Resep Ayam Shihlin

Cara Membuat Resep Ayam Shihlin Renyah

Resep Ayam Shihlin menjadi salah satu makanan favorit bagi kebanyakan masyarakat Indonesia hampir di semua kalangan usia. Berbagai olahan ayam biasa dikonsumsi untuk keluarga hingga acara acara tertentu sebagai sajian makanan. Tidak mengherankan, mengingat daging ayam dapat untuk diolah menjadi beragam jenis bumbu dan cara pengolahan.

Salah satu resep dan olahan dari daging ayam yang populer dan banyak dicari adalah ayam Shihlin. Resep daging ayam ini gurih dan crispy sehingga bakal bisa bikin Anda menjadi ketagihan. Namun terkadang, kita enggan membeli karena rasanya yang nikmat dan bikin kurang atau sulitnya menjumpai penjual ayam.

Hasilnya, resep ayam shihlin tentu sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia yang menyukai cita rasa berbumbu. Ditambah lagi harga ayam juga cukup terjangkau, terlebih bila dibandingkan dengan daging hewan yang lain dan sangat bermanfaat dan baik bagi kesehatan. Inilah alasan lain mengapa pilihan daging ayam begitu digemari dan disukai.

Resep Ayam Shihlin Pasti Enak dan Nikmat

Setelah melihat berbagai manfaat dari mengkonsumsi daging ayam, apakah Anda bisa daging ayam tersebut dengan berbagai jenis sajian. Salah satu yang cukup enak dan nikmat untuk Anda coba adalah sajian dengan menu ayam shihlin.

Ayam shihlin adalah masakan dari olahan daging yang dipotong filet dan diambil bagian dada, lalu tampilannya dibalut dengan tepung yang garing supaya bertekstur renyah dan gurih.

Ayam shihlin ini sebenarnya merupakan jajanan khas dari negeri Taiwan yang kini banyak kita jumpai di berbagai gerai yang ada di mall mall Indonesia.

Namun bagi Anda yang ingin cara memasak ayam shihlin dengan masakan lebih sehat, cobalah membuat sendiri ayam Shihlin di rumah. Berikut ini bahan, bumbu, serta resep cara membuatnya dengan mudah dalam berbagai variasi masakan.

 

Ayam Shihlin (Ayam Gunting ala Taiwan)

Bumbu Bahan Resep Ayam Shihlin

Bahan Resep Ayam Shihlin

  • 1 sendok teh merica
  • 1 sendok teh garam halus
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdm makan tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 2 potong dada ayam bersih yang sudah dikuliti
  • 2 sendok teh bawang putih dalam bentuk bubuk
  • 1 sendok teh ngohiong (atau chinese five spices)

Bahan Tepung Kriuk Ayam Shihlin

  1. Tepung tapioka
  2. Air secukupnya

Bahan Bumbu Taburan Ayam Shihlin

  • 1 sendok teh ngohiong
  • 2 sendok teh kaldu ayam
  • Cabai bubuk secukupnya sesuai selera

 

Cara Membuat Ayam Shihlin

  1. Ambil bagian dada ayam yang sudah tinggal daging atau tanpa tulang dan juga tanpa kulit.
  2. Keringkan memakai tisu.
  3. Belah ayam hingga jadi 3 bagian, kemudian ketuk sedikit saja supaya ayam jadi lebih tipis.
  4. Selanjutnya, taburkan bumbu ayam yang telah disiapkan yaitu ngohiong, bawang putih bubuk, garam halus, merica, tepung terigu, tepung maizena, dan air secukupnya.
  5. Aduk bumbu tersebut sampai merata dan tercampur dengan sempurna.
  6. Diamkan kurang lebih selama 1 hingga 2 jam dan jangan lupa tutuplah memakai plastik yang rapat.
  7. Campurkan lah tepung tapioka dengan air secukupnya, serta aduk hingga merata sampai tepung terlihat padat. Anda bisa menghancurkannya memakai garpu, namun bila tepung masih cair Anda bisa menambahkan tepung sampai padat.
  8. Langkah selanjutnya, saring tepung tersebut dan ambil bagian yang kasar.
  9. Masukkan campuran tersebut ke dalam loyang pada suhu 100 derajat celcius selama 15 menit agar matang.
  10. Ambillah tepung kembali dan pisahkan supaya tidak terjadi gumpalan.
  11. Langkah selanjutnya adalah membuat bumbu, yakni dengan cara mencampurkan bahan seperti bubuk kaldu ayam, ngohiong, hingga bumbu cabai bubuk secukupnya sesuai selera Anda.
  12. Ambillah ayam yang telah dimarinasi sebelumnya, lalu campurkan telur, aduk hingga merata.
  13. Masukkan ayam berbumbu pada tepung yang telah dioven hingga merata.
  14. Selanjutnya, goreng ayam dengan menerapkan teknik deep fry, serta pastikan agar ayam jangan sampai jadi terlalu kering.
  15. Biarkan matang dan angkat
  16. Taburkan bumbu tabur yang sudah dibuat saat ayam masih cukup panas, sehingga bumbunya bisa meresap dengan sempurna.

 

Ayam Shihlin Versi Rumahan

Bahan dan Resep Ayam Shihlin

  • 1/4 ayam filet

Bahan Marinasi Ayam Shihlin

  • 2 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1 siung bawang putih halus

Bahan Kering Ayam Shihlin

  • 1/4 tepung tapioka
  • 1/2 sendok teh bubuk kayu manis
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1 sendok teh garam / bumbu penyedap
  • Air panas

Bahan Basah Ayam Shihlin

  • 1 butir telur
  • 1/2 gelas air
  • 1/4 gelas susu UHT (opsional)

Cara Membuat Ayam Shihlin Enak

  1. Ambil ayam yang sudah disiapkan dan lakukan marinasi ayam filet pakai bumbu marinasi yang sudah tercampur seluruhnya.
  2. Diamkan untuk marinasi kurang lebih 5 menit lamanya
  3. Campurkan bahan yang sudah disiapkan seperti tepung tapioka, kayu manis, bubuk merica dan terakhir garam.
  4. Tetesi atau ciprati sedikit tepung menggunakan air panas dengan garpu supaya bisa muncul berupa gumpalan kecil kecil pada tepung.
  5. Ambil ayam yang sudah dimarinasi, celupkan pada bahan basah, bahan kering secara bergantian.
  6. Langkah selanjutnya, gorenglah ayam dalam keadaan minyak yang telah panas menggunakan tingkat api sedang sampai berubah warna jadi kuning keemasan.
  7. Tambahkan bubuk cabai, bila Anda ingin cita rasa pedas.

Menu Ayam Shihlin versi Taiwanese Crispy Chicken

Bahan Ayam Shihlin

  • 1 kg dada ayam filet
  • 2 sendok makan lada
  • 2 sendok makan garam
  • 50 gram tepung terigu
  • 150 gram tepung tapioka
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bumbu tabur (rasa barbeque dan rasa rumput laut)

 

Cara Membuat Ayam Shihlin

  1. Belah dada ayam yang telah disiapkan jadi 2 dan pastikan jangan sampai putus. 2. Selanjutnya, pukul pukul kecil tiap potongan ayam hingga terlihat lebih tipis.
  2. Panaskan minyak goreng.
  3. Campur bumbu lada dan juga garam ke dalam mangkuk dan aduklah hingga merata.
  4. Taburkan bumbu campur tersebut pada kedua sisi ayam yang telah disiapkan dan sisihkan.
  5. Siapkan wadah untuk mencampur bahan tepung terigu dan air secukupnya. 7. Campurkan air tersebut sedikit demi sedikit dan pastikan agar tidak terlalu encer. Bila ingin rasa yang lebih kompleks, Anda bisa mencampurkan lada dan garam pada tepung terigu tersebut.
  6. Ambillah potongan ayam dan balurkan adonan tepung pada kedua sisi ayam.
  7. Balurkan menggunakan tepung tapioka.
  8. Tunggu minyak panas dan goreng ayam sampai matang.
  9. Angkat dan tiriskan bila sudah matang.
  10. Langkah selanjutnya adalah dengan menaburkan bumbu tabur yang sudah disiapkan.
  11. Jika sudah, potong potong menggunakan gunting yang bersih.

 

Itulah tadi berbagai varian cara memasak ayam shihlin yang bisa Anda praktekkan di rumah. Anda bisa mencoba ketiga varian resep diatas sesuai dengan citarasa yang dihasilkan dan yang sesuai dengan lidah. Tentu saja selera dari cita rasanya juga berbeda beda pada masing masing orang.

Bagi Anda pecinta makanan rumahan, tentu memilih bumbu ayam shihlin versi rumahan bisa jadi pilihan tepat untuk masakan keluarga Anda. Namun bagi Anda yang menyukai cita rasa lembut ayam goreng khas Taiwan, memilih sajian resep khusus ayam goreng Taiwan di atas cocok untuk Anda sajikan.

Apapun resep yang Anda inginkan, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan selera Anda dan juga masing masing anggota keluarga. Resep ayam shihlin manapun, semuanya memiliki kelebihannya masing masing dan layak untuk Anda coba di rumah.

Manfaat Konsumsi Olahan Daging Ayam untuk Kesehatan

Kesehatan Otot

Perlu Anda tahu bahwa daging ayam mengandung protein baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena memiliki kandungan protein yang tinggi.

Tingginya kandungan protein tersebut bisa membantu Anda untuk membantu pembentukan otot tubuh, sehingga sering dikonsumsi bagi mereka yang membentuk massa otot melalui kegiatan gym.

Meningkatkan Metabolisme

Selain protein, daging ayam juga memiliki kandungan vitamin B6 yang bisa membantu Anda untuk lebih meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Menghilangkan Stres

Manfaat lain dari konsumsi ayam adalah bisa menghilangkan rasa stres, karena adanya kandungan vitamin B5. Terdapat juga kandungan asam amino yang sering dikenal dengan nama tryptophan yang berfungsi membantu untuk menghilangkan rasa stres. Zat ini juga bisa mengubah suasana hati jadi lebih tenang dan rileks, sehingga membuat pikiran makin tenang.

Mengobati Anemia

Terdapat kandungan lain yang ada di dalam daging ayam, yakni memiliki kandungan zat besi yang berguna untuk memperlancar peredaran atau sirkulasi darah di dalam tubuh. Sehingga mengonsumsinya sangatlah bagus untuk Anda yang menderita gejala anemia.

Cegah Penyakit Alzheimer

Banyak di antara Anda mungkin belum tahu, bahwa daging ayam bisa membantu dalam mencegah munculnya risiko penyakit Alzheimer. Di mana penyakit Alzheimer ini merupakan penyakit yang menyerang otak dan bisa membuat seseorang mengalami penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, kemampuan bicara, dan gangguan perilaku lain.

Melawan Penyakit

Mengonsumsi daging ayam bisa membuat tubuh Anda lebih kebal dan mampu melawan penyakit, karena adanya senyawa selenium yang berfungsi dalam membantu tubuh melawan penyakit.

Apalagi ada juga kandungan seperti senyawa antioksidan yang baik dan penting untuk mencegah risiko gangguan jantung, terjadinya peradangan, hingga gangguan sistem saraf.

Risiko Kanker Menurun

Di dalam daging ayam terdapat kandungan senyawa yang penting bagi tubuh seperti Vitamin B, Niacin, dan juga kandungan Selenium. Berbagai senyawa ini dapat menangkal potensi sel terkena radikal bebas. Di mana kondisi ini bisa memicu munculnya risiko kanker dan juga berbagi penyakit berkaitan dengan rusaknya sel DNA.

Menjaga Kesehatan Tulang

Bukan hal baru kalau di dalam daging ayam terkandung protein. Tapi selain itu, terkandung pula senyawa dalam daging ayam yang meliputi fosfor dan kalsium.

Zat mineral ini efektif dalam membantu tubuh Anda untuk menjaga kesehatan tulang menjadi lebih kuat dan terhindar dari risiko tulang keropos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *