Resep Sayur Lodeh

Menu Gambar Resep sayur lodeh

Resep sayur lodeh ala rumahan selalu menjadi menu yang membuat rindu. Apakah anda sedang jauh dari rumah dan merindukan masakan ibu?

Ingin membuat sendiri namun tidak tahu atau lupa resepnya.sayur berkuah santan khas Jawa Tengah ini sungguh membuat kita terbayang masakan rumah.

Menggunakan sayur yang cukup bervariasi khas. Cukup mudah untuk kita coba sendiri walaupun sebagai pemula.

Dengan mempertimbangkan beberapa hal dan bahan yang tersedia. Nah, mari kita coba untuk membahasnya satu persatu.

 

Awal Mula Resep Sayur Lodeh

Menjadi salah satu menu masakan yang memiliki sejarah panjang pada masa lalu. Memiliki tujuh bahan utama sebagai cirinya.

Sayur lodeh awalnya dibuat karena titah Sultan sebagai bentuk solidaritas sosial. Memasak secara bersamaan dengan tujuan menciptakan kebersamaan yang kuat.

Sedangkan kepercayaan yang turun temurun adalah sebagai makanan tolak bala. Pada tahun 1931, wabah yang terdapat di Yogyakarta lalu Sultan memerintahkan warga untuk memasak sayur lodeh.

Lalu, Sultan berdiam diri dalam rumah selama 49 hari. Kemudian benar saja jika wabah berakhir.

Kepercayaan ini menurun hingga menjadi santapan yang lazim di rumah. Pada awal pandemi covid-19 ini juga sempat ada himbauan dari Sultan untuk mencoba hal yang sama.

 

Tujuh Bahan dan Bumbu Resep Sayur Lodeh

Berikut ini merupakan bahan utama yang sejak dahulu digunakan memasak. Bahan dan bumbu sayur lodeh cenderung mudah untuk kita peroleh di sekitar kita. Dengan simbol kesederhanaan dan kebersamaan sosial.

1. Kuah Santan

Terong, memiliki makna yang berasal dari nama aslinya. Terong wungu atau terong berwarna ungu, memiliki arti terbangun, menjalankan ibadah kepada Tuhan secara rutin bukan hanya saat sempat dan ingat.

Kacang Panjang atau kacang lanjar bila dalam bahasa Jawa. Memiliki filosofi terkenal sebagai berkah, juga memiliki arti isyarat untuk berdiam diri dirumah dahulu saat wabah melanda.

Nangka jika dalam bahasa jawa disebut Kluwih. Singkatan dari kata yang memiliki arti memberikan nasihat dan perhatian kepada anggota keluarga.

Labu Siam atau waluh jika dalam bahasa Jawa. Menjadi simbol untuk menghindarkan diri dari sikap tidak baik seperti mengeluh saat menghadapi sesuatu.

Melinjo memiliki arti bahwa memahami bukan hanya dari luarnya. Menelisik dari akibat yang ditimbulkan dan paham secara mendalam untuk waspada.

Daun Melinjo menjadi bahan yang katanya bisa mengusir wabah. Dengan kesatuan bahan-bahan tadi seperti sedang berdoa untuk berdoa kepada sang kuasa.

Tempe memiliki arti sebagai bentuk berdoa kepada pertolongan Tuhan. Memohon dengan tulus ikhlas kepada sang kuasa atas apa yang sedang terjadi.

 

2. Bumbu Sayur Lodeh

Bawang merah, bawang putih, cabai keriting, kemiri, kencur, terasi, ketumbar, daun salam, lengkuas digeprek, garam, penyedap rasa dan gula. Dengan bumbu sederhana ini anda bisa mencoba memasaknya sendiri.

Secara sejarah memasak resep sayur lodeh sangat sederhana seperti tujuan awalnya. Namun seiring berkembangnya zaman dan variasi semakin beragam.

Jadi anda bisa menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Sama halnya dengan lauk untuk menyantapnya.

 

Cara Membuat Sayur Lodeh

Dengan mempersiapkan semua bahan dan bumbu utama di atas kita masuk ke langkah memasaknya. Tidak usah khawatir jika nanti rasanya akan berbeda dengan masakan rumah, karena kuncinya sudah kita pegang dengan rapi.

1. Siapkan Kuah Santan

Dengan memilih kelapa yang sudah tua dan akan keluar sarinya ketika kita parut. Bahan utama ini akan menjadi kuncinya, sebaiknya memarutnya sendiri untuk mendapatkan rasa yang lebih khas.

Namun anda juga bisa membeli parutan yang tersedia di pasaran. Santan instan masa kini yang terdapat banyak di berbagai toko atau bahkan pasar.

Namun kami merekomendasikan untuk membuat santan sendiri. Demi menjamin kualitas dan tentu saja rasa yang akan dihasilkan. Lalu panaskan santan dengan api kecil sambil menyiapkan bahan lainnya.

 

2. Menyiapkan Sayuran Sayur Lodeh

Untuk sayuran seperti melinjo, daun melinjo, kacang panjang, terong, labu siam anda bisa memilih untuk mencucinya. Namun bisa juga memotongnya dahulu lalu mencucinya, ini merupakan option kebiasaan saja.

Kacang panjang dipotong sekitar 3 cm, sedangkan terong anda bisa memotongnya seperti biasanya. Labu siam potong dengan bentuk memanjang seperti kentang instal yang sering kita konsumsi.

Daun melinjo biasanya dibiarkan wutuh aslinya saja. Untuk melinjo yang masih muda juga biarkan aslinya, namun jika anda menggunakan kulitnya saja sebaiknya potong menjadi beberapa bagian.

Setelah semua siap jangan anda campur menjadi satu. Karena nanti memasukkannya satu persatu dari sayur yang paling lama saat proses memasaknya.

 

3. Siapkan Tempe

Bahan yang satu ini cukup potong-potong menjadi dadu tipis saja. Untuk kita masukkan saat santan dan bahan lainnya sudah siap.

4. Masukkan Bumbu dan Bahan

Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan pada santan yang mulai panas tadi. Aduk hingga mendidih dan keluar aromanya, agar bumbu sayur lodeh berhasil.

Kunci santan tidak pecah adalah mengaduknya hingga mendidih tanpa tumpah keluar. Tenang saja jika api tidak terlalu besar, santan tetap aman.

Nah, setelah itu anda bisa memasukkan nangka sebagai bahan yang susah matang. Setelah itu masukkan kacang panjang yang memiliki tekstur cukup keras.

Barulah melinjo, daun melinjo labu siam dan tempe sebagai bahan terakhir. Masak dengan api sedang sambil mencicipinya.

Urusan rasa semua tergantung selera. Sama halnya dengan bumbu dengan kunyit atau tidak, menggunakan ebi kering atau tidak.

 

Langkah Terakhir

Jika sudah anda cicipi sayurannya sudah matang atau belum. Rasanya sudah sesuai atau belum, maka anda bisa mematikan kompor dan menyajikannya.

Masakan siap untuk disantap dengan lauk kesukaan anda. cara memasak sayur lodeh cukup mudah bukan? Dengan beberapa lauk seperti ikan teri goreng, tempe, tahu goreng juga kerupuk.

Banyak sekali pilihan untuk menyajikannya. Dengan ciri khas gurih dari santannya, sayur ini termasuk dalam makanan sehat lho.

Berbagai Jenis Resep Sayur Lodeh di Indonesia

Seperti yang kita bahas tadi bumbu dan bahan yang digunakan secara sederhana masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya. Sedangkan untuk berbagai daerah lain memiliki ciri khas dan tambahan masing-masing.

Jika daerah Jawa Timur menggunakan kunyit. Santan yang mereka hasilkan akan berwarna kuning, dengan tambahan pete yang dipotong-potong.

Sayur Lodeh Rebung, salah satu variasi ini juga menggunakan kunyit. Menggunakan bahan rebung muda yang direbus selama 10 menit terlebih dahulu agar lunak saat kita konsumsi.

Sayur Lodeh Manisa dan Ceker ini bisa menjadi referensi memasak anda. Menggunakan bahan yang mudah kita temui di pasaran, dengan tambahan serai dan tetap menggunakan labu siam.

Jika anda menyukai pedas maka bisa menggunakan cabai rawit yang lebih terasa. Tidak perlu khawatir akan rasa karena nanti akan cenderung seperti kuah santan pedas menggugah selera.

 

~ Resep Sayur Lodeh Tahu Tempe

Gambar Resep Sayur Lodeh Tahu Tempe

Salah satu resep ini sebenarnya mirip, hanya saja tempe dan tahu yang digunakan sebaiknya digoreng dahulu. Menggunakan daun jeruk sebagai ciri khas berbedanya, untuk bahan lainnya sama saja.

Anda bisa memasak mulai dari santan lalu bumbu dan bahan yang menyusul. Jika kita menyukai pedas bisa menggunakan cabai rawit sebagai tambahan.

Sayur lodeh kacang panjang, resep sayur lodeh yang satu ini masih sama saja sebenarnya. Hanya saja menggunakan kacang panjang sebagai bahan utama.

Biasanya penggunaan bahan dalam sayur ini cukup bervariatif. Tergantung dengan masing-masing selera dan ketersediaan bahan saja.

Tidak mengharuskan menggunakan bahan utama tadi. Kembali pada selera dan kebutuhan masing-masing anda saja.

 

~ Kandungan Gizi dalam Sayur Lodeh

Jika anda mengkonsumsi sayur yang satu ini maka akan memperoleh kandungan berikut ini.

Energinya mencapai 240 kilo kalori, dengan protein mencapai 9,08 gram. Karbohidrat 30,65 gram, lemak 12,45 gram, kalsiumnya 135 miligram, dengan fosfor 184 miligram, dan zat besi sebanyak 4.26 miligram.

Dari bahan-bahan yang terkandung dalam sayur ini. memiliki manfaat yang baik bagi tubuh yang sudah terlalu sering mengkonsumsi makanan instan yang tidak sehat.

 

~ Apa Manfaat Mengkonsumsi Sayur Lodeh?

Semenjak masa pandemi covid-19, sayur bersantan yang satu ini menjadi tren. Dengan kabar yang beredar dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit.

Menjadi menggeserkan nilai dari makanan khas yang sudah ada sejak nenek moyang ini. memang sama bertujuan baik namun terkesan mengganti arti.

Sayur lodeh memang sangat baik untuk mencukupi nutrisi tubuh. Dengan bahan sayuran yang beragam ini bisa meningkatkan imunitas tubuh kita.

Sama seperti virus corona yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Maka tidak berlebihan jika menyebut santapan ini bisa membantu tubuh semakin lebih sehat dari mengkonsumsi makanan masa kini.

 

~ Kandungan Berkhasiat

Jika anda mengikuti resep sayur lodeh dengan tepat maka akan mendapatkan dampak yang baik. Sayuran dan bahan yang digunakan sejak dulu memiliki filosofi dan manfaat baik untuk tubuh.

Terong memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Menangkal segala radikal bebas yang mudah masuk pada tubuh kita, jika menumpuk terlalu lama akan berbahaya.

Daun melinjo sendiri memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Untuk menurunkan asam urat saat bijinya menimbulkan asam urat tinggi, maka akan saling mengontrol satu sama lain.

Bahkan bisa mengelola kadar gula darah yang ada pada tubuh kita. Juga menjaga daya tahan tubuh kita dalam sistem imunitas.

Kacang panjang, memiliki vitamin C yang cukup tinggi. Nah hal ini akan berpengaruh baik untuk kesehatan jantung, mengurangi resiko terkena kanker usus, bahkan cacat tabung saraf pada janin.

Labu siam sendiri juga memiliki manfaat baik bagi jantung, gula darah, bahkan untuk ibu hamil. Jika anda sedang mengatasi penuaan dini, maka sayur ini jawaban masalah anda.

Nangka atau kluwih memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Bahkan akan menyerap kolesterol dan menurunkannya.

 

Manfaat Secara Umum

Resep sayur lodeh sederhana ini memiliki kandungan baik secara utama untuk kekebalan tubuh. Jika anda mencoba untuk mengkonsumsi sayur yang satu ini coba untuk perhatikan bahan dan cara memasaknya.

Banyak dari bahan sayuran dalam sayur lodeh yang mengandung antioksidan. Hal ini sangat baik jika untuk tubuh kita.

Maka coba untuk membenarkan bagaimana memasak yang sesuai. Durasi memasaknya yang pas dan sebagainya.

Tubuh akan menerima hal baik dan memberikan stamina baik untuk kita. Jangan lupa selalu menjaga untuk mendapatkan imbalan balik tubuh kita.

 

Adakah Efek Samping Sayur Lodeh?

Dengan segudang manfaat yang hadir dalam makanan ini, terdapat juga efek untuk tubuh. Nah, coba simak apa saja hal tersebut dan cara untuk menyiasatinya.

Karena masuk dalam sayuran berkuah santan, maka sayur lodeh ini berpotensi untuk meningkatkan kolesterol. Maka akan mengarah pada jantung dan stroke karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi.

Maka jika anda ingin mengkonsumsi sayur lodeh sebaiknya tidak secara terus menerus. Hal ini jika tidak diimbangi dengan asupan lainnya akan menimbulkan masalah ada tubuh.

Gagal mendapat manfaat malah justru menuai penyakit. Oleh karena itu konsumsi dalam batas wajar dan tidak terus menerus ya.

 

Cara Antisipasi Efek Samping

Untuk mendapatkan manfaat baik dari mencoba sayur lodeh. Sebaiknya anda memperhatikan porsi dan kandungan lain yang masuk dalam tubuh.

Cara Memasak Santan

Saat mencoba resep masakan yang satu ini usahakan untuk memperhatikan waktu memasaknya. Santan yang akan anda gunakan untuk kuah ini akan menjadi bumerang saat salah memasaknya.

Maka perhatikan waktu memasak santan hanya mencapai tiga menit saja. Jika santan kita masak dengan tepat maka kandungan baiknya akan sampai pada yang mengkonsumsinya.

Dari kandungan lemak baik ini akan baik namun jika kita salah memasak akan menimbulkan penyakit. Seperti kadar kolesterol jahat, penyumbatan pembuluh darah dan lainnya.

Takaran Makan

Gambar Takaran Makanan dan Sayuran

Dengan gizi seimbang, karbohidrat sebanyak 2/3 dari ½ piring. Lalu dengan lauk pauk 1/3 dari setengah piring anda. Lalu untuk sayur anda bisa 2/3 dari setengah piring.

Jangan lupakan untuk selalu mengkonsumsi buah sebagai asupan vitamin dan serat. Anda akan memperoleh manfaat nyata dengan mengamalkan kebiasaan sehat pada kehidupan.

Jika tubuh menerima asupan sesuai maka akan timbul rasa segar dan bugar. Segala aktivitas akan lebih ringan dan nyaman tentu saja.

Maka jika mengkonsumsi sesuatu sebaiknya selalu memperhatikan porsinya. Untuk mendapatkan manfaat secara langsung.

 

Selingi Dengan Makanan Lain

Setelah kita membahas resep sayur lodeh, dengan kandungan yang ada didalamnya. Kita menjadi tahu manfaat dan efek samping yang terkandung didalamnya.

Maka kita sebaiknya juga mengkonsumsi sayuran lain sebagai selingan. Untuk tambahan nutrisi, buah juga sangat penting bagi tubuh kita sehari-hari.

Hal ini bisa kita jadikan solusi masa kini. Jika anda menabung kebiasaan baik maka tubuh akan memberikan performa baik bagi aktivitas sehari-hari kita.

Usahakan untuk selalu menjaga kesehatan dan tetap membiasakan hal baik. Demi mendapatkan kesehatan jangka panjang.

Investasi Kesehatan

Tidak hanya sayur lodeh yang baik untuk kita coba. Menjaga tubuh dengan membiasakan memakan dan menjaga pola hidup salah satu caranya.

Sebagai salah satu santapan turun temurun dari nenek moyang yang bisa kita cicipi hingga sekarang. Sayur lodeh memberikan manfaatnya jika kita bijak dan tepat dalam pengolahannya.

Investasi tidak hanya dalam bentuk materi dan harta, namun juga kesehatan. Meremehkan makanan tidak sehat dengan terus menerus mengkonsumsinya sangat tidak baik untuk tubuh.

Maka sadari selagi belum terlambat untuk mengubah kebiasaan buruk. Menjadi sehat dengan kebiasaan dan pola hidup sehat sangat penting.

Semoga informasi mengenai segala hal yang berhubungan dengan resep sayur lodeh bisa membantu anda. Menyiasati menu makan setiap hari dengan sehat dan mudah tentu saja. Selamat mencoba!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *