Resep Sosis Bakar

Gambar dan Harga Terdekat Resep Sosis Bakar

Sosis pasti sudah tidak asing lagi mendengarnya. Apalagi sosis bakar semua orang pasti menyukainya. Resep sosis bakar sendiri sangat mudah dibuat dengan berbagai kombinasi rasa bumbu yang gurih.

Apalagi jika sosis tersebut masih hangat pasti enak untuk disantai. Biasanya sosis bakar ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Jika kamu malas keluar dari rumah, maka dapat membuat sosis bakar sendiri.

 

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

  • 12 buah sosis
  • 2 sendok saus teriyaki
  • 2 sendok kecap manis
  • 2 sendok margarin
  • 1/2 sendok lada bubuk
  • tusukan sate yang sudah dibersihkan

 

Cara Membuat Sosis Bakar

  1. Pertama, sebelum dibakar sosis dikeluarkan dulu dari plastiknya. Kemudian, tusuk menggunakan tusukan sate pada semua sosis.
  2. Setelah itu, bisa mencampurkan beberapa bahan ke dalam wadah. Pada wadah tersebut, bisa menambahkan saus teriyaki, lada bubuk, dan kecap. Selanjutnya, masukkan semua sosis ke dalam wadah dan bisa campurkan hingga merata.
  3. Dipastikan jika semua permukaan yang sudah dibumbui agar lebih enak. Lalu dibakar sampai matang di atas wajan panas.Kemudian wajan anti lengket dipanaskan dengan margarin terlebih dahulu.
  4. Bakar sosis hingga setengah matang saja. Selanjutnya, bisa diolesi kembali dengan sisa bumbu yang tadi dibuat. Masak sosis hingga warnanya berubah dan benar-benar terlihat matang. Sajikan sosis bakar dengan saus sambal favorit kamu.

 

Gizi Sosis Bakar

Kandungan Gizi dalam Sosis Daging Sapi Bakar

Sumber Gambar: sosisbakarmamie

Sosis termasuk salah satu produk olahan siap saji yang semakin hari semakin populer di masyarakat, apalagi pada anak-anak. Istilah sosis berasal dari Bahasa Latin yaitu salsus berarti asin. Resep sosis bakar biasa dibuat dari daging cincang yang sudah dibumbui.

Kemudian dimasukkan ke dalam bungkus berbentuk silinder panjang. Setelah itu, diawetkan sosis dengan cara penggaraman. Pada awalnya, proses pengolahan sosis berguna untuk mengawetkan daging. Hal tersebut sudah dilakukan oleh masyarakat dari negara empat musim.

Agar masyarakat tersebut tidak kekurangan daging ketika musim dingin. Kepopuleran sosis inilah yang semakin meningkat di Indonesia., setelah adanya jajanan sosis bakar terkenal. Stand-stand penjual sosis bakar pun semakin menjamur.

Baik itu tua maupun muda bahkan anak-anak tidak ketinggalan menyantap makanan ini. Jenis sosis yang di jual oleh masing-masing stand sosis bakar berbeda-beda. Harganya pun dimulai dari Rp.5000 untuk satu buah sosis saja.

Jika dilihat dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) sosis yang bagus sebaiknya mengandung protein minimal 13%, karbohidrat maksimal 8% dan lemak 25%. Proses penggaraman yang dilaksanakan saat mengolah dapat menyebabkan peningkatan jumlah garam yang ada di sosis.

Karena sosis mengandung kolesterol, kadar lemak, dan garam yang tinggi. Maka dari itu, sebaiknya sosis tidak dijadikan sebagai menu utama untuk si kecil. Hal ini yang bisa menimbulkan penyakit tidak menular salah satunya obesitas.

 

Efek Samping Jika Sosis Dibakar

Kandungan sosis yang berupa daging, ketika daging dipanggang, dibakar, maupun direbus dengan suhu pemanasan tinggi maka bisa memecah asam amino kreatin atau asam amino yang ada pada otot.

Asam inilah yang menjadi zat kimia bernama HCAs (Heterocyclic Amines) dengan sifat karsinogenik. Heterocyclic Amines merupakan salah satu senyawa kimia yang timbul dari daging.

Daging ini dimasak dan diproses dalam suhu tinggi. Proses memasaknya harus sampai berubah warna menjadi lebih kehitaman agar banyak mengandung HCAs.Oleh karena itu, untuk mengurangi berbagai risiko kanker sangat disarankan kamu lebih memperhatikan lama dan suhu memasaknya.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2003 yang sudah dipublikasikan dalam International Journal of Food Science and Technology mengatakan jika jumlah HCAs paling tinggi ditemukan pada daging yang sudah dibakar.

Namun, lebih dianjurkan jika membakar daging dengan suhu yang lebih rendah. Walaupun membutuhkan waktu yang jauh lebih lama dibandingkan dengan api yang panas. Karena dengan mengurangi panas maka akan berkurang secara signifikan dalam pembentukan HCA.

 

1. Sosis Kaya Akan Lemak Jenuh

Sebagian besar lemak trans yang terbuat dari minyak melalui berbagai metode proses makanan yang biasa disebut dengan hidrogenasi parsial. Lemak trans inilah yang dapat meningkatkan sejenis kolesterol jahat ataupun LDL dan dapat menurunkan HDL ataupun kolesterol baik.

Oleh karena itu, bagi siapapun yang mengonsumsi lemak tersebut dapat meningkatkan risiko terkenanya penyakit kardiovaskular. Penyakit itu seperti gagal jantung dan stroke, serangan jantung, dan risiko kenaikan berat badan dan diabetes.

 

2. TingginyaMSG, Garam, dan Sodium

Garam atau natrium tinggi, biasa dikenal sebagai hypernatremia yang diakibatkan karena banyaknya mengonsumsi garang. Gejala yang bisa ditimbulkan seperti kebingungan, kejang, berkeringat parah, dan bisa juga menyebabkan kematian, itu bisa saja terjadi apabila mengonsumsi garam dengan kadar tinggi.

MSG memang digunakan sebagai penambah rasa, di sisi lainnya memang tidak beracun dan tidak berbahaya. Namun, jika penggunaannya terlaly sering dan banyak juga tidak bagus untuk tubuh.

 

3. Pengawet Tinggi

Pengawet yang diletakkan pada makanan dapat mempertahankan kualitas serta penampilan makanan. Namun, terdapat efek samping jika terlalu sering dikonsumsi.

Contohnya saja, bisa menyebabkan masalah pernapasan seperti kanker, obesitas, asma, lemahnya jaringan jantung atau bahkan timbulnya perilaku hiperaktif untuk anak-anak. Maka dari itu, orang tua wajib mengontrol makanan anak-anaknya agar bisa memastikan tumbuh menjadi sehat.

 

4. Kolesterol Jahat Meningkat

Seperti yang sudah dijelaskan, jika sosis ini mengandung kolesterol jahat atau kolesterol LDL yang sangat berbahaya untuk tubuh manusia. Kolesterol jahat yang semakin tinggi akan dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes dan jantung.

 

5. Risiko Kanker Usus Dan Obesitas Meningkat

Kanker usus besar atau dubur sering terjadi di masyarakat, hal ini tentunya bisa disebabkan karena adanya diet yang banyak mengonsumsi daging olahan seperti sosis. Sosis memiliki sedikit kandungan mikronutrien yang berguna bagi tubuh.

Namun, boleh saja memakan sosis akan tetapi tidak boleh dijadika sebagai salah satu menu utama. Apalagi jika sampai dikonsumsi setiap hari oleh anak-anak.

Hal tersebut juga berlaku pada nugget dan makanan cepat saji lainnya. Karena setelah diteliti banyak dari makanan tersebut tidak mengandung daging ayam. Melainkan hanya kulit sampai tulang ayam sebagai penggantinya.

 

Penyajian Sosis

Gambar dan Cara Penyajian Sosis Viral

Sosis sebenarnya dapat diolah sebagai menu apapun baik untuk tambahan sop, nasi goreng dan lainnya. Apalagi untuk tambahan menu makanan bayi. Namun, sosis sebaiknya tidak dibakar ataupun digoreng terlalu lama.

Karena nantinya tekstur pada sosis akan lebih keras. Hal ini diakibatkan adanya lama waktu penggorengan maupun tekstur yang menjadi lebih keras. Bahkan suhu yang tinggi akan menimbulkan terbentuknya komponen baru seperti nitrosamin.

Komponen nitrosamin menjadi salah satu jeni zat karsinogenik selain dari HCAs. Menurut Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB dalam blog miliknya, Dr. Elvira Syamsir mengatakan Nitrosamin merupakan komponen yang akan dihasilkan dari adanya reaksi nitrit atau pengawet sosis.

Dalam jumlah yang berlebihan dalam sosis dengan adanya asam amino dari protein pada proses pemanasan. Komponen nitrosamin termasuk salah satu dari jenis karsinogenik lain selain HCAs.

Oleh karena itu, Elvira ini menyarankan agar kamu membeli sosis yang sudah terdaftar di Badan POM RI dengan mengecek label kemesannya terlebih dahulu. Karena jika produsen yang sudah terdaftar BPOM RI akan menakar komposisi produknya sesuai dengan peraturan yang sudah dianjurkan.

Daripada kamu harus membeli dan menyajikan sosis sendiri itu jauh lebih baik. Jenis sosis yang nantinya kamu masak akan lebih sesuai dengan yang kamu inginkan. Proses memarinasi ini sebenarnya bisa menurunkan jumlah dari zat karsinogen.

Seorang peneliti dari Universitas Kansas menyebutkan jika sebaiknya produk yang akan dimarinasi sudah dibumbui marinasi. Bumbu tersebut bisa terdiri dari vinegar, minyak dan herbal lainnya serta renpah.

Jika sudah dibakar, jumlah dari zat karsinogen dalam daging dapat berkurang sampai 57-88%. Penelitian Lusinan juga sudah mengatakan bahwa langkah ini sangat efektif, walaupun penjelasan mengenai jumlah karsinogen tersebut masih belum terlalu jelas.

Bumbu marinasi yang sudah menempel pada daging maupun produk diketahui sebagai penahan yang akan melindungi protein daging atau makanan yang dibakar dengan api yang membara.

Zat antioksidan yang ada pada bumbu marinasi ini dapat melawan pembentukan karsinogen yang terjadi pada saat pembakaran. Untuk itu, kamu dapat menggunakan alat pembakaran yang bersih dan sebaiknya membersihkan alat pembakar sesudah dan sebelum digunakan.

Dalam membersihkan alat pembakar bisa dengan menggosoknya, karena dengan langkah ini berarti kamu sudah memastikan karsinogen yang menempel pada alat pembakar akan terlepas.

Bahkan, Kementerian Kesehatan Malaysia telah mengeluarkan pesan mengenai bahaya dalam mengonsumsi sosis. Beliau mengatakan jika sosis bukanlah daging utuh dan mempunyai risiko untuk menyebabkan masalah kesehatan.

 

Manfaat Sosis

Sosis daging termasuk salah satu makanan yang memiliki rasa enak dan tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya nikmat namun kaya akan nutris. Selain itu, makanan ini menjadi salah satu yang membuktikan kualitas yang tinggi dan rasa unik.

Satu porsi sosis ini akan memberikan kamu tambahan energi di pagi hari. Sangat tepat jika dijadikan sebagai sarapan enak dan kaya akan nutrisi.

Berbicara mengenai sosis ini banyak sekali cara yang dapat digunakan dalam menikmatinya. Resep sosis bakar menjadi salah satunya. Ada juga yang mengelolah makanan ini dengan cara yang digoreng.

Namun, untuk dapat meminimalisir kolesterol sebaiknya diolah dengan cara dibakar saja. Karena cara ini dapat menjadikan tekstur jauh lebih kenyal. Untuk kamu yang ingin sekali mengetahui manfaat dan khasiat dari sosis, berikut adalah manfaatnya.

~ Dapat Mengurangi Depresi

Khasiat sosis daging yang pertama dapat membantu kamu dalam mengurangi stress dan depresi. Sosis ini akan semakin di butuhkan pada saat trisemester akhir.

Hal tersebut untuk mencegah terjadinya kelelahan atau kondisi kehamilan yang sangat berat. Selain itu, disebabkan akibat sepanjang kehamilan tubuh ibu hamil lebih membutuhkan nutrisi yang penting sekali.

 

~ Sebagai Protein Dalam Pembentukan Janin

Sosis daging mempunyai kandungan berupa senyawa protein yang sangat bagus untuk ibu hamil. Karena hal ini, bisa membantu tubuh dalam membangun pertumbuhan berbagai macam jenis organ.

Baik itu sistem pernapasan, tulang, otak, dan sistem pembentukan tubuh. Sehingga dalam masa kehamilan dapat membantu ibu hamil untuk mempunyai bayi yang sehat dan tidak kekurangan nutrisi baik.

 

~ Mendukung Metabolisme Dalam Tubuh

Proses metabolisme yang ada didalam tubuh akan membutuhkan dukungan penuh dari adanya sosis daging. Metabolisme ini akan membentuk tubuh yang jauh lebih sehat karena seluruh proses pencernaan.

Adanya penyerapan terhadap nutrisi dan pengolahan berbagai jenis zat yang masuk ke dalam organ tubuh manusia dapat dilakukan dengan lebih baik. Setelah itu, metabolisme juga lebih mendukung adanya proses fisiologis sehingga nantinya tubuh akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

 

~ Untuk Memelihara Sel Tubuh Serta Menghasilkan Tenaga

Dalam memelihara sel tubuh yang sehat menjadi bagian penting untuk kehidupan manusia. Oleh karena itu, sosis daging bisa menjadi solusinya.

Hal tersebut disebabkan karena sosis ini dapat dijadikan sebagai asupan makanan yang baik dalam memproduksi dan menggantikan sel-sel tubuh yang telah mati. Dengan adanya sosis yang lebih dari cukup maka tubuh kamu akan terlihat tetap sehat sepanjang hari.

Apalagi kandungan yang ada pada sosis akan menjadi zat yang baik untuk tubuh manusia. Terutama dalam membantu pembentukan tenaga yang kuat.

Berbagai macam jenis makanan memang sudah mengandung lemak dan karbohidrat. Makanan inilah yang dibutuhkan tubuh sebagai cadangan energi.

 

~ Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sosis daging juga mempunyai zat penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Selain itu, sebagai sistem imunitas yang mendapatkan dukungan dari berbagai macam jenis organ tubuh yang sehat.

Tubuh harus mampu melindungi diri dari berbagai jenis serangan kuman maupun parasit. Selain itu, sosis ini juga yang dapat meningkatkan kemampuan pada sistem saraf tubuh manusia.

 

~ Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Jantung

Kandungan yang ada di dalam sosis daging memang sangat baik sekali untuk kamu dan ibu hamil. karena ibu hamil sering banyak mengalami keluhan yang berhubungan dengan kondisi kesehatan perut dan kesehatan kulit.

Oleh karena itu, sosis ini lebih membantu ibu hamil agar memiliki kulit yang elastis. Serta sehat yang bisa membantu ibu dalam menghadapi persalinan.

Sosis daging termasuk makanan yang penting dalam memelihara kesehatan pada jantung. Makanan ini dapat membentuk perlindungan khusus bagi tubuh. Karena dapat menstabilkan kandungan kolesterol pada tubuh yang di dapatkan dari makanan.

Makanan inilah yang dapat mengancam jenis kolesterol buruk yang bisa saja meningkatkan resiko penyakit jantung. Maka dari itu, sosis sangat penting dikonsumsi agar dapat membuat kesehatan jantung kamu lebih baik dan dapat terhindar dari berbagai macam resiko penyakit lainnya.

 

~ Meningkatkan Energi dan Kesehatan Rambut

Untuk kamu yang tipe pekerja keras, mengonsumsi sosis sangat baik bagi tubuh. Karena didalam sosis mempunyai kandungan yang dapat meningkatkan energi. Jadi tubuh kamu bisa jauh lebih kuat dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Jika kamu ingin mempunyai rambut sehat dan kuat, caranya mudah sekali. Hanya dengan mengonsumsi sebuah sosis akan dapat mempunyai rambut sehat.

Dengan memiliki rambut yang sehat dapat terhindar dari adanya kerontokan dan menjadikan diri kamu lebih percaya diri. Hal ini dikarenakan sosis dapat di percaya mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kesehatan pada rambut manusia.

 

Tips Memilih Sosis Sebagai Olahan

Sebelum membuat resep sosis bakar, kamu harus memilih sosis yang benar-benar baik untuk kamu. Cara memilih sosis yang aman dan baik yaitu harus memastikan setiap produk sosis tersebut sudah lulus dan lolos uji oleh Badan Pengawasan dan Pengolahan Makanan (BPOM).

Terutama dilihat dari keamanan dan kelayakan untuk dikonsumsi. Jika sosis pilihan kamu termasuk produk impor, harus dipastikan kehalalan dari produknya. Seperti adanya bahan pengawet yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Tidak lupa harus di cek bahan tambahan dalam proses pembuatan sosisnya. Kamu juga harus mengecek bahan tambahan lainnya, apabila bisa menimbulkan bahaya maka lebih baik tidak perlu dikonsumsi.

Mungkin itu saja yang dapat disampaikan mengenai resep sosis bakar, cara membuat, manfaat dari sosis, dan efek samping dari seosia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk semuanya dan bisa menambah wawasan kamu dalam menjaga kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *