Resep Udang Mentega

Bumbu dan Resep Udang Mentega Gambar

Hidangan laut memang menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia, khususnya Indonesia. Aneka resep banyak beredar di internet, termasuk resep udang mentega. Selain lezat dan mudah dibuat, udang mentega juga memiliki segudang manfaat.

Mengutip dari news.health.com, dalam satu ekor udang mentega, terkandung sekitar 7 kalori. Bila Anda mengonsumsi 10 udang dalam waktu bersamaan, kalorinya jauh lebih sedikit daripada mengkonsumsi dada ayam. Dengan demikian, udang sangat cocok dijadikan sebagai makanan diet.

Tak hanya mengandung kalori rendah, udang juga mengandung protein dan kadar air yang tinggi. Dalam satu ekor udang, jumlah protein yang dikandung sekitar 20 gr. Selain itu, udang juga memiliki karbohidrat dan sedikit lemak.

Berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh manusia juga terkandung dalam hidangan laut yang satu ini. Jika Anda mengonsumsi 4 ekor udang mentega, maka 100% kebutuhan selenium Anda akan terpenuhi. Ada pula vitamin B12 sekitar 75%, fosfor lebih dari 50%, serta 30% tembaga, kolin, dan yodium.

Selain itu, udang juga mengandung antioksidan bernama astaxanthin. Kandungan ini dapat meminimalisir peradangan, penyakit kronis, dan mencegah penuaan dini. Jadi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengkonsumsi udang secara rutin, ya!

 

Cara Membuat Udang Mentega Enak

Resep Udang Mentega

AvatarAuthorAr RasyidYields4 Servings

Bahan :
 700gudang berukuran sedang
 100gmentega
Bumbu :
 3sendok makan kecap asin
 3sendok makan kecap manis
 5sendok makan kecap inggris
 4siung bawang putih (di cincang)
 1sendok teh lada bubuk
 Garam dan gula pasir secukupnya

Cara Memasak :
1

Buang ujung kepala dan ekor udang, lalu cuci sampai bersih.

2

Siapkan wajan, panaskan minyak dengan api yang sedang.

3

Goreng udang hingga berubah warna menjadi orange.

4

Setelah udang berubah warna, angkat lalu tiriskan.

5

Siapkan wajan lain, panaskan mentega diatas api sedang.

6

Masukkan kecap inggris, kecap asin, kecap manis sedikit air kemudian aduk sampai rata.

7

Tambahkan garam, gula dan lada bubuk secukupnya.

8

Setelah mendidih, masukkan udang masak hingga bumbunya meresap.

9

Masak hingga bumbu nya meresap ke daging udang.

Total Time35 minsRating

Ingredients

Bahan :
 700gudang berukuran sedang
 100gmentega
Bumbu :
 3sendok makan kecap asin
 3sendok makan kecap manis
 5sendok makan kecap inggris
 4siung bawang putih (di cincang)
 1sendok teh lada bubuk
 Garam dan gula pasir secukupnya

Directions

Cara Memasak :
1

Buang ujung kepala dan ekor udang, lalu cuci sampai bersih.

2

Siapkan wajan, panaskan minyak dengan api yang sedang.

3

Goreng udang hingga berubah warna menjadi orange.

4

Setelah udang berubah warna, angkat lalu tiriskan.

5

Siapkan wajan lain, panaskan mentega diatas api sedang.

6

Masukkan kecap inggris, kecap asin, kecap manis sedikit air kemudian aduk sampai rata.

7

Tambahkan garam, gula dan lada bubuk secukupnya.

8

Setelah mendidih, masukkan udang masak hingga bumbunya meresap.

9

Masak hingga bumbu nya meresap ke daging udang.

Resep Udang Mentega

 

 

Manfaat Udang Mentega

Berkat banyaknya kandungan nutrisi pada udang, tentu saja udang memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut beberapa manfaat resep udang mentega yang harus Anda ketahui:

1. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Pertama, udang mentega mampu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi sedang berlangsung. Meskipun mengandung kadar kolesterol yang tinggi, tapi kolesterol yang dikandung udang merupakan kolesterol baik, yakni asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 inilah yang mampu meminimalisir kram perut selama Anda menstruasi. Selain itu, konsumsi udang mentega juga dapat meminimalisir gejala pramenstruasi (PMS), seperti payudara terasa lunak, perubahan mood drastis, dan lain sebagainya.

 

2. Menjaga Kesehatan Rambut

Tidak hanya mengurangi nyeri haid dan mengatasi gejala PMS, udang mentega juga bisa membantu menjaga kesehatan rambut Anda. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan mineral seng yang berperan besar dalam memperbaiki kerusakan rambut.

Adanya kandungan seng membuat rambut Anda terhindar dari kerontokan karena mampu menciptakan dan mempertahankan sel rambut yang baru. Selain itu, konsumsi udang secara teratur juga dapat membuat rambut Anda tumbuh dengan lebat dan sehat.

 

3. Meminimalisir Resiko Kanker

Selain kedua manfaat diatas, udang mentega juga diyakini mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Hal ini dikarenakan sifat antioksidan yang kuat dari asam lemak omega-3 dan astaxanthin. Bahkan, kini peneliti menggunakan udang untuk mendeteksi kanker dalam tubuh manusia.

 

4. Melindungi Kulit

Tidak hanya menghambat pertumbuhan sel kanker, astaxanthin yang terkandung pada udang juga dapat melindungi kulit Anda. Kehadiran astaxanthin mampu mengurangi kerutan, melembabkan, dan menjaga elastisitas kulit.

Selain itu, antioksidan alami ini juga mampu menjaga kulit dari kerusakan terhadap paparan sinar matahari atau ultraviolet. Lebih hebatnya lagi, konsumsi udang mentega secara teratur dapat meminimalisir resiko kanker kulit, loh.

 

5. Mengatasi Anemia

Anemia atau kurang darah sudah banyak diderita masyarakat Indonesia. Penyakit ini memang terbilang cukup umum terjadi dan tidak membahayakan. Tapi, jika terus dibiarkan, anemia juga dapat mengancam nyawa.

Untuk itu, mari atasi anemia dengan konsumsi udang mentega secara teratur. Dengan menggunakan resep udang mentega yang sehat, semua gejala anemia akan teratasi. Pasalnya, udang mampu meningkatkan jumlah eritrosit atau sel darah merah karena mengandung zat besi.

Nantinya, zat besi akan membentuk hemoglobin yang diedarkan ke seluruh tubuh. Selain itu, udang mentega juga mengandung vitamin A dan B12 yang berperan penting dalam produksi dan peningkatan sel darah merah.

 

6. Menjaga Kesehatan Kelenjar Prostat

Tidak hanya mampu meningkatkan jumlah eritrosit, udang mentega juga mampu menjaga kesehatan kelenjar prostat. Mengapa bisa demikian? Hal ini terjadi karena udang mengandung dua mineral, yakni seng dan selenium.

Kedua mineral ini memiliki efek bagi DHT dan regulasi testosteron. Adapun, DHT merupakan suatu metabolit androgenik yang memiliki peran vital dalam pertumbuhan kelenjar prostat. Selain itu, udang mentega juga memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat dan baik untuk kesehatan testis.

 

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Selanjutnya, udang mentega memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalsium yang cukup melimpah. Selain itu, kalsium juga membantu menjaga kesehatan gigi, pembentukan otot, mempercepat proses pembekuan darah, dan meningkatkan produksi hormon.

 

8. Meminimalisir Resiko Penyakit Jantung

Terakhir, udang memiliki manfaat untuk meminimalisir penyakit jantung. Sebagian besar dari Anda pasti pernah merasa khawatir akan kesehatan jantung. Penyakit ini memang sangat membahayakan, bahkan bisa merenggut nyawa seseorang.

Tenang saja, udang mengandung asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam melindungi kesehatan jantung Anda. Pasalnya, asam lemak baik ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Secara bersamaan, asam lemak omega-3 juga akan meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

 

Resiko Makan Udang Mentega

Meskipun banyak sekali manfaat dari konsumsi udang mentega, tapi semua hal yang dikonsumsi secara berlebihan pasti memiliki resiko tersendiri. Apalagi, jika Anda memiliki kondisi atau penyakit tertentu. Agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan, mari simak beberapa resiko makan udang mentega dibawah ini:

 

1. Alergi

Meskipun Anda sudah memasak dengan resep udang mentega yang benar dan sehat, Anda tetap tidak bisa mengkonsumsinya jika memiliki alergi seafood. Bila Anda tetap memaksa mengkonsumsi udang, Anda harus merasakan beberapa reaksi alergi, seperti mual, sakit perut, gatal, pusing, hingga pembengkakan di wajah dan mulut.

 

2. Tersedak

Meskipun rasanya lezat, tapi Anda harus menyantap udang dengan perlahan-lahan. Jika tidak hati-hati, Anda bisa tersedak hingga mengalami kematian. Pasalnya, ekor dan kulit udang dapat menyumbat saluran pernapasan Anda.

Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya Anda membersihkan ekor dan kulit udang hingga bersih. Bila perlu, rendam dengan air panas dan perasan jeruk nipis agar seluruh kotoran hilang.

 

3. Keracunan Makanan

Bila udang tidak dicuci bersih dan dimasak dengan benar, maka Anda bisa mengalami keracunan setelah mengkonsumsi udang. Hal ini dikarenakan udang masih mentah, kotor, dan mengandung bakteri yang menyebabkan keracunan.

Gejala keracunan yang bisa Anda rasakan adalah sakit kepala, diare, mual, dan muntah. Namun, gejala ini biasanya tidak muncul langsung sesaat setelah makan udang. Untuk mengatasi hal ini, biasanya orang-orang akan meminum susu yang mampu menetralisir.

 

4. Kolesterol Tinggi

Jika Anda makan udang terlalu berlebihan, Anda dapat terkena kolesterol tinggi. Makanan laut memang sangat terkenal akan kandungan kolesterolnya yang tinggi, khususnya udang. Dalam satu porsi udang mentega, terkandung sekitar 200 mg kolesterol.

Konsumsi kadar kolesterol yang tinggi bisa membuat Anda terkena penyakit stroke dan jantung. Oleh karena itu, sebaiknya batasi jumlah konsumsi udang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebenarnya, mengkonsumsi udang secara rutin sangat baik untuk kesehatan. Apalagi, jika Anda tahu resep udang mentega yang sehat dan bergizi. Namun, sebaiknya konsultasikan kepada dokter dan ketahui kondisi fisik Anda sendiri. Selain itu, jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi udang mentega, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *