Resep Ayam Pop

Gambar Resep Ayam Pop Padang dan Sederhana

Ayam pop merupakan salah satu makanan populer khas Minang yang disukai semua orang. Buktinya saja, banyak orang yang mencari resep ayam pop di jejaring internet. Ingin tahu lebih lanjut? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

 

Pengertian Ayam Pop

Ayam pop merupakan salah satu hidangan yang berasal dari Sumatera Barat, lebih tepatnya Minang. Sebenarnya, jenis ayam yang satu ini hampir sama dengan ayam goreng, hanya saja warnanya lebih pucat.

Berbeda dari ayam goreng, ayam pop hanya digoreng sebentar untuk mendapat tekstur renyah yang sedikit. Namun, hal itu bukan menjadi alasan ayam pop kehilangan rasa.

Sebelum digoreng, ayam pop sudah diberi dengan bumbu rebusan agar rasanya lezat dan gurih. Karena cita rasanya lebih unik, maka resep ayam pop cenderung lebih panjang daripada resep ayam goreng.

 

Sejarah Ayam Pop

Sebenarnya, tidak ada yang tahu sejarah ayam pop secara pasti. Namun, beberapa sumber menyebut bahwa ayam pop bermula dari salah satu restoran bernama Family Benteng Indah di Bukittinggi. Diketahui, restoran ini berdiri sejak tahun 1963 silam.

Awalnya, restoran ini hanya menyajikan ayam goreng biasa. Namun, hal itu hanya berlangsung sampai suatu hari restoran mengalami perkembangan pesat dan kenaikan jumlah pelanggan. Karena tidak ingin pelanggannya menunggu lama, restoran tersebut langsung merebus ayam dalam cincangan bawang putih dan santan, lalu digoreng sebentar.

Secara tidak sengaja, hidangan ayam tersebut menjadi populer dan disukai semua kalangan. Bentuk dan aroma khasnya yang unik membuat masyarakat sekitar penasaran.

Kala itu, hidangan ini langsung menjadi favorit masyarakat keturunan Tionghoa yang bersemayam di Bukittinggi. Pasalnya, ayam pop memiliki warna pucat pasi yang sangat mirip dengan ayam hainan khas Tionghoa.

Pasti Anda sedang bertanya-tanya, kenapa dinamai ayam pop? Ternyata, ada alasannya loh. Kala itu, genre musik yang paling populer adalah pop, jadi hidangan tersebut diberi nama ayam pop.

Selain itu, ada pula sumber yang menyebut bahwa hidangan ini mulai dikenal pada tahun 1976. Menurut sumber tersebut, restoran Simpang Raya lah yang menemukan sekaligus mempopulerkan ayam pop.

Meskipun banyak versi terkait sejarah ayam pop, namun Anda dapat menikmati santapan lezat ini hingga sekarang. Tidak hanya membeli di restoran Padang, Anda juga bisa membuat sendiri dengan mencari resep ayam pop di internet.

 

Fakta Mengenai Ayam Pop

Ayam pop memang sangat populer berkat citarasa dan bentuknya yang unik. Apakah Anda pernah mencicipi hidangan lezat ini? Jika belum, tak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui beberapa fakta mengenai ayam pop.

 

1. Termasuk Ayam Goreng

Tahukah Anda bahwa sebenarnya ayam pop merupakan salah satu jenis ayam goreng? Beberapa pakar menyebut hal ini karena cara pengolahannya melalui proses penggorengan.

Namun, dari segi penampilan memang sedikit berbeda. Jika biasanya ayam goreng berwarna coklat keemasan, ayam pop malah memiliki warna putih pucat.

Bagaimana tidak? Ayam pop memang hanya digoreng dalam durasi yang singkat. Meskipun begitu, ayam pop sudah direbus terlebih dahulu sebelum digoreng. Jadi, Anda tidak perlu takut sakit perut karena ayamnya masih mentah.

 

2. Proses Pengolahannya Panjang

Meskipun proses memasaknya singkat, tapi proses pengolahan ayam pop sangat panjang, loh. Jika tak percaya, coba saja cari resep ayam pop di browser yang Anda miliki.

Setelah dibersihkan dan dipotong, ayam harus direbus dengan bumbu halus terlebih dahulu. Jika sudah, ayam harus direbus lagi dengan tambahan air kelapa supaya aroma dan citarasa daging ayam lebih pekat. Bila tekstur daging sudah empuk, Anda dapat mengangkat dan meniriskannya hingga kadar air berkurang.

Selanjutnya, barulah Anda dapat memanaskan minyak dan menggoreng ayam tadi dengan durasi yang singkat. Goreng hingga bagian luarnya saja yang kering agar warna putih pucat bisa didapatkan.

 

3. Menggunakan Ayam Kampung

Apakah Anda pernah bertanya-tanya, ayam pop terbuat dari apa? Ternyata, ayam yang biasanya digunakan untuk membuat ayam pop adalah jenis ayam kampung.

Ayam kampung dijadikan sebagai pilihan utama lantaran cita rasanya yang gurih dan khas. Lebih lanjut, bagian ayam yang paling sering digunakan adalah dada dan paha.

 

4. Rasa dan Aromanya Unik

Seperti yang diketahui, ayam pop memang memiliki aroma rempah yang sangat pekat. Selain itu, hidangan khas Minang ini juga memiliki rasa yang gurih dengan sensasi asam. Perpaduan rasa unik ini berasal dari ayam kampung dan bumbu rempah yang diperkaya dengan air kelapa.

 

5. Disantap Bersama Hidangan Pendamping

Pada umumnya, ayam pop disajikan bersama dengan nasi putih yang masih hangat. Untuk menambah cita rasanya, Anda juga bisa menyajikannya bersama hidangan pendamping.

Anda bisa menyajikannya bersama dengan daun singkong rebus, sambal tanak, sambal tomat cabai, dan taburan bawang goreng. Sebaiknya, sesuaikan hidangan pendamping dengan selera Anda.

 

Manfaat Ayam Pop

Selain gurih dan lezat, ternyata ayam pop juga memiliki segudang manfaat. Berikut beberapa manfaat ayam pop yang wajib Anda ketahui:

 

1. Membantu Pembentukan Otot

Ayam pop mengandung protein yang sangat tinggi. Protein tersebut berfungsi untuk memaksimalkan pembentukan otot di tubuh manusia. Tidak hanya itu, protein juga akan menguatkan otot-otot yang sudah terbentuk.

Maka, tak heran jika resep ayam pop sering dipilih sebagai menu masakan dalam program diet. Menurut penelitian, bagian dada ayam mengandung protein sekitar 25-30 gram.

 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit mematikan yang banyak diderita masyarakat. Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar RI tahun 2018 silam, angka penduduk dengan penyakit jantung mencapai 2.784.064 individu.

Ternyata, mengonsumsi ayam pop dengan rutin dapat membantu mencegah serangan jantung. Pasalnya, ayam ini mengandung vitamin B6 yang baik untuk kesehatan jantung.

 

3. Menghilangkan Stres

Jika Anda sedang mengalami stres atau depresi, Anda bisa mengonsumsi ayam pop secara rutin. Pasalnya, hidangan ini mengandung tryptophan dan vitamin B5 yang dapat menekan tingkat stres.

Entah bagaimana, zat ini mampu menenangkan saraf manusia. Dengan begitu, suasana hati Anda akan kembali riang seperti sedia kala.

 

4. Mengatur Kadar Kolesterol

Beberapa orang beranggapan bahwa ayam pop mengandung banyak kolesterol jahat. Namun, tanggapan tersebut berhasil dibantah. Bukannya mengandung kolesterol jahat, daging ayam pop justru dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Pasalnya, ayam pop mengandung niacin. Jika diolah dengan benar dan disajikan tanpa lemak, ayam pop akan sangat membantu proses penurunan kolesterol.

 

5. Mengatasi Anemia

Terakhir, ayam pop juga memiliki manfaat untuk mencegah dan mengatasi anemia (kurang darah). Meskipun sering disepelekan, nyatanya penyakit ini dapat berakibat fatal bila dibiarkan.

Ayam pop mengandung zat besi yang dapat memperlancar produksi darah dalam tubuh. Dengan begitu, Anda tidak akan kekurangan darah lagi.

Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat ayam pop bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, manfaat yang akan Anda dapatkan tentu saja sangat bergantung pada bagaimana cara Anda mengolahnya. Untuk itu, pastikan Anda memilih resep ayam pop yang sehat dan bergizi.

Resep Ayam Pop

AvatarAuthorAr RasyidYields3 Servings

Bahan Utama :
 1kgayam kampung
 1lair kelapa muda
Bumbu :
 7 siung bawang merah
 3 siung bawang putih
 3 buah kemiri
 2 batang serai
 1 ruas lengkuas
 2 ruas jahe
 3 buah daun jeruk
 2 buah daun salam
Bahan Sambal :
 10buah cabai merah ukuran besar
 6siung bawang merah
 3siung bawang putih
 1buat tomat segar
 ½sendok teh merica / lada
 gula pasir
 garam

Cara Membuat Sambal :
1

Siapkan semua bahan untuk membuat sambal, lalu cuci sampai bersih

2

Haluskan semua bahan mulai dari cabai merah, merica, tomat, garam, gula, bawang merah dan putih.

3

Haluskan dengan cobek saja agar terasa lebih nikmat.

4

Jika sudah siapkan minyak goreng / minyak zaitun.

5

Tumis sambal yang sudah di haluskan tadi dengan api yang kecil.

6

Jika sudah mengeluarkan bau yang harum, angkat dan tiriskan.

Cara Membuat :
7

Siapkan Ayam kampung kemudian potong menjadi beberapa bagian sesuai selera.

8

Lalu cuci sampai bersih.

9

Siapkan semua bumbu.

10

Haluskan kemiri, bawang merah dan bawang putih.

11

Geprek kasar jahe, lengkuas dan batang serai.

12

Jika sudah siapkan panci.

13

Jika ada panci presto lebih baik menggunakan panci presto saja karena akan lebih empuk.

14

Letakkan ayam ke dalam panci.

15

Tambahkan 1 liter air kelapa muda.

16

Tambahkan bumbu yang sudah di haluskan.

17

Letakkan batang serai, lengkuas dan jahe yang sudah di geprek sebelum nya.

18

Masukkan daun salam dan daun jeruk.

19

Masak dengan api yang kecil.

20

Tiriskan, jika ayam sudah matang.

21

Pisahkan kulit ayam dengan daging nya

22

Siapkan minyak yang sudah panas.

23

Goreng ayam kurang lebih 15 detik saja, jangan sampai kecoklatan.

Tips Penyajian :
24

Siapkan nasi hangat secukup nya.

25

Tambahkan sambal yang sudah di buat dan lalapan mentimun.

26

Letakkan ayam pop yang sudah matang.

27

Taburi bawang goreng agar lebih nikmat.

28

Selesai, selamat menikmati.

Total Time55 minsRating

Ingredients

Bahan Utama :
 1kgayam kampung
 1lair kelapa muda
Bumbu :
 7 siung bawang merah
 3 siung bawang putih
 3 buah kemiri
 2 batang serai
 1 ruas lengkuas
 2 ruas jahe
 3 buah daun jeruk
 2 buah daun salam
Bahan Sambal :
 10buah cabai merah ukuran besar
 6siung bawang merah
 3siung bawang putih
 1buat tomat segar
 ½sendok teh merica / lada
 gula pasir
 garam

Directions

Cara Membuat Sambal :
1

Siapkan semua bahan untuk membuat sambal, lalu cuci sampai bersih

2

Haluskan semua bahan mulai dari cabai merah, merica, tomat, garam, gula, bawang merah dan putih.

3

Haluskan dengan cobek saja agar terasa lebih nikmat.

4

Jika sudah siapkan minyak goreng / minyak zaitun.

5

Tumis sambal yang sudah di haluskan tadi dengan api yang kecil.

6

Jika sudah mengeluarkan bau yang harum, angkat dan tiriskan.

Cara Membuat :
7

Siapkan Ayam kampung kemudian potong menjadi beberapa bagian sesuai selera.

8

Lalu cuci sampai bersih.

9

Siapkan semua bumbu.

10

Haluskan kemiri, bawang merah dan bawang putih.

11

Geprek kasar jahe, lengkuas dan batang serai.

12

Jika sudah siapkan panci.

13

Jika ada panci presto lebih baik menggunakan panci presto saja karena akan lebih empuk.

14

Letakkan ayam ke dalam panci.

15

Tambahkan 1 liter air kelapa muda.

16

Tambahkan bumbu yang sudah di haluskan.

17

Letakkan batang serai, lengkuas dan jahe yang sudah di geprek sebelum nya.

18

Masukkan daun salam dan daun jeruk.

19

Masak dengan api yang kecil.

20

Tiriskan, jika ayam sudah matang.

21

Pisahkan kulit ayam dengan daging nya

22

Siapkan minyak yang sudah panas.

23

Goreng ayam kurang lebih 15 detik saja, jangan sampai kecoklatan.

Tips Penyajian :
24

Siapkan nasi hangat secukup nya.

25

Tambahkan sambal yang sudah di buat dan lalapan mentimun.

26

Letakkan ayam pop yang sudah matang.

27

Taburi bawang goreng agar lebih nikmat.

28

Selesai, selamat menikmati.

Resep Ayam Pop
Pelajari Juga : Resep Soto Kudus

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *