 ml santan instan
  • 35 ml air untuk mengencerkan santan
  • 1/2 butir telur yang dikocok lepas
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan garam

 

Cara Membuat Resep Ayam Kremes Gurih

Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk membuat ayam kremes, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghaluskan semua bumbu yang sudah disiapkan. Haluskan bahan-bahan untuk bumbu halus, blender sampai benar-benar halus.
  2. Cuci bersih ayam yang sudah disiapkan lalu campurkan dengan bumbu yang sudah dihaluskan
  3. Jika ayam sudah tertutup seutuhnya dengan bumbu, masak ayam dengan menggunakan panci presto.
  4. Tuangkan air sebanyak 500 ml lalu masak sekitar 15 menit.
  5. Setelah ayam matang, pisahkan ayam dari air ungkepan dari panci presto.
  6. Selanjutnya ambil 200 ml dari air ungkepan tersebut untuk dibuat menjadi bahan kremesan.

 

Selesai dengan proses pembuatan ayam setelah dipresto, selanjutnya Anda bisa membuat kremesan terlebih dahulu. Caranya adalah:

  1. Campurkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kremesan kecuali baking powder
  2. Aduk rata semua bahan tersebut kemudian masukkan baking powder
  3. Masukkan adonan untuk kremesan ke dalam botol atau saringan.
  4. Kucurkan ke dalam wajan yang sudah diisi minyak panas agar kremesan yang dihasilkan lebih kriuk.
  5. Jangan buat kremesan terlalu banyak dalam sekali gorengan, kucurkan adonan sedikit demi sedikit agar seluruh bagian kremes terendam minyak.
  6. Sebaiknya kucurkan adonan dengan jarak sekitar 25 centimeter dari atas wajan. Jangan buat kremesan terlalu banyak pula agar hasilnya renyah tahan lama.
  7. Jika kremesan sudah matang seutuhnya, selanjutnya angkat dan tiriskan agar minyaknya berkurang.
  8. Jika kremesan sudah siap, Anda bisa melanjutkan dengan menyiapkan ayamnya.
  9. Goreng ayam yang sudah diungkep sebelumnya hingga matang
  10. Lalu tiriskan ayam kemudian sajikan lengkap dengan kremesan yang sudah dibuat sebelumnya.

 

Tips Cara Membuat Ayam Kremes di Rumah

Saat cara membuat ayam kremes di rumah ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Termasuk jika ada alat maupun bahan yang tidak Anda miliki. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu Anda:

  1. Jika Anda tidak memiliki panci presto, Anda tetap bisa memasak ayam kremes dengan mengungkepnya terlebih dahulu di panci biasa. Ungkep ayam menggunakan api sedang hingga bumbu halus yang melumurinya benar-benar meresap. Angkat setelah ayam lunak.
  2. Bagi Anda yang menggunakan jenis ayam kampung, sebaiknya tambahkan sedikit air dari takaran yang sudah disebutkan. Selain itu, tambah juga durasi waktu memasak atau mengungkep ayam agar lebih lunak.
  3. Ketika menggoreng kremesan, jangan lupa untuk mengocok botol yang digunakan sebagai wadah adonan terlebih dahulu. Kocok setiap akan menuangkan adonan dari dalam botol untuk digoreng ke dalam wajan.
  4. Agar kremesan yang dihasilkan bisa lebih renyah tahan lama, tiriskan terlebih dahulu hingga minyak menyusut. Kemudian tunggu kremesan hingga cukup dingin, jangan langsung simpan kremesan ke dalam toples saat masih panas.
  5. Simpan kremesan ke dalam toples yang kedap udara ataupun dalam plastik dengan kemasan penutup yang kedap udara. Agar saat memakannya kremesan tetap terasa renyah dan kriuk.
  6. Jangan lupa hidangkan ayam kremes dengan sambal yang akan semakin menggugah selera.

 

Ayam Goreng Kremes Ny. Suharti yang Melegenda

Cara bikin Ayam Goreng Kremes Ny Suharti enak

Ayam kremes memang salah satu menu olahan berbahan dasar ayam yang sangat diminati di Indonesia. Bahkan di Yogyakarta dan sekitarnya, menu ini sudah sangat dikenal sejak puluhan tahun silam hingga kini.

Salah satu yang paling dikenal tentu saja olahan bumbu ayam kremes ala Ny. Suharti yang sudah banyak digandrungi pecinta ayam. Konon, resep ayam goreng kremes yang dibuat oleh Ny. Suharti ini mengikuti resep turun temurun dari Mbok Berek.

Resep olahan ayam dari Mbok Berek sendiri ternyata sudah banyak disukai masyarakat Yogyakarta dan kalangan keluarga Keraton sejak dulu. Menurut kabar yang beredar, bahkan Presiden Soekarno juga sangat mengagumi kelezatan olahan ayam goreng kremes dari Mbok Berek.

Belajar dari resep pendahulunya, Ny. Suharti bersama dengan sang suami mulai menjajal resep ayam olahannya sendiri. Kemudian mulai menawarkan hasil olahannya dengan berjualan dari rumah ke rumah pada awalnya. Hingga bisnisnya terus berkembang dan akhirnya bisa membuka restoran sendiri.

Saat ini bisnis yang pada mulanya dibangun di Yogyakarta itu, sudah mulai membuka cabang di beberapa kota lainnya. Seperti Purworejo, Semarang, Jakarta, Tangerang, Bandung, Sumedang, Pekanbaru, hingga Medan.

Berkembang pesatnya bisnis yang mengandalkan ayam sebagai bahan utamanya tersebut juga telah menjadi bukti. Bahwa pada dasarnya bahan ini masih sangat potensial untuk diolah menjadi berbagai hidangan menarik dan digemari banyak orang.

 

Berapa Jumlah Kalori pada Ayam Kremes?

Bagi Anda yang sedang diet atau takut dengan jumlah kalori berlebihan mungkin sedang memikirkan pertanyaan ini. Sebenarnya memang penting untuk mengetahui berapa jumlah kalori dari makanan yang kita konsumsi. Terutama saat menikmati ayam kremes yang nampak lezat ini.

Ternyata, daging ayam merupakan daging yang kalorinya lebih rendah jika dibandingkan dengan daging merah. Tapi meskipun memiliki jumlah kalori yang lebih rendah, cara memasak daging ayam bisa memberikan pengaruh terhadap jumlah teorinya.

Melansir dari Healthline, ada beberapa cara yang bisa mempengaruhi meningkatnya kandungan kalori pada ayam. Yaitu saat dimasak dengan cara digoreng, melumurinya dengan tepung, atau menikmatinya dengan menambah saus.

Saat membuat dan mengkonsumsi hasil olahan resep ayam kremes, tentu saja potensi untuk terjadinya peningkatan jumlah kalori sangat besar terjadi. Mengingat proses pembuatannya dengan cara digoreng dan menggunakan kremes yang berbahan dasar tepung.

Jumlah kalori pada masing-masing bagian ayam juga berbeda, tetapi yang pasti seluruh bagian ayam akan meningkat kalorinya jika dimasak dengan cara digoreng dan dilumuri tepung. Contohnya pada bagian paha yang dibalut tepung, kalorinya bisa melonjak menjadi 162 serta mengandung 9,3 gram lemak.

Begitu pula yang terjadi pada seluruh bagian ayam lainnya yang dimasak dengan cara digoreng dan dibalut tepung. Peningkatan kalori akan sangat mudah terjadi melalui cara masak demikian.

 

Tips Menjaga Kalori untuk Mengkonsumsi Ayam Goreng Kremes

Meski mengolah resep ayam kremes bisa dilakukan dengan mudah, Anda tetap harus menjaga asupan kalori dalam tubuh. Agar Anda tetap bisa menikmati ayam kremes dengan jumlah kalori lebih terkontrol, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, seperti:

  1. Gunakan minyak yang baru saat menggoreng ayam dan kremes
  2. Jangan gunakan minyak terlalu banyak saat menggoreng
  3. Nikmati ayam kremes dalam porsi kecil, jangan konsumsi berlebihan
  4. Hindari mengkonsumsi bagian kulit ayam karena kulit ayam memiliki kalori lebih besar
  5. Nikmati ayam kremes bersama dengan sayuran atau lalapan agar lebih menghemat penumpukan kalori

 

Jangan lupa imbangi dengan melakukan olahraga secara rutin dan minum air putih yang cukup setiap hari agar kesehatan tetap terjaga. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *