Resep Serundeng Daging

Cara Membuat Resep Serundeng Daging dan Bumbu Terbaik

Daging sapi kerap menjadi hidangan yang lezat dan banyak sekali disukai oleh masyarakat. Resep serundeng daging ini mempunyai rasa yang lezat dan gurih.

Karena daging sapi khas dengan hidangan lezat yang sangat nikmat. Salah satu dari hidangan lezat yang terbuat dari daging sapi yaitu hidangan serundeng yang kaya akan rempah dan bumbu.

 

Serundeng Daging Sapi

Sajian lezat ini biasa dibuat dengan cara memasak daging sapi bersama bumbu dan rempah sampai meresap lalu digoreng dan disajikan dengan menggunakan parutan kelapa yang telah dibumbui dan disangrai.

Untuk rasa, serundeng daging sudah tidak diragukan lagi. Bumbu manis yang ada di daging bercampur menjadi satu. Hidangan daging ini memiliki rasa gurih dan tersaji dengan istimewa.

Hidangan ini pastinya sudah tidak asing lagi didengar dan seringkali ditemukan baik dirumah makan maupun restoran favorit kamu. Namun, saat ini kamu bisa menyajikannya serta menghidangkannya bersama dengan keluargamu.

Resep serundeng daging sapi biasa hanya menggunakan kelapa. Namun sekarang bisa menggunakan daging kambing, bahkan ada juga yang menggunakan daging ayam suwir. Asalkan jangan sampai menggunakan serundeng dengan proses bumbu dan bahan yang berbeda dengan abon.

Serundeng termasuk salah satu dari makanan khas yang ada di Indonesia dan sering menjadi lauk-pauk nasi. Resep serundeng daging ini dibuat dengan parutan kelapa yang nantinya digoreng sampai kuning kecoklatan bersama dengan bumbu-bumbu.

Contohnya, bawang putih, bawang bombay, bawang merah, kunyit, gula, ketumbar, asam jawa, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas. Bumbu-bumbu ini nantinya diracik terlebih dahulu sebelum digunakan.

Manfaat Resep serundeng daging

Resep serundeng daging pada umumnya harus dihidangkan dengan berbagai macam irisan daging sapi goreng. Biasanya terdapat pada hidangan serundeng daging atau biasa ditaburkan dengan soto, burasa (makanan Makassar) atau ketab untuk menambahkan rasa gurih pada masakan tersebut.

Jika di Malaysia serundeng ini lebih dikenal dengan abon daging ayam dan sapi. Abon yang ada di Malaysia bisa dicampur dengan berbagai kelapa parut contohnya serundeng Indonesia atau tidak. Sedangkan, di Indonesia serundeng jelas lebih ke arah kelapa parut goreng.

Terkecuali di Kepulauan Riau yang lebih kepada abon daging sapi atau ayam, bahkan ada juga abon mangrove. Resep serundeng daging harus memerlukan waktu yang lebih sabar dan tidak mudah karena untuk prosesnya sendiri lebih lama dan panjang.

Apalagi dengan menggunakan presto daging bisa dipotong searah dengan serat. Jangan sampai melawan serat daging lalu dicampurkan dengan bumbu-bumbu khusus. Pada akhirnya daging dicampur dengan kelapa parut kasar juga dan dapat diaduk hingga kering.

Cara membuat daging serundeng pun banyak macamnya ada contohnya seperti serundeng daging jawa, serundeng daging kambung manis, serundeng ayam, serundeng teri jengki, serundeng ikan, dan serundeng daging basih serta masih banyak lainnya.

 

Bahan Membuat Serundeng Daging Sapi

  • Daging sapi 350 gram
  • Daun salam 2 lembar
  • Jahe 2 cm, dimemarkan
  • Air 1 Liter untuk merebus
  • Daun jeruk 4 Lembar, dibuang tulang daunnya, diiris halus
  • Batang serai 2, dimemarkan
  • 1 sendok asam jawa dan 3 sendok air, dilarutkan
  • 100 ml kaldu daging (dari rebusan daging)
  • 200 gram kelapa parut kasar disangrai

Bumbu Serundeng Daging Sapi

  • 12 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok ketumbar
  • 1/4 sendok jintan
  • 2 cm lengkuas
  • 1 cm jahe
  • 1 3/4 sendok garam
  • 2 sendok gula merah sisir

 

Cara Membuat Serundeng Daging Sapi

  1. Pertama daging, daun salam, jahe, air direbus hingga empuk.
  2. Lalu daging diangkat dan dipotong searah serat. Suwir-suwir daging memanjang secara tipis-tipis.
  3. Campur semua daging suwir dengan bumbu halus, serai, air asam jawa dan daun jeruk. Selanjutnya, semua bahan diremas-remas hingga berbalut rata. Dapat diamkan sekitar 30 menit.
  4. Selanjutnya, bisa dipindahkan ke dalam wajan terlebih dahulu kemudian kaldu daging dituangkan.
  5. Masak diatas api kecil tunggu hingga meresap. Masukkan juga kelapa parut kasar dan diaduk hingga kering.

 

Bahan Cara Membuat Serundeng Daging Ayam

Bahan Cara Membuat Serundeng Daging Ayam

  • Kelapa parut
  • 1 kg ayam
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • Minyak Makan
  • 2 sendok ketumbar
  • Garam
  • 2 siung kemiri
  • 1 sendok gula jawa
  • 500 ml air bersih atau matang
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 1 batang sereh dimemarkan
  • 1 lembar daun jeruk dimemarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas

 

Cara Membuat Serundeng Daging Ayam

  1. Pertama, ayam direbus dan dibersihkan hingga ke kotorannya.
  2. Semua bumbu dihaluskan dan ditumis hingga kering.
  3. Bumbu yang lainnya dimemarkan dan dimasukkan ke dalam wajan. Tumis semua bumbu hingga matang merata.
  4. Ayam dan air dimasukkan, kemudian panci ditutup. Selanjutnya, daging direbus sampai setengah matang.
  5. Kemudian, masukkan bumbu parutan kelapa tersebut. Serundeng dan daging ayam di goreng, masak semuanya hingga matang dan lanjut sajikan dengan nasi panas.

 

Nilai Gizi Kelapa Dari Serundeng Daging

Air kelapa tidak hanya dipercaya sebagai pelepas dahaga saja, namun masyarakat juga mempercayai bahwa air kelapa ini banyak manfaatnya. Air kelapa bisa dengan lebih cepat mengganti cairan yang ada di dalam tubuh dan dapat mengembalikan kesegaran yang telah hilang ketika seharian berpuasa.

Selain itu, menurut Dr. Endang Peddyawati, MS, SpGK spesialis gizi klinik dari RSUP Persahabatan, Jakarta berpendapat bahwa air kelapa ini mempunyai banyak khasiat dan manfaat. Kandungan gizi pada daging buah kelapa ini sangat bervariasi dan tergantung dari muda maupun tua kelapanya.

Semakin tua buah kelapa maka semakin sedikit pula kandungan airnya, hal ini bisa membuat semakin tinggi kandungan dari lemak, fosfor, zat besi, kalsium dan kalorinya.

Air buah kelapa sudah mengandung makronutrien contohnya lemak, protein, dan karbohidrat. Sedangkan, kandungan pada makronutrien berarti vitamin dan mineral. Mineral ini ada di dalam air kelapa yaitu kalsium, kalium, zinc, fosfor, magnesium, dan natrium.

Kandungan vitamin yang ada didalamnya yaitu vitamin C, B5, B6, dan B3. Kelapa memang dikenal untuk tanaman yang mempunyai sejuta manfaat. Baik itu dari kayu kelapa, buah kelapa, daun kelapa, maupun air kelapa.

Buah kelapa ini umumnya dikonsumsi dengan daging kelapa atau diambil santannya. Jika santan kelapa telah diperas, kamu jangan berpikir jika parutan kelapa yang kering ini tidak mempunyai manfaat dalam tubuh.

 

1. Dapat Menyehatkan Jantung Dan Meningkatkan Fungsi Otak

Kelapa parut kaya akan serat yang dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung tubuh manusia. Serat tersebut dapat menyerap kolesterol jahat dalam darah yang bisa membahayakan jantung.

Untuk kamu yang mempunyai otak lebih pintar maka boleh memperbanyak makan parutan kelapa. Karena terdapat beberapa peneliian yang mengatakan jika kelapa dapat memperbaiki fungsi dari otak dan memperlambat datangnya penyakit Alzheimer.

 

2. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan adanya kandungan selenium pada parutan kelapa, maka dapat meingkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, selenium dapat memproduksi selenoprotein yang bisa membantu memerangi beberapa penyakit.

 

3. Mencegah Infertilitas Pada Pria Dan Anemia

Hal tersebut bukanlah menjadi mitos. Karena parutan kelapa memiliki kandungan mineral yang dapat mencegah kemandulan pada pria.

Wanita mudah akan terkena anemia saat usia tertentu. Apabila rajin memakan kelapa parut, maka kamu dapat terhindar dari penyakit anemia. Karena kelapa parut tinggi akan zat besi dan dapat memicu produksi sel darah merah di dalam tubuh manusia.

 

4. Mengurangi Risiko Kanker

Kelapa parut mempunyai banyak sekali nutrisi yang dapat mengurangi risiko kanker tertentu. Contohnya seperti kanker prostat dan kanker usus.

 

5. Mencegah Terjadinya Masalah Pencernaan

Jika kamu mempunyai banyak masalah seperti wasir, sembelit atau duodenum maka dapat mengonsumsi kelapa parut yang tinggi akan serat. Dengan begitu, kamu dapat mencegah penyakit tersebut hanya dengan rajin memakan kelapa parut.

 

6. Mencegah Terjadinya Arthritis

Selain memiliki manfaat dalam memicu produksi sel darah, terdapat kandungan mineral yang ada dalam kelapa parut. Kelapa parut berfungsi dalam mencegah mesalah yang berhubungan dengan saraf contohnya arthritis sampai kesehatan tulang yakni osteoporosis.

Kamu dapat mengonsumsi kelapa parut dengan dicampur makanan sehat lainnya. Contohnya ada oatmeal apabila kamu bosan dengan berbagai olahan kelapa parut yang biasa.

Manfaat dari ampas kelapa ini dapat yang paling tidak terduga. Ampas kelapa sudah terbukti jika mempunyai berbagai macam manfaat untuk wajah salah satunya yaitu menghaluskan kulit wajah. Faktanya ampas kelapa ini bisa dijadikan sebagi scrub wajah.

Kelapa yang sebaiknya digunakan adalah kelapa yang tidak terlalu muda dan tua. Untuk membuat serundeng daging sangat diperlukan kelapa parut ataupun ampas kelapa.

TIdak hanya itu sebagai pengganti kelapa bisa menggunakan kemiri giling. Mudah sekali sebenarnya memasak serundeng ini. Jika kamu masih bingung bisa mencari informasi yang lainnya.

 

Dampak Negatif Mengonsumsi Serundeng Daging Sapi

Daging sapi bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang mengundang selera dan lezat. Olahan daging sapi banyak sekali dijumpai dalam bentuk serundeng maupun sate. Dalam mencari daging sapi pun jauh lebih mudah kamu bisa menemukannya di berbagai pasar tradisional.

Ada berbagai macam manfaat dari daging sapi jika kamu mengonsumsinya secara tepat dengan porsi yang sesuai. Daging sapi sering dijadikan sebagai salah sumber protein untuk orang yang ingin membentuk otot.

Selain itu, terdapat kandungan zat besi di dalam daging sapi bisa memberikan manfaat untuk orang yang mempunyai penyakit anemia. Namun, apabila daging sapi ini banyak dikonsumsi dan tidak sesuai dengan porsi maka bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Beberapa dampak buruk yang bisa saja dialami ketika mengonsumsi daging sapi yang banyak.

 

1. Meningkatkan Kadar Kolesterol Dan Mengalami Dehidrasi

Jika mengonsumsi berbagai jenis makanan yang sudah mengandung lemak banyak dan bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh maka bisa menyebabkan banyak penyakit.

Lalu banyak penelitian yang telah mengatakan jiks bsnysk mengonsumsi daging maka akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini bisa saja menyebabkan kulit tubuh tampak lebih kusam.

 

2. Menyebabkan Masalah Pencernaan Dan Sakit Kepala

Mempunyai pencernaan yang lancar biasanya harus mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Daging sapi ini mempunyai kandungan lemak dibandingkan serat. Jika banyak mengonsumsi makanan berlemak maka tidak akan mudah dicerna oleh tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi daging juga bisa menimbulkan sakit kepala yang berlebihan. Hal ini disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi. Jika hal tersebut tidak segera ditangani maka akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh.

 

3. Menimbulkan Bau Mulut Dan Peradangan Pada Tubuh

Mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan protein tinggi contohnya daging sapi bisa melepaskan zat ketones. Zat inilah yang bisa meningkatkan energi dalam tubuh manusia. Namun, jika banyak mengonsumsi daging bisa melepaskan zat ini.

Pada akhirnya bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Banyak penelitian mengatakan jika lemak jenuh ini terdapat pada daging yang bisa menyebabkan peradangan. Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi daging bisa merusak fungsi organ-organ di dalam tubuh.

 

Tips Membuat Serundeng Daging Yang Gurih

Masakan ini biasa dikombinasikan dengan daging agar cita rasanya semakin sempurna. Karena mudah dalam membuatnya dan tidak perlu membtuhkan waktu yang lama. Berikut ini tips membuat serundeng yang enak.

 

1. Merebus Daging Sapi Dengan Rempah

Sebelum kamu ingin memasak, sebagiknya daging dicuci terlebih dahulu dengan air yang mengalir sampai bersih. Lalu daging dipotong menjadi beberapa bagian yang besar. Selanjutnya bisa dipanaskan air di dalam panci hingga mendidih.

Kemudian bisa memasukkan daging sapi ke dalamnya dengan jahe, kayu manis, dan garam. Daging direbus sampai matang dan empuk. Jika sudah diangkat dan ditiriskan.

 

2. Bumbu Dihaluskan Dan Tumis Hingga Harum

Daging rebus diletakkan pada talenan, selanjutnya potong dengan bentuk dadu berukuran kecil. Diatas kompor disiapkan, kemudian minyak bisa dipanaskan hingga mendidih.

Daging sapi digoreng sampai berubah warna atau setengah matang, lalu diangkat dan disisihkan. Selanjutnya, bisa menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, dan kunyit hingga lembut dengan food precessor.

Selanjutnya, bisa menumis bumbu halus dengan daun salam, serai dan daun jeruk sampai harum dan matang.Selain bumbu yang halus, biasanya saya menambahkan bumbu-bumbu lainnya agar serundeng lebih beraroma. Kamu dapat menggunakan bumbu favoritmu.

Kunci agar kering dan tidak hangus yaitu serundeng harus dioseng dan diaduk sampai menyatu rata dengan bumbunya. Hal tersebut bisa dilakukan secara terus-menerus agar bumbu menyerap lebih sempurna dan tekstur kelapa menjadi kering.

 

3. Masak Daging Dengan Parutan Kelapa

Kelapa parut yang tadi dimasukkan ke dalam tumisan, kemudian diaduk sesekali hingga tercampur menjadi rata. Dapat menambahkan gula merah, garam, dan gula pasir secukupnya. Aduk sampai masak dan serundeng sudah menjadi setengah kering.

Kemudian, masukkan potongan daging yang telah digoreng sampai setengah matang ke dalam tumisan serundeng. Aduk-aduk serundeng hingga daging menjadi terselimuti serundeng dengan merata.

Daging dan serundeng daging dimasak hingga matang. Jika sudah, maka dapat menyajikan serundeng ini dengan nasi putih yang hangat. Dapat disimpan melalui wadah tertutup dalam suhu ruangan yang dingin. Ini bisa dijadikan sebagai salah satu lauk harian yang sederhana.

Gunakan api yang kecil atau sedang dalam menggosengkan. Semakin kecil api api maka akan semakin lama keringnya. Namun, serundeng daging ini dapat dijamin tidak akan menjadi gosong dan kering sempurna.

Jika kering sempurna, serundeng dapat tahan lama disimpan. Paling tidak serundeng kering dapat bertahan 1 minggu. Lain halnya dengan serundeng yang basah tidak akan mampu bertahan lama.

Karena serundeng tersebut tidak dimasak dengan matang yang menyeluruh. Maka lebih cepat basi dan tidak akan enak jika kamu memakan serundengnya.

Demikianlah artikel mengenai resep serundeng daging yang enak dan beberapa penjelasan mengenai khasiatnya. Apabila ada kesalahan dan kekurangan artikel ini mohon maaf.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, jangan lupa menjaga kesehatan. Terima kasih teman-teman semuanya tunggu artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.