Tips Resep Bakwan Jagung Renyah dan Nikmat

gambar resep bakwan jagung renyah

sumber gambar canva.com

 

Membuat masakan praktis seperti resep bakwan jagung adalah salah satu opsi terbaik untuk menambah variasi masakan rumahan. Gorengan satu ini termasuk menjadi favorit bagi banyak orang karena teksturnya yang renyah di luar tetapi kenyal dan empuk di bagian dalamnya. Paduan tepung yang gurih dan jagung yang manis menjadikan rasa bakwan jagung menjadi nikmat untuk disantap bersama dengan hidangan utama.

Bakwan jagung adalah salah satu jenis camilan gorengan yang wajib untuk dikuasai. Cara pembuatannya terhitung praktis. Bahan-bahan yang diperlukan juga termasuk mudah untuk didapatkan serta ekonomis. Ini adalah menu andalan yang bisa digunakan untuk menambah kelengkapan lauk pauk di meja makan.

Bakwan jagung dapat dinikmati di keseharian. Anda juga bisa membuatnya dengan menggunakan beberapa kondimen tambahan seperti toge kecil-kecil atau daun bawang untuk memperkaya cita rasa dari gorengan ini. Tentu saja, memasak bakwan jagung ini tidaklah sulit. Yang kita perlukan adalah kemampuan untuk menggoreng dengan baik sehingga terhindar dari adonan yang gosong.

Bakwan jagung bisa menjadi pelengkap hidangan pada menu utama makanan harian. Lauk ini juga terhitung praktis sekaligus ekonomis. Anggaran rumah tangga bisa lebih hemat dengan membuat bakwan jagung ini. Mau tanpa isian atau lengkap isiannya, semua terserah sesuai dengan kesukaan dan preferensi masing-masing. Bakwan jagung merupakan jenis gorengan yang cocok untuk dinikmati bersama dengan nasi dan hidangan lainnya.

 

Sejarah

Ada fakta unik terkait dengan bakwan jagung ini. Siapa yang sangka jika hidangan yang terkesan sangat tradisional ini rupanya mendapat pengaruh dari kuliner Spanyol dan Portugis. Pada masa Portugis mulai datang ke Indonesia, banyak pedagang yang membawa biji-bijian jagung. Karena tanah di Indonesia yang cocok untuk ditumbuhi hampir semua jenis tanaman, bijian jagung tersebut kemudian tumbuh subur di Indonesia.

Mulanya, olahan bakwan jagung di era tersebut biasanya menghasilkan camilan bakwan jagung yang manis. Namun karena gula sangat mahal pada era tersebut, maka resep bakwan jagung yang dibuat oleh masyarakat Indonesia kemudian lebih cenderung ke gurih dan asin. Rasa manis hanya berasal dari jagungnya saja. Inilah yang kemudian menjadi rasa bakwan jagung yang dipertahankan hingga saat ini.

Bakwan jagung memiliki testur yang unik karena bulir-bulir jagung dibiarkan saja tanpa dihaluskan. Ini membuat sensasi pada saat memakan bakwan jagung terasa lebih bertekstur. Bijian jagung yang ada pada bakwan jagung juga membuat rasa pada saat memakan bakwan menjadi lebih mantap.

Bakwan jagung ini kemudian biasa disajikan sebagai cemilan kala siang hari bersama dengan gorengan lain. Camilan ini juga bisa digunakan sebagai tambahan lauk pauk. Tentunya ini merupakan hal yang menarik karena camilan ini bisa disajikan dalam berbagai macam even. Makanan ini bahkan juga bisa digunakan untuk pelengkap snack box.

 

Manfaat dan Kandungan Gizi

Gorengan pada dasarnya merupakan makanan yang dianggap sebagai sumber kolesterol. Namun demikian, bakwan jagung tetap dapat memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh karena bahan utama yang dipakai adalah jagung. Jagung memiliki kandungan karbohidrat yang baik.

Ini artinya, jagung dapat menjadi sumber energi dan kalori yang baik untuk tubuh. Dengan memakan bakwan jagung, setidaknya bisa menjadi penunda lapar untuk makan hidangan utama nantinya. Jagung juga memiliki antioksidan yang bagus untuk tubuh. Oleh karena itu, daripada mengkonsumsi jagung secara langsung, ada baiknya dikreasikan dengan menggunakan olahan seperti bakwan jagung semacam ini. Bakwan jagung bisa menjadi opsi yang menarik terutama untuk menambah selera makan seseorang. Variasi dari olahan jagung ini juga dinilai praktis untuk dibuat.

Selain memiliki kandungan antioksidan dan kalori yang baik, jagung juga memiliki kandungan vitamin dan mineral. Komposisi ini bisa dipertahankan dengan baik jika jagung diolah dengan baik pula. Jagung dapat menyuplai kebutuhan vitamin pada tubuh terutama vitamin A. Kandungan gula alami yang ada pada jagung juga dinilai aman untuk penderita penyakit gula atau diabetes.

Tentu saja manfaat ini merupakan manfaat yang didapat dari mengkonsumsi jagung. Bila dikreasikan sebagai bakwan jagung, manfaat tersebut bisa dipertahankan asalkan pada saat mengolah digunakan minyak goreng baru dengan suhu yang mencukupi untuk mempertahankan kandungan nutrisi yang ada pada jagung.

 

Yang Perlu Diperhatikan

Mengolah adonan bakwan jagung memerlukan ketelitian. Jumlah takaran yang pas menjadi penting supaya adonan tidak terlalu encer dan mampu memberikan tekstur yang bagus pada jagung nantinya. Supaya Anda mendapatkan resep bakwan jagung yang renyah dan krispi, ada baiknya menambahkan beberapa tepung beras supaya ada tekstur keras yang didapatkan nantinya.

Masalah yang sering ditemukan pada saat mengolah gorengan semacam ini adalah sifatnya yang akan melempem jika dibiarkan terlalu lama. Solusinya adalah dengan menambahkan tepung beras pada adonan sehingga teksturnya akan lebih padat dan keras. Namun perlu diingat, tepung beras yang terlalu banyak justru akan membuat gorengan mengeras dan sulit untuk dikonsumsi. Oleh karenanya, kita perlu memperhatikan seberapa banyak takaran antara tepung beras dan terigu yang akan digunakan pada adonan bakwan.

Selain itu, jenis jagung yang digunakan juga perlu diperhatikan. Hati-hati jangan sampai memilih jenis jagung popcorn atau jagung batu. Tentunya Anda tidak ingin bakwan jagung yang diolah kemudian gagal akibat salah memilih jenis jagung. Umumnnya, jagung yang sudah masak masih memiliki kandungan air yang cukup di dalam bijinya. Jagung yang terlalu kering perlu dihindari sebagai bahan untuk membuat bakwan. Ini akan susah dikonsumsi dan membuat bakwan gagal untuk dibuat.

Hal lain yang juga cukup penting adalah mengenai tambahan kondimen pada adonan bakwan jagung yang Anda buat. Jangan mencoba menambahkan bahan-bahan yang kurang lumrah. Kondimen seperti irisan wortel, bawang goreng, daun bawang atau tauge kecil-kecil sudah cukup untuk melengkapi bakwan jagung ini menjadi lebih bertekstur. Jika ingin lebih sehat, Anda juga bisa menambahkan potongan daun kubis yang sudah dicacah lembut untuk memberikan tekstur sayuran yang sehat pada bakwan ini. Rasanya tentu menjadi lebih kaya dan juga menarik.

Jagung manis merupakan jenis jagung yang umumnya bisa digunakan untuk bahan bakwan jagung. Rasanya yang memang manis menjadikan jagung ini enak untuk disantap. Anda bisa menyisir biji-bijiannya dan menyisihkannya untuk kemudian dicampurkan ke dalam adonan bakwan. Keuntungan dengan menggunakan jagung manis adalah Anda tidak perlu menambahkan gula pada adonan karena rasa dari jagung itu sendiri sudah manis. Selain itu, jika ternyata jagung yang digunakan sisa, Anda bisa memanfaatkannya lagi nanti sebagai menu lain seperti misalnya sup jagung atau jagung bakar manis. Cukup menarik dan fleksibel, bukan?

 

Saran Penyajian

Tidak ada cara yang khusus untuk menyajikan bakwan jagung ini. Kelengkapan lain yang bisa Anda tambahkan adalah dengan memberikan cabai rawit sebagai pelengkap gorengan ini. Bila mau, Anda juga bisa membuat sambal tambahan yang bisa dicocol untuk bakwan goreng ini. Sambal tersebut bisa seperti sambal kecap atau sambal bawang tomat matang.

Ini akan memberikan cita rasa yang lebih untuk menikmati bakwan goreng ini. Selain itu, Anda juga bisa menyajikan bakwan goreng bersama dengan gorengan yang lainnya. Adonan yang lumayan mirip bisa digunakan untuk mengkreasikan jenis gorengan lainnya.

Bumbu kacang juga bisa ditambahkan sebagai cocolan untuk resep bakwan jagung. Cara membuat bumbu kacang ini juga mudah untuk dipelajari. Pada dasarnya, pembuatan bakwan jagung memang praktis dan kreasi Anda yang akan menentukan seperti apa hasil akhir yang diinginkan. Jika segala sambal atau baluran kuah bumbu kacang sudah siap, Anda juga bisa menyiapkan kopi atau teh manis sebagai minuman bersama camilan ini. Ini akan menjadi hidangan yang menarik dan lengkap untuk menemani bekerja di kala siang hari.

Bakwan jagung juga sebenarnya bisa dikombinasikan dengan makanan lain. Beberapa makanan seperti lotek atau gado-gado biasanya juga menggunakan isian bakwan. Anda bisa mengiris bakwan jagung menjadi kecil-kecil untuk kemudian ditambahkan sebagai isian dari lotek atau gado-gado.

Bakwan jagung ini juga bisa disajikan dengan berkuah. Kuah yang digunakan mirip seperti yang ada pada kuah batagor sehingga menjadikan variasi bakwan jagung ini disajikan dengan cara yang lebih unik dan berbeda. Cara-cara penyajian ini bisa Anda kreasikan lagi sesuai dengan keinginan Anda. Bakwan jagung memang cukup fleksibel untuk disajikan ke dalam berbagai macam bentuk hidangan.

 

Langkah Pembuatan

Berikut ini adalah cara untuk membuat resep bakwan jagung yang praktis dan bisa dikerjakan dari rumah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah praktis ini dan membuat modifikasi sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Tentu saja, ini merupakan pilihan yang cocok untuk menambah lauk yang istimewa di meja makan Anda. Seperti apa caranya? Simak dari mulai persiapan bahan dan cara membuatnya berikut ini:

Bahan yang Diperlukan

  • 3 buah jagung manis (sisir dan sisihkan bijinya)
  • Tepung terigu dengan protein rendah 7 sdm
  • Tepung beras 2 sdm
  • Bawang merah diiris halus sebanyak 8 butir
  • Bawang putih yang sudah ditumbuk halus sebanyak 4 siung
  • Daun bawang yang dipotong kecil halus sebanyak 2 batang
  • Seledri yang sudah diiris halus sebanyak 5 batang
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Merica secukupnya

Cara Membuat

  1. Cuci jagung sampai bersih
  2. Sisir jagung dan sisihkan bijinya lalu rendam di dalam baskom
  3. Persiapkan semua bahan-bahan ke dalam satu wadah lalu aduk
  4. Tuangkan bijian jagung yang sudah disisir ke dalam wadah lalu aduk hingga merata
  5. Tambahkan garam dan merica
  6. Panaskan minyak di penggorengan lalu mulai goreng adonan bakwan
  7. Goreng bakwan hingga matang dengan ciri coklat keemasan
  8. Angkat dan tiriskan lalu lanjutkan hingga semua adonan habis
  9. Bakwan jagung siap dinikmati

 

Cukup mudah bukan untuk membuat bakwan jagung ini? Sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, kita juga bisa menambahkan tambahan lain untuk melengkapi resep bakwan jagung ini seperti misal membuat sambal tomat atau dengan membuat bumbu kacang.

Jika Anda ingin menyajikan dengan lebih praktis, tentu saja Anda bisa menggunakan cabe rawit sebagai pelengkapnya saja. Ini akan menjadikan camilan bakwan menjadi lebih nikmat dan lengkap. Tekstur garing di luar dan empuk di dalam menjadikan camilan ini lezat dan enak untuk disantap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.