Resep Pindang Ikan

Gambar Resep Pindang Ikan Terbaru

Apakah Anda pernah mencari resep pindang ikan di internet? Jika iya, maka Anda harus membaca artikel ini sampai habis. Ikan pindang memang dikenal akan rasanya yang asin dan gurih. Berikut rincian lengkap mengenai ikan pindang.

Fakta Pindang Ikan – Pindang ikan merupakan salah satu hidangan laut yang cukup digemari di Indonesia. Menurut data dari KKP, pada tahun 2017 lalu, jumlah usaha pemindangan ikan berhasil menyentuh angka 19,13% dari total pengolah ikan untuk skala mikro di Indonesia.

Meskipun sudah berulang kali mendengar istilah ikan pindang, apakah Anda benar-benar mengetahui fakta masakan yang satu ini? Jika belum, mari simak penjelasannya pada daftar dibawah ini:

 

1. Pindang Bukan Ikan

Selama ini, sebagian besar masyarakat berpikir bahwa pindang adalah salah satu jenis ikan. Kenyataannya, pindang merupakan cara memasak atau mengolah masakan dengan menggunakan teknik perebusan dan pengasapan.

Dalam KBBI, pindang didefinisikan sebagai ikan yang diberi garam, lalu dibumbui dan diasapi hingga kering supaya dapat bertahan lama. Secara sederhana, pindang juga disebut sebagai salah satu metode pengawetan ikan.

 

2. Menggunakan Ikan Pelagis

Sebenarnya, semua jenis ikan dapat dijadikan sebagai bahan utama dalam resep pindang ikan. Akan tetapi, tentu saja rasanya akan berbeda jika Anda menggunakan jenis ikan yang memang dikhususkan untuk membuat pindang.

Biasanya, jenis ikan yang dimasak dengan cara pindang adalah ikan-ikan yang hidup di permukaan air antara 0-200 meter atau disebut ikan pelagis. Beberapa diantaranya adalah ikan kembung, ikan layang, ikan tembang, selar, cakalang, tuna, dan tongkol.

 

3. Diproduksi Nelayan

Secara garis besar, pindang ikan memang banyak diproduksi oleh para nelayan. Alasan utamanya adalah karena resep pindang ikan yang mudah. Selain itu, biaya produksinya juga sangat rendah. Jadi, para nelayan atau petani ikan bisa melaksanakannya.

 

4. Disajikan Bersama Sambal Korek

Membahas pindang ikan, maka tidak dapat terlepas dari sambal korek. Pindang ikan memang sudah lezat jika dimakan secara langsung, tapi cita rasanya akan lebih menggugah selera jika disajikan bersama sambal korek.

Sambal korek merupakan salah satu jenis sambal yang dapat digunakan untuk semua jenis makanan. Jenis sambal yang satu ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan bahan-bahan sederhana. Selain pindang, sambal korek juga cocok untuk dijadikan cocolan ayam, tempe, dan tahu penyet.

 

Cara Membuat Pindang Ikan

Resep Pindang Ikan

AvatarAuthorAr RasyidYields3 Servings

Bahan :
 1ekor ikan tongkol (sesuai selera)
 1buah jeruk nipis
 2buah tomat
 5buah daun bawang
 air bersih secukup nya
Bumbu :
 1sendok teh merica
 7buah cabai rawit
 5buah cabai merah
 6siung bawang merah
 3siung bawang putih
 1ruas jahe
 2buah gula merah
 2sendok makan asam jawa / belimbing wuluh
 Garam secukupnya
 Gula pasir secukupnya

Cara Membuat :
1

Buang kotoran, sisik dan ekor ikan, lalu potong menjadi beberapa bagian, jika sudah cuci sampai bersih.

2

Lumuri ikan dengan perasan air jeruk nipis kemudian diamkan.

3

Rebus air secukup nya.

4

Haluskan merica, jahe, bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan cabai merah.

5

Jika sudah mendidih, masukkan bumbu yang sudah di haluskan tadi.

6

Tambahkan garam dan gula pasir secukup nya.

7

Masukkan ikan tongkol.

8

Tambahkan potongan belimbing wuluh atau asam jawa.

9

Cicipi rasa nya, jika sudah pas tambahkan tomat dan daun bawang.

10

Selesai, selamat menikmati.

Total Time45 minsRating

Ingredients

Bahan :
 1ekor ikan tongkol (sesuai selera)
 1buah jeruk nipis
 2buah tomat
 5buah daun bawang
 air bersih secukup nya
Bumbu :
 1sendok teh merica
 7buah cabai rawit
 5buah cabai merah
 6siung bawang merah
 3siung bawang putih
 1ruas jahe
 2buah gula merah
 2sendok makan asam jawa / belimbing wuluh
 Garam secukupnya
 Gula pasir secukupnya

Directions

Cara Membuat :
1

Buang kotoran, sisik dan ekor ikan, lalu potong menjadi beberapa bagian, jika sudah cuci sampai bersih.

2

Lumuri ikan dengan perasan air jeruk nipis kemudian diamkan.

3

Rebus air secukup nya.

4

Haluskan merica, jahe, bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan cabai merah.

5

Jika sudah mendidih, masukkan bumbu yang sudah di haluskan tadi.

6

Tambahkan garam dan gula pasir secukup nya.

7

Masukkan ikan tongkol.

8

Tambahkan potongan belimbing wuluh atau asam jawa.

9

Cicipi rasa nya, jika sudah pas tambahkan tomat dan daun bawang.

10

Selesai, selamat menikmati.

Resep Pindang Ikan

 

Jenis Ikan yang Cocok Dipindang

Semua jenis ikan memang cocok untuk dipindang. Tapi, jika Anda ingin rasa pindang ikan yang lezat maksimal, Anda bisa menggunakan beberapa jenis ikan dalam daftar berikut ini:

~ Ikan Bandeng

Pertama, Anda bisa menggunakan ikan bandeng. Biasanya, ikan ini terdapat di air payau. Berbeda dari jenis ikan lainnya, ikan bandeng memiliki rasa yang gurih dengan daging yang tebal.

 

~ Ikan Patin

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan ikan patin sebagai olahan pindang. Jenis ikan yang satu ini memiliki tekstur daging yang lembut. Jika dicampur dengan nanas yang rasanya asam, kelezatan ikan patin akan bertambah berkali-kali lipat.

Sementara itu, rasa pedas bisa Anda dapatkan dengan menggabungkan cabai keriting, cabai merah besar, dan cabai rawit. Dengan mencampur bahan-bahan ini, sudah pasti citarasa kuahnya pedas dan asam.

 

~ Ikan Tongkol

Ketiga, ada jenis ikan tongkol. Dengan tekstur daging yang sangat padat, ikan tongkol sangat cocok untuk diolah dengan metode pemindangan.

Ikan tongkol akan semakin nikmat jika Anda mampu mengolahnya menjadi Mangut Ikan Pindang. Berbeda dari menu lainnya, menu mangut harus memakai ikan tongkol asap. Pasalnya, menu asal Jawa ini memang sangat terkenal akan ikan asapnya.

 

~ Ikan Gabus

Dalam resep pindang ikan, Anda juga bisa menemukan ikan gabus. Ikan dengan tekstur lembut ini dapat diolah menjadi Pindang Pegagan. Rasa asam dan manis akan dihadirkan oleh kuahnya yang merah segar.

Anda bisa menambahkan kemangi dan daun bawang agar aroma segarnya semakin terasa. Tidak hanya lezat untuk dipindang, ikan gabus juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia.

Kandungan nutrisi yang ada pada ikan gabus sangat baik untuk proses pembentukan otot, menjaga metabolisme pencernaan, dan membantu penyembuhan luka. Selain itu, ikan gabus juga kaya akan protein, khususnya albumin, yang mampu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

 

~ Ikan Mas

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa ikan mas diolah dengan cara digoreng. Akan tetapi, ternyata ikan mas juga sangat lezat jika diolah dengan teknik pemindangan.

Caranya juga sangat mudah. Setelah menggoreng ikan mas, Anda bisa menggunakan kecap manis untuk menjadikannya pindang ikan. Metode ini umumnya digunakan oleh warga Garut.

 

~ Ikan Tenggiri

Selanjutnya, ada jenis ikan tenggiri yang sering diolah menjadi pempek. Jenis ikan ini memang sangat terkenal akan teksturnya yang padat.

Agar tidak bosan, Anda bisa mengkreasikan ikan tenggiri menjadi Pindang Koyong. Anda bisa mencampurkannya dengan belimbing sayur agar lebih lezat.

 

~ Ikan Bawal

Terakhir, Anda bisa menemukan ikan bawal dalam resep pindang ikan. Jenis ikan yang satu ini sangat lezat jika diolah dengan cara dibakar, tapi jika dipindang, rasanya akan lebih unik.

Dengan daging yang teksturnya padat, ikan bawal sangat sepadan dengan racikan kuah pindang. Tidak hanya lezat, olahan pindang yang satu ini juga sangat mudah dibuat.

 

Tips Memilih Pindang Ikan

Cara Tips Memilih Pindang Ikan

Pindang ikan bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Biasanya, pindang ikan yang dijual berbentuk ikan yang sudah dikeringkan. Namun, Anda tidak boleh sembarangan memilih pindang ikan. Berikut tips-tipsnya:

 

Perhatikan Tekstur Ikan

Bila selama ini Anda mengira pindang ikan yang bagus adalah yang bertekstur padat dan keras, maka Anda salah besar. Pasalnya, ikan seperti itulah yang seharusnya Anda curigai.

Coba pikirkan, sebelumnya pindang ikan sudah melewati proses pemasakan yang cukup lama, bahkan durinya sampai lunak. Jadi, mustahil rasanya jika teksturnya masih keras. Maka dari itu, pilihlah pindang ikan yang dagingnya lunak saat ditekan karena itu menandakan bahwa ikan bebas pengawet maupun bahan berbahaya lainnya.

 

Perhatikan Aroma Ikan

Layaknya ikan lain, ikan yang sudah dipindang juga masih mengeluarkan bau amis. Namun, bau amis ini terasa segar dan khas walaupun sudah dimasak atau diolah. Selain itu, pindang ikan yang baik juga akan mengeluarkan aroma rempah-rempah yang kuat.

Bila pindang ikan yang dijual tidak memiliki aroma sama sekali, maka sebaiknya Anda tidak membelinya. Bisa jadi, ikan tersebut ditambahkan bahan berbahaya sampai aromanya menghilang.

 

Perhatikan Warna Ikan

Terakhir, Anda perlu memperhatikan warna ikan. Ketika membeli pindang, jangan memilih ikan yang berwarna kuning terang. Ikan dengan warna ini dapat dipastikan 100% menggunakan pewarna buatan.

Sebaliknya, Anda bisa memilih pindang ikan berwarna kuning pucat atau kusam. Meskipun warnanya kurang menarik, tapi warna ini menunjukkan bahwa ikan diberi pewarna alami, seperti kunyit.

Setelah melihat berbagai tips diatas, jangan salah pilih lagi ketika membeli pindang ikan. Jika sudah menemukan pindang ikan yang tepat, Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai masakan dengan resep pindang ikan yang tersebar di internet.

 

Pelajari Juga : Resep Gurame Asam Manis

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *