Resep Perkedel Tempe

Gambar Cara membuat resep perkedel tempe

Olahan perkedel tempe bisa dikatakan memang tidak seterkenal perkedel yang berbahan kentang. Disini saya akan berbagi resep perkedel tempe dengan rasa yang berbeda yang bisa kamu coba dirumah dimana kualitas rasa tidak jauh berbeda dengan nikmatnya perkedel kentang.

Tidak berbeda dengan cara memasak perkedel biasanya, disini cukup menggunakan bahan utama yaitu tempe yang kaya akan vitamin. 1 bahan utama saja tapi kamu sudah bisa sulap menjadi bermacam rasa yang pastinya akan menggugah selera makan.

 

Resep Perkedel Tempe yang Enak dan Bergizi

Mudah ditemukan, tempe ini yang biasanya hanya dimasak dengan cara digoreng saja yaitu menjadi tempe goreng. Rasanya sangat nikmat, namun ternyata lebih enak lagi jika dimasak menjadi perkedel. Tempe dengan harga murah bisa kamu jadikan menjadi makanan lezat yang berbeda.

Jika dulu, kebanyakan orang membuat perkedel hanya dengan berbahan kentang, namun sekarang sudah banyak variasi yang bisa digunakan dari bahan lainnya. Dan kali ini saya akan membagikan resep perkedel tempe pedas, perkedel tempe bumbu terasi dan juga perkedel tempe kornet.

 

1. Resep Perkedel Tempe Pedas

Gambar Perkedel Tempe Pedas Enak

Sajian perkedel tidak hanya bisa menggunakan bahan dari kentang atau tahu seperti yang sering dibuat oleh orang, namun tempe pun bisa dibuat sajian perkedel. Tentulah rasanya tidak kalah enak dengan perkedel lainnya, apalagi bagi kamu yang bosan dengan olahan tempe yang begitu-begitu saja.

Kamu wajib mencoba resep perkedel tempe ini, karena bukan hanya enak olahan tempe mempunyai banyak kandungan protein. Dan kali ini saya akan memberikan resep perkedel tempe pedas bagi kamu yang suka pedas.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Memasak Perkedel Tempe :

  • 1 kotak tempe ukuran sedang, lalu hancurkan
  • 3 sdm tepung terigu
  • 3 sdm tepung beras
  • 1 butir telur
  • 2 batang daun bawang, iris halus

Bumbu Perkedel Tempe yang harus dipersiapkan:

  • Garam secukupnya
  • 7 buah cabai rawit, kemudian cincang halus
  • 3 buah cabai merah besar, buang isinya lalu haluskan
  • 6 siung bawang merah, lalu haluskan
  • 4 siung bawang putih, juga dihaluskan
  • Lada bubuk secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • 2 cm kencur, kemudian haluskan
  • 3 lembar daun jeruk, cincang halus

Cara membuat Perkedel Tempe :

  1. Mulailah mencampur tempe yang sudah dihancurkan tadi dengan bumbu yang dihaluskan.
  2. Lalu masukkan daun bawang, tepung terigu serta telur. Aduklah sampai semua bahan menjadi rata lalu bentuk adonan menjadi bulat atau lonjong juga bisa sesuai selera.
  3. Apabila adonan sudah terbentuk, kemudian lumuri bagian luarnya menggunakan tepung beras yang sudah diberi sedikit garam.
  4. Selanjutnya goreng adonan perkedel kedalam minyak panas sampai warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.
  5. Terakhir angkat perkedel jika sudah matang lalu sajikan bersama saus sambal atau bisa juga dengan nasi putih serta sayur asem.

 

Tempe tentunya bisa diolah dengan banyak macam cara supaya menjadi makanan yang sangat enak, mulai dari digoreng biasa saja, dicampur menjadi sayur, dibakar, dikukus, dan masih banyak lagi olahan yang bisa dibuat. Kini saatnya kamu mencobanya sendiri daripada harus membeli.

 

2. Resep Perkedel Tempe Bumbu Terasi

Sudah pernah mencoba sajian ini? Atau apakah kamu sedang mencari ide resep perkedel tempe lain selain perkedel tempe pedas? Maka sekarang bisa mencoba resep lain yaitu dengan menggunakan terasi. Cara menyiapkannya bisa dikatakan tidak terlalu sulit juga tidak gampang.

Jika tadi saya berbagi tentang cara membuat perkedel tempe pedas, selanjutnya saya akan berbagi resep perkedel tempe bumbu terasi sederhana buat kamu yang ingin mencobanya di rumah sebagai hidangan tambahan buat anak juga keluarga tersayang.

Bahan yang harus disiapkan :

  • 200 gr tempe yang sudah dikukus, lalu dihaluskan
  • 2 tangkai kemangi, kemudian diiris halus
  • 1 butir telur dikocok lepas
  • 3 buah cabai merah besar, lalu dicincang halus
  • Minyak goreng, untuk menggoreng

 

Bumbu yang harus dihaluskan :

  • 1 sdt terasi, dibakar
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 4 siung bawang putih, kemudian digoreng
  • 5 butir bawang merah, juga digoreng

 

Cara membuat Tempe Bumbu Terasi

  1. Langkah pertama, aduklah bahan-bahan seperti tempe, kemangi, telur, cabai merah, dan bumbu halus.
  2. Lalu ketika semua sudah tercampur menjadi satu, ambilah sedikit campuran tempe lalu bentuklah menjadi bulat sambil dipadatkan.
  3. Dan yang terakhir, gorenglah hingga benar-benar matang.
  4. Perkedel tempe bumbu terasi siap untuk dinikmati.

3. Resep Perkedel Tempe Kornet

Tentunya makanan yang bernama perkedel bukanlah makanan asing untuk banyak orang Indonesia. Sering sekali perkedel ini banyak dijumpai dalam berbagai makanan, seperti soto, tumpeng, sop dan masih banyak lagi.

Nikmatnya makanan ini karena adanya perpaduan dengan bumbu rempah beragam yang menghasilkan rasa gurih dan lembut. Dan resep perkedel enak selanjutnya yang akan saya bagikan adalah adalah perkedel tempe kornet yang akan mengundang selera makan.

Bahan yang harus disiapkan :

  • Sediakan 2 buah tempe yang sedang.
  • 1 kaleng kecil kornet sapi
  • 4 sdm tepung terigu.
  • Sediakan 2 btr telur.
  • Sediakan 4 siung bawang putih.
  • Siapkan 1 sdm lada bubuk.
  • 1 btg daun bawang lalu diiris tipis.
  • 1 sdm minyak goreng.
  • Sediakan 1 btr telur digunakan sebagai untuk celupan.

 

Cara membuat Tempe Kornet

  1. Langkah pertama yaitu dengan memotong-motong tempe menjadi ukuran kecil, kemudian kukus atau direbus.
  2. Setelah itu, haluskan tempe menggunakan codet.
  3. Ketika tempe sudah dihaluskan, selanjutnya masukan semua bahan. Takaran kornetnya sendiri bisa sesuai dengan selera.
  4. Kemudian aduk rata semua bahan, lalu cetak sesuai selera.
  5. Setelah selesai baluri dengan kocokan telur lalu goreng di api yang sedang.
  6. Terakhir angkat, tiriskan, dan perkedel tahu kornet siap untuk disantap.

Perlu Kamu ketahui bahwa ketika memasak perkedel tempe kornet, terkadang mengalami kegagalan dimana ada beberapa cara atau proses yang perlu diperhatikan. Jadi bukan asal diolah begitu saja namun ada bagian yang jangan kamu abaikan. Diantaranya:

 

~ Pemilihan Bahan Baku

Bahan yang digunakan haruslah yang berkualitas baik dan masih segar. Maksudnya adalah pemilihan tempe yang berukuran sedang, kornet sapi, tepung terigu, telur, bawang putih, lada bubuk, daun bawang, disarankan menggunakan yang baru karena pastinya akan mempengaruhi hasil masakan.

Mengapa diusahakan menggunakan yang masih segar? supaya gizi yang terkandung didalam bahan-bahan tersebut tidak rusak dan perkedel ini bisa bertahan lama dengan aroma yang masih segar.

 

~ Perkakas Untuk Memasak

Bagian ini juga jangan diabaikan karena perkakas yang digunakan harus sesuai dengan apa yang dimasak. Perhatikan juga kebersihan dari alat masak supaya tidak mempengaruhi cita rasanya. Jika ada bekas makanan sebelumnya seperti sambal yang menyisa bukankah rasanya akan berbeda?

 

~ Salah Mengolah

Gagalnya perkedel ini juga bisa terjadi karena cara mengolahnya kurang tepat. Itulah mengapa kamu harus paham dulu bahan-bahan apa saja yang harus diolah dahulu, mana yang belakangan serta kapan harus memasukkan bumbu. Proses penggorengan nya harus diperhatikan agar hasilnya baik.

Langkah-langkah yang disebutkan diatas adalah cara mengolah yang benar. Jika diolah dengan benar dengan resep yang benar juga, tentulah akan menghasilkan buatan yang mempunyai kualitas gizi dan aroma masakan yang lezat.

 

Segudang Manfaat yang Terkandung dalam Tempe

Tahukah kamu bahwa tempe yang diolah menjadi perkedel tidak hanya nikmat untuk disantap. Namun ternyata beragam manfaat yang terkandung didalamnya. Dan dibalik penampilannya yang begitu sederhana, tempe mempunyai banyak manfaat baik dikonsumsi anak-anak maupun dewasa.

Lalu bagaimana manfaat kandungan tempe bagi tubuh? Tentunya mengandung banyak hal yang berperan penting untuk kesehatan. Diantaranya;

Untuk setiap 100 gr tempe sendiri mengandung 20 gr protein. Jumlah ini tentulah mampu memenuhi kebutuhan protein harian sampai 34 persen bagi orang dewasa. Selain itu tempe ini juga dimanfaatkan untuk menjaga jaringan otot.

 

1. Menangkal Radikal Bebas

Hal ini terjadi karena terdapat zat dan nutrisi lain dalam tempe. Peran tempe sebagai antioksidan ini pun sudah terbukti dan diakui banyak orang yang sudah mengkonsumsinya lebih ampuh jika dibandingkan dengan kedelai rebus biasa.

 

2. Sebagai Sumber Kalsium yang Baik

Manfaat tempe selanjutnya yang bisa didapat adalah sebagai sumber kalsium dalam tubuh. Jika berbicara mengenai sumber kalsium, biasanya orang akan mengingat susu. Namun faktanya, tempe ini dapat dijadikan sebagai sumber kalsium yang baik, yang tidak jauh berbeda dengan susu.

Perlu kamu tahu bahwa setiap 100 gr susu, mengandung 125 miligram kalsium, sementara setiap 100 gr tempe, mengandung 155 miligram kalsium. Bukankah lebih baik jika rajin mengkonsumsi tempe demi Kesehatan tubuh ini?

 

3. Sebagai Menu Diet

Buat kamu yang sedang dalam program diet maka makan tempe ternyata bisa dijadikan sebagai salah satu menu diet, karena mempunyai kandungan tinggi protein, tinggi serat, serta rendah lemak. Bukan hanya mempunyai banyak kandungan baik, namun tempe juga mudah diserap oleh tubuh.

 

4. Mampu Memenuhi Kebutuhan Vitamin B12

Manfaat tempe selanjutnya yang bisa kamu dapat adalah tempe ini memenuhi kebutuhan vitamin B12, khususnya jika kamu adalah seorang vegetarian. Vitamin B12 yang terdapat didalamnya mempunyai segudang manfaat baik yang sangat dibutuhkan tubuh ini.

Seperti menghasilkan sel darah merah, membantu proses sintesis DNA, mengaktifkan kembali asam folat, menjaga kesehatan sistem saraf dalam tubuh, serta fungsi otak. Dan ternyata tempe adalah satu-satunya sumber vitamin B12 yang berasal dari tumbuhan.

 

5. Sangat Baik untuk Pengidap Diabetes

Bagi kamu atau keluarga yang mengidap penyakit diabetes maka disarankan untuk rutin makan tempe. Orang yang mengidap kondisi ini tidak bisa sembarang makan menu makanan demi mencegah naiknya kadar gula darah.

Sementara tempe mengandung serat yang mampu mengontrol kestabilan gula darah, serta memperbaiki insulin dalam tubuh. Penelitian juga membuktikan selain baik dikonsumsi para pengidap diabetes, tempe ini pun mampu membantu menurunkan risiko diabetes.

 

6. Menurunkan Risiko Osteoporosis

Terdapat kandungan kalsium dan juga fosfor pada tempe yang berperan begitu penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi, khususnya pada anak-anak. Di samping itu, asupan kalsium dan fosfor ini juga dapat mencegah osteoporosis pada wanita yang menopause

 

7. Mampu Mencegah Anemia

Kandungan penting lainnya yang ada pada tempe yaitu bermanfaat untuk mencegah anemia atau kurang darah karena didalamnya terdapat vitamin B12. Vitamin inilah yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah.

 

Nutrisi dan Kalori yang Terkandung di Tempe

Gambar Nutrisi dan Kalori yang Terkandung di Tempe

Tahukah kamu bahwa kalori yang terdapat dalam gorengan tempe lebih tinggi daripada yang dikukus, direbus, atau ditumis. Meskipun mempunyai kandungan nutrisi yang baik, mengkonsumsi dalam jumlah banyak juga tidak baik untuk kesehatan.

Berbicara mengenai kalori yang terkandung di dalamnya, maka tempe mengandung sekitar 190–200 kalori dimana ini sangat baik untuk tubuh. Sementara untuk nutrisi yang diperlukan tubuh juga terdapat dalam tempe ini seperti,

  • 20-gram protein
  • 8-gram karbohidrat
  • 9-gram lemak
  • 1,5-gram serat
  • 10 milligram natrium
  • 2,7 milligram zat besi
  • 80 milligram magnesium
  • 110 milligram kalsium
  • 270 milligram fosfor
  • 400 milligram kalium

 

Kandungan Gizi Tempe yang Harus Kamu Ketahui

– Protein

Tahukah kamu bahwa kandungan gizi tempe yang paling banyak itu adalah protein. Banyaknya kandungan protein yang ada pada tempe inilah yang membuat banyak orang mengkonsumsinya untuk memenuhi kebutuhan protein nabati untuk tubuh.

Tempe ini disebut makanan sumber protein nabati karena memang terbuat dari kacang kedelai. Sangat cocok dimakan untuk menggantikan daging. Bukan saja harganya yang cukup terjangkau, namun ternyata tempe seberat 100 gr terbukti sudah bisa memberikan protein sebanyak 14 gram.

 

– Lemak

Kandungan gizi selanjutnya yang terdapat pada tempe adalah lemak sehat. Lemak memang terdiri dari 2 jenis yaitu lemak baik dan lemak jahat. Namun untuk tempe ini sendiri terdapat lemak tumbuhan yang menyehatkan tubuh didalamnya.

Jadi tidak heran dengan mengonsumsi tempe saja perut terasa kenyang dan tubuh bisa mengendalikan kolesterol jahat. Bisa dikatakan bahwa lemak yang ada pada tempe memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

 

– Karbohidrat dan Serat

Bukan hanya yang disebutkan diatas namun tempe juga mempunyai karbohidrat dimana setiap 100 gr tempe ada 9,1 gr karbohidrat dan juga ada 1,4 gr serat. Itulah mengapa kandungan gizi yang ada didalamnya bisa dijadikan sebagai makanan penunda rasa lapar.

Walaupun sebenarnya kandungan karbohidratnya tidak terlalu tinggi seperti pada nasi, namun tempe mempunyai karbohidrat yang bisa mengenyangkan dan memberikan tubuh energi. Seratnya pun mampu membantu pencernaan untuk bisa bekerja secara maksimal.

 

– Vitamin B

Berasal dari kacang kedelai, tempe ini mengandung banyak macam vitamin B seperti vitamin B2, B3, B6, dan B9. Tahukah kamu bahwa vitamin B2 berperan penting untuk memproduksi energi pada tubuh dan juga untuk memenuhi setiap kebutuhan sel darah merah yang sehat.

Sementara untuk vitamin B6 dan B9 berfungsi untuk menjaga kesehatan syaraf pada tubuh. Beragam vitamin B yang terkandung dalam tempe semuanya merupakan vitamin yang sangat diperlukan tubuh. Bisa dikatakan bahwa kandungan vitamin B pada tempe tidak ada pada sumber protein nabati yang lain.

 

– Mineral

Terakhir, dalam tempe juga banyak mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, zinc, tembaga, zat besi dan masih banyak lagi yang sangat diperlukan tubuh sehat. Kandungan mineral pada tempe yang beragam ini membuat tempe menjadi sumber protein nabati yang sangat sehat.

Kandungan mineral yang tinggi didalamnya adalah mangan dan fosfor, dimana ketika kamu mengkonsumsi 100 gr tempe maka tubuhmu sudah mendapat 202 miligram fosfor yang begitu diperlukan tubuh.

Resep perkedel tempe jika diolah dengan benar maka rasanya pasti menggugah selera makan lebih meningkat. Kamu bisa mencoba ketiga resep diatas jika merasa bosan dengan tempe goreng. Mengolah tempe menjadi perkedel merupakan pilihan bijak sebagai variasi olahan dari tempe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *