Resep Perkedel Tahu

Gambar Resep Perkedel Tahu dan Bumbu Renyah

Salah satu hidangan nusantara yang bisa menjadi pelengkap makanan utama adalah dengan membuat resep perkedel tahu praktis. Perkedel tahu merupakan jenis camilan sekaligus lauk yang bisa menambah cita rasa makanan.

Cara membuatnya tentu saja tidak sulit. Dengan bahan utama tahu, makanan ini merupakan salah satu makanan yang terjangkau dan cocok dihidangkan untuk berbuka puasa atau makan besar bersama keluarga.

Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah didapat sehingga ini bisa menjadi alternatif yang baik saat bingung ingin membuat camilan apa. Rasanya yang gurih asin menjadikan camilan ini semakin lezat ketika dipadukan bersama dengan hidangan utama lainnya seperti misalnya soto atau nasi uduk.

Meskipun dibuat dari bahan-bahan sederhana dan terjangkau, namun kandungan perkedel tahu juga tidak kalah baiknya. Camilan ini bisa menjadi camilan sehat apabila dipadukan dengan beberapa bahan lain.

Misalnya, kita bisa membuat perkedel tahu dengan selimut telur. Tambahan isian seperti misalnya daun bawang dan wortel juga akan memperkaya kandungan gizi yang ada pada perkedel tahu.

Resep praktis perkedel tahu ini tentu bisa dicoba oleh siapa saja. Mereka yang pemula untuk memasak dapat mulai mencoba untuk membuat perkedel tahu sebagai camilan pertama yang tentu saja kemungkinan berhasilnya besar.

 

Sejarah

Perkedel sering diplesetkan sebagai “persatuan kentang dan telur”, namun faktanya, perkedel memiliki sejarah tersendiri yang menarik untuk ditelisik. Makanan ini sebenarnya merupakan makanan dari benua Eropa dimana dikenal dalam bahasa Belanda sebagai “frikadel”. Bahan asli dari frikadel yaitu daging cincang yang dilumat kemudian digoreng.

Pengaruh ini kemudian membawa cara olahan rakyat Indonesia dimana menggunakan kentang untuk kemudian sama-sama dilumatkan dan digoreng. Rasanya tentu saja unik dan menarik.

Perkedel yang asli dengan bahan kentang ini biasanya juga bisa ditambahkan dengan isian lain seperti sosis, daging kornet dan lain sebagainya. Paduan telur untuk menyelimuti bagian luar perkedel menambah cita rasa dari perkedel itu sendiri.

Seiring dengan berjalannya waktu, variasi dari perkedel pun bermacam-macam. Bahan utama yang digunakan bisa dengan menggunakan tahu. Tahu yang digunakan juga biasanya adalah tahu putih.

Caranya yaitu dengan melumatkan tahu putih tersebut kemudian dicampur dengan tepung secukupnya lalu digoreng. Perkedel tahu menjadi salah satu gorengan yang enak dengan tekstur krispi di luar tetapi lembut dan kenyal di dalam.

Rasa tahu yang ada akan menambah cita rasa dari makanan ini. Sama halnya seperti perkedel kentang, isian dari perkedel tahu juga bisa divariasikan sehingga bisa menambah cita rasa yang menarik dari camilan yang sekaligus bisa menjadi lauk pauk ini. Perkedel tahu tidak memiliki daerah asal yang spesifik. Makanan ini bisa ditemui terutama kebanyakan di pulau Jawa dan Sumatera.

 

Pilihan Resep Perkedel Tahu

Gambar Bahan Pilihan Resep Perkedel Tahu

Untuk membuat perkedel pilihannya juga berbagai macam. Berikut ini beberapa jenis dari perkedel tahu.

1. Perkedel Tahu Kentang

Kentang juga sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk pembuatan perkedel tahu. Penambahan kentang untuk menambah tekstur perkedelnya. Sehingga bisa menjadi lebih padat.

 

2. Perkedel Tahu Kornet

Apabila pada umumnya perkedel menggunakan daging giling. Namun kornet juga bisa sebagai bahan tambahan pada pembuatan perkedel tahu. Tidak hanya praktis dan mudah mengolahnya. Kornet yang lebih terjangkau bagi kantong apabila dibandingkan dengan membeli daging giling.

 

3. Perkedel Tahu Ayam

Daging ayam tidak hanya digunakan untuk membuat nugget. Namun daging ayam juga bisa anda tambahkan dalam pembuatan perkedel tahu. Perkedel tahu ayam yang cocok dimakan dengan nasi atau sebagai cemilan.

 

4. Perkedel Tahu Telur Puyuh

Menggunakan telur puyuh bisa sebagai bahan tambahan perkedel tahu. Anda bisa menambah kandungan protein yang ada. Dengan kandungan protein yang tinggi dalam telur puyuh. Sehingga akan mencukupi kebutuhan harian protein anda.

 

5. Perkedel Tahu Bayam

Kini banyak yang tidak suka mengkonsumsi bayam sebagai pilihan sayuran hijau. Padahal kandungan bayam tinggi vitamin dan zat besi. Untuk itu, anda bisa mengolah bayam menjadi sajian sehat. Tentunya dengan menambahkannya dalam perkedel tahu.

 

Kandungan Gizi

Kandungan Gizi Tahu

Mengingat bahan-bahan yang digunakan untuk membuat perkedel tahu ini juga mudah untuk didapatkan, kadang kita ragu dengan kandungan gizi yang ada pada makanan ini.

Apalagi cara pengolahannya dengan cara digoreng tentu saja banyak yang menilai bahwa pada dasarnya makanan ini hanya camilan saja dan banyak yang khawatir jika bisa menambah kadar kolesterol dalam tubuh.

Namun demikian, perkedel tahu sebenarnya kaya akan kandungan gizi. Yang paling bisa dilihat adalah dari bahan utamanya sendiri yaitu tahu.

Tahu berasal dari bahan kacang kedelai dimana kedelai juga terkenal akan kandungannya sebagai protein nabati. Kedelai juga memiliki beberapa kandungan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Selain tahu, bahan lain yang bisa dicampurkan untuk membuat perkedel tahu yaitu tepung terigu. Tepung ini memiliki kandungan karbohidrat yang bagus untuk menambah kalori dan energi. Selain itu, tambahan lain yang juga digunakan yaitu telur. Telur kaya akan protein hewani dan bagus untuk kesehatan tubuh.

Isian lain seperti wortel dan daun bawang akan menambah keragaman vitamin yang diperlukan untuk tubuh. Tentu saja ini menjadikan perkedel tahu baik untuk dikonsumsi.

Nilai dari kandungan gizi pada perkedel tahu dapat mencukupi kebutuhan energi yang diperlukan oleh tubuh. Mulai dari protein, karbohidrat dan vitamin, semuanya bagus untuk tubuh. Camilan dan sekaligus lauk ini bisa menjadi pilihan yang cocok.

 

Manfaat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, komponen utama dari perkedel tahu memiliki unsur yang diperlukan oleh tubuh. Tentu saja ini berarti perkedel tahu dapat memberikan manfaat terutama untuk memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh. Protein dari telur dan tahu merupakan dua kombinasi yang baik untuk menambah imunitas pada tubuh.

Protein juga dapat menjadi sumber untuk penyembuhan luka atau masalah lain yang berhubungan dengan ketahanan tubuh. Camilan ini bisa digunakan sebagai variasi terutama untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Tambahkan saja menu ini pada bekal sekolah anak-anak dan mereka tentu akan menyukainya.

Selain bagus untuk pertahanan tubuh, kandungan karbohidrat dan vitamin yang ada pada perkedel tahu juga bisa menambah kadar energi yang baik. Ini artinya, kebutuhan akan kalori bisa terpenuhi dengan menambahkan lauk perkedel tahu.

Bahan-bahan yang sederhana dan terjangkau namun kaya akan manfaat tentu menjadi pilihan yang baik yang bisa menjadi alternatif untuk variasi lauk pauk di meja makan.

Cara pengolahannya yang praktis tentu menambah nilai tersendiri. Perkedel tahu praktis untuk dibuat dan juga menghemat pengeluaran. Resep ini bisa digunakan sebagai salah satu varian menu harian yang cocok dipakai di keluarga.

 

~ Meningkatkan Produksi Energi

Tahu merupakan sumber makanan yang banyak mengandung zat besi. Makanan ini memberikan 30% dari nilai harian. Tentunya direkomendasikan untuk zat besi dalam 100 gram. Zat besi pada tahu digunakan sebagai bagian dari hemoglobin. Sehingga akan menolong dalam transportasi. Selain itu, juga pelepasan oksigen ke seluruh tubuh mempromosikan produksi energinya.

 

~ Mencegah Penyakit Jantung

Protein kedelai yang terkandung pada tahu, baik untuk membantu menurunkan LDL (kolesterol buruk). Tentunya yang tanpa menurunkan HDL (kolesterol baik). Sehingga akan menjadikan penurunan risiko terhadap penyakit jantung.

 

~ Mencegah Kanker Payudara

Zat isoflavone yang terkandung dalam tahu baik manfaatnya bagi tubuh. Kandungan zat ini bisa menghambat terjadinya gangguan menopause dalam tubuh. Seperti hot flashes atau perasaan tidak enak dengan wajahnya. Selain itu, juga kulitnya merah dan berkeringat berlebih selama 30 detik sampai 5 menit.

 

~ Kandungan Gizi pada Tahu

Memiliki bahan dasar kacang kedelai, tahu adalah makanan yang banyak nutrisinya. Selain itu, juga enak untuk resep perkedel tahu. Sehingga banyak yang menyukai makanan satu ini. Dalam sepotong tahu mengandung beberapa nutrisinya. Untuk itu, ketahui beberapa kandungan gizinya berikut ini.

 

~ Tinggi Protein

Tahu yang lembut memiliki kandungan proteinnya tinggi. Kandungan tersebut layaknya cottage cheese. Faktanya dalam 100 gram tahu mengandung protein sebanyak 10,9 gram. Protein yang menjadi salah satu zat gizi sangat penting. Terutama untuk pertumbuhan anak-anak, wanita hamil, dan ibu menyusui.

Protein yang berperan penting untuk membentuk jaringan otak dan tubuh. Apabila mengkonsumsi protein secara rutin dengan kadarnya yang sesuai. Sehingga akan membangun otot tubuh lebih optimal.

 

~ Mengandung Zat Besi

Tidak hanya protein, tahu juga memiliki sebanyak 3,4 mg zat besi di dalamnya. Zat besi berfungsi dalam memproduksi hemoglobin dan mioglobin. Selain itu, juga beberapa enzim kekebalan tubuh. Tahu juga memiliki 10% kebutuhan mengenai zat tembaga. Mineral ini dibutuhkan tubuh agar zat besinya dapat bekerja baik di dalam sel darah merah.

Apabila kekurangan zat besi bisa menjadikan tubuh anak terasa lemas. Selain itu, juga mengalami pusing dan kelelahan. Saat sedang belajar biasanya akan menjadi kurang fokus. Kandungan zat besi tidak hanya ditemukan pada tahu. Namun juga bisa ditemukan dalam hati ayam, daging, dan ikan.

 

~ Tinggi Kalsium

Kalsium menjadi salah satu zat yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang pada anak. Pada 100 gram tahu yang terkandung kalsium sebanyak 223 mg. Bahan makanan yang satu ini bisa digunakan sebagai pelengkap susu.

Para ahli juga menyarankan untuk mengkonsumsi tahu. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan kebutuhan kalsium. Kalsium pada tahu dapat memenuhi 10% kebutuhan tubuh akan kalsium. Sehingga bisa menghindari berbagai penyakit yang berhubungan dengan tulang. Zat isoflavon yang terkandung pada tahu bisa memperkuat kepadatan tulang.

 

~ Kaya Zat Antioksidan

Tahu yang juga mengandung zat antioksidan. Salah satu studinya telah menemukan mengenai antioksidan yang ada dalam tahu. Kandungan tersebut yang baik untuk mengurangi risiko oksidatif.

Tidak hanya itu, kandungan isoflavon dan isoflavonoid juga berfungsi sebagai agen antioksidan. Adanya kandungan ini, menjadikan tubuh yang lebih sehat. Selain itu, juga akan meningkatkan sistem imun.

Adanya resep perkedel tahu untuk melengkapi varian menu harian anda. Tahu juga bisa diolah menjadi berbagai macam varian menu. Kandungan nutrisi dalam tahu pastinya baik untuk kesehatan.

 

Yang Perlu Diperhatikan

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membuat perkedel tahu. Yang pertama yaitu mengenai perbandingan antara tahu dan tepung terigu yang akan digunakan. Jangan sampai jumlah tepung yang digunakan lebih banyak dibandingkan dengan tahu yang disiapkan.

Umumnya perbandingan antara tahu dan tepung yaitu 5 kotak tahu dan 1 sendok tepung. Tepung di sini memiliki fungsi sebagai pengikat adonan supaya tidak mudah hancur pada saat digoreng. Dengan menggunakan perbandingan ini, tentu nantinya cita rasa tahu tidak akan hilang akibat terlalu banyak tepung.

Selain perbandingan tepung dan tahu, hal lain yang perlu diperhatikan juga mengenai nyala api yang digunakan pada saat menggoreng perkedel tahu. Gunakan api sedang saja dan hindari menggoreng dengan nyala api yang besar. Nyala api yang terlalu besar akan membuat perkedel tahu terlihat cepat matang tetapi ketika dimakan bagian dalamnya belum matang sempurna.

Oleh karenanya, gunakan nyala api yang kecil hingga sedang dan goreng perkedel tahu dengan durasi yang agak lama hingga warna dari perkedel coklat keemasan. Hal ini penting supaya tekstur renyah di luar dan kenyal di dalam bisa didapatkan dengan baik. Dengan sering membuat perkedel tahu, kita bisa mengerti tingkat panas api yang pas dan durasi menggoreng yang tepat.

 

Langkah Membuat Perkedel Tahu

Berikut ini adalah bahan-bahan dan langkah-langkah untuk membuat perkedel tahu. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini dengan praktis.

Pastikan tidak ada langkah yang terlewat supaya perkedel tahu buatan Anda sempurna. Hasil akhir yang memuaskan dari resep perkedel tahu ini adalah tekstur garing dan empuk pada saat dimakan. Selamat mencoba Resep Masakan Indonesia

Resep Perkedel Tahu

Avatar
AuthorAr Rasyid
Yields1 Serving

Bahan Utama :
 5buah tahu putih
 3butir telur ayam
 3buah daun bawang
 1buah wortel
 1bungkus kaldu ayam
 1sendok makan tepung terigu
Bahan Bumbu Halus :
 ½sendok teh merica
 3siung bawang putih
 gula pasir
 garam

Cara Membuat :
1

Siapkan semua bahan.

2

Hancurkan tahu dengan cobek agar lebih halus.

3

Jika sudah halus, taruh di wadah terlebih dahulu.

4

Siapkan merica, bawang putih, garam dan gula pasir.

5

Kemudian haluskan dengan cobek agar lebih terasa.

6

Potong daun bawang, kemudian parut wortel.

7

Jika sudah, campur tahu dengan bumbu yang sudah dihaluskan sebelum nya.

8

Tambahkan 1 butir telur ayam, potongan daun bawang dan parutan wortel.

9

Masukkan tepung terigu, kaldu bubuk, garam dan gula pasir.

10

Aduk sampai benar - benar rata.

11

Kemudian panaskan minyak goreng secukup nya.

12

Goreng dengan api yang sedang agar matang nya merata.

13

Jika sudah kecoklatan, angkat lalu tiriskan.

Tips Penyajian :
14

Makan dengan nasi putih yang masih hangat.

15

Tambahkan sambal terasi dan aneka lalapan.

16

Jangan Lupa temani dengan 1 gelas es Jeruk nipis.

17

Selesai, selamat menikmati.

Total Time40 minsRating

Ingredients

Bahan Utama :
 5buah tahu putih
 3butir telur ayam
 3buah daun bawang
 1buah wortel
 1bungkus kaldu ayam
 1sendok makan tepung terigu
Bahan Bumbu Halus :
 ½sendok teh merica
 3siung bawang putih
 gula pasir
 garam

Directions

Cara Membuat :
1

Siapkan semua bahan.

2

Hancurkan tahu dengan cobek agar lebih halus.

3

Jika sudah halus, taruh di wadah terlebih dahulu.

4

Siapkan merica, bawang putih, garam dan gula pasir.

5

Kemudian haluskan dengan cobek agar lebih terasa.

6

Potong daun bawang, kemudian parut wortel.

7

Jika sudah, campur tahu dengan bumbu yang sudah dihaluskan sebelum nya.

8

Tambahkan 1 butir telur ayam, potongan daun bawang dan parutan wortel.

9

Masukkan tepung terigu, kaldu bubuk, garam dan gula pasir.

10

Aduk sampai benar - benar rata.

11

Kemudian panaskan minyak goreng secukup nya.

12

Goreng dengan api yang sedang agar matang nya merata.

13

Jika sudah kecoklatan, angkat lalu tiriskan.

Tips Penyajian :
14

Makan dengan nasi putih yang masih hangat.

15

Tambahkan sambal terasi dan aneka lalapan.

16

Jangan Lupa temani dengan 1 gelas es Jeruk nipis.

17

Selesai, selamat menikmati.

Resep Perkedel Tahu

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *