Resep Dimsum Ayam

Gambar dan Harga Resep Dimsum Ayam

Dimsum merupakan menu makanan kecil yang terbuat dari daging dengan dibungkus kulit pangsit. Makanan ini sangat mudah untuk ditemukan, karena di Indonesia sendiri biasanya menu ini sering dijadikan camilan. Bahkan untuk resep dimsum ayam pun sangatlah mudah, sehingga untuk menikmati menu satu ini kalian bisa membuatnya sendiri.

Kudapan ini lebih nikmat disantap ketika masih hangat dengan ditemani saus sebagai pelengkap. Sesuai dengan namanya, dimsum ayam ini terbuat dari bahan utama daging ayam. Dengan perpaduan bumbu yang pas, dimsum ayam ini akan semakin nikmat dan memanjakan lidah penggemarnya.

Namun hingga saat ini masih ada saja beberapa orang menganggap dimsum ini sama dengan siomay. Padahal kedua makanan ini berbeda, meskipun ada beberapa kesamaan dalam bahan utamanya. Namun tetap saja terdapat ciri khusus pada keduanya yang bisa dengan mudah untuk dibedakan.

 

Resep Dimsum Ayam yang Nikmat dan Mantap, Berikut Hal yang Harus Kalian Lakukan

Meskipun bukan makanan khas Indonesia, namun kelezatan dimsum sudah terkenal di penjuru nusantara. Tidak kalah dengan makanan lainnya, dimsum ayam sangat mudah dicari. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran hotel mewah.

Untuk bisa menikmati makanan ini, kalian tidak harus merogoh kocek yang mahal. Karena untuk harga dimsum ayam ini sangatlah terjangkau. Namun, apakah setiap kalian menginginkan makanan ini akan selalu membelinya?

Sebaiknya jangan terlalu sering membeli makanan di luar, karena tidak semua penjual menjaga kebersihan dari makanan itu. Selain itu, dimsum ayam sendiri sangatlah mudah dengan menggunakan bahan yang sudah banyak tersedia di dapur. Dengan begitu, kalian bisa menikmati dimsum ayam ini dengan kualitas dan kebersihan makanan yang terjaga.

 

Bahan Resep Dimsum Ayam Yang Dibutuhkan

  • Daging ayam giling 500 gram
  • Tepung tapioka 200 gram
  • Telur utuh 2 butir
  • Daun bawang 2 batang
  • Wortel 50 gram
  • Bawang putih 1 sdm
  • Saus tiram 1 sdm
  • Minyak wijen 2 sdm
  • Kecap asin 1 sdm
  • Kaldu bubuk 10 gram
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Kulit pangsit sesuai kebutuhan

Bahan resep dimsum ayam tersebut tentunya sangat mudah kalian temukan. Bahkan biasanya, bahan-bahan tersebut sudah ada di dapur.

 

Campurkan Daging Ayam dengan Bahan Lain

Ambil beberapa bahan di atas untuk dicampurkan dengan daging ayam yang sudah digiling. Siapkan talenan di atas meja untuk memotong sayuran seperti wortel dan daun bawang kemudian sisihkan.

Selanjutnya kocok telur hingga mengembang dan sisihkan lagi. Ambil gilingan daging ayam dan campurkan dengan tepung tapioka, telur, dan irisan daun bawang.

Aduk seluruh bahan adonan hingga tercampur rata dan tidak menggumpal. Setelah itu, diamkan adonan dimsum ayam untuk sesaat.

 

Tambahkan Bumbu dengan Minyak Wijen dan Kecap Asin

Jika adonan resep dimsum ayam di atas sudah tercampur rata, tambahkan dengan minyak wijen, kecap asin, serta saus tiram. Aduk adonan hingga benar-benar tercampur rata menggunakan spatula.

Setelah itu, bumbui adonan tadi dengan bawang putih bubuk, garam, kaldu bubuk, dan lada bubuk. Pastikan kalian mengaduk semua adonan hingga tercampur rata.

Jangan lupa untuk koreksi rasa terlebih dahulu. Jika bumbu belum pas, bisa ditambahkan lagi. Setelah itu, sisihkan adonan untuk beberapa saat.

 

Kukus Dimsum Hingga Matang

Ambil kulit pangsit yang sudah disiapkan, lalu isi dengan sesendok makan adonan yang sudah dibumbui tadi. Selanjutnya lipat kulit dengan rapi dan berikan topping dengan potongan wortel di atasnya. Tidak perlu banyak-banyak, cukup sejumput saja agar warna tidak pucat. Lakukan langkah tersebut hingga bahan adonan dan kulit pangsit habis.

Jika sudah, siapkan panci yang berisi sedikit air untuk mengukus dan panaskan sebentar. Ketika air sudah panas, masukkan dimsum ayam dan kukus kurang lebih 30 menit. Tunggu hingga matang serta mekar, kemudian angkatlah. Sajikan dimsum ayam menggunakan kecap ataupun saus sambal.

Mengukus dimsum tak hanya bisa dilakukan dengan panci. Bagi kalian yang ingin bereksperimen dengan alat lain, tentu saja bisa dan hasilnya pun tetap nikmat. Berikut beberapa cara mengukus dimsum ayam tanpa menggunakan panci:

 

Kukus dengan Rice Cooker

Cara ini tak cukuplah mudah untuk mengukus dimsum ayam agar cepat matang. Cukup dengan menyiapkan rice cooker yang sudah diisi air. Selanjutnya olesi keranjang pengukus pada rice cooker dengan sedikit minyak wijen.

Tujuannya agar dimsum tidak lengket di kukusan. Jika tidak menyukai yang oily, bisa kalian beri sawi putih sebagai alasnya agar menyerap sisa minyaknya. Mengukus dengan rice cooker hanya membutuhkan sekitar 10 hingga 15 menit saja.

 

Kukus Menggunakan Microwave

Mungkin masih ada beberapa orang yang belum tahu jika ternyata microwave bisa digunakan untuk mengukus dimsum ayam. Caranya pun sangat mudah, hanya cukup menaruh dimsum pada mangkuk yang tahan panas. Lalu tambahkan air sesuai kebutuhan, biasanya sekitar setengah mangkuk.

Tutup mangkuk dengan penutup yang tahan panas, lalu masak pada microwave dengan suhu tinggi. Dengan menggunakan alat ini, mengukus dimsum bisa kalian lakukan dengan cepat. Cukup sekitar 5 menit saja, biasanya dimsum ayam akan matang.

 

Manfaatkan Aluminium Foil

Aluminium foil bisa kalian gunakan sebagai alat khusus darurat untuk memasak resep dimsum ayam. Caranya dengan membuat beberapa bola dari aluminium foil berukuran cukup besar.

Selanjutnya isi panci rebusan dengan air yang tinggi. Masukkan bola aluminium foil ke dalam panci, lalu masukkan wadah yang tahan panas.

Semprot wadah tersebut dengan sedikit minyak agar dimsum tidak lengket. Tata dimsum di atasnya kemudian tutup pancinya dan kukus sekitar 5 hingga 7 menit hingga dimsum matang dengan sempurna.

 

Cara Membuat Kulit Pangsit untuk Dimsum

Cara Membuat Kulit Pangsit untuk Dimsum Menu dan Harga

Dalam cara membuat resep dimsum ayam, bahan yang tidak boleh dilewatkan dan wajib ada adalah kulit pangsit. Karena salah satu poin kelezatan makanan ini terletak di kulit yang lembut, basah, dan kenyal saat dikunyah.

Sebagai alternatif, biasanya harus menggunakan kulit pangsit yang siap digunakan dengan membelinya di pasar. Terdapat juga yang lebih suka memakai kulit dimsum khusus. Namun biasanya memiliki harga yang sedikit lebih mahal sebab menggunakan tepung khusus.

Untuk kalian yang ingin membuat sendiri kulit pangsit dalam membuat dimsum ayam, berikut ini kami sajikan cara membuat kulit dimsum yang mudah. Tak perlu menggunakan tepung khusus, kalian bisa mendapatkan hasil akhir dengan tekstur kenyal dan lembut.

 

Bahan Kulit Pangsit

  • Tepung terigu protein tinggi 250 gram
  • Tepung tapioka 3 sdm
  • Air hangat sekitar 125 ml
  • Tepung terigu serbaguna untuk taburan, secukupnya saja
  • Garam dan kaldu bubuk secukupnya

Langkah untuk Membuat

  1. Campur garam, kaldu bubuk, tepung terigu protein tinggi, dan tepung tapioka yang sudah diayak.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit dan uleni adonan hingga semua tercampur rata. Sisakan air tadi untuk proses ulen kedua.
  3. Uleni adonan hingga benar-benar elastis dan tidak ada bagian yang menggumpal lagi.
  4. Setelah itu, diamkan dan tutup adonan kurang lebih 20 menit.
  5. Masukkan sisa air sedikit demi sedikit sambil diuleni lagi hingga kalis dan diamkan sekitar 2 menit saja.
  6. Selanjutnya bentuk adonan menjadi lonjong dan potong-potong menjadi beberapa bagian. Kira-kira berat tiap potongan sekitar 10 gram. Bulatkan adonan yang sudah dipotong tadi dan diamkan sebentar.
  7. Terakhir pipihkan bulatan adonan kemudian giling hingga tipis dan pastikan tidak ada permukaan yang sobek.
  8. Taburi kulit pangsit dengan tepung terigu serbaguna agar tidak lengket dengan yang lain. Lakukan proses tersebut hingga adonan habis.

Kulit pangsit untuk dimsum ayam sudah siap untuk digunakan. Untuk persediaan, kalian bisa menyimpannya di lemari es. Simpan kulit pangsit pada wadah tertutup agar tidak mengering dan tak saling tempel.

 

Tips Membuat Dimsum Ayam yang Lezat

Berbagai resep dalam pembuatan dimsum ayam sangat mudah untuk kalian temukan. Namun untuk membuatnya sendiri tentunya membutuhkan keahlian. Agar dimsum ayam yang kalian buat menghasilkan rasa yang nikmat, perhatikan tips berikut ini:

Gunakan bahan yang masih segar. Tidak hanya pada daging ayamnya saja, tapi pada kualitas tepungnya. Pastikan tepung tidak kadaluarsa dan tak berbau apek.

Tambahkan tepung terigu ke dalam resep adonan. Dengan begitu, tekstur dimsum ayam terasa lebih kenyal dan padat.

Untuk saus pendamping, cobalah untuk membuatnya sendiri. Terdapat dua tipe saus yang cocok untuk menemani menyantap dimsum ayam, yaitu saus merah dan saus kecap asin.

Pada saus merah terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai, serta garam. Sementara saus kecap asin dalam resep dimsum ayam terbuat dari kecap asin dan potongan cabai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *