Resep Pindang Patin

resep pindang patin palembang

Resep pindang patin merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Sumatera Selatan. Dengan cita rasa yang khas, resep ini akan menghasilkan sebuah citarasa komplit, serta memiliki ciri khas tersendiri dari kota asalnya. Rasa manis, asam, dan pedas maupun asin berpadu menjadi kesatuan rasa yang menggoyang lidah.

Hal tersebut tentunya membuat jenis masakan ini banyak digandrungi oleh penikmat kuliner khususnya yang berasal dari daerah Sumatera Selatan. Resep olahan ikan berkuah dari bumi Sriwijaya ini, bahkan telah mendunia dan digemari oleh semua kalangan.

 

Resep Pindang Patin Palembang

Di berbagai daerah Sumatera, resep pindang memang memiliki citarasa berbeda-beda bergantung setiap kotanya. Salah satunya jenis pindang yang berasal dari kota Palembang. Cita rasa kuah yang segar dan pedas berpadu dengan ikan patin yang segar akan membuat nafsu makan Anda bertambah tentunya. Dengan tekstur daging yang lembut, serta aroma rempah dan bumbu yang bercampur akan menjadikan rasa pindang ikan patin ini terlalu istimewa untuk dilewatkan.

Kota Palembang merupakan salah satu kota besar yang ada di Sumatera Selatan. Terkenal dengan berbagai menu makanan yang khas, tidak heran jika Anda wajib mencicipi aneka hidangan kuliner khas kota ini saat datang berkunjung.

Pindang patin khas Palembang ni salah satunya. Menu yang berbahan dasar ikan patin segar berpadu dengan kuah bening hangat dan beberapa bumbu, nyatanya sangat digemari terlebih saat musim hujan tiba. Rasanya yang nikmat, berpadu dengan kuah yang hangat dengan racikan aneka macam bumbu, membuat tubuh lebih segar setelah menyantapnya.

Sebetulnya, terdapat berbagai macam jenis olahan pindang yang khas dan terkenal di kota Palembang. Misalnya saja pindang ikan baung, gabus, serta pindang tulang. Hanya saja, ikan patin yang menjadi komoditas hasil maritim terbanyak di kota ini membuatnya tidak tergantikan di lidah masyarakat. Sehingga sangat banyak digemari.

 

Bahan dan Resep Pindang Patin

Bagi Anda yang ingin sekali mencicipi citarasanya, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Palembang. Dengan beberapa bahan yang cukup mudah untuk ditemukan, Anda tentunya bisa membuat sendiri di rumah. Berikut ini aneka bahan yang dibuat untuk membuat olahan pindang dengan bahan dasar ikan patin.

  • Siapkan 600 gram ikan patin. Pilihlah ikan patin yang masih segar, sehingga olahan pindang akan lebih lezat dan tidak amis. Kemudian bersihkan ikan, buang kotoran dan sisik yang menempel di tubuhnya kemudian cuci bersih. Jika diperlukan, tambahkan perasan jeruk nipis agar ikan terasa lebih segar dan tidak berbau amis.
  • Siapkan 6 buah cabai merah besar dan 12 cabai rawit utuh. Jika Anda menyukai pedas, tentu bisa ditambahkan jumlah lebih banyak.
  • cara bikin pindang patin selanjutnya, membutuhkan 5cm kunyit, jahe, dan lengkuas
  • 2 batang serai yang sudah dimemarkan, serta 2 lembar daun salam agar kuahnya wangi menggoda.
  • 1 buah tomat hijau, masing-masing potong-potong menjadi 4 bagian.
  • 1 sendok makan kecap manis, gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya.
  • Air secukupnya

 

Bumbu :

– 3 siung Bawang Merah, dan 5 butir bawang putih

– 1 sendok teh asam jawa yang direndam pada sedikit air panas kemudian ambil airnya

– Kemudian haluskan.

 

Cara Membuat Pindang Patin

Setelah bumbu halus, rebus bersama dengan lengkuas, jahe, kunyit dan serai sampai air mendidih. Kemudian masukkan ikan patin, cabai merah dan cabai rawit, tomat hijau serta daun salam ke air berbumbu yang sudah mendidih tersebut.

Setelah itu tambahkan garam, gula jawa, dan kecap manis lalu kecilkan api hingga ikan matang sempurna dan bumbu meresap. Setelah itu koreksi rasanya. Jika sudah sesuai, angkat panci dan sajikan. Ikan pindang khas Palembang siap menggoyang lidah Anda. Resep pindang patin cukup mudah, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.